Fungsi Caption Dalam Postingan Instagram

Fungsi Caption Dalam Postingan Instagram. Menggunakan platform Instagram bisa diumpamakan seperti pintu ajaib yang dimiliki Doraemon. Secara “hanya” dengan satu posting di IG, kita bisa membagikan koten yang sudah muncul di IG ke banyak akun media social lainnya  seperti Facebook, Twitter, Tumblr, dan Flickr yang tersedia di halaman Instagram.

Instagram menjadi salah satu media sosial yang mengalami perkembangan sangat pesat, bisa dilihat dari jumlah pengguna yang meningkat secara significant sejak pertama kali rilis pada Oktober 2010. Bismillahirrahmaanirrahiim, mengutip informasi dari website DataIndonesia, hingga Januari 2022 terdata jika jumlah pengguna media social khsusus di Indonesia mencapai 191 juta orang. Jumlah yang sangat fantastis tentunya.  

Kerennya lagi, Whatsapp yang menduduki peringkat tertinggi sebagai media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia, kemudian disusul oleh Instagram diurutan kedua dan Facebook menempati urutan ketiga.

Media social yang akrab kita kenal dengan penyebutan IG ini memiliki segementasi (awal) untuk berbagi  konten berupa foto, dan saat ini IG mengalami metamorfosa yang sangat-sangat magic. Setelah sukses memikat banyak orang di dunia untuk saling berbagi foto, saat ini IG sudah memiliki fitur-fitur yang jauh lebih menarik. 

Naaah, biasanya kan saat membuat posting Instagram, salah satu yang perlu untuk dipersiapkan adalah tentang caption yang akan diberikan dalam foto atau video yang akan publish di akun IG. Caption yang menarik akan mendukung dan memperkuat “value”  foto, video atau konten infografis yang akan tayang di Instagram kita.
Fungsi-Caption-dalam-postingan-Instagram

Caption IG yang disematkan dalam sebuah postingan biasanya juga akan menambah ketertarikan orang untuk melihat dan menyukai postingan tersebut. Itulah mengapa sebagian orang seringkali memikirkan caption apa yang cocok diberikan dalam postingan tersebut sebelum menguploadnya ke media sosial. Tidak hanya itu jika keseluruhan postingan kita dari mulai konten dan caption yang baik maka akan meningkatkan engagement kita.

Jika engagement kita di Instagram tinggi maka kemungkinan orang melihat postingan kita dan menyukai postingan tersebut akan semakin besar. Tentunya hal seperti ini akan sangat menguntungkan terutama bagi orang – orang yang memang mencari tambahan penghasilan lewat media sosial. Karena semakin tinggi engagement maka akan semakin tinggi pula rate card orang tersebut.

Pada dasarnya memang dalam sebuah postingan IG yang menarik tidak hanya menitikberatkan pada foto ataupun captionya saja, melainkan keseluruhan dari konten yang di upload. Jadi jika kita sudah memilih foto atau video yang menarik untuk di upload, jangan lupa juga untuk menyertakan caption yang dapat menjelaskan atau menambahkan minat orang – orang untuk menyukai atau mengomentari postingan kita.

Bagi kita yang hanya memainkan akun Instagram personal, biasanya pemilihan caption yang baik akan membuat followers kita lebih tertarik. Tapi jika kita menggunakan Instagram akun bisnis maka caption IG menjadi salah satu yang harus dipikirkan dengan baik. Karena caption IG pada akun bisnis bisa mempengaruhi minat pembeli maupun pengguna instagram lain yan melihat postingan kita.

Jika kita salah satu yang mengelola akun bisnis pastikan kalau postingan kita dan juga caption yang disematkan dapat menghipnotis atau menarik minat pengguna Instagram dalam melihat produk kita. Sebaiknya pilihlah caption IG yang megajak para pengikut kita berinteraksi atau bisa juga tambahkan caption IG yang membuat followers menunggu postingan selanjutnya.

Untuk lebih jelasnya berikut ini terdapat contoh beberapa caption IG yang bisa digunakan oleh para pebisnis online yang sedang berusaha untuk menaikan rating dari produk yang ditawarkan tersebut.
  • Produk ini adalah satu produk yang bisa menyelesaikan 3 masalah kulit kita sekaligus karena didalamnya sudah terdapat kandungan ………., ………., ……. Yang dapat mengatasi semua masalah kulit kita.
  • Coba gunakan produk ini dan rasakan manfaatnya, jika kita tidak dapat membuktikan manfaat produk ini dalam 2 minggu maka kami jamin garansi uang kembali.
  • Terbukti sudah ratusan orang yang percaya dan setia menggunakan produk kami, sekarang giliran kita untuk mencoba produk kami dan rasakan sejuta manfaat yang diberikan oleh produk kami.
  • Makanan ini dibuat dari bahan alami tanpa bahan pengawet jadi aman dan sehat meski dimakan oleh si kecil. Selain itu meskipun makanan ini makanan sehat tapi soal rasa tidak kalah dengan makanan lainnya. Tunggu apa lagi segera rasakan nikmatnya makanan ini secara langsung.
Beberapa caption IG tersebut  sebagai contoh yang bisa kita gunakan jika kita adalah salah satu pengguna Instagram yang sedang mengelola akun bisnis. Dan penulisan caption tersebut tentu harus disesuaikan dengan konten utama ( foto, video atau infografis) yang akan diunggah ke IG.

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

No comments:

Post a Comment

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.