Doa dan Tata Cara Menyembelih Ayam Yang Memenuhi Persyaratan Halal

Doa Menyembelih Ayam Lengkap Dengan Tata Caranya Yang Memenuhi Persyaratan Halal. Didalam Islam, ayam termasuk golongan hewan yang halal untuk dimakan. Ayam adalah salah satu dari beberapa hewan yang dagingnya menjadi sumber protein hewani bagi manusia. Biasanya, unggas tersebut akan disembelih untuk kemudian dijadikan lauk pauk untuk kita konsumsi. 

Nah, Bismillahirrahmaanirrahiim membahas soal hewan ternak ini, Islam mengajarkan kita untuk memperlakukan ayam yang akan disembelih sesuai dengan syariat Islam. Jika proses penyembelihannya tidak sesuai dengan syariat, maka hukum memakan ayam tersebut menjadi tidak halal. 

Ayam adalah salah satu hewan ternak yang jenis dagingnya itu sangat mudah didapatkan dan menjadi menu makanan sehari – hari. Lauk makan yang bersumber protein hewani yang menempati urutan paling sering dikonsumsi selain ikan lele dan aneka jenis ikan laut lainnya, maka sajian menu olahan daging ayam merupakan salah satu jenis lauk yang paling sering ditemui pada berbagai acara-acara hajatan, juga sajian menu sehari-hari di rumah.

Lantas, bagaimana cara menyembelih ayam yang sesuai dengan syariat Islam? Terdapat beberapa hal mulai dari syarat hingga bacaan doa atau niat menyembelih ayam yang perlu kita perhatikan. Berikut dibawah ini tata cara umum penyembelihan yang memenuhi persyaratan halal, diantaranya yaitu :
  • Penyembelih harus beragama Islam, dewasa (baligh), dan berakal sehat.
  • Memastikan ayam yang akan disembelih harus dalam kondisi masih hidup, sehat, dan bersih serta disunnahkan untuk dihadapkan ke kiblat. 
  • Kemudian, penyembelih melafazkan “Bismillahi Allahu Akbar” atau “Bismillahirrahmanirahiim” saat menyembelih ayam. 
  • Hal yang tidak boleh dilakukan oleh penyembelih adalah menyembelih ayam sambil makan, minum, merokok, atau aktivitas lain yang menyebabkan lalai dalam mengucapkan basmalah. 
  • Melakukan penyembelihan pada pangkal leher ayam dengan memutuskan saluran pernafasan (trachea/hulqum), saluran makan (esofagus/mari’), dan dua urat lehernya (pembuluh darah di kanan dan kiri leher/wadajain) dengan hanya sekali sayatan saja tanpa mengangkat pisau. 
  • Proses penyembelihan dilakukan mulai dari leher bagian depan diantara ruas tulang leher kedua dan ketiga serta tidak memutuskan tulang lehernya. 
  • Pisau yang digunakan harus setajam mungkin dan bersih. Pastikan juga bahwa ayam mati akibat proses penyembelihan tersebut. Setelah itu, biarkan darah ayam keluar dengan waktu minimal 3 menit sebelum melanjutknya proses berikutnya (sebaiknya posisi ayam digantung untuk memaksimalkan pengeluaran darah). 
  • Ayam yang akan dimasukkan kedalam proses perendaman air panas harus dipastikan benar – benar sudah mati (tidak ada reflek kornea mata dan darah berhenti memancar). Sementara untuk pemotongan skala industri, perlu diperhatikan kecepatan konveyor dan jarak ke tempat pencelupan air panas. 
  • Proses penanganan berikutnya dilakukan dalam keadaan bersih agar tidak terjadi kontaminasi bakteri, najis, atau bahan haram. 
Adapun bacaan doa menyembelih ayam yang bisa dilafalkan adalah sebagai berikut:
  1. Membaca “Bismillâh”, yang artinya : “Dengan nama Allah.” Alangkah lebih baik dan sempurna lagi dengan  mengucapkan lafal Basmalah secara lengkap yaitu, “Bismillâhir rahmânir rahīm.”, yang artinya : “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang.”
  2. Membaca Sholawat Untuk Rasulullah SAW, “Allâhumma shalli alâ sayyidinâ Muhammad, wa alâ âli sayyidinâ Muhammad.”, yang artinya Artinya : “Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.”
  3. Kemudian membaca Takbir Tiga Kali Dan Tahmid Sekali ,“Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd.” yang artinya : “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu.”
  4. Selanjutnya membaca Doa Menyembelih Ayam yang lafalnya sebagai berikut “Allâhumma hâdzihī minka wa ilaika, fataqabbal minnī yâ karīm.”, yang artinya Artinya : “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.”
Nah demikianlah sesi artikel guest post kali ini tentang doa menyembelih ayam lengkap dengan tata caranya yang memenuhi persyaratan halal, semoga bermanfaat ya...

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

1 comment:

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.