WHAT'S NEW?
Loading...

Belajar Parenting: Cinta Ibu untuk Buah Hati

“Tang ting tung teng tong” bunyi rekayasaan notifikasi percakapn di grup WA yang seru memberitakan akan adanya event Bismillahirrahmaanirrahiim Talkshow parenting @DancowCenter di Jogjacitymall. Karena tak ingin ketinggalan kereta….eh kehabisan kuota, saya pun lantas mendaftar. Secara tanggal 29 Agustus kebetulan lagi free and stand by at little house. Apalagi Azka juga antusias mau ikut saat saya beritahu kalau di ajak ke JCM dan ada acara permainannya. Semangat banget sampai rela absen futsal, ekskul favoritnya. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kampanye nasional Nestle DANCOW Excelnutri+ yang hadir dengan tiga keunggulan: Nutrisi untuk perlindungan, perkembangan otak dan pertumbuhan fisik. 

Rangkaian kegiatan dalam rangka launching Dancow Exelnutri+ sebagai Inovasi terbaru Nestle DANCOW 1+ yang mendukung Cinta Ibu untuk si kecil dengan Nutrisi dan Stimulasi agar berani bereksplorasi, digelar dengan Ranch Adventure yaitu area permainan seluas + 600 meter persegi, yang menyediakan wahana aktivitas untuk sang buah hati yang dilengkapi dengan aneka PERMAINAN ANAK  antara lain: 
Animal petting, Fishing Area, Milking Cow serta Pony Riding yang mengajarkan pada anak untuk berani berinteraksi serta berempati terhadap hewan. Aktivitas puzzle dan Hay Maze untuk mengasah memori serta keberanian anak dalam menyelesaikan masalah dan juga membangun keompakan serta interaksi antara Ibu dan Anak. Juga ada aktivitas Gardening yang dimaksudkan untuk mengajari anak untuk mengenal dan mencintai tumbuhan. Di Ranch Adventure juga ada area konsultasi agar para ortu dapat berkonsultasi dengan pakarnya mengenai tumbuh kembang anak. 
So completely this event yang bikin saya tidak legowo kalau tidak mengikutkan diri. Apalagi diberi kesempatan membawa anak/keponakan, pokoknya usia anak maksimalnya 13 tahun. KLOP !
Mother Hood; Parenting; Kids

And the date is coming. Jika sesuai jadwal, acara mestinya dimulai jam 11.30 dan saya baru menjejak di JCM sekitar jam 12.30 WIB karena nunggu Azka pulang sekolah. Sempat dag dig dug der karena ngaret, ya gak enak kan kalau molor? Eh, ternyata begitu tiba dan registrasi, dipersilahkan untuk makan siang dulu. Alhamdulillah, secara pas berangkat memang belum makan siang. 

After Lunch, saatnya menyimak Talkshow Parenting. Kurang lebih dan secara garis besar isi talk show (mengutip isi press release) sebagai berikut:
  1. Dokter Spesialis Kandungan Dr. dr. Ali Sungkar, Sp.OG(K) Menyampaikan bahwa Masa seribu hari pertama (1st 1000 critical days) atau periode emas dalam kehidupan si kecil yang dimulai dari masa kehamilan hingga usia dua tahun adalah periode terpenting karena hal tersebut kritis, senditive dan tidak dapat diulang kembali. Pada periode ini apa yang telah ditanamkan pada si kecil secara fisik dan psikologis akan mempengaruhi proses pertumbuhannya sampai ia dewasa nanti. Pada periode emas anak, peran penting orang tua dalam memenuhi tiga (3) kebutuhan dasar yaitu PERLINDUNGAN, Stimulai dan fisik serta kasih sayang untuk memastikan tumbuh kembang si kecil dibutuhkan, karena asupan nutrisi yang baik akan memenuhi kebutuhan fisik si kecil dan membantu mereka untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal.
  2. Dokter Spesialis Gizi dr. Stella Evangeline Bela, Mgizi, Sp.GK mengungkapkan bahwa asupan nutrisi yang seimbang dan sesuai tahapan usia akan bekerja dengan efektif dalam tubuh anak. Pilihan nutrisi yang tepat dapat melengkapi kebutuhan si kecil secara menyeluruh untuk mendukung tumbuh kembangnya. 80% sistem daya tahan tubuh terletak pada saluran cerna. Nutrisi untuk membantu perlindungan dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti Lactobacillus rhamnosus,Bifidobacterium longum, minyak ikan serta nutrisi penting lainnya.
  3. Psikolog Lia Mawarsari Boediman, MS. CP. Psy memaparkan bahwa (rasa) Cinta orang tua terhadap anak adalah berani memberi ruang kepada si kecil untuk berusaha bangun saat ia terjatuh agar dapat belajar berjalan dan akhirnya berlari mengejar cita-citanya. Perlindungan yang baik akan membantu para orang tua memastikan tumbuh kembang anak agar dapat bereksplorasi namun tetap terlindungi. Beri anak kepercayaan dan kemandirian agar ia berani bereksplorasi dan belajar mengenal sesuatu yang baru, sehingga ia menjadi tangguh. Cinta Ibu adalah bekal terbaik untuk anak di masa depannya. Karena selain nutrisi yang cukup dan stimulasi yang tepat, kasih sayang dan cnta orang tua sangat berperan dalam tumbuh kembang si kecil, terutama dalam hal psikososial. Cinta orang tua bukanlah sekedar pelukan hangat, belaian lembut dan menghabiskan waktu bersama. Perlindungan juga merupakan salah satu wujud dari kasih sayang dan cinta orang tua terhadap anak. 
  4. Riza Nopalas, Senior Brand manager Dancow Exvelnutri+ menegaskan bahwa “ Cinta Ibu dengan memberikan nutrisi dan stimulasi yang baik dapat mengoptimalkan masa depan si kecil. 
  5. Sedangkan Mbak Shahnaz Haque melengkapi sesion talk show tersebut dengan sharing pengalaman dalam mendampingi tumbuh kembang ketiga buah hatinya bersama Dancow. Every kid is very special, demikian tutur Mbak Shahnaz Haque mensummary tentang ketiga buah hatinya. “Jangan pelit untuk memberi pelukan,ciuman dan pujian pada anak” demikian praktek sederhana untuk mewujudkan the True Love dari Ibu pada sang buah hati. Berikan apa yang dibutuhkan, BUKAN apa yang di sukainya. Beliau juga menekankan pentingnya FATHERHOOD agar anak merasa secure bersama Ayahnya. Karena tak jarang, justru kehadiran sang ayah merupakan triger yang memiliki powering luar biasa bagi anak-anak untuk melakukan dan meraih prestasi terbaiknya.

Talkshow parenting; Pola Asuh Anak
Pada bagian tanya jawab, Dr. dr. Ali Sungkar, Sp.OG(K) menegaskan bahwa persiapan sebelum kehamilan dengan makronutrien & mikronutrien penting untuk calon ibu. Nutrisi 1000hari pertama ditentukan sejak hamil  dan 2 tahun pertama. Dan jangan sampai  ibu hamil dan ketika kekurangan besi dan asam folat. Dr. dr. Ali Sungkar, Sp.OG(K) juga memberikan gambaran, 
jika memiliki keturunan (anak) adalah ibarat bangunan, maka hal utama dan pertama yang harus dipersiapkan bukan pondasi, TAPI Sketsa atau Gambar seperti kelak generasi penerus yang kita harapkan. Dengan rancangan gambar yang kita miliki tersebut dilanjutkan dengan langkah-langkah berikutnya: mencari pasangan yang baik ( ada benarnya filosofi Jawa terkait jodoh yang harus diteliti bibit, bobot dan bebetnya. Jadi idealnya, tak ada istilah hamil karena faktor “kebobolan” karena untuk memiliki anak harus dipersiapkan grand designya secara comprenhensive. 
Sebenarnya sesi talk show tersebut masih dilanjutkan lagi setelah acara launching resmi Dancow Excelnutri+ yang dimeriahkan dengan penampilan opera Kumpul Bocah dari Bantul. Tapi sudah bisa ditebak kan? Yoiiii….permainan di Ranch Adventure sudah menggoda kekhusyu’an Azka untuk tetap duduk manis mendengarkan talkshow. 

Meskipun di awal datang Azka merasa “ketuaan” karena melihat range usia anak-anak yang asyik bermain di Ranch Adventure berada di bawah dirinya, toh dia tetap tidak rela jika tidak ikut serta menikmati aneka permainan yang ada di Ranch Adventure Dancow tersebut. Meskipun tidak semua di jajal oleh Azka, tapi dia tampak begitu antusias saat bercocok tanam, mengumpulkan buah apel, mancing ikan sampai dapat ikan satu timba/ember, dan sesi narsis di booth photo.

parenting; motherhood; fatherhood; tumbuh kembang anak

Bagi yang tertarik belajar dan menambah ilmu ke-parenting-an, silahkan kunjungi https://www.dancow.co.id/dpc ya, dijamin bakal memperkaya wawasan dan khasanah keparentingan kita sebagai orang tua. 

Ohhh...hampir-hampir terlewati..
oleh-oleh lainnya adalah Gudibeg yang isinya mantep banget: Payung, Flashdisk, 2 box Dancow Excelnutri+ @600 Gram dan voucher 200 ribu dari Quali. 

Sipppiiiriliiii….terima kasih Dancow ya? 
Mau banget dong di undang-undang kalau ada acara/event lagi di Yogya dan sekitarnya. 

36 comments: Leave Your Comments

  1. seneng klo ikut acara ginian, bisa konsul psikolog tur biasanya dapet susu pas pulangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohooo...iya, asyiik dikasih oleh-oleh susu neh, sama pocer makan pulak di quali. Alhamdulillah

      Delete
  2. azka ngerasa ketuaan, mungkin kalo bs ngomong kinanthi ngerasa kemudaan (8 bln) weheheee...tp tetep enjoy main di ranch :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kemarin di poto bareng Azka sama Kinan dan dikasih Tag: Peserta Yang ketuaan sebagai anak-anak dan yang kemudaan, seru kali yak

      Delete
  3. Jadi klo mau hamil kudu persiapan gambar dulu yak. Punya anak ternyata gak mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYahh, logikanya memiliki anak sudah dipersiapkan bahkan jauh-jauh hari sebelum menikah:)

      Delete
  4. ilmu yang bermanfaat sekali..

    Kunjungi blog saya juga ya di www.fauzulandim.com dan www.blogofeducation.com kalau belum follow silahkan follow, maturnuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga setipa tulisan ada manfaatnya ya Pak

      Delete
  5. sepertinya saya sudah harus mulai belajar parenting deh mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, yukkk semangat belajar parenting sama saia

      Delete
  6. Sayangnya ga sempet photo sesion narsis sm emak2 blogger..pd sibuk sndiri sm anak masing2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Next time, kita puasin narsis barengan ya mbak

      Delete
  7. kok bisa ada FD-nya?? punyaku cuma pulpen. *lalu emosi & gak terima* >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...luput kalau pas ngisi gudibegnya mbak

      Delete
  8. Ulasan yang keren, mak Rie...btw, hihi ada gambarku....*serius amir, seh...:D
    Makasih, ya...iya nih gak sempet fotbar para emak keceh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, itu ada penampakan yg super serius banget ya

      Delete
  9. Salam kenal mbak Ririe...
    tulisannya bagus sekali...
    anak saya juga susah makan sayur dan buah...maunya ayam goreng mulu...hadeuww... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, tulisannya masih sering kaku neh Mbak. Tapi insyaAllah ttp berusaha agar bisa nulis lebih baik

      Delete
  10. Wah, seruuuu. Bocahku ya seneng banget e.
    FlashDisk? nggonku ga ono fd. note + bolpen.

    ReplyDelete
  11. dijakarta aku kemaren kelewat ini... :"(
    pas acara lain soale :"(
    seruu yaaa

    ReplyDelete
  12. Seru acaranya ya mbak, semoga next time ada event lagi biar bisa kumpul2

    ReplyDelete
  13. waah, acaranya seru banget maak

    ReplyDelete
  14. Quali itu tempat apa ya mbak?

    ReplyDelete
  15. bentar lagi ibunya kalah tinggi tuh. Sayang kemaren Ais gak sempet ketemu Mas Azka, hiks..

    ReplyDelete
  16. Senangnya ikut acara begini, dapat ilmu dan banyak gratisnya, :)

    ReplyDelete
  17. seru banget acaranya nih... banyak info n ilmu baru juga.
    TFS yaa

    ReplyDelete
  18. Acaranya menarik banget yah Mbak, bisa bawa pulang banyak ilmu nih :)

    ReplyDelete
  19. saya pernah datang ke acara ini yang di Jakarta. Memang bagus acaranya :)

    ReplyDelete
  20. dapet hadiah pula ya mbak.hehehe
    mantap dong yah selain mendapatkan ilmu dari dokter dikasih juga dancow untuk anaknya.hehehe
    zat besi dan asam folat memang sangat penting bagi ibu hamil ya mbak :)

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.