Contoh Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja termasuk dalam kategori surat resmi yang dibuat oleh seseorang untuk digunakan atau diajukan ke perusahaan, instansi atau lembaga resmi untuk melamar pekerjaan. 

Bismillahirrahmaanirrahiim, mencari dan atau melamar pekerjaan menjadi salah satu tantangan baru bagi para fresh graduate. Memang tidak semua langsung berjibaku mencari pekerjaan, sebagian orang yang baru lulus kuliah juga ada yang fokus membuka bisnis dan bersemangat untuk membuka lapangan pekerjaan baru. 

Bagi yang memang ingin bekerja di secara officially, selain harus aktif mencari prospek pekerjaan yang sesuai dengan background pendidikan atau jurusan kuliah yang sudah diambil, maka surat lamaran kerja merupakan bagian terpenting perlu dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Karena saking pentingnya,  bagi Anda untuk menulis surat lamaran yang baik. Bahkan masih ada lho yang mensyaratkan surat lamaran pekerjaan harus ditulis tangan. 

Bisa jadi masih ada yang galau bagaimana membuat surat lamaran kerja, seperti struktur suratnya dan pertanyaan-pertanyaan seputar cara membuat surat lamaran kerja. Tapi santuy ya, karena sangat banyak contoh surat lamaran kerja yang bisa kita cari di berbagai situs secara online

contoh-surat-lamaran-kerja

Nah, di bawah ini ada beberapa poin penting yang perlu dicermati dengan seksama dan semoga bisa menjadi referensi untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

1. Kesan pribadi

Jika Anda berencana untuk melamar ke perusahaan yang berbeda, pastikan untuk menulis nama perusahaan yang benar di surat lamaran Anda. Selain itu, Anda juga perlu menulis surat lamaran kepada seseorang. Khusus untuk surat yang ditujukan kepada seorang wanita, jika Anda tidak mengetahui status perkawinannya, gunakan awalan Ny. Misalnya: Ny. Suryanegara.

2. Singkat dan langsung ke intinya

Jangan bertele-tele. Tulis surat Anda secara efektif. Gunakan bahasa yang sederhana. Gunakan kata-kata yang umum digunakan. Tidak perlu mencoba untuk mengesankan pembaca  dengan menggunakan kata-kata sulit.

Jangan sampai Anda menulis surat lamaran ini lebih dari satu halaman. Perusahaan dapat menerima lusinan atau bahkan ratusan lamaran pekerjaan. Surat pengantar yang terlalu panjang tidak akan berfungsi.

3. Rapi dan bersih

Bila memungkinkan, gunakan program komputer untuk menulis surat lamaran Anda. Dengan cara ini, Anda dapat menulis surat lamaran yang bersih dan  mudah dibaca.

4. I S I

Beberapa hal yang perlu ditulis di dalam Isi surat lamaran kerja adalah sebagai berikut:
  • Pendahuluan: Sebutkan dari mana Anda mendapatkan informasi tentang lowongan  tersebut.
  • Pekerjaan Anda saat ini: Jelaskan secara singkat posisi dan bidang aktivitas Anda saat ini. Anda juga harus menjelaskan secara singkat pencapaian utama Anda selama bekerja. Untuk memberikan gambaran yang lebih baik, berikan informasi  kuantitatif.
  • Baca baik-baik persyaratan dalam iklan lowongan kerja. Jika pekerjaan yang Anda lamar adalah riset pemasaran, Anda mungkin tidak perlu membagikan kredensial logistik Anda.
  • Pendidikan: Jika pelatihan diperlukan, sebutkan secara singkat tingkat pendidikan tertinggi Anda.
  • Penutup: Mengingatkan pembaca bahwa Anda memiliki keinginan yang kuat untuk mendapatkan pekerjaan. Anda harus menunjukkan kapan waktu terbaik untuk menghubungi Anda untuk diproses lebih lanjut. Dan jangan lupa untuk mengatakan "Terima kasih".
5. Proofreading

Proofreading berarti membaca ulang semua teks Anda dan memastikan semuanya benar. Pastikan tidak ada kesalahan ejaan, tidak ada pengulangan kata, dan tata bahasa yang tepat digunakan.

Contoh Surat Lamaran Kerja 

Jika Anda sudah memiliki pengalaman kerja, Anda dapat menyalin contoh surat lamaran kerja ini. Anda juga harus menuliskan pencapaian profesional Anda di pekerjaan Anda sebelumnya. Di bawah ini adalah contoh surat lamaran untuk Anda yang memiliki pengalaman kerja.

Jakarta, 16 Mei 2022
Yang Terhormat
HRD Manager PT Wirajaya
Jl. Kusuma Bangsa 48
Perihal : Surat lamaran

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi dari Koran xxx pada tanggal 12 Mei 2022, PT Wirajaya telah membuka beberapa lowongan. Dengan surat lamaran ini, saya bermaksud melamar posisi marketing officer di perusahaan yang Anda jalankan.

Ini adalah informasi pribadi:
Nama :
Tempat / tanggal lahir :
Jenis kelamin :
Pendidikan terakhir :
Alamat :
Telepon / ponsel:

Saat ini, kondisi saya dalam keadaan tubuh sehat jasmani dan rohani. Saya juga memiliki pengalaman di posisi ini, saya fasih berbahasa Inggris dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim. Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan untuk ujian, saya melampirkan informasi pribadi sebagai berikut:

Foto ukuran 3 x 4
Fotokopi KTP
Resume
Fotokopi ijazah terakhir
Fotokopi SKCK
Fotokopi  pengalaman kerja

Berharap bisa dipanggil untuk wawancara agar saya dapat menjelaskan secara detail tentang potensi dan kemampuan saya. Oleh karena itu, saya menulis surat lamaran  ini  dengan tulus dan jujur, atas perhatian Bapak/Ibu Pimpinan, saya ucapkan terima kasih.

Salam Hormat 

Ibrahim Ali

Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat sebuah surat lamaran kerja dan semoga contoh surat lamaran kerja di atas  bisa menjadi salah satu inspirasi bagaimana membuat Surat Lamaran Kerja yang baik. 

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

No comments:

Post a Comment

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.