Mengenal Karakteristik Pasar Bebas

Mengenal Karakteristik Pasar Bebas dan contoh-contoh Free trade. Trend pasar global bertumbuh sangat pesat dan mengalami percepatan yang fantastis dengan terjadinya pandemic covid-19. Hukum alam dalam transaksi perdagangan pun berlaku terhadap semua jenis produk, baik industri pakaian, food and beverages, furniture, otomotif dan sebagainya yaitu jika ingin survive dan sukses penjualannya di berbagai pasar  secara global harus BERSTANDARD internasional. 

Bismillahirrahmaanirrahiim, Istilah pasar bebas tentunya sudah tak asing lagi untuk di dengar dalam dunia perdagangan. Hanya saja, bagi orang yang masih awam istilah pasar bebas dapat menjadi suatu hal yang membingungkan dan tentu akan banyak pertanyaan yang bermunculan. Seperti apa yang dimaksud dengan pasar bebas dan lain-lain. Untuk membahas dan memahami hal tersebut simak ulasan berikut.
Pada dasarnya, pasar bebas merupakan suatu keadaan ekonomi yang mengedepankan produksi serta penjualan barang atau jasa tanpa adanya campur tagan dari pihak pemerintah. Artinya, segala bentuk kebijakan yang berlaku tidak dibuat atas patokan, campur tangan, ataupun paksaan dari pihak lain atau pemerintah. Pasar bebas ini di advokasi oleh pengusul ekonomi liberalisme.
Pasar bebas atau free market menjadi tantangan tersendiri karena sangat terbuka dan trend pasar yang bergerak bebas dengan free trade yang semakin solid berbasis pada quality, keamanan, dan klaim kesehatan yang harus dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Pasar bebas memiliki sifat yang sangat jauh berbeda dengan sistem ekonomi terpusat dan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Dapat dijalankan oleh siapa pun, karena sifat pasar bebas ini adalah terbuka dan dapat dijalankan secara individu, komunitas, atau bahkan perusahaan besar sekalipun.
  • Terdapat pembagian kelas, ini merupakan ciri yang sangat menonjol dari pasar bebas. Mengapa? Karena pasar bebas dibedakan berdasarkan kelas pekerja dan kelas pemilik modal yang kelas tersebut dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan yang Anda butuhkan.
  • Adanya persaingan untuk mendapatkan keuntungan yang besar, persaingan untuk mendapatkan keuntungan tentu bukan hal asing dalam bisnis. Persaingan tersebut secara tidak langsung mendorong pelaku bisnis jadi lebih terpacu dalam menjalankan bisnisnya di pasar bebas.
  • Campur tangan pemerintah terbatas, karena pemerintah memili batasan tertentu untuk dapat ikut campur dalam kegiatan pasar bebas ini. 
Ciri-ciri-pasar-bebas
sumber: https://greatnewsforamerica.com/characteristics-of-a-free-market/


Setelah memahami perdagangan bebas, tidak sah rasanya bila kita tidak mengetahui contohnya. Lalu apa saja sih contoh dari perdagangan pasar bebas ini? Berikut ini beberapa contoh dari perdagangan pasar bebas yang sudah existing secara global.

APEC  ( Asia Pasific Economic Cooperation )
Asia Pacific Economic Cooperation atau lebih dikenal dengan APEC merupakan sebuah kerja sama ekonomi antara 21 negara di wilayah pasifik. Kerja sama tersebut bertujuan untuk membangun hubungan antarnegara dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta mendorong perluasan perdagangan bebas di kawasan Asia Pasifik.

CAFTA  ( China-Asean Free Trade Area )
China-ASEAN Free Trade Area atau lebih dikenal dengan CAFTA merupakan sebuah pasar bebas dengan bentuk perjanjian perdagangan antara China dengan negara-negara di ASEAN. Organisasi ini mengatur kerja sama di antara negara anggotanya agar dapat melakukan kegiatan perdagangan bebas tarif bea untuk berbagai barang yang masuk dari China maupun ASEAN.

E U  ( European  Union )
European Union atau lebih dikenal dengan EU merupakan sebuah perjanjian pasar bebas yang terjalin di antara 28 negara di bawah kawasan Eropa. Adanya EU bertujuan untuk memudahkan proses keluar masuk barang dari tiap negara anggota agar perekonomiannya terus meningkat.

M E A ( Masyarakat Ekonomi Asia )
Masyarakat Ekonomi Asia atau lebih dikenal dengan MEA merupakan sebuah pasar bebas di Asia Tenggara yang beranggotakan negara-negara di wilayah ASEAN. Pasar bebas MEA memungkinkan terjadinya proses penjualan barang dan jasa antar negara anggotanya tanpa dikenakan tarif.

N A F T A  ( Nort American Free Trade Area )
North American Free Trade Area atau lebih dikenal dengan NAFTA merupakan sebuah sistem perdagangan bebas di Amerika Utara yang didirikan pada tahun 1994. NAFTA beranggotakan Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada. Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh organisasi ini di antaranya adalah mengurus paspor dan visa, mengatur kegiatan niaga, serta menjadi perantara informasi yang berhubungan dengan kegiatan kebudayaan.
Karena trend pasar bebas tak terhindarkan lagi, maka bila ingin meng-efektifkan target menembus konsumen kelas menengah ke atas, pelaku industri setidaknya harus mengambil hati konsumen dengan meningkatkan daya saing produk yaitu mendongkrak kualitas dan kreatifitas barang/jasa yang dihasilkan. 
At least, strategi yang terdekat dalam jangkauan bagi produk lokal salah satunya dengan  focus pada terhadap segmen pasar terbesar dalam negeri saat ini yang didominasi kelas menengah yang pertumbuhannya dinilai sangat cepat semenjak era digital booming.  

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

No comments:

Post a Comment

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.