9 Jenis Kado Yang Menarik Untuk Bayi Laki-Laki Baru Lahir

Hal yang pertama perlu untuk diketahui saat akan membeli kado adalah jenis kelamin si dhekbay yang akan kita kasih kado. Berdasarkan jenis kelamin tersebut, kita bisa mulai menerawang kira-kira kado apa yang pas dengan budget dan useable untuk penerima kadonya, apa warna dan motif yang cocok, bahannya aman buat si makhluk mungil tersebut, ukuran yang sesuai dan beberapa kriteria lainnya.

Bismillahirrahmaanirrahiim dalam memilih kado untuk bayi yang baru lahir, sebaiknya memang memilihnya dengan mempertimbangkan berbagai aspek agar kado yang diberikan bermanfaat dalam tempo yang relatif lama. Kalau waktunya mencukupi (tidak mendadak akan memberikan kadonya), saya mempertimbangkan juga kira masa pakai kado tersebut untuk jangka waktu hingga 6 bulan lebih.  

Secara kado untuk bayi yang banyak available kan baju dan perlengkapan bayi baru lahir seperti popok, kaos kaki, sarung tangan, celemek, atau aneka skin care for baby. Dan nyatanya yang paling mudah kalau mau ngasih kado ya dibelikan baju plus perlengkapannya tersebut. Kendalanya saya, kalau untuk bayi cowok kan model dan warnanya ya itu-itu saja kan ya? Coba kalau baju bayi perempuan, variatif dan rata-rata semua eye cacthing, sehingga gak perlu gagap lagi kalau mau milih-milih kado, tinggal menyesuaikan dengan budget deh. 

Sehingga pada prakteknya kalau mau beli kado untuk bayi laki-laki berasa dejavu, itu-itu saja barang yang saya pilih. Meski tak serumit dalam soal pemilihan nama bayi tapi untuk memilih jenis kado tak jarang bikin puyeng kepala. 
9 Jenis Kado Yang Menarik Untuk Bayi Laki-Laki Baru Lahir
Baiklah, tiap drama kan ada endingnya dong? Begitu pula drama cari-cari kado untuk bayi laki-laki bau lahir ini.  Agar tidak berulang-ulang perdebatan siapa yang lebih cantik antara Esmeralda dan Rosalinda, berikut ini 9 Jenis Kado Untuk Bayi Laki-Laki Baru Lahir yang bisa dijadikan alternatif jika hendak membeli kado yang akan diberikan kepada orang yang terdekat dengan kita: saudara, tetangga, relasi, teman yang baru melahirkan atau yang lainnya.

1. Alas bermain dengan tema kendaraan atau hewan
Memberikan kado berupa alas bermain akan sangat bermanfaat ketika bayi sudah berusia empat bulan. Meskipun kado ini belum bisa digunakan secara langsung oleh bayi yang baru lahir, namun setidaknya kado yang Kita berikan ini akan bermanfaat di kemudian hari nanti. Alas bermain ini akan berguna ketika bayi sudah mulai belajar terlentang, tengkurep maupun berguling.

2. Baju kasual
Memberikan kado bayi yang baru lahir berupa baju kasual tentu akan sangat bermanfaat dan akan digunakan. Kita dapat memilih baju kasual yang memiliki model sederhana dengan bahan yang nyaman dipakai agar dapat digunakan untuk baju harian. Ada baiknya jika Kita memilih ukuran baju yang jauh lebih besar, supaya masa pemakaiannya juga lebih lama karena mengingat pertumbuhan bayi yang sangat cepat.

3. Sepatu beserta kaos kaki
Pilihan kado selanjutnya yaitu sepatu dan kaos kaki. Ada banyak model sepatu untuk bayi yang memiliki gaya atau model seperti orang dewasa. Kita bisa menjadikannya sebagai kado terindah untuk bayi laki-laki yang baru lahir. Pilih bahan yang lentur dan empuk untuk menghindarkan iritasi pada kulit bayi. Kado ini akan sangat berguna ketika bayi diajak bepergian.

4. Baby bathrobe
Baby bathrobe atau sering disebut sebagai kimono bayi, bisa dijadikan sebagai kado yang paling tepat untuk digunakan bayi setelah mandi. Melalui kado yang Kita berikan tersebut, maka akan memudahkan ibunda dalam mengeringkan tubuh bayi setelah mandi. Ditambah lagi dengan desain kimono yang sangat lucu dan unik menambah kesan lucu dan menggemaskan.

5. Soft toys
Bayi yang baru saja dilahirkan belum dapat memahami dunia bermain. Akan tetapi tidak ada salahnya jika Kita memberikan hadiah soft toys yang terbuat dari bahan empuk dan lembut. Kita bisa memberikannya dengan tema hewan, Kendaraan, tema kartun atau yang lainnya. Hal ini akan merangsang motorik bayi dalam menangkap atau menjangkau barang yang ada disekitarnya.

6. Bak mandi bayi
Semakin usia bayi bertambah, maka bayi membutuhkan bak mandi dengan ukuran yang lebih besar. Hal ini dapat dijadikan sebagai rekomendasi untuk Kita yang sedang kebingungan mencari kado yang tepat untuk bayi laki-laki. Sebaiknya Kita membeli bak mandi yang dilengkapi dengan pengamanan agar bayi tidak tergelincir ketika sedang dimandikan. Selain itu Kita juga bisa memilih bak mandi yang terdapat mainannya, hal ini untuk merangsang motorik bayi.

7. Stroller
Meskipun memiliki harga yang lebih mahal, namun stroller dapat di jadikan sebagai hadiah untuk bayi laki-laki yang baru lahir. Hal ini akan memudahkan ibundanya ketika mengajak bayi jalan-jalan tanpa harus menggendongnya. Kita dapat memilih stroller yang dilengkapi dengan mainan yang bisa mengeluarkan suara, misalnya musik dan bunyi gemerincing. Pilih stroller dengan desain warna yang mencolok sehingga akan membuat daya tarik pada bayi.

8. Perlak bayi
Perlak dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti dijadikan sebagai alas duduk bayi ketika di lantai, untuk mengganti popok bayi atau untuk keperluan yang lain. Kita bisa memberi kado perlak bayi yang pasti akan sangat bermanfaat.

9. Diaper bag
Diaper bag akan sangat memudahkan orang tua ketika mengajak bayi bepergian. Jika Kita memberikan kado berupa diaper bag, tentu akan sangat berguna. Karena bayi yang akan Kita kado adalah laki-laki, sebaiknya Kita memilih warna diaper bag dan desain untuk laki-laki, misalnya warna biru, merah dan dengan desain tokoh kartun, hewan, tumbuh-tumbuhan atau yang lain.

Intinya adalah saat kita ingin memberikan hadiah atau kado untuk bayi laki-laki baru lahir, tentu harapannya barang yang kita berikan tersebut memiliki kualitas yang bagus karena  memberi kado kan tidak harus mahal yang penting  barang yang kita berikan sebagai  kado tersebut  bermanfaat.

Finally, adakah yang punya pengalaman unik dan menarik saat hunting kado untuk bayi laki-laki? Kado bayi tertukar misalnya, karena pas beli kado barengan untuk agendo tengok 2 atau 3 bayi baru lahir ? Atau ada yang pernah  beli kado untuk bayi kembar lima seperti bayi kembar lima A,I,U,E dan O?

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan (Blogger, Buzzer, Coffee Lover) and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Thanks for visiting my blog and hopefully will visit again with pleasure.

19 comments:

  1. Biasanya kalau saya bawa kado pakaian dan sepatu bayi mbak. Seneng banget kalau hadiah langsung dipakai keesokan harinya oleh si penerima.

    ReplyDelete
  2. waktu lahiran tahun lalu alhamdulilah kadonya variasi sampe dapat kursi makan juga mba wkwkwk dan senengnya lengkap banget jadi mamak ga modal buat beli perlengkapan lagi :D

    kalau aku ngado biasanya jarang aku beliin baju lebih ke perelngakapan mainan biar kepake lama

    ReplyDelete
  3. Soft toys termasuk buku bantal selama ini jadi salah satu pilihan utama saya kalau mau kasih kado. Bisa distok pula karena umumnya netral, bisa buat bayi laki-laki maupun bayi perempuan.

    ReplyDelete
  4. Pilihan pertama sih peralatan mandi bayi, pasti terpakai dan gak masalah buat bayi laki-laki ataupun perempuan. Pilihan selanjutnya pakaian dan mainan

    ReplyDelete
  5. Di tempatku paling sering kasih sabun cuci dan sejenisnya mbak, hehe. Tapi ternyata bermanfaat banget lo karena pasti diperlukan buat cuci popok debay nya.

    ReplyDelete
  6. Aku biasanya kalau mau kasih kado ke bayi selalu tanya dulu ke ortunya lagi butuh apa. Kalau agak pricy, ajak temen-temen patungan hehehe 😆 Tapi biasanya sekarang malah ngasih kado buat ibunya. Kayak baju atau kaos menyusui, atau bra menyusui 😄

    ReplyDelete
  7. Akhirnya ada alternatif biar gak melulu ngasih baju, kaos kaki, sepatu, jaket. Kemaren sepupuku juga baru lahiran tapi bayinya cewek, sampai sekarang belum kepikiran mau beliin apa😂

    ReplyDelete
  8. Nah bisa jadi pilihan nih. Secara di kampung saya, biasanya cukup kasih amplop uang saja. Itupun ke teman dekat atau keluarga. Hehehe. Maklum di kampung, belanja item seperti itu harus ke kota. Jadi banyak yg ambil simpelnya. Doa yang utama sudah jadi bas abadi hehehe

    ReplyDelete
  9. Bisa jadi rekomendasi isian kado keponakanku nih, tapi bisa juga loh buat bayi perempuan, mungkin dari warna aja ya yang dibedakan.kadang suka bingung juga sih kalau mau kasih kado buat dede bayi, suka ga kepikiran mau kasih apa, thanks tips nya.

    ReplyDelete
  10. Yang baby bathrobe aku baru dengar istilahnya mba hehe belakangan memang suka lihat foto anaknya teman pakai kimono, kirain itu baju eh ternyata bathrobe yaa? Hehe

    ReplyDelete
  11. Sebelum baca ini, aku sempat bingung juga nih kalau mau ngasih kado ke kerabat yang baru lahiran bayi laki2. Ternyata banyak juga ya jenis kado yang bisa dikasih. Next bisa aku coba terapin nih referensi nya..

    ReplyDelete
  12. Yes mbk. Aku juga biasanya pilih yang lebih bermanfaat dan yang berpeluang kepakai lebih besar. Ngebayangin sendiri kalau barang bagus-bagus tapi sebenarnya nggak terlalu dibutuhkan pasti jadi sia-sia. Btw thanks banget informasinya, jadi lebih tau beragam kebutuhan bayi utamanya untuk hadiah bayi laki2.

    ReplyDelete
  13. Aku mau banget dong dikado bak mandi bayii huihihihiii.. Emang kalo buat nak lakik tuh agak ribet ya soalnya gak banyak juga pilihannya.

    ReplyDelete
  14. Kalau aku selalu main aman, kalo gak baju, ya mainan aja palingan.. ide2nya menarik deh, noted kalau mau ngadoin jadi banyak pilihan

    ReplyDelete
  15. Hihihi, tiga kali melahirkan anak laki-laki, iya bener barang-barang itu berguna banget buat bayi, adiknya bayi, dan adik selanjutnya wkwkwk. Relatif mudah dan awet sih ya kalo barang laki-laki nggak perlu banyak printilan.

    ReplyDelete
  16. Paling enak sih buku nanti bisa kepake kapan-kapan. Tapi ngasih baju juga sering soalnya lucu kalau dipake hihi. Gak kebayang ngadih kado buat kembar 5 🤣

    ReplyDelete
  17. Jadi pengen hamil lagi.. hahaha tapi anak masih 1tahun usianya (cewe).. masih belum dikasih anak lanang.. wkwkw harus berusaha terus..

    ReplyDelete
  18. Mupeng dikasih stroller hahahaha.
    Agak rempong ya kalau mau ngasih kado, apalagi kalau dana terbatas, saya biasanya milih belikan keperluan rumah aja, kayak sabun dan pewangi , yang pasti kepakai hehehehe

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.