Penguatan Ekonomi Lokal ( UMKM) Menyambut Revolusi Industri 4.0 Melalui Pameran Potensi Daerah Sleman

Penguatan Potensi Ekonomi dan Budaya Lokal Melalui Pameran Potensi Daerah Sleman 2019 kembali digelar oleh Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Perindag.

Event Pameran Potensi Daerah atau PPD sudah menjadi salah satu agenda tahunan  yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman. Penyelenggaraan PPD tahun 2019 ini merupakan kali ke-4 bagi Disperindag menjadi OPD pelaksana kegiatan bergengsi ini. 

PPD Sleman tahun 2019 ini mengusung tema: SLEMAN KREATIF MENUJU SMART REGENCY. Event PPD 2019 ini akan berlangsung selama 10 (sepuluh) hari yaitu mulai tanggal 6 Juli 2019 sampai dengan tanggal 15 Juli 2019 dengan jam operasional pukul 09.00 s/d 21.00 WIB di Komplek Alun-alun Denggung dan Gedung Serbaguna Sleman.

Bismillahirrahmaanirrahiim, jika dibandingkan pelaksanaan PPD tahun 2016 yang pertama kali dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan sebagai leading sector (pengampu kegiatan), tentunya PPD tahun ini, memiliki banyak perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya.
Seperti yang dipaparkan oleh Kepala Disperindag dalam press release pada Hari Rabu tanggal 26 Juni 2019, pelaksanaan PPD Sleman tahun 2019 bertujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan berbagai:
  1. potensi produk UMKM termasuk kuliner;
  2. potensi seni dan budaya daerah yang terdapat di 17 kecamatan;
  3. informasi layanan publik sebagai salah satu bentuk kinerja serta prestasi dan inovasi yang telah diraih oleh pemerintah Kabupaten Sleman;
Acara press release yang dihadiri oleh banyak media, berkajalan seru dan hangat, terlebih karena ada sajian kopi yang langsung diracik oleh barista yang expert dalam menghidangkan kopi dengan cita rasa yang mantul pokoknya. 
Ssssttt, ini merupakan sesi press release yang bikin saya betah berlama-lama karena bisa menikmati kopi rasa kopi beneran dengan bebas, kuat berapa gelas pun hayukkk, hehehehe (padahal saya mah cukup 1 gelas aja kok).

Oke deh, let’s back to the core of the core acara press release PPD 2019.

Tentunya untuk menyemarakkan kegiatan dan menarik lebih banyak pengunjung, selama kegiatan PPD berlangsung akan dimeriahkan pula oleh berbagai kegiatan (event), kompetisi hiburan musik dangdut, live band performance dan banyak doorprize dan grandprize yang bisa dibawa pulang oleh pengunjung (yang beruntung)
Untuk mengungkit daya tarik terhadap event PPD ini, tentunya kesan pertama harus menghebohkan dong? Karena itulah,  pada pembukaan PPD Sleman 2019 akan diawali dengan perfom parade MARCHING BAND AKADEMI MARITIM YOGYAKARTA BAHANA JAYA SAMUDRA yang megah  diiringi Tarian Masssal (flashmob) dan disambut tarian Line Dance
Catet baik-baik ya, 
atraksi pembukaan yang heboh ini akan berlangsung pada hari Sabtu tanggal 6 Juli 2019, start dari Lapangan Pemda Kabupaten Sleman mulai jam 13:30 WIB, finish di Panggung Utama jam 15:00 WIB. Bila perlu, pasang alarm atau reminder ya, agar tidak ketinggalan sesi parade pembukaan yang menggetarkan ini.
Seirama dengan tema smart regency, pada pembukaan PPD 2019 akan di launching beberapa INFORMASI LAYANAN PUBLIK Pemerintah Kabupaten Sleman:
  • launching layanan CARIAKU (untuk produk UMKM Sleman) 
  • launching “Boneka SALMAN” sebagai salah satu cinderamata khas Kabupaten Sleman  
  • launching Layanan Kemetrologian: TERA DAN TERA ULANG untuk meningkatkan partisipasi masyarakat menuju Sleman yang tertib ukur serta Layanan Informasi Tera dang Tera Ulang 

Dengan mengusung tema “SLEMAN KREATIF MENUJU SMART REGENCY”, event PPD tahun ini akan menggelar beragam produk UMKM Sleman dan produk seni/budaya yang kreatif dari desain, kemasan, metode pemasaran, juga proses produksinya.

Untuk aspek “smart” UMKM Sleman diharapkan semakin berkembang dan siap menyambut  era revolusi industri 4.0 dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Sleman. Kerangka “Smart” disini adalah bagaimana UMKM bisa bersikap cerdas dalam memanfaatkan teknologi informasi guna memperluas jangkauan pasar, cerdas menjalin networking dengan sesama UMKM, komunitas, dan instansi pembina, juga cerdas untuk memanfaatkan peluang kerjasama dalam rangka mempertahankan sustainability dan mengembangkan usaha yang continuable atau berkelanjutan. 

Nah, agar pengunjung bisa mengeksplore semua potensi, produk dan ragam unggulan yang dipamerkan, 253 stan yang mengikuti kegiatan PPD 2019 ini dikelompokkan menjadi 8 (delapan) zonasi yaitu :
1. Zona A : Kecamatan & OPD;
2. Zona B : Perbankan,BUMN, BUMD;
3. Zona C : Pendidikan & UKM Binaan;
4. Zona D : Kuliner & UKM Mandiri;
5. Zona E : Swasta;
6. Zona F : Pertanian;
7. Zona G : Kuliner & UKM Mandiri
8. Zona H : Pasar Malam

Selain pembagian zona tersebut, 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sleman siap menghadirkan GELARAN SENI BUDAYA pada PPD 2019 ini agar lebih semarak dan variatif yaitu  berbagai kesenian rakyat berupa Wayang Orang, Kubro Mudho Siswo, Kubro Siswo Kreasi, Macapat, Gejok Lesung, Laras Madyo Manunggaling Kerso (sejenis macapat), Sekolah Permainan Tradisional, Seni tari tradisional berupa tari Guyub Rukun, tari Srinten dan pentas kesenian lainnya yang tak kalah menariknya.

ADA APA DENGAN CINTA LAGI DI PPD SLEMAN 2019 ?

Okelah, sedikit bocoran neh ya. Selama ajang PPD 2019 ini berlangsung dari tanggal 6 s.d 15 Juli 2019, bejibun acara akan meramaikan 2 panggung yang ada di PPD 2019. Mau tahu atau mau tahu buangetttt?

Baiklah, ayo lanjut disimak menu-menu acara dan kegiatan yang akan membanjiri pelaksanaan PPD 2019 yang bersifat edukasi dengan promosi menghibur dengan aneka doorprize menarik.

I. Sederet acara talkshow dengan beragam tema-tema hits, antara lain:
  • Talkshow dengan tema: Cintai Batik Sleman, Kenali Batik Sleman, yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan menjawab rasa penasaran  masyarakat bagaimana sih caranya mengenali produk-produk batik Sleman (bukan printing). Diharapkan masyarakat bisa mengerti dan membedakan mana kain yang disebut batik dan mana kain yang produk tekstil (cetak). 
  • Batik Analyzer Technology Talkshow yang diprakarsai Rumah Kreatif Sleman (RKS) bekerjasama dengan Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta yang akan membahas seputar perlindungan industri batik nasional dalam menyongsong era industri 4.0.
  • Talkshow pemasaran online dan mengenal lebih dekat CARIAKU sebagai salah satu bentuk layanan rutin RKS Disperindag Sleman, yang digelar oleh RKS jugak neh.
  • Talkshow dengan pokok bahasan mengenai Galeri Upakarti Sleman (GUS) sebagai salah satu bentuk layanan promosi offline UMKM di Disperindag.
  • Talkshow lainnya yang tak kalah menariknya: Sehat dan Cantik oleh RSUD Sleman ikut meramaikan parade acara yang dikemas dalam bentuk talkshow
II. Serangkaian ajang KOMPETISI yang memperebutkan hadiah jutaan rupiah yang siap menguji adrenalin: 
  • Lomba Kesenian Siswa Tingkat TK, SD, SMP, SMA (meliputi lomba kreatifitas seni music, tari, keilmuan, Story Telling), 
  • Lomba Got Talent, Lomba Fashion Show untuk anak dan remaja, 
  • Lomba Karaoke Pop Dangdut, 
  • Lomba Menggambar dan Mewarnai untuk anak, 
  • Lomba Foto InstaGram (IG) PPD Sleman 2019, 
  • Lomba Mobile Legend Games.

III. Ragan  Hiburan Musik yang akan meramaikan event PPD Sleman 2019 antara lain: 
  • Hadroh kel. Pesona Anisa, 
  • Komunitas Musik Kenangan Koes Plus, 
  • Live Music (Akustik, Dangdut, Organ Tunggal, Lomba Gitar Duet). 
  • ACARA HIBURAN MODERN yang lebih kekinian berupa Drama Musikal, Sulap, Stand Up Commedy  pun akan ikut memeriahkan PPD Sleman 2019 ini.
Untuk lebih menggairahkan antusiasme pengunjung,  area PPD 2019 juga akan dilengkapi Selfie Booth. 

Cuuusss, cermati run down acara dan denah lokasi penyelenggaraan PPD Sleman 2019 ini ya, agar maksimal jejalanan serunya di acara yang diselenggarakan HANYA satu tahun sekali ini.


Pinjam gaya remaja kekinian, apa-apa kan kurang afdhol jika belum nangkring di medsos. Yoaaa, setelah keliling kesana – kesini, explore ratusan stand-stand di area PPD, menikmati sajian kuliner, WAJIB dong ada sesi dokumentasi untuk upload ke Media Sosial seputar kehebohan di area PPD Sleman ini. 

Jangan takut soal kuota, paket data atau jaringan internet. Di area PPD disediakan fasilitas free wifi yang bisa dimanfaatkan oleh semua pengunjung, siapa tahu hasil pepotohannya ternyata bisa mencuri hati tim juri lomba foto Instagram atau lomba –lomba foto lainnya yang diadakan oleh stan peserta Pameran Potensi Daerah Sleman tahun 2019 ini.


Btw, jangan lupa foto-fotonya di upload ke Instagram masing-masing ya? Tuh hadiahnya bikin mupeng sekaliii, jangan sampai gak ikutan lhoh... 

Untuk syarat dan ketentuan lengkap lombanya, klik saja LINK ini ya… 

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan (Blogger, Buzzer, Coffee Lover) and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Thanks for visiting my blog and hopefully will visit again with pleasure.

6 comments:

  1. Aku pikir, Sleman memang giat menjual diri ya. Baguss. Berarti pandai memanfaatkan potensi.

    ReplyDelete
  2. Wah harus cuss lihat pamerannya ini. Pas lagi aku warga sleman

    ReplyDelete
  3. Widih, baru tau nih ada event ini di Sleman. Suka bangeeettt sama boneka salaman-nyaaaa. Pengen beli buat koleksi di rumah :D

    ReplyDelete
  4. Wiwin | Pratiwanggini.netJul 4, 2019, 2:44:00 PM

    Sepertinya harus menyempatkan diri buat datang ke event ini nih.. apalagi saya orang Sleman, musti tahu donk potensi daerah saya sendiri. Mba Ririe, makasih yaaa informasinya :)

    ReplyDelete
  5. Jogja sering banget ya bikin event utk UMKM dan rame pengunjung pulaa. Kan seneng kalo ada pameran promonya maksimal jadi oengunjung nya juga banyak.

    ReplyDelete
  6. Wadaw wadidaw acaranya berfaedah sekali untuk para pelaku UmKM

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and friendly.