WHAT'S NEW?
Loading...

Blogger [Semi] Marketing

Jika membicarakan mengenai konten marketing di dunia per-blogger-an, Bismillahirrahmaanirrahiim secara definisi adalah ulasan dan atau tulisan yang secara langsung maupun tidak langsung akan bermuara pada fungsi pemasaran. Saya yakin hampir semua blog pernah memuat tulisan yang memiliki sifat dan fungsi marketing.

Dan terkait dengan konten marketing pada blog, maka [menurut saya] setidaknya terdapat dua kriteria blog yaitu: full konten marketing dan semi konten marketing. Untuk blog yang full konten marketing, tidak bisa dipungkiri jika semakin hari jumlahnya meningkat secara significant. Perkembangan era digital dan Trend belanja on line merupakan salah satu fenomena yang mendongkrak pertumbuhan blog full marketing, dimana sang pemilik usaha secara khusus meng-create blog dengan tujuan utama sebagai media informasi, promosi dan sekaligus pemasaran bagi produk-produknya, baik yang berupa barang maupun jasa yang hendak dijual-belikan.
Cerita Kinanthi; Opini; Pernik-Pernik
Pict-nya masih nyambung kan? Konten Marketing ~ Pemasaran ~ Jual-Beli
Mengelola blog konten marketing tentu perlu konsistensi dan komitmen yang lebih dibandingkan nge-blog yang termasuk golongan semi marketing karena yang termasuk Blogger [Semi] Marketing kebanyakan tendensinya dalam membuat tulisan adalah dalam rangka happy blogging #tunjukdirisendiri.

Walaupun secara eksplisit tidak bermaksud membuat postingan yang bernada marketing, tapi faktanya hampir semua blogger pernah membuat konten marketing. Lha semisal kita buat cerita saat jalan-jalan atau gathering, unsur marketing lokasi tujuan, kuliner, dan oleh-oleh yang diborong akan menimbulkan reaksi rasa ingin tahu atau jadi bahan tutur tinular dari pembaca ke komunitasnya dan seterusnya ada reaksi serta proses marketing yang terjadi di kemudian hari.

Nah, Blogger [semi] Marketing yang menimbulkan hubungan mutualisme adalah jika ada tawaran Job Riview. Kayaknya ini merupakan jenis postingan yang membuat nge-blog become awesome kan? Ada banyak kemanfaatan jika seorang blogger sering dapat riview, antara lain:
  1. Double pleasure karena menulis di blog kan memang merupakan passion yang di sukai, eh...ada yang bersedia memberikan fulus? Seru banget kan, minimal bisa untuk coverage cost internet dan domain.
  2. Mendongkrak rating Blog. Walaupun rata-rata blogger membuat pernyataan jika rating blog tidak menjadi masalah....tapi blogger mana yang gak girang super poll jika traffic pengunjung blognya stabil walaupun sang empunya blog sedang hiatus? Alexa-nya ramping, PR-nya gendut....saya sih mau banget.
  3. Value added secara tak langsung untuk blog yang sudah di monetize. Iya kan, jika konten marketing yang dibuat termasuk most wanted kan jadi mengundang banyak visitor yang implikasinya jam tayang widget-widget Adsence-nya semakin sering sehingga mempercepat PO deh.
  4. Menambah jumlah postingan manakala lagi blank idea, eh ada tawaran ripiu kan jadi ada sesuatu untuk ditampilkan sebagai new entry kan?
Ada yang mau nambahin kenapa konten marketing memiliki manfaat yang mutualisme? Atau mau nawarkan Job Ripiu lagi biar konten marketing di Blog saya jadi lebih semarak sesemarak jelang Piala Dunia 2014.



13 comments: Leave Your Comments

  1. Wah ,,,, kalau ada saya juga mau Mba.. kasih tahu saya ya biar bisa jadi blogger semi marketing. he,, he,, he,,,


    Salam

    ReplyDelete
  2. Pernah 3kali dapet job marketing..lumayan bekerja sesuai passion,lalu dibayar..
    kalo ada yg percaya gitu rasanya puas bgt. Tp mmg sih kbanjiran job revieew pasti berbanding lurus dg keaktifan kt ngeblog #self toyor
    ...

    ReplyDelete
  3. Nyambung koq Mbak imagenya,
    Ada yang nawarin sih Mbak untuk iklan maupun review, hanya saja ga janji dah kalau itu materinya.hee....hee..... nyengir dulu ah...............

    Mutualisme opo toh Mbak? #plakkk... tuing puyeng tujuh keliling

    ReplyDelete
  4. Aku malah sering bingung kalo ada yang minta review-in barang yang aku gk pake. Orang selama ini aku kalo bikin review karena emang bener-bener puas, bukan karena apa-apa. Tapi kalo emang passion-nya di situ mah enak ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  5. sepertinya aku termasuk jalam blog semi marketing nih mbak? tapi apa yang saya tulis itu suka-suka belum masuk ke ranah komersial. Sepertinya kalau sudah stabil trafiknya dan sudah banyak pengunjung yang loyal, jualan tiket sepur, atau jual sepeda motor serta spare parti masuk juga.

    ReplyDelete
  6. sayangnya saya bukan tipikal orang yang suka me-review kecuali sudah merasakan sendiri produknya. :D

    ReplyDelete
  7. sekarang lumayan banyak ya job review di indonesia

    ReplyDelete
  8. tahun kmarin dpt beberapa job, tp sekarang lg nyesek soalnya pe er turun. Tetep semangat!!!

    ReplyDelete
  9. kalau aku kayaknya belum masuk kedalam dua golongan blog tersebut, mau masuk ke semi eh malah dapat musim gugur mulu

    ReplyDelete
  10. Kalau kami bisa dikelompokkan blog semi marketing ga Mbak?

    ReplyDelete
  11. yah.... istilah diatas ada yang belum saya ketahui :| .

    ReplyDelete
  12. ehh kak ririe ini yang anggota KPK juga :O
    OMG .. kayaknya saya baru bw dimari.

    ReplyDelete
  13. sekali dayung dua tiga pulau terlampaui jadinya

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.