WHAT'S NEW?
Loading...

Apakah Blog Penting Untuk Pendidikan

Jika kata tak mampu meretas jarak, maka biarlah hujan yang menguraikan ragam jeda yang sempat mengada. Mulai deh sok puitis sebagai efek setiap hari bisa menikmati keajaiban turunya hujan. Tapi Bismillahirrahmaanirrahiim tulisan kali bukan tentang hujan, melainkan sekedar hanya mencoba merangkaikan opini dan pemahaman saya yang masih sederhana [bahkan mungkin sangat mentah] mengenai Apakah Blog Penting Untuk Pendidikan. Pendidikan sebagai salah satu proses pembentukan generasi penerus yang akan melanjutkan Peradaban umat manusia, dalam dinamikanya  yang terus berkembang tentu tak bisa dilepaskan dari Internet sebagai salah satu produk perkembangan Teknologi.  Era modernitas dengan berbagai aktifitas yang berjalan seiring dengan kemajuan IpTek dan kini membawa kita pada dimdnsi digital. 
Tak bisa dihindari jika Internet telah banyak mengubah life style dan bergerak bebas tak kenal ruang, waktu, status social, usia, dan gender. Media social memungkinkan kita berinteraksi dengan siapa saja, darimana saja dan kapan saja, NAMUN semoga kita tetap bisa berbatas norma dan etika. Dan tentu saja dampaknya sangat heterogen, kita perlu mewaspadainya dan berus`ha bisa mengikuti perkembangannya agar kita tidak terjebak dalam efek negative yang ditimbulkannya. Karena menutup diri dari perkembangan teknologi [apalagi internet]  justru akan menjauhkan kita dari dinamika peradaban. Mulai anak-anak hingga orang dewasa/tua sudah demikian akrab dengan internet untuk keperluan pekerjaan [browsin dan download] maupun social network unutk berinteraksi dengan relasi, teman dan kerabat. Dan berkembanglah dalam dunia cyber berbagai jejaring sosial seperti: Blog, Facebook, twitter, blogger, Friendster, Messenger, dll, dsb, dst.
Belajar Nge-BLOG Membaca
Semua pasti paham jika segala sesuatu tentu memiliki dua sisi yang berbeda, tinggal bagaimana kita memilih sisi mana yang hendak kita explore. Demikian pula dengan Blog sebagai salah satu produk IT yang semakin banyak diminati oleh semua lapisan masyarakat. Apalagi anak-anak jaman sekarang, dimana sudah masanya serta kewajaran jika mereka melek internet sejak usia SD. Aktifitas nge-BLOG pun tentu mempunyai Sisi positif dan negatif yang berada pada posisi berdampingan dan sangat bisa untuk saling meniadakan. Jadi ketika kita concern pada sisi positif, maka secara langsung akan menjauhkan diri kita dari dampak [negatif] buruknya. Maka hal pertama HARUS ditanamkan pada anak-anak sekolah saat mulai berkenalan dengan Blog adalah merupakan media sharing pengetahuan yang potensial untuk memperkaya wawasan, pengalama, dan sumber informasi yang akan meningkatkan kemampuan pola pikir [kecerdasan spritual, intelektual dan emosional].

Dengan menanamkan landasan dan paradigma yang kuat tentang aktifitas [berinternet] nge-BLOG tersebut, maka beberapa peran [penting] blog Untuk Pendidikan antara lain:
  1. Melatih untuk berkonsentrasi atau fokus karena ketika melakukan kegiatan menulis di blog tentunya siswa diberikan tema tertentu/spesifik secara terjadwal dimana mereka harusmenyelesaikan beberapa tugas, mencari bahan referensi dan menyelesaikan dalam bentuk hasil tulisan online [postingan].
  2. Mengembangkan  keterampilan anak dalam mengkoordinasikan tangan, mata dan otak [pikiran]. Kegiatan menulis di blog adalah kombinasi dari gerak tangan pada key board dan mata untuk melihat monitor untuk menuangkan isi yang ada di dalam pikiran [otak].
  3. Mengasah kemampuan menulis dan mengexplorasi pendapat/diplomasi secara lebih komprehensif, karena saat mereka menguaraikan sebuah tematik tertentu kan harus memenuhi alur penyampaian yang kronologis dan dalam tatanan bahasa yang memenuhi pola yang ditetapkan kriterianya.
  4. [Pastinya] Meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, apalagi untuk negara yang bahasa sehari-harinya bukan Bahasa Inggris. Karena ketika hendak menuliskan tugas  essay/artikeldi blog, tentu membutuhkan bahan referensi dan seperti kita ketahui bahwa kebanyakan jurnal ilmiah di publish dalam bahas` Inggris. Jadi secara significant skill berbahasa Inggris akan menjadi lebih baik meskipun tidak mengambil kursus secara intensif.
  5. Alat bantu “KOMPAS” yang efektif bagi anak untuk menemukan bakat dan minatnya pada bidang tertentu yang disukainya.
Jika ditelaah secara lebih khusyu, sebenarnya Blog punya peran [baik] yang sangat penting secara universal pada semua lapisan masyarakat dunia. Dan bilamana Blog dioptimalkan dalam batas koridor yang tidak melewati kanan-kiri dari “marka jalan” kehidupan dan porsi nge-BLOG yang seimbang harusnya bisa menjadikan aktifitas Blogging sebagai media yang lebih baik dari situs jejaring sosial karena lebih berpeluang untuk jadi pola mendidik dan lebih mengarahkan pada penggunaan internet yang sehat.
Guru        : Jadi seberapa pentingkah peran blog untuk pendidikan?
Murid      : Sangat pentiiiing Pak Guru...!
Guru        : Seberapa banyak blog memberikan dampak positif untuk pendidikan?
Murid      : Banyaaaakkk banget Pak Guru...!
Guru        : Kalian sudah punya Blog semua kan?
Murid      : Pak Guru sudah bisa bikin blog apa belum Lho?
Guru        : Kamu ngledekin saya ya?
Murid      : Ya maaaf, Itu kalimat pertanyaan kan? Pak Guru hanya perlu menjawab bisa apa belum bikin blog.  Hehehhehe..... #Peace

Agar dialog senewen saya intermezo tidak semakin nglantur dan ngaco kemana-mana, maka peran [penting] blog Untuk Pendidikan [secara tidak langsung] juga bisa sebagai alternatif preventif action untuk permasalahan remaja yang berkembang sekarang karena dengan Nge-BLOG bisa menjadi salah satu media untuk Mencegah tawuran, menjauhkan anak dari godaan Narkoba dan pergaulan bebas juga pastinya dunk....Tapi kalau sampai sekarang yang jadi fokus penangkapan masih pada user Narkoba ya saya juga gak paham. Kan kalau User Narkoba harusnya diarahkan untuk rehabilitasi [bukan dikurung dalam penjara], terus Pengedar dan Bandar Narkoba yang harusnya jadi sasaran utama penangkapan dan diberikan sanki hukum yang seberat-beratnya tho? Hayyyaahh, kok nglantur lagi jadinyaa...

Oke deh, mohon maaf jika ada kesamaan cerita dan kisahnya serta ke-nglantur-an dalam tulisan ini. Dan semoga tidak over dosis jika saya menganggap nge-BLOG seperti Hujan yang memiliki sifat sebagai berkah. Dan kala belakangan ini hujan mengakibatkan banjir di beberapa kota/daerah, saya yakin kita semua mengerti jika fitrah Hujan BUKAN pembawa musibah. 

Hujan hadir melebat
Menghamburi kelopak kehidupan berirama
Lembabnya menyelimutkan kesejukan
Maja tiap hujan adalah derai cintaNYA pada seisi semesta



100 comments: Leave Your Comments

  1. kok postingannya nyerempet-nyerempet sama punyae una ya ... temane pendidikan ...

    tapi ini lo mbak selain blog guru masa depan itu ada yang memanfaatkkan twitter untuk tugas2nya. waktu itu aku liat di H*T*M P*T*H

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menarik sekali nih mba Ririe Khayan. Secara urusan banjir atau panas adalah keduanya berkah dari Allah SWT tinggal sikap kita terhadap kedua karunia Allah SWT itu.

      Itu slogan Belanja tidak belanja tetap thank you seperti slogannya Jogger Bali ya hiehiehiee. Mirip

      Delete
    2. go go go semangat go :D
      uye uye uye.

      aq nggak percaya kalo blog buat referensi2 :p

      nggak palid, mendingan pake jurnal, kalo blog cuman sebagai media mempermudah penyebaran pengetahuan sih aq setuju.
      kalo buat pendidikan kyk e nggak deh, nggak bener.

      :p

      Delete
    3. Iyo nek blognya isinya keyword2 thok trus nyari trefik kek blogmu aku juga gak percaya :P

      Delete
    4. kalo bue ririe bukannya nyari kiwot
      kebanyakan ikut lomba dan menebar link. sebenarnya ga masalah sih, cuma kayak kurang obyektif gitu isinya muji muji doang. kekurangan dari produknya jarang dibahas. jadi kesane ngiklan banget.
      *siapin panci

      Delete
    5. kebetulan saya lagi cari panci untuk menambal atap rumah yang bocor saat hujan turun... :)
      ---apakah blog penting untuk pendidikan, itu sich tergantung siapa yang menggunakannya dan memanfaatkannya...karena meskipun si guru yang menggunakan blog..tapi kalau tidak dimanfaatkan untuk pendidikan ya tetap juga jadinya tidak bermanfaat,
      namun meskipun hanya pemulung panci yang menggunakan blog, dan kemudian memanfaatkannya untuk pendidikannya..misalnya meminta bantuan mbah google untuk mencari artikel cara membuat panci...artinya blog itu bisa berarti penting bagi pendidikan bagi pemulung panci tersebut...,
      intinya blog itu ibarat senjata, tergantung digunakan untuk apa, apakah untuk menjaga keamanan, atau untuk merampok panci-panci se indonesia....kalo bahasa makassarnya "THE MAN BEHIND THE GUN"... :)

      Delete
    6. @ Deby: hohohoho...kebetulan lg 'saingan' sama Una, jd jangan heran jika utk beberapa wktu akan ada tulsank yg miripan sama Una

      @ Kang Asep: Lha tau saja neh, itu mang ngambil di parkirannya Joger Kang

      @ Vai: Makanya di situ aku gak nyantumin blog sbg referensi tapi aku menyebut jurnal sbg referensi utk mnulis postingan [serius/ilmiah]

      @ Una: Trefik masih nge-track..

      @ Pak Zach: Hehehehe

      @ Mas RAwin: TErima kasih utk masukannya.
      Klau pas ikutan kompetiblog sebuah produk bukan bermaksud memuji sih, tp saya hanya mencantumkan ingredientnya dan biasanya yg saya ikuti ya karena saya kenal produknya serta pas menggunakan mmg gak ada masalah. Alhamdulillah karena kulit saya memang welcome. Klo utk sisi YLKI mgk itu the main job mereka utk menampilkan kekurangan sebuah produk dalam rangka perlindungan terhadap konsumen.

      eniwei, utk kompetiblog apapun sekiranya saya mmg gak punya 'bahan'nya utk membuat tulisan saya gak ikutan kok, termasuk jk kompetiblog produk yg saya TIDAK menggunakan ya saya gak bisa ikut.

      @ KAng Hary: sipp..pada kesimpulannya semua mmg kembali pd pelakunya. Setiap hal punya dua sisi yg berseberangan, maka kitalah yg memilih akan mengambil sisi yg mana utk di expand.


      Delete
    7. The Man Behind The Bubur --------- saya donkkkkkkkkkkkk

      Delete
    8. bu ririe memang luar biasa
      ga masalah sih kalo dah nyoba dulu ga seperti tetangga sebelah yang suka membabi buta. jujur aku suka enek dengan cara ngiklan lewat blog itu. konsumen jadi kesulitan cari refrensi produk yang berkaitan dengan kekurangannya. ngetik di google yang muncul pujian semua.
      heran juga kenapa ylki ga ngadain kontes yang obyektif sebagai pembanding. kalo dulu ada pintu.net yang kita bisa bikin review kelebihan dan kekurangan produk. setiap posting kita dapat poin. sayang sekarang lenyap entah kemana.
      kapan kita sebagai konsumen dapat perlindungan dan penjelasan yang baik dari produsen ya..?

      Delete
    9. @ Kang Asep: the women beside Kang Asep: Istrinya tuh

      @ Mas Rawin: Yang biasanya mencantumkan sisi kekeurangan itu produk obat kayaknyan. Klo produk kosmetik dan makanan jarang, konsumen-lah yg harus jeli meneliti label yg tertera pd produknya

      Delete
  2. dan sepertinya blog penting untuk mencegah pengangguran di Indonesia. hhi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang jadi ga nganggur sih. tapi kadang lupa kerjaan sibuk komen komenan...

      Delete
    2. GAK HANYA LUPA KERJAa, tap juga lupa tdur jugak kayaknya

      Delete
  3. yup, dari pada jejaring sosial mending ngeblog :D

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Dan jwbn saya adalah iyaa I do. Hahah

      Delete
  5. Iya tuh, harus sejak dini kayaknya anak-anak diajarin nge-blog ;)
    Adekku dulu juga disuruh bikin blog sama guru komputernya, Rie.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti adik mbak della dah pinter ngeblog deh skr

      Delete
  6. Dengan kemajuan dunia IT, ngeblog ane rasa juga penting. Selain melatih bakat untuk menulis. Yang menjadi masalah adalah yang berada di pelosok desa yang nggak bisa terus ke warnet. Kecuali sekolahnya sudah bisa menyediakan komputer yang memadai.

    Daripada facebookan, enakan ngeblog mbak ririe

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kebanyakan orang pasti bilang enakan pesbuk
      tapi dari segi manfaat, blog kayaknya lebih banyak

      Delete
    2. setuju....
      dari blog orang lebih banyak belajar dan lebih kreatif.
      dari pesbuk orang banyak mengeluh dan lebay....:P

      Delete
    3. @Hp yitno: penyebaran internet tentu bth wtu utk bs merAta smpe pelosok.

      @ mas arwin: saya gk ikutan kebanyakan jd ya skr lbh ngeblog

      @ pak reo: sepaaKatttt


      Delete
  7. Semua penting untuk pendidikan, entah pesbuk, twitter, blog ato medsoc lainnya, termasuk media audio visual. Tapiii... pendidikan tidak harus dengan vasilitas2 dumay tersebut. Itu sih menurut saya, Mbak :D

    ReplyDelete
  8. duuhh ..hari gini ga ngeblog gimana rasanya Ya..
    Ga gaul donk..!!


    ReplyDelete
  9. serunya ngeblog...daripada ngegosip mending dirumah aja nulis blog :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngegosip lewat blog, lebih seru loh... haha ^^v :D

      Delete
    2. yg ngegosip di blog juga banyak kok

      Delete
    3. Apalagi becandaan saru di Blog wowwwwwwwww... ada juga

      Delete
    4. eh jadi lupa kalo kita ga boleh ngacaw disini
      bisa rusak reputasi juragan ribut kita
      haha maap bu...

      Delete
    5. iya..serunya ngeblog, asyik...

      Delete
  10. Buatku sih penting2 ajah...hehe

    ReplyDelete
  11. lagi ada even nulis blog tentang pendidikan kah mbak?

    ReplyDelete
  12. Saya bersyukur mengenal blog, karena dengan ngeblog saya banyak mendapatkan berkah, dan juga hikmah.Alhamdulillah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amn, ngeblog yang membawa berkah, dan hikmah.Alhamdulillah

      Delete
  13. salut untuk guru/pendidik yang tanggap dengan kebutuhan akan IT ya, mba. salah satunya dengan ngasih tugas dan dipasang di blog. banyak yang butuh lho ternyata yang masih suka komen di blog statistikaku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bkin blog memang bisa jd motvasi bagi siswa utk belajar IT, semoga ke depan nge-blog bisa lbh terarah dalam kurikulum yg intensif

      Delete
  14. Semuanya udah dijawan sama Mbaknya,blog itu banyak memberi kreatifas bagi kita untuk menulis atau menuangkan ide atau gagasan serta membantu kita meningkatkan informasi dan pengetahuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih banyak manfaat yg lainn, saya yakin itu

      Delete
  15. Yang jelas saya gak pernah kemana-mana, tetapi selalu ada di mana-mana semenjak blog-blogan, ....hahaaayyyy, mudah-mudahan gak pake lebay ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. whehehehee...keren jadinya ya bisa kemana-mana tanpa beranjak kemana-mana:)

      Delete
  16. Menurutku penting asal postingnya yg baik2 aja yah. Jgn posting2 yg meresahkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yg meresahkan tuh kayak lagunya "resah dan gelisah, menunggu di sudut sekolah" ya Mbak

      Delete
  17. Bagi saya ngeblog mah penting banget, dari pada ngerumpi mending BW :D

    ReplyDelete
  18. kalau yang suka dan ditempatnya terjangkau internet mending ngeblog ketimbang main game ajah bikin mata sakit ntar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ngeblog saja yaaa, jangan main game...#ambil penggaris

      Delete
  19. smoga aja ntar ngeblog masuk pelajaran hihihi...
    sukses nih buat tulisannya :D

    ReplyDelete
  20. sebelum mundur jadi pengajar 2010, saya pernah ngasih tugas kelompok ke siswa untuk buat blog karena sesuai dengan poin2 diatas, blog juga bisa menekan siswa membuka situs2 porno dan gameonline. sayangnya ngga dilanjutkan dan setelah mereka lulus blog yang ada ngga keurus oleh mereka.

    satu hal yang sangat dirasakan secara pribadi imbas ng'blog bisa dilihat di artikel kang zachfalzz judul "Rhidamu menyapa pagi"

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat disayangkan jika siswa sudah dikondisikan punya blog tap tidak dilanjutkan,

      #"Rhidamu menyapa pagi" kisah yang luar biasa dari anak pak Zach..*SAlUT*

      Delete
  21. Mengasah kemampuan menulis itu ya, Mbak, yang kerasa sekali :)

    ReplyDelete
  22. lengkap banget dan terjawab sudah! mantap mbak Ririe

    ReplyDelete
  23. kalau saya melihatnya tidak pada hal penting atau tidak penting, tapi disesuaikan dengan keperluan saja....di cucokan dengan materi (konsep jangka pendek) dan untuk menanamkan kemandirian, kejujuran, etika dan moral ...bisa salah satunya dengan mengajarkan cara berinteraksi yang baik di wahana internet...

    Ketika hujan seperti membawa beban..
    duka 1000 tahun dilepaskan...
    tidak cukup hanya 1 jam...
    maka banyak berdesahan keluh kesah orang

    Buaaaanjir!

    ReplyDelete
  24. setuju nih dengan tulisan ini... ngeblog bisa membantu berpikir teratur dalam menulis. Karena ngomong kadang lebih mudah, tapi pada saat menuliskan sering terpentok masalah kosa kata.. nah dengan nulis dan membaca blog orang lain, kosa kata dengan sendirinya akan bertambah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya setidaknya point tersebut, berdasarkan pengalaman saya sendri karena ketika saya menulis..pengennya bisa satu tema ditulis secra runut [mesk msh serng nglantur pd prakteknya]

      Delete
  25. kalo ngeblog, aku lebih sering baca hal-hal yang penting dan menghibur. Beda dengan facebook yang isinya kebanyakan hasil curhat dan nggak ada maknanya. Beda dengan twitter yang isinya ngobrol alias percapakan nggak jelas. Kalo di blog mah enak, bisa menambah wawasan karena ilmu yang diposting nggak dikit, tapi bermakna dan tentunya bisa dijadikan ajang diskusi sesama blogger, apalagi pelajar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget neh yg begnian " Kalo di blog mah enak, bisa menambah wawasan karena ilmu yang diposting nggak dikit, tapi bermakna dan tentunya bisa dijadikan ajang diskusi sesama blogger, apalagi pelajar..."

      Delete
  26. Menurutku penting juga, contohnya aku dapat belajar menulis di blog :)

    ReplyDelete
  27. sangat penting mas,saya saja bisa ngetik belajar ngedit bahkan tahu semuanya dari ngeblog sob.

    ReplyDelete
  28. Menurutku penting, Mbak. Karena memang lebih banyak nilai positif dari nge-blog ini. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. minimal bisa hepi biarpun gak nyambung

      *sampluk sandal

      Delete
    2. Nyambung saja kok, apapun makanannya minum air puth. ya kan?

      Delete
  29. sangat penting mbak, bahkan kalau perlu ada sebuah kurikulum agar ngeblog dijadikan eskul..

    OOT : kayaknya ada script yang dibanned Google tuh mbak, kalau gak salah script Abu Farhan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. rada berat nih
      kebanyakan tempelan

      Delete
    2. Nge-blog jadi ekskul? Menarik juga idenya, jd ada interest dr siswa ketika membuat blog sehingga bukan blog semusim sekolah saja ya

      Delete
  30. ada pentingnya juga, bisa menambah pengetahuan tidak hanya itu-itu aja dari guruya...

    ReplyDelete
  31. melatih fokus itu yang aku ga bisa
    tetep aja ngelantur kalo nulis
    makanya aku batesin ga terlalu panjang biar hasil akhirnya ga terlalu melenceng dari awalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. melenceng dari niat tema awal, itu juga fokus lho? pengembangan fokus namanya mas

      Delete
  32. kalau aku lebih ke sisi hiburannya sih....


    unsur pendidikan, yaaa..... fiftififti laahhh :D

    ReplyDelete
  33. ehm.. ternyata banyak ya manfaatnya, tapi pak guru belum punya blog. hehe

    ReplyDelete
  34. hmmm menurut saya blog itu penting, dengan begitu semua informasi terbuka lebar dan sekarang tergantung masing2 individu, saya belajar ngeblog juga dr rekan rekan blogger bukan dari sekolahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoaa, sama dunk. Saya juga belajar neg-blog dr teman2 blogger. Secara jaman saya sekolah blm nge-trend blog

      Delete
  35. hihihi....sayah telat mba ririe,mohon maaf ya...
    sudah beberapa hari alpa dari blogging.

    menrut saya,blog memang bagus dan memberi kesan positif untuk penggunanya.
    dibandingkan dengan pesbuk yg cuma jadi tempatnya galaumen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. belakngan ni saya juga jd jarang FBan, lbh explore klo nge-blog memamng:)

      #TOSS

      Delete
  36. tergantung niat nge blog hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. YUP...PADA DASARNYA nge-blog baik, tapi kembali pd personalnya juga

      Delete
  37. tp ingetloh, jgn sampe menjadi "Maniak Ngeblog" alias ngeblog yg gak tau waktu, itu kan gak baik jg...
    intinya sih, apapun akan menjadi positif jika dilakukan dgn bijak dan positif jg.

    Ayo kita ngeblog!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya, mesk ngblog berefek baik..tp jd blogerholc juga sangat gak baik

      Delete
  38. mantap,,aku sering ngeblog ampe lupa mandi.. :-)

    ReplyDelete
  39. hehehe....keren banget artikelnya, ndak bikin bosen mbacanya. mksh yah?

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.