WHAT'S NEW?
Loading...

UNICEF Tap Project

Seberapa lama kamu sanggup menjauhkan HP dari jangkauan tanganmu Mbak?” Pertanyaan yang Bismillahirrahmaanirrahiim diberikan Mas Agung [teman kantor yang mulai terusik untuk mengaktifkan blognya yang diberi nama UTSUMAI] berhasil membuat saya penasaran. 

Lha kalau hanya menjauhkan HP saja, apa susahnya cobak? Kan pakai head set bisa tuh HP diletakkan berjarak cukup jauh tho? “ Wong Cuma naruh HP saja, apa susahnya Mas? Neh HP ta taruh dan aku lanjutkan nulis di netbuk….gampang kan?” jawab saya ambil naruh HP di meja dan melanjutkan mengetik.

Wahh, yo ora ngono thok Mbak?”
Lha terus piye Mas? Kalau hanya gak megang HaPe saja, apa susahnya? Pas mbolang yang gak ada sinyal itu malah bisa lebih dari 24 jam kok tanpa akses HP dan Gadget lainnya
Nek ngunu kui bedo Mbak, alasan ora megang HaPe pancen gak ono sinyal…conditional yang di luar jangkauanmu namanya. Jadi yo nrimo nek wes koyo ngono kahanane

Saya makin penasaran dan pasang tampang fokus, sepertinya ada Candi Borobudur di balik memasifkan diri dari HP untuk sementara waktu tersebut. 
Ayo buka HP dan ketik di browser tap.unicefusa.org” ujarnya memberi info lanjutan.
Terus..di apain kalau sudah kebukak TAP dot Unicefusa dot org ini, Mas?” tanya saya ketika sudah sukses masuk ke page unicef TAP PROJECT: Go Without your phone to help give clean water to children I need.
Langsung  klik BEGIN….dan letakkan HPmu Mbak” 
Ternyata tap.unicefusa.org merupakan program yang bertujuan untuk membantu anak-anak di banyak belahan bumi yang mengalami kesulitan untuk mendaptkan air bersih. Sejak tahun 2007 program ini mulai dideklarasikan, dan tahun 2014 ini UNICEF Tap Project menantang/ memberi kesempatan untuk berperan aktif dalam program tersebut dengan cara meletakkan HP, dimana setiap 10 menit kita tidak menyentuh HP, Unicef bisa menyediakan air bersih untuk keperluan selama sehari bagi anak-anak yang membutuhkan. Jadi, semakin lama kita bisa mengambil jeda meliburkan diri dari menggunakan HP, maka akan semakin banyak anak-anak yang terbantukan untuk memperoleh air bersih. Tentu saja, meletakkan Hpnya bukan di matikan TAPI koneksi HP tetap on line terhadap aplikasi tap.unicefusa.org yang akan menampilkan time counting. Dan secara periodik, screen HP akan muncul notice-notice yang berisi kalimat yang intinya mengenai air bersih. 

Bahwa air adalah kehidupan dimana Air adalah kehidupan. Namun 768.000.000 orang tidak memiliki akses untuk mendapatkan air yang aman,  air minum yang bersih dan 2,5 miliar orang hidup tanpa sanitasi yang layak. Maka manakala ketersediaan air menjadi tidak aman dan sanitasi tidak ada, air bisa membunuh dan membinasakan segenap kehidupan.

Tidak sulit kan bagi kita untuk berperan serta dalam program tap.unicefusa.org, hanya beberapa menit ‘meletakkan’ HP tidak akan menimbulkan kesengsaraan tho? Apalagi jika HP/gadgetnya lebih dari satu, no big problem at all untuk ikut dalam program ini. Dan Andai jika sejumlah gadgetnya di letakkan secara berbarengan, saya yakin ini pun tak akan membuat aktifitas terganggu. Toh tidak setiap saat ada panggilan yang masuk? Yang keep continue paling banyak kan notice dari socmed dan ini sifatnya tidak yang gawat darurat? Logikanya, kalau ada yang urgent tingkat dewa tentu akan di hubungi by calling?
Bagi partisipan yang terinspirasi untuk melakukan action donasi secara lebih significant maka bisa memfollow up option yang muncul ketika kita mengakhiri on line unicef tap project ini. Over view dari UNICEF Tap Project, merupakan fakta dan wacana bagi kita semua bahwa:
  1. Betapa berbagi dan membantu orang lain itu: tidak pernah sulit, tidak mahal, tidak merugikan dan tidak merepotkan. Bahwa berbagi itu hal yang menyenangkan untuk dilakukan dan membawa rasa kebahagiaan tersendiri [inner satisfy]. 
  2. Betapa pentingnya air bersih bagi keberlangsungan hidup dan ternyata di luar sana sangat banyak saudara-saudara kita yang kesulitan untuk mendapatkan air bersih.
  3. Sudahkah kita memanage pola pikir dan sikap sehari-hari untuk efisien dan efektif dalam menggunakan air?
  4. Ketersediaan air bersih semakin memprihatinkan, bukan hanya dari masalah jumlah air yang semakin lama tidak sebanding dengan jumlah penduduk, TAPI kekeliruan dalam memanage dan menentukan kebijakan berbagai bidang yang berdampak sangat serius terhadap sumber air bersih di planet ini.
  5. Unicef tap project ini  sekaligus reminder keras akan memprediksi dari PBB jika pada 2025, separuh dari negara-negara di dunia akan menghadapi kekurangan ketersediaan dan kelangkaan sumber air bersih. 
Pelestarian hari sedunia; Safe earth; Global warning

Semoga unicef tap project dan dalam rangka menyambut Peringatan Hari Air Dunia (HAD) yang jatuh pada tanggal 22 Maret, kembali mengingatkan dan menginspirasi kita semua untuk active action dalam rangka mewujudkan sikap dan tindakan peduli terhadap penanganan masalah pencemaran dan pelestarian sumber daya air. 

Bersedia untuk join dalam program ini? Langsung saja ketik tap.unicefusa.org dan klik BEGIN kemudian CONTINUE, then  Together we take action for Clean Water Saves Lives




For further information, just visit :

22 comments: Leave Your Comments

  1. wow keren banget mba.... cocok juga buat latian nggak dikit2 pegang hape hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap, secara kita kok susah lepas pegan HaPe ya

      Delete
  2. wah kalo saya naek gunung udah berapa air tuh yg di kucurin sama mereka ya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. huuu, ya enggak bisa mas. Wong hapemu gak on line kok

      Delete
  3. ternyata bisa juga ya mbak, saya coba join ya .

    unicef tap project jempol deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo di cobain rame-rame dan yg lama yaa

      Delete
  4. Baru tahu tentang program dari UNICEF ini, unik banget ya, aku jadi ingin coba hehe :D

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. iya sob, aplikasi ini utk Mobile phone. Kan Tag-nya: How long you canstay away from your mobile phone...hehhee

      Delete
  6. koneksi HP tetap on line terhadap aplikasi tap.unicefusa.org yang akan menampilkan time counting

    Saya rasa ... saya bisa melakukan hal ini ...
    saya akan lakukan ini ...

    terima kasih informasinya Mbak Rie

    Salam saya

    (6/3 : 10)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga semakin banyak yg berperan serta dalam program Ini ya OM

      #salam juga utk OM nh dan keluarga

      Delete
  7. aku baa-baca dulu, projectnya keren ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga tertarik utk ikut serta ya Mbak

      Delete
  8. Aku udah bisa beberapa hari nggak pegang HP :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. congratsss...gak pegang HP dlm rangka login ke TAP Unicef program ini kan?

      Delete
  9. Replies
    1. Ati-2 kalau lampu merah berhenti dulu ya

      Delete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.