WHAT'S NEW?
Loading...

Komunitas Blogger di Tahun 2013

Bahkan makhluk hidup bersel tunggal [amoeba] pun memiliki sifat dasar untuk membentuk koloni/kelompok/komunitas dan atau pun populasi. Maka Bismillahirrahmaanirrahiim, dimanapun manusia berada tentu sudah menjadi salah satu fitrahnya jika memiliki kecenderungan [spontan] untuk berkelompok atau membentuk komunitas. Life is about interdependence each other, manusia dengan lingkungannya dan manusia antar manusia. No one can live witout others. Hal ini tentu sangat selaras dengan konteks bahwa segala sesuatu diciptakan secara berpasang-pasangan #eh, kok nyambungnya ke dalil yang ini ya? Dan matching dengan ciri-ciri utama manusia sebagai makhluk sosial yang tak mungkin bisa hidup tanpa kehadiran orang lain.

Terbentuknya sebuah kelompok umumnya berangkat dari adanya [minimal satu] kesamaan, semisal berdasarkan RT, RW, kelurahan, sifat, hobi, suku, kesukaan, almamater dan masih banyak lagi alasan awal yang jadi dasar hukum untuk berkelompok. Dan saya yakin tentunya ide awal pembentukan sebuah kelompok tersebut TANPA ada tendensi hendak perform dalam label exclusive. Saya percaya, pada saat beberapa orang  berkelompok untuk kemudian seiring berjalannya waktu akan terjadi auto selection yaitu orang-orang yang mampu dan mau mengharmonisasikan kediriannya yang secara nyata memiliki banyak perbedaan [daripada persamaannya] untuk secara bersama-sama berkolaborasi dalam satu bentuk kegiatan/aktifitas dengan tujuan yang disepakati secara mufakat.

Komunitas Non Profit Oriented # Feature mekso!
Kelompok atau yang ngetrend dengan istilah KOMUNITAS [community], baik yang sifatnya serius sampai yang just for fun, atau yang profit oriented maupun social networking.  Ada sangat banyak kelompok yang terbentuk dan mampu mengeksiskan keberadaannya, beberapa komunitas yang bisa saya sebutkan antara lain: Hijabers [dengan ragam spesifikasinya], fun bike, chef, almamater, lokalitas [bagi para perantau] dan seterusnya selanjutnya sebagainya #maap, gak bisa nge-list disini semuanya. Masing-masing tentu memiliki program andalan dan strategi agar bisa survive for long term.

Dengan perkembangan teknologi informatika dimana jarak dan waktu bisa diringkas oleh hadirnya internet sehingga pembentukan komunitas pun mengalami revolusi, yaitu  siapapun dan dimanapun [anda] menjadi memiliki peluang besar untuk membentuk komunitas secara lintas ruang dan waktu. Dan selaras dengan perkembangan internet, salah satu trend baru yang muncul adalah komunitas yang berbasis blogging. Iyahh, tak bisa dipungkiri bahwa nge-blog memiliki daya tarik yang super magic, semakin hari semakin digemari berbagai kalangan dan lapisan masyarakat dunia.  Tak ada central command yang menggerakkan, semuanya mengalir sesuai iramanya manakala aktifitas yang berbasis jejak on line system ini pun kemudian melahirkan banyak Komunitas Blogger.

Sejak mengenal blogging hingga sekarang, ada beberapa komunitas blogger yang saya ketahui dan ikutan bergabung pada beberapa komunitas blogger tersebut. Saya sendiri belum begitu aktif dalam komunitas blogger dan saya akui jika keberadaan komunitas tersebut memiliki peran yang cukup strategis tidak hanya untuk para membernya  tapi user internet yang mencari informasi di dari jelajah internet. Dari yang saya ketahui, umumnya komunitas blogger hadir untuk saling sharing informasi dan mendukung para anggotanya untuk mengembangkan kemampuan dalam menuliskan apa-apa yang dikerjakan dan mengerjakan [aplikasi/praktek riil] apa-apa yang baik dari tulisan yang sudah ada di jejaring blogger. Beberapa komunitas blogger yang bisa saya sebutkan antara lain: KEB, WeBe, Bloofers dan masih banyak lagi komunitas blogger lainnya. Fenomena ini tentu akan bertambah lagi jumlah Komunitas Blogger di Tahun 2013 ini serta di masa-masa mendatang.

Apapun namanya, semoga lahirnya komunitas blogger di tahun 2013 ini menjadi sarana yang semakin efektif untuk mengakrabkan pertemanan yang berbasis virtual. Silaturahim dan persahabatan pun tak terkotak lagi oleh jarak serta tidak terkendala oleh waktu untuk berinteraksi aktif. Berbekal komunitas yang solid maka akan melahirkan ide-ide kreatif untuk berkegiatan secara riil yang tentunya akan berdampak kondusif pada jejak humanity dan circumtances. Saya lebih suka untuk meyakini bahwa tak ada istilah mantan teman dalam persahabatan, maka saya pun yakin bahwa persahabatan itu bersifat universal yang bisa berawal dan datang dari buanyaaakk cara. 

So, happy blogging for all.....



96 comments: Leave Your Comments

  1. Selama perjalanan menekuni dunia Blogging, aku banyak menemukan artikel yang mengulas (khususnya) tentang beberapa Komunitas Blogger Tanah Air. Dari penjelasan yang terdapat didalamnya, bayak sekali yang bisa kita dapatkan bahkan kita bagikan dalam suatu komunitas. Tentu saja ini adalah salah satu cara untuk mengetahui hal-hal baru yang belum pernah kita ketahui.

    Dan dengan semakin banyaknya Komunitas-komunitas blogger baru yang terbentuk, tentu saja ini akan menjadi lahan positif untuk saling berbagi pengetahuan, sesuai dengan Visi dan Misi yang diusung oleh masing-masing Komunitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Rudy....komunitas kita kok gak ada didaftar atas ya :)
      kpk belum terdaftar nih......hehehee,yang penting dah jalan sukses :D

      Delete
    2. KPK tidak tercantum

      #sedih T.T

      Delete
    3. Mungkin Mbak Ririe ingin mengulasnya secara universal, atau hanya ingin mengambil referensi dari Komunitas-komunitas yang telah lama beliau ikuti. Nah, selama ini Mbak Ririe kan belum terlalu aktif di-KPK, makanya beliau tidak menyebutnya disini.

      Delete
    4. hush...
      yang pantas disebut itu komunitas yang berkualitas
      kumpulan pengacaw mah kelaut aja...

      *ikuuut...

      Delete
    5. KPK itu apa wahai Paman-Paman sekalian?

      Delete
    6. nggak mau jawab

      #menunduk sedih.

      masa harus ke laut?

      Delete
    7. KPK : Komunitas Pembuat Keribetan

      Delete
    8. wkwkwkwk.. yuk nyebur ke laut..:D

      Delete
    9. @mbak milo : jangan panggil paman donk.. tp kakek :)

      Delete
    10. Whaaaa....para founder KPK dan member-nya sudah meramaikan dsni.

      For All: Awalnya Blogger KPK mmg hendak saya masukkan [meskipun saya belum secara sah menjadi anggota blogger KPK], tap kemudian saya cut utk jd postingan edisi khusus biar lbh spesifik ke Blogger KPK....So, just let's wait it

      Delete
  2. Semakin banyak blogger semakin ramai dunia blogwalking ya sob,mudah-mudahan saja mereka sering blogwalking ke sesama blog,nanti blog orang lain jadi ramai juga deh,asik dong.kunjungi dong blog saya.he...he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oce...sebisa mungkin saya BW balik kok. Jka belum, ya mohon bersabar ya, mklum jatah onlen full-nya pas d rumah dengan modem yg kemayu tuh

      Delete
  3. waktu masih aktif di kaskus, banyak sekali komunitas di kaskus yg saya ikuti mbak, memang sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya malah belum gabung di Kaskus...hehehe

      Delete
  4. aku ikut beberapa komunitas blogger,tapi memang ngga terlalu aktif :D
    pokok e Happy Blogginglah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sam-2, saya jg belum aktip di komunitas, hehehe

      Delete
  5. Saya sendiri belum pernah mengikuti atau terlibat dalam suatu komunitas blogger tertentu, mgkin karena saya baru belajar ngeblog dan masih kuper hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak komunitas blogger, juga komunitas menulis. Bisa kita plh mana yg cocok dgn kebutuhan kita kok

      Delete
  6. Replies
    1. termasuk yaa mbak ririe ..
      *sambil tangan melas* :p

      Delete
    2. nggak masuk ya dimasuk masukin :P

      Delete
    3. adain kegiatan dulu baru dimasukin
      jadinya ga terkesan teroris kibod...

      Delete
    4. lambang sudah, anggota sudah, joke sudah, simbol-simbol sudah. apa ya yang kurang? pasti makan-makan yang belum

      Delete
    5. nah itu dia. ayo kang asep traktirin kita :D

      Delete
    6. For ALL: KPK bakal jd postingan khusus deh...

      Delete
  7. Semoga di Tahun 2013 ini akan segera terbentuk Komunitas Backpacker . Aamiin. :D

    ReplyDelete
  8. kalau saya, lebih cenderungan gabung tetapi jadi anggota pasif mbak ...


    tapi kalau untuk KPK, waahhh.... aktif 130 persen pastinya. Hihehiheiheiheiheiheehie :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku minderan orangnya
      makanya ga pernah ikutan yang kayak gitu
      takut ditolak hahha

      Delete
    2. aku juga minderan..
      soalnya orang yang diatasku ga mau ketemu kalo aku ga cakep katanya...

      *sambit terasi

      Delete
    3. KPK must go ntrenasional dunk..

      Delete
  9. met sore wkwkwkwk gambarnya keren jga,ni Iov di atas piring heheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh gambar koloni bakter colform d petridish:)
      #bukan piring

      Delete
    2. Hahahaa...maaf, aku geli baca percakapan ini. :D

      Delete
  10. Happy blogging...walking2...byk tmn...tmbh pintar tentunya,soalnya byk baca :)

    Uwaaaa ada kopi cantikk.....mauuuuuu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahaaa...yang ini...ngakak :D :D :D

      Delete
    2. keliatan kayak kopi kali ya gambarnya:)

      Delete
  11. sampai saat ini masih belum gabung dg komunitas blogger indonesia nih. makasih mbak rie, lewat artikel ini saya jadi ingat kalo dulu memang rencana pengen gabung di Komunitas Blogger Tanah air.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komunitas Blogger Tanah air...pengen ikutan jugak:)

      Delete
  12. hmm ... udah bergabung blm ya ???

    hmmm ... Lupa ...

    ReplyDelete
  13. saya pernah gabung dengan beberapa komunitas blogger semenjak ngeblog,tapi kok yg saya rasa hanya menguntungkan komunitas tersebut bukan members nya,jadi saya mundur deh.
    pada akhirnya saya menemukan satu komunitas yg bisa dibilang belum resmi seperti komunitas yg lain,tapi justru disitu saya menemukan keuntungan yang sangat besar....diantaranya,keakraban sesama blogger,canda tawa yang bikin kangen dan pokoknya happy ending :D
    KPK....itulah komunitas yg buat saya betah melek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas reo cuma betah melek, saya malah betah merem melek di KPK :)

      Delete
    2. sesuatu yang sengaja dibentuk, biasanya sudah punya visi misi dari awal yang dibuat oleh pendirinya. ini yang kadang jadi masalah karena ada saja komunitas yang menganggap ada perbedaan kasta antara pendiri dan pengikut doang. ga semuanya sih
      beda dengan komunitas ga resmi yang penyatuan membernya hanya karena kedekatan minat saja. tidak ada pengarahan misi jadinya visi komunitas mengalir begitu saja tanpa alur jelas...

      Delete
    3. mas Rawins kalau lagi serius panjang ya komennya :D

      bisa jadi sih begitu ....

      Delete
    4. Hohohoho...bendera KPK bakal segeran berkibar neh...

      #penasara sapa yang akan jd petugas pengibarnya

      Delete
    5. hahaha, mas raw aneh, tumben banget

      Delete
    6. Mas Eko BUkan sedang aneh Pak Zach, tapi sdh biasanya tuh..kalau gak kayak getu malah bukan Mas Rawin lho?
      #alamat dilempar klompen

      Delete
  14. kalo udah gini trus aku komen apa..?

    ReplyDelete
  15. Saya cuman gabung di WB sama KEB, itu pun gabung2 doang, nggak ada kontribusi di sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gabung-gabung....yang penting hep blogging deh

      Delete
  16. Tambah banyak ya mbak komunitas buat blogger sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak, makin banyak komunitas blogger bikin hep blogging

      Delete
  17. Hani ikut sih tapi ya itu nggak begitu aktif :)

    ReplyDelete
  18. saya pernah punya pengalaman ngga enak soal komunitas ini, tapi masih banyak komunitas yang bagus dengan niat dan manfaat yang sangat berguna untuk menjalin lebih erat lagi jalinan silaturahmi.
    sukses dan sehatlah selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali, pak. gabung KPK aja.. bagaimana?

      Delete
    2. Kalau di komunitas mgk saja ada pengalaman gak enaknya. Lha saya pernah [tanpa saya tahu] sdh tergabung dalam sebuah komunitas yg isinya salng serang soal agama tuh?

      #Promo KPK gas poll...

      Delete
  19. Kita sama2 di KEB, WB, dan Bloofers ya mbak Rie :)
    Saya ada lagi ... totalnya ada 9, ditambah lagi komunitas2 menulis lainnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo komunitas blogger mmg br itu Mbak dan blm aktif banget. Klo komunitas penuls jg ada beberapa yg saya ikuti

      Delete
  20. pa kabar mbak, saya jg ikut komunitas spt itu, tp jarang aktif, heehehehe

    ReplyDelete
  21. kalau ada komunitas blogger, ini bisa menjadi wadah yang bagus untuk saling mempererat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komunitas bisa jd sarana yg mempererat keakraban :)

      Delete
  22. Komunitas blogger memang wadah utk silaturrahmi dan meningkatkan kualitas blogger. Tapi... aku kok belum ikut komunitas blogger ya? #garuk2kepala

    ReplyDelete
  23. selamat kalau begitu buat lahirnya komunitas blogger di tahun 2013 :) bahagia selalu menyertai :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, semoga bahagia selalu menyertai kita semua:)

      Delete
  24. amin mbak ri ... semoga yang kedepannya bisa menjadikan blogger semakin baik dan semakin berprestasi ....

    ReplyDelete
  25. Replies
    1. Mas Zac mah gak pantes nulis komen kayak gini... :D

      Delete
    2. Nice to meet you...hahahaa

      Delete
  26. kalau menurut saya WEBE itu bukan komunitas kok mbak Rie, tapi cuma kedai blogger di dunia maya hahaha

    lah emang lahirnya secara iseng kok.. dan pernah saya posting tuh sejarahnya.

    Justru saya takut andai saja WB menjadi komunitas makjleb nantinya akan memunculkan rasa fanatik berlebihan pada anggotanya. Yang dikhawatirkan akan membuat rasa remeh pada komunitas lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. definisi komunitas yg saya maksudkan disini mengacu pada default definition [dalam persepsi personal saya], dimana ketika beberapa orang [lebih dari satu orang] secara bersama-sama membentuk suatu kelompok dan beraktifitas secara bersama-sama pula meski dlaam interval waktu yang tdk tertentu. Jd seperti weBe menurut saya merupakan suatu bentuk komunitas meski tanpa AD-ART dsb...

      #mohon maaf jk definisi saya terlalu semaunya sendiri yaaa...

      Delete
  27. komunitas ya... ikut saja kalau saya mah.. tapi pasti tidak aktif. suka males kalau sudah aktif hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi saya ini, yg gak tiap hari onlen....join komunitas dan sesekali ngintip2 ada kabar-kabari apakah ya? hehehe

      Delete
  28. mb Rie,,tulisannya cakep2 hehehe kalo aq join group sekedar join kali ya ga bisa nulis dan seaktif dikau ajarin dungg xiixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. AYOO, BELAJAR bareng yaa....

      3kembal ke jaman sekulah

      Delete
  29. hi rie, apa kabar...
    di tahun yang baru..semangat yg baru, dan pastinya ada komunitas blogger baru lagi d thn ini..
    di Makassar jg sdh mulai menjamur...dan itulah okenya komunitas mampu menjaga semangat kita untuk nge blog.

    ReplyDelete
  30. saya tergabung di komunitas blogger cibubur..membernya baru 30 orang sich..hehehe

    ReplyDelete
  31. Ayo mbak kita bikin komunitas orang orang cantik... :p

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.