Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri

Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri Tanpa Kursus. Jika membaca buku sebagai (salah satu) jendela untuk melihat dunia, maka memiliki kemampuan untuk menggunakan Bahasa Inggris secara aktif adalah salah satu cara berkomunikasi secara mendunia. Seperti yang kita ketahui bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sering digunakan di seluruh dunia sehingga tidak heran kalau banyak orang yang mempelajari bahasa Inggris. 

Bahkan semakin kesini, hampir semua jurusan perkuliahan “membutuhkan” kemampuan Bahasa Inggris bagi mahasiswa. Apalagi bagi mereka yang ingin melanjutkan studi atau mau bekerja di luar negeri, tidak masalah mau belajar Bahasa Inggris versi Gaya Bahasa Inggris British atau American, yang penting kemampuan Bahasa Inggris aktif. Bismillahirrahmaanirrahiim meski sekedar untuk jalan-jalan ke manca negara, akan memberikan pengalaman traveling yang lebih excited ketika kita bisa menggunakan Bahasa Inggris dengan lancar.

Nah, jika kita ingin menguasai bahasa Inggris dengan baik, ada baiknya bisa menerapkan beberapa tips belajar bahasa Inggris berikut ini:

Mempelajari kata dasar Bahasa Inggris 

Untuk belajar bahasa, maka sebaiknya kita mempelajarinya dari dasar. Salah satu cara belajar cepat bahasa Inggris adalah dengan mempelajari dasar bahasa Inggris. Dalam hal ini, kita bisa mempelajari bagaimana penulisan angka dalam bahasa Inggris, kata ganti dalam bahasa Inggris, dan kata sapaan dalam bahasa Inggris.

Dengan memulai belajar dari dasar maka nantinya akan membawa kita dalam puncak penguasaan. Oleh karena itu, pelajarilah bahasa Inggris mulai dari dasar terlebih dahulu. 

Mempelajari Tata Bahasa Inggris 

Tips berikutnya adalah dengan mempelajari tata bahasa Inggris atau grammar. Tata bahas merupakan ilmu yang mempelajari kaidah-kaidah yang mengatur tentang penggunaan bahas. Jadi setelah kita sudah menguasai tentang kata dasar bahasa Inggris, maka langkah selanjutnya adalah mempelajari tata bahasa Inggris. 

Kita bisa memulai dengan belajar cara menyusun kalimat dalam konteks masa sekarang, masa lalu, masa yang akan terjadi, dan masa yang sudah terjadi secara benar. Dalam bahasa Inggris itu disebut dengan tenses.
Tenses sendiri merupakan sebuah konsep atau rumus yang menjelaskan waktu kejadian dari sebuah pernyataan. 

Jika kita dapat menguasai tenses yang ada dalam Bahasa Inggris, itu artinya kita sudah menguasai 60% kemampuan berbahasa Inggris. Lalu kita harus mengembangkan 40% sisanya dengan mempelajari materi-materi lainnya dalam ilmu bahasa Inggris. 
Adalah Simple present tense yang merupakan salah satu tenses bahasa Inggris yang sering digunakan dalam penyusunan kalimat bahasa Inggris. Sebab, tenses ini dapat berfungsi untuk menyatakan fakta, kebiasaan atau rutinitas, dan berbagai kejadian yang terjadi pada saat sekarang ini.

Adapun rumus tenses bahasa Inggris yang digunakan untuk membuat kalimat simple present tense sangat sederhana, yaitu:

Subject + Verb 1 (Base/Present From) 

Untuk lebih jelasnya, berikut contoh simple present tense:
1. Penggunaan Kata Keterangan Frekuensi, seperti: always, every, never, normally, often, sometimes, usually, seldom, dll.
2. Kalimat Positif: 
-  Imran work in a plumbing company
-  Mikail always works very hard in the company
-  Rendra walks to work every day
3. Kalimat Negatif
-  Arman does not work very hard in the company
-  Asep does not come on time very often
4. Kalimat Tanya
“Does he work very hard in the company?

Belajar dari Orang Asing yang Asli berbahasa Inggris atau dari orang yang mahir Berbahasa Inggris 

Jika ingin cepat menguasi suatu hal, kita membutuhkan "partner" (guru) dalam proses belajar Bahasa Inggris ini. Salah satu cara cepat belajar bahasa Inggris adalah yang efektif adalah dengan mencari tentor atau menjalin pertemenan dengan orang-orang yang memang sudah mumpuni menggunakan bahasa Inggris.

Keberadaan tentor adalah untuk mengawasi kita dalam mempelajari bahasa Inggris secara baik dan benar, sehingga kita bisa mengetahui seberapa jauh perkembangan kita dalam belajar bahasa Inggris.

Mengenali huruf dan Cara Pelafalan dalam bahasa Inggris 

Pada saat belajar bahasa Inggris, hal pertama yang harus kita pahami adalah huruf dan pelafalan dari bahasa tersebut. Maka dari itu, kita perlu mengenal huruf dan pelafalan bahasa Inggris. 

Memperbanyak Kosakata (Vocabulary) bahasa Inggris 

Bagi kita yang ingin menguasai bahasa Inggris, sebaiknya membuat semacam target dalam sehari harus menguasai (hafal) sebarapa banyak kosakata bahasa Inggris. Kepustakaan kosakata bahasa Inggris bisa kita dapatkan melalui kamus, bacaan berbahasa Inggris, lagu-lagu barat ataupun acara TV yang menggunakan bahasa Inggris. Sedangkan untuk mempelajari kosakata yang baku, kita bisa membaca Koran berbahasa Inggris.

Semoga sedikit sharing Tips Belajar Bahasa Inggris bisa bermanfaat. Apapun alasan belajar bahasa Inggris, yang perlu dipahami bahwa kemampuan menggunakan Bahasa Inggris adalah sebuah bentuk keterampilan yang perlu dilatih dan dibiasakan sesering mungkin, prefer ya make it practice every day.




Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

No comments:

Post a Comment

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.