Mudahnya Akses Tanya Veronika, Asisten Virtual Telkomsel Yang Kekinian

Daebak Mudahnya Akses Tanya Veronika, Asisten Virtual Telkomsel Yang Kekinian. Sudah pada tahu kan Tanya Veronika, Asisten Virtual Telkomsel adalah wujud keperdulian dari Telkomsel untuk semua pelanggannya agar lebih mudah dan cepat mendapatkan informasi terkait semua layanan Telkomsel.

Melalui Tanya Veronika (voice response and info care) kita sebagai pengguna nomer seluler Telkomsel bisa dengan cepat mengetahui berbagai informasi layanan provider seperti check pulsa, paket data internet, masa aktif nomer HP, perolehan poin, cara penukaran poin, bahkan beli pulsa/paket dan informasi layanan lainnya.

Bismillahirrahmaanirrahiim dengan mengakses satu tombol (fitur) Tanya Veronika, semua kebutuhan informasi yang kita perlukan terkait layanan seluler bisa dengan mudah dan cepat disajikan oleh asisten virtual Telkomsel ini. Ciamiiik sekali kan ya?

Mudahnya-TanyaVeronika-AsistenVirtualTelkomsel-Yang-Kekinian

Tentu saja super keren karena  Tanya Veronika ini didesain sebagai  “'customer servicechatbox yang  berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). 

Sekilas Tentang Chatbot Veronika pada Layanan Tanya Veronika Asisten Virtual

Iyesss, dengan aplikasi teknologi AI-nya dalam chatbot layanan Tanya Veronika akan memberikan engagement  yang humanis antara pelanggan dan Veronika, seolah-olah kita sebagai pelanggan sedang berbicara langsung dengan  perwakilan Telkomsel saat mengajukan keluh kesah dan pertanyaan. 

Dengan kecangihan teknologi  yang ada pada Tanya Veronika  sehingga  dapat memberikan layanan secara humanis dan friendly, ala-ala yang dilakukan manusia. Sesuai sifat dasar manusia sebagai makhluk sosial, tentu akan sangat lebih nyaman ketika berkomunikasi dengan “customer service” yang humble serasa melakukan obrolan dengan manusia pada umumnya yang mampu memberikan  informasi lebih cepat dan tepat.

Rancangan Veronika  tersebut  untuk mempermudah pelanggan  memperoleh berbagai informasi dan memfasilitasi mendapatkan semua layanan yang dibutuhkan pelanggan Telkomsel yang saya sebutkan di atas, bahkan juga urusan bikin  janji untuk kedatangan ke GraPari terdekat, bisa dilakukan dengan mengakses Tanya Veronika ini.
Saya masih ingat bagaimana dulu harus pencet-pencet angka, dengan kombinasi tanda bintang (*) dan pagar (#) jika ingin mengetahui sisa pulsa, masa aktif atau informasi lainnya (kronologis pencet-pencet kombinasi angkanya berkali-kali demi mendaptkan satu informasi saja). Apalagi saat butuh informasi yang mengharuskan menghubungi call center, sampai speechless karena kehabisan pulsa.

Pengalaman yang masih membekas sampai sekarang, sekitar 5 tahun lalu nomer HP saya tetiba tidak bisa digunakan. Duuuh sudah puyeng kayak lari di stadion Maguwoharjo tuh rasanya. Ya galau bercampur panik, nomer simpati kan nomer seluler pertama yang saya miliki, yang saya beli dengan dengan penuh cinta. Selama ini saya jaga dengan sebaik-baiknya, tak tergoda untuk menggantinya meskipun bertaburan nomor-nomor seluler baru. Selain itu, nomer Simpati tersebut merupakan nomer sosialita saya, maksudnya nomer tersebut yang disimpan oleh semua teman-teman. Kebayang dong jika ujug-ujug nomer tersebut MATI TOTAL? (eh, gak usah dibayangin ding). 
Maksudnya, saya tanya si anu, ini, itu, terkait dengan nomer HP saya yang mendadak mati suri tersebut.  Saran terbaiknya, saya harus ke GraPARI. Perjuangan selanjutnya, saya cari informasi lagi, dimana lokasi GraPARI terdekat di Sleman?   Harus tanya ke teman-teman atau googling jika ingin mengetaui lokasi GraPARI terdekat. Singkat cerita, Alhamdulillah nomer simPATI saya masih bisa diselamatkan dan aktif hingga sekarang. 
Kini saya dan semua pelanggan Telkomsel tak perlu galau lagi dan tidak akan menghadapi dilematis drama ganti kartu seluler simPATI yang pernah saya alami sekian tahun lalu. Layanan Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel hadir dengan akses sangat mudah, dengan waktu operasioanl 24 jam dalam 7 hari, respon yang cepat dan tepat, serta tersedia dalam multi platform.

In case, saya berjuang untuk mendapatkan nomer yang sama tersebut. Selain nomer simPATI saya tersebut merupakan nomer HP pertama, layaknya cinta pertama never die, alasan yang tak kalah bonafide kenapa saya keukeuh memperjuangkan nomer simPATI agar back to normal adalah: 

  • Kualitas jaringan kuat, kemana dan dimana pun berada, tetap bisa terhubung dengan keluarga, kolega dan pekerjaan tetap bisa dikerjakan.
  • Scope jaringan yang luas hingga ke pelosok negeri. Bagi saya ini sangat penting karena mobilitas pekerjaan yang kerapkali membawa saya berada di ujung daerah, sementara banyak aktifitas dan kegiatan yang menuntut harus on schedhule penyelesaiannya. 
  • Banyak inovasi dan promosi menarik. Iya dong, adanya inovasi dan promosi menarik menjadi point interest yang kuat laksana magnet deh.
  • Tersedia paket unlimited yang terjangkau, inovasi layanan untuk pelanggan yang up to date dan kekinian, salah satunya Tanya Veronika

Yessss, kehadiran layanan pelanggan Tanya Veronika Asisten Virtual menjadi oase tersendiri bagi pelanggan Telkomsel karena memberikan berbagai kemudahan untuk mendapatkan solusi dan informasi secara akurat dan cepat, tanpa nanti dan tanpa tapi.

Cara Mudah Mengakses Tanya Veronika, Asisten Virtual Telkomsel Yang Kekinian

One fine day, per 24 Agustus 2017, semua drama seperti yang pernah saya alami tidak perlu lagi terjadi karena Telkomsel sudah menghadirkan Tanya Veronika, Asisten Virtual Telkomsel. Nama Veronika tentu sudah familiar bagi pelanggan setia Telkomsel karena awalnya Miss Veronika ini merupakan (suara) mesin penjawab saat panggilan masuk tidak terjawab. 

Iya dong, semakin beragam penyedia jasa operator telepon seluler, tentu saja konsumen akan memilah dan memilah penyedia jasa provider seluler yang handal dan unggul dalam memberikan layanan secara paripurna.  Selain fast respon saat ada permasalahan yang dihadapi pelanggan, layanan customer service Veronika ini juga unggul dalam hal inovasi teknologi.  

Cara-Mudah-Mengakses-TanyaVeronika-AsistenVirtualTelkomsel

Untuk itulah Tanya Veronika ini hadir ditengah-tengah pelanggan Telkomsel sebagai aplikasi pintar yang kekinian dan milenial banget tentunya. Cukup dengan  chat kita bisa tanya apa saja melalui Veronika  Telkomsel kapan pun dan dimana pun mudah serta cepat. 
Penasaran kan semudah apa sih untuk mengakses Tanya Veronika, Asisten Virtual Telkomsel ini?
Yoiiii, saking mudahnya untuk mengakses Tanya Veronika ini, jadinya saya menyebutnya gampil buangetttt deh untuk menggunakan Asisten Virtual Telkomsel ini.  Cukup dengan klak-klik dari channel atau media chat yang dianggap compatible di gadget, yang dianggap tersantuy  dan paling ergonimis untuk mengakses Tanya Veronika  dan melakukan “percakapan” interaktif tentang berbagai  layanan pelanggan yang sedang dibutuhkan. 

Untuk lebih jelas dan gamblang, berikut ini cara-cara mengakses layanan Tanya Veronika, Asisten Virtual Telkomsel:

1. Aplikasi MyTelkomsel

Untuk menggunakan aplikasi MyTelkomsel, yang pertama harus dilakukan adalah download aplikasi dari playstore ataupun App Store. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Melakukan registrasi dengan melengkapi data-data yang diminta dan ikuti verifikasi nomer seluler. 
  • Kemudian klik login menggunakan link yang dikirimkan via SMS. Setelah berhasil login menggunakan link rahasia dari SMS, lakukan login lagi pada aplikasi MyTelkomsel.
  • Terdapat beberapa fitur pada aplikasi MyTelkomsel,  kita bisa langsung menemukan fitur Tanya Veronika yang terdapat pada fitur Customer Service
  • Atau bisa juga melalui pilihan “Menu” yang terdapat di bagian bawah, kemudian klik pada menu Help Center dan pilih untuk “Chat with Veronika”, selanjutnya kita akan mendapati halaman chat yang bisa kita gunakan dengan cara mengetikkan menu layanan Telkomsel yang dibutuhkan. 
FYI ya untuk menggunakan MyTelkomsel kita harus login menggunakan nomer seluler, Facebook, twitter atau akun Gmail. Jika login menggunakan nomer seluler,  kita menerima link aktifasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomer HP kita.

2. WhatsApp (WA)

Hari gini siapa yang belum menggunakan media chat WhatsApp? Yess, Asisten Virtual Telkomsel bisa dihubungi melalui WhatsApp dengan cara kita simpan dulu nomer resmi Tanya Veronika +6281111111111 di HP. Bagi yang belum memiliki aplikasi WhatsApp di gawainya, bisa diikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Lakukan download aplikasi WhatsApp dari playstore ataupun App Store.
  • Selanjutnya kita sudah bisa langsung nge-chat Miss Veronika dengan mudah melalui WhastApp dengan sapaan singkat. 
  • Khusus untuk pelanggan yang nomer Telkomsel terpasang di gadget yang berbeda (dengan aplikasi WA, seperti nomer saya), untuk melakukan percakapan dengan kita akan diminta untuk mennuliskan lagi nomer Telkomsel dan selanjutnya kita akan menerima kode rahasia yang berlaku 3 menit.
  • Untuk akses Veronika melalui WA sangatlah simple. Kita bisa langsung memulai percakapan, selanjutnya cukup menuliskan apa saja yang ingin kita ketahui melalui Tanya Veronika ini. 
Tanya Veronika menggunakan WA juga bisa memberikan rincian informasi tentang penggunaan secara up to date mengenai tagihan bagi pengguna kartu pascabayar, tanggal jatuh tempo pembayaran dan informasi terkait partu pascabayar lainnya. 

3. T E L E G R A M

Melihat fenomena pengguna media social chat Telegram yang semakin banyak diminati, Asisten Virtual Telkomsel pun hadir melalui aplikasi Telegram. 
Adapun cara mengakses Tanya Veronika melalui Telegram bisa diikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Lakukan download aplikasi Telegram dari playstore ataupun App Store.
  • Kemudian kita bisa mencari ID @Telkomsel Care pada kolom pencarian (search), dan akan kita temukan akun Telkomsel Care yang ada di Telegram). 
  • Untuk memulai, langsung klik Start (mulai) pada bagian bawah halaman percakapan. Dan Veronika akan langsung menyapa kita diikuti layanan informasi promo.
  • Untuk bisa mendapatkan layanan yang maksimal sesuai dengan profil pelanggan, Veronika akan meminta pelanggan untuk menuliskan nomer Telkomsel kita. Kemudian kita akan menerima kode rahasia yang berlaku 3 menit.
Selanjutnya kita bisa mengakses menu informasi menggunakan TELEGRAM dengan cara sama saat mengakses melalui Tanya Veronika menggunakan aplikasi WhatsApp. 

4. Facebook Messenger 

Tanya Veronika juga bisa diakses melalui Facebook Messenger. Untuk mengakses Tanya Veronika melalui FB messenger bisa dilakukan seperti langkah-langkah berikut ini:
  • Kita cari FB "Telkomsel" kemudian like pada FB Telkomsel tersebut.
  • Kita langsung dibawa menuju menu chat dengan Tanya Veronika. 
  • Untuk menggunakan layanan Tanya Veronika melalu FB mesengger, kita akan mendaptkan SMS yang berisi link yang harus diklik dalam kurun waktu 3 menit. Jika melebihi batas waktu yang ditentukan, maka akan diberikan link aktivasi selanjutnya melalui SMS lagi.

Secara teknis untuk menggunakan asisten virtual melalui FB messenger tidak jauh berbeda (mirip) seperti cara penggunaan di platform WhatsApp dan Telegram. 

5. Aplikasi L I N E

Tanya Veronika juga bisa dihubungi melalui aplikasi LINE juga mudah banget kok, kita tinggal cari akun @Telkomsel. Untuk menghubungi Tanya Veronika melalui aplikasi LINE ini, secara singkat bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Lakukan download aplikasi LINE dari playstore ataupun App Store.
  • Kemudian kita bisa mencari ID @Telkomsel pada kolom pencarian (search), dan akan kita temukan akun Telkomsel  yang ada di LINE. 
  • Sama halnya ketika mengakses Veronika melalui FB Messenger, untuk beberapa jenis layanan Tanya Veronika, pelanggan akan diminta untuk menuliskan nomer HP yang kemudian akan diberikan kode OTP yang berlaku 3 menit.  Kode tersebut berupa kombinasi 4 digit angka yang dikirimkan melalui SMS  untuk dikonfirmasikan ke kolom chat agar kita bisa melanjutkan percakapan dengan Asisten Virtual Telkomsel ini. Salah satu contohnya, ketika saya mengajukan pertanyaan POIN. Tanya Veronika meminta saya untuk menuliskan nomor Telkomsel saya.

Secara umum prosedur dan tatacara mengaksesnya juga hampir sama seperti step by step berkomunikasi dengan Tanya Veronika via WhatsApp, Telegram, serta Facebook Messenger

6. Website TELKOMSEL

Selain menggunakan aplikasi  chat mobile: WA, Line, Telegram, FB messenger dan aplikasi mobile MyTelkomsel, Tanya Veronika juga bisa diakses secara langsung di website resmi Telkomsel. Cara untuk mengakses Asisten Virtual melalui website adalah sebagai berikut:
  • Buka halaman website Telkomsel https://www.telkomsel.com/.
  • Untuk memulai percakapan dengan asisten virtual ini, kita bisa langsung klik pada ikon Tanya Veronika yang terdapat pada sudut bawah (kanan) browser yang sedang kita buka, akan langsung muncul menu percakapan (chat) dalam bentuk sapaan (kenalan) dengan menanyakan nama kita.
  • Untuk melanjutkan percakapan virtual ini kita diminta memasukkan nomer seluler Telkomsel untuk dikirimi sms yang berisikan KODE rahasia agar akses layanan bisa maksimal. 
Setelah memasukkan kode rahasia tersebut, selanjutnya Tanya Veronika Asisten Virtual ini bisa kita ajak ngobrol tentang berbagai layanan pelanggan yang dibutuhkan.

Fungsi dan Fitur Tanya Veronika, Asisten Virtual Telkomsel

Sebagai info, semua pengguna nomer seluler Telkomsel bisa menggunakan dengan Mudahnya Tanya Veronika, Asisten Virtual Telkomsel Yang kekinian ini kecuali pengguna kartu Halo corporate dan nomer tambahan. 
Dengan hadirnya Tanya Veronika ini diharapkan bisa berfungsi sebagai “GraPARI Mobile”, selaras denga perkembangan lifestyle yang serba digital dan cepat. Artinya, berbagai kebutuhan pelanggan yang selama ini (biasanya) disampaikan ke CS yang ada di GraPARI, saat ini secara significant bisa disampaikan melalui Asisten Virtual Telkomsel dan dalam waktu yang singkat mendapatkan jawaban/solusi.
Berdasarkan fungsi Tanya Veronika tersebut, baragam fitur yang terkait dengan  informasi layanan produk Telkomsel  bisa dengan cepat kita peroleh melalui Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel. Beberapa fitur yang terdapat pada Asisten Virtual telkomsel antara lain sebagai berikut: 
  • Promo adalah menu pertama yang muncul saat kita mengakses Tanya Veronika. Tentu saja ini sangat menarik dan menguntungkan karena memberikan layanan informasi promo-promo menarik yang diadakan oleh Telkomsel secara up to date dengan bejibun promo-promo menarik.
  • Cek pulsa/tagihan adalah fitur untuk mengetahui  sisa pulsa kartu prabayar  ( tagihan kartu pasca bayar ) dan masa aktif nomer seluler prabayar.
  • Beli paket merupakan fitur untuk melakukan pembelian atau berlangganan paket data internet.
  • Telkomsel POIN adalah menu untuk mengetahui perolehan jumlah poin, info penukaran poin dan reward apa saja yang bisa ditukar dengan poin.
  • Kirim paket untuk teman memberikan kemudahan untuk berbagi paket kuota internet pada teman dan orang-orang terdekat yang sesama pelanggan prabayar Telkomsel (simPATI, KARTU As, dan Loop).
  • Ganti Kartu hilang atau rusak  yaitu untuk mengganti kartu telkomsel. Melalui Tanya Veronika kita akan mendapatkan panduan lengkap agar pelanggan bisa mendapatkan pengganti kartu telkomsel yang baru.
  • Produk Telkomsel untuk melihat jenis produk-produk yang ada di Telkomsel antara lain: simPATI, KARTU As, LOOP, kartuHalo
  • Menu lainnya yang bisa diperoleh pelanggan dengan menuliskan informasi yang dibutuhkan dalam format/kalimat yang singkat, jelas dan to the point tentunya.
Sangat banyak fitur yang bisa kita akses melalui Tanya Veronika. Banyak hal yang biasanya dicari dan dibutuhkan oleh pelanggan Telkomsel yang dulunya dihandle oleh CS GraPARI, sekarang dengan mudah dan cepat bisa diperoleh melalui Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel ini. 


Cara Mudah Bertanya Pada Veronika Asisten Virtual Telkomsel

Cara mudah menggunakan Tanya Veronika ini terbilang sangat mudah dan simple. Kita bisa mengakses fitur Asisten virtual Telkomsel melalui channel yang mana saja yang dianggap paling nyaman. 

Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan ketika menggunakan atau mengakses Tanya Veronika adalah:
  • Jika kita keliru memasukkan Kode OTP sebanyak 3X, atau menagjukan permintaan kode OTP sebanyak tigak kali berturut-turut, maka percakapan dengan  Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama lima menit. 
  • Jika salah memasukkan nomer seluler sebanyak 3x berturut, maka percakapan dengan  Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel bisa dilanjutkan lagi setelah 5 menit kemudian.
  • Meskipun percakapan dengan Tanya veronika adalah chat virtual, adab dan etika tetap harus diutamakan. Jadi jangan pernah menggunakan kata dan atau kalimat yang mengandung unsur SARA, pornografi dan kalimat lain yang sejenis. 
Nah, berdasarkan pengalaman saya mengakses Tanya Veronika melalui WhatsApp, MyTelkomsel, Telegram, LINE, FB Messenger dan Telegram, semuanya lancar dan sama sekali tidak ribet.
Cara praktis bertanya pada Veronika Asisten Virtual Telkomsel bisa menggunakan sapaan singkat seperti: Halo, hai, start. Kita juga bisa langsung menjawab kalimat sapaan yang otomatis muncul di chatbox. Atau to the point menuliskan informasi apa yang kita butuhkan, misalnya sisa pulsa, masa aktif, info POIN atau layanan lainnya.
Jadi, setelah respon chatbot Veronika ini muncul, kita bisa langsung menuliskan informasi apa yang ingin kita ketahui, misalnya info paket data, pulsa, poin, tagihan, riwayat pemakaian pulsa, dan masih banyak lagi informasi yang bisa kita tanyakan pada Asisten Virtual telkomsel ini.

Tanya Veronika juga bisa berpantun lho....

Tanya Veronika juga memiliki keunikan "sifat sabar" karena bisa mengingatkan ( memperjelas pertanyaan yang belum spesifik) atau saat kita salah ketik. Ada hal lain yang tak kalah menariknya, obrolan dengan Veronika ini juga bisa santuy dan sesekali ada unsur guyonan (bercanda) dari chatbot lho…

Untuk menutup percakapan virtual dengan Tanya Veronika ini, dengan ringkas bisa membalas chat dengan kata batal, cancel, juga bisa mengucapkan thank you, bye, sampai jumpa dll. Jika kita tidak melanjutkan percakapan, maka Tanya Veronika otomatis menganggap sesi percakapan sudah selesai, sehingga akan muncul kalimat penutup dari Veronika. Terlihat kan betapa desain chatbox Tanya Veronika sangat humble dan humanis pula. So sweet dong “sosok” Tanya Veronika, Asisten Virtual Telkomsel ini.
Demikian sharing pengalaman bagaimana mudahnya saya mengakses Tanya Veronika, Asisten Virtual Telkomsel Yang Kekinian menggunakan WhatsApp, MyTelkomsel, Telegram, LINE, FB Messenger dan Telegram. 
Enam (6) channel yang saat ini eligible untuk mengakses layanan Asisten Virtual bagi pelanggan Telkomsel. Sangat terbuka kemungkinan jumlah media/jalur/cara untuk mengakses Tanya Veronika akan bertambah di masa mendatang, sesuai dengan dinamika kebutuhan pelanggan dan perkembangan teknologi. Bisa jadi tak akan lama ini pelanggan bisa mengakses semua jenis menu layanan Tanya Veronika ini dengan menggunakan suara (voice), selain metode manual menulis di kolom chat.



Referensi:
  • https://www.telkomsel.com/
  • https://www.telkomsel.com/asisten-virtual-telkomsel
  • https://kumparan.com/kumparantech/chatbot-telkomsel-veronika-pakai-platform-kecerdasan-buatan-kata-ai

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan@gmail.com