Dengan Sasha Pasta Gigi Halal, Hijrah Menuju Kesehatan Mulut, Gigi dan Gusi Lebih Afdhol

Sudah pernah mendengar pasta gigi halal? Atau mungkin malah sudah sering menggunakan pasta gigi Sasha untuk menggosok gigi atau BERSIWAK sehari-hari?

Istilah bersiwak sudah dikenal dan familiar bagi muslim sejak zaman Nabi Muhammad SAW, sebab Baginda Rasulullah sangat menganjurkan umatnya untuk rajin dan rutin bersiwak. Bahkan Rasulullah SAW menyarankan untuk membiasakan bersiwak tiap akan menjalankan ibadah sholat. 

Menurut Sayyidina AisyahBismillahirrahmaanirrahiim hal pertama kali yang dilakukan oleh Rasulullah ketika akan masuk rumah, beliau bersiwak terlebih dahulu. Kebayang kan kalau Baginda Nabi Muhammad tidak hanya bersiwak saat akan shalat, melainkan rajin bersiwak dalam berbagai keadaan, antara lain ketika akan masuk rumah dan saat bangun malam. Berarti, bersiwak ini merupakan salah satu sunnah yang paling disukai dan sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. 
Image: Facebook Sasha
Dengan bersiwak, kita bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan terkait gigi, mulut dan gusi antara lain: 
  • Meminimalkan (menghilangkan) bau mulut yang tidak sedap.
  • Menjaga kesehatan gigi (tidak berlubang dan mengurangi karies)
  • Bisa mencerahkan gigi.
  • Menjaga kesehatan gusi
  • Meningkatkan rasa percaya diri tentunya. Semisal kita mengalami bau mulut, tentu akan mengganggu suasana kerja dan membuat kita sendiri tidak nyaman saat beraktifitas. 
Untuk point yang kelima, saya pernah menerima curhat seorang teman, Aku sakjane sungkan lan ora pede nek pas ngomong-ngomong koyo ngene. Lha embuh iki, aku sampe kemeng sikatan tapi tetep wae bau mulut (baca: Aku sebenarnya pakewuh dan minder kalau ngobrol-ngobrol dengan siapa saja seperti ini. Entahlah, aku sampai capek gosok gigi tapi tetap bau mulut tak sedap)“. 

Terlepas apa penyebab bau mulut ( karies, gigi berlubang, sisa akar gigi, radang pada gusi, pemakaian gigi palsu yang tidak benar) yang dialami tema saya tersebut, point of view nya adalah ketika kita mengalami mulut yang mengeluarkan bau tidak sedap, selain kita sendiri jadi gak nyaman karena bau mulut, begitu pula dengan orang yang ada di sekitar kita, malah serba salah antara menjaga sikap agar tetap sopan dan menahan aroma tidak sedap yang keluar selama percakapan berlangsung.

Nah, betapa urgentnya kesehatan dan kebersihan mulut, gigi dan gusi untuk diri kita  karena sangat menunjang aktifitas kita saat berinteraksi sehari-hari. Terlebih, menjaga dan memelihara kesehatan dan kebersihan mulut, gigi dan gusi merupakan  bagian dari tanda keimanan kita : Kebersihan adalah sebagian dari tanda keimanan.


Pada zaman dahulu kala, aktifitas bersiwak sebagai kegiatan membersihkan area mulut, gigi dan gusi dengan menggunakan batang kayu Siwak berasal dari batang pohon Salvadora Persica. Salah satu alasan kenapa dipilih kayu siwak karena kayu tersebut memiliki tekstur yang halus sehingga aman untuk digunakan membersihkan bagian mulut dan tidak melukai gigi. 

Ada apa sih dengan Kayu Siwak dan kenapa ngehits sejak ribuan tahun lalu digunakan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut, gigi, gusi kita?
Kalau dilihat dari alasan tersebut, artinya secara basically untuk bersiwak (mestinya) bisa menggunakan semua jenis kayu, dahan atau akar dari pohon apa saja selama memenuhi kriteria  sebagai berikut:
- jenis kayunya yang lembut, memiliki manfaat bisa membersihkan mulut, gigi dan gusi,
- kayunya berserat dan bersifat basah, 
- serat kayu tersebut tidak mudah berjatuhan saat digunakan untuk bersiwak.

Jika kemudian yang paling recommended digunakan untuk membersihkan mulut, gigi dan gusi adalah kayu yang berasal dari pohon Siwak atau Salvadora Persica, karena pohon siwak ini selain memiliki semua kriteria tersebut, pohon siwak juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa dibandingkan jenis kayu lainnya.

Dari berbagai hasil penelitian ilmiah yang telah dilakukan, diperoleh fakta kalau kayu siwak (semua bagian dari pohon siwak) mengandung mineral-mineral alami yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mulut, gigi dan gusi. Kandungan mineral alami dalam kayu siwak yang memiliki manfaat kesehatan antara lain:
  1. Mineral alami antibacterial acids seperti abrasive dan astingents yang diketahui berfungsi untuk membunuh bakteri tidak baik yang ada di dalam mulut, mencegah gigi berlubang dan memelihara kesehatan gusi. 
  2. Adanya senyawa-senyawa kimia seperti odium bicarbonate, sulfur, vitamin C, trimethyl amine, salvadorine dan fluoride yang bermanfaat untuk mencerahkan gigi atau bersifat sebagai whitening.
  3. Zat anti decay agent mampu merangsang produksi air liur sehingga mulut akan lebih bersih dan terhindar dari proses pembusukan sisa-sisa makanan. 
  4. Kandungan minyak aroma alami pada kayu siwak merupakan zat antiseptik dan pencegah peradangan gusi akibat serangan plak.
Image: Facebook Sasha
Mengetahui betapa istimewanya kandungan siwak untuk kebersihan dan kesehatan mulut tersebut, tentunya terbersit keinginan untuk hijrah menggunakan kayu siwak. Iya kan, kalau faktanya kayu siwak mengandung banyak mineral dan zat-zat aktif yang memiliki manfaat luar biasa untuk menjaga kesehatan mulut, gigi dan gusi, kenapa kita tidak menggunakan siwak saja kan untuk gosok gigi sehari-hari?
Yups, demikianlah pertanyaan yang menyergap saya sejak awal mengetahui the true story mengenai kayu siwak. 

Some how, meski cerita mengenai siwak sudah meninggalkan rekam jejak sejak kecil yakni dari guru agama di SD dan guru ngaji kerap bercerita tentang keutamaan bersiwak, tapi saya belum punya bayangan bagaimana rupa kayu siwak tersebut. Yang ada, serangkaian pertanyaan bermunculan di benak saya.

Macam mana pula cara menggunakan siwaknya? Gak kebayang saja, saya yang sejak awal kenal sikat gigi untuk membersihkan mulut, lantas mendapati fakta kalau Rasulullah gemar membersihkan dan menjaga kesehatan mulut, gigi dan gusi dengan kayu siwak.  Wajar dong kalau jadi wondering bagaimana caranya bersikat gigi dengan kayu siwak? Terus, untuk beli siwaknya dimana, kemana, karena setahu saya di toko-toko (saat itu) belum ada yang jual siwak. 

Hingga saya baru tahu rupa asli kayu siwak secara langsung saat dapat oleh-oleh haji, sekitar 6 tahun lalu. Tentu saja saya takjub, dengan kayu siwak tersebut Rasulullah concern menjaga kebersihan dan kesehatan mulut, gigi, gusi, dengan rutin dan bahkan sangat rajin. Dan saya pun bingung, gimana cara menggunakan kayu siwak tersebut untuk sikat gigi?. 

Then, Tarraaaaa….Alhamdulillah sekarang sudah ada inovasi pasta gigi yang menggunakan bahan utama kayu siwak yaitu Pasta Gigi Sasha. Terjawab sudah semua pertanyaan saya terkait bersiwak dan pernak-perniknya 

Wouw kan? Sasha, pasta gigi yang sengaja diformulasikan dengan bahan utama kayu siwak. Jadi, it’s time untuk hijrah bareng Sasha untuk urusan menjaga kesehatan mulut, gigi, dan gusi kita.

Nah, sudah mulai ada pencerahan kan kenapa kok urusan gosok gigi mesti hijrahnya menggunakan Pasta Gigi Sasha ?

Karena dengan menggunakan Pasta Gigi Sasha, kita akan  mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa dari kandungan siwak yang diracik sedemikian rupa dengan bahan-bahan alami terdapat dalam Sasha Tootphase.

Sasha Toothpaste Herbal Antibacterial
Selain bahan utama yang menggunakan asli siwak, untuk varian Sasha Toothpaste Herbal Antibacterial  ini juga diperkaya dengan  ekstrak daun sirih. Dengan Kayu Siwak asli yang dikombiasikan dengan ekstrak daun sirih dalam Sasha Toothpaste Herbal Antibacterial, kita akan mendapatkan manfaat dari daun sirih yang bisa untuk membunuh bakteri penyebab plak dan bau mulut, sehingga gigi sehat, kuat dan nafas lebih segar tahan lama.

Sasha Toothpaste Whitening Double Repair Protection 
Sedangan untuk varian Sasha Toothpaste Whitening Double Repair Protection merupakan kombinasi kayu siwak dengan  garam dan lemon. Untuk Sasha Toothpaste Whitening ini, selain mengandung siwak asli, juga dilengkapi dengan kandungan lemon dan garam, yang akan memberikan perlindungan ganda dengan membuat gigi tampak putih alami dan merawat gigi.
Sampai disini, semakin paham kan kenapa Sasha Toothpaste ini recomended dipilih sebagai pasta gigi yang praktis, efektif dan efisien untuk mengatasi bau mulut, menghilangkan bau mulut tak sedap, membersihkan gigi yang kusam, menyehatkan gusi dan memperkuat gigi . 

Dengan dengan Pasta Gigi Sasha bersiwak ini, kita bisa peroleh berupa kesehatan mulut, gigi, dan gusi, sekaligus mengingat “bersiwak” adalah sunnah yang disenangi dan sangat dianjurkan oleh Nabi untuk membersihkan mulut dan gigi. Dengan bersiwak ini merupakan salah satu ittiba’ ( mengikuti apa yang diperintahkan atau dilarang) ke Rasulullah SAW, serta semoga menjadi perbuatan yang bisa mendatangkan ridhlo Allah Ta’ala.

Terlebih Pasta Gigi Sasha sudah memiliki LOGO HALAL MUI, dengan penilaian  halal grade A. Selain itu, Pasta Gigi Sasha juga meraih pencapaian baru dengan mendapatkan Sistem Jaminan Halal (SJH), capaian tingkatan yang membuktikan KOMITMEN HALAL sebuah produk dinayatakan bebas dari material haram, juga setidaknya harus memenuhi 11 kriteria yang komprehensif sebagai implementasi Sistem Jaminan Halal tersebut.

Nah 11 kriteria yang harus dipenuhi untuk mendapatkan sertifikat SJH ini, untuk kriteria utama yang dinilai adalah bahan yang digunakan, produk jadi dan fasilitas selama proses produksi mulai dari hulu hingga ke hilir, semuanya harus memenuhi persyaratan halal.  Sedangkan untuk fasilitas pendukung yang harus dipenuhi antara lain adanya kebijakan halal yang diterapkan perusahaan, tim manajemen halal perusahaan, penanganan produk yang tidak memenuh kriteria (reject), sampai dengan audit internal yang dilakukan oleh perusahaan.
Adapun keberadaan Logo halal pada Pasta Gigi Sasha ini bisa langsung dilihat pada kemasan produk Sasha, ini artinya semua kandungan yang terdapat dalam pasta gigi sudah melalui uji kehalalan dari institusi yang berwenang, tidak mengandung alkohol maupun bahan lain yang berasal dari material yang tidak halal (tidak diperbolehkan menurut syariat Islam. InsyaAllah, dengan pasta gigi halal ini akan terjaga pula niat kita menjaga kebersihan mulut, gigi dan gusi secara paripurna.
Saya sendiri memang belum lama mengenal pasta gigi Sasha ini, pasta gigi pertama di Indonesia dengan Siwak asli, yang dilengkapi dengan bahan-bahan alami yang berkhasiat untuk kesehatan mulut, gigi dan gusi. Apalagi sudah ada sertifikasi halal juga, tentunya menjadi daya tarik tersendiri,  nilai lebih sebuah pasta gigi yang menawarkan rasa nyaman dan aman untuk menggunakannya.  

Tak hanya sebagai pasta gigi bersiwak pertama, Sasha ini juga merupakan pasta gigi halal yang pertama saya kenal, sukses membuat saya terpikat dan berniat untuk HIJRAH menggunakan pasta gigi Sasha ini.
Ya yang namanya hijrah kan proses, step by step ke arah yang lebih baik, berharap bisa mendapatkan ridho Allah Ta’ala. Hijrah meliputi pikiran, hati, perbuatan, kata-kata, gaya berpakaian, pola konsumsi makanan, pokoknya semua aspek kehidupan,  yang seyogyanya seiiring bertambah usia bisa hijrah ke arah yang lebih baik. Sebagai bentuk dan bagian dari hijrah juga adalah mulai perduli untuk menggunakan berbagai produk halal dan barang kebutuhan yang memiliki SERTIFIKAT JAMINAN HALAL (SJH), seperti penggunaan pasta gigi halal Sasha ini. 

Oia, produk pasta gigi Sasha ini memiliki desain kemasan yang sangat menarik, eye cacthing dan membuat saya tertarik untuk mencobanya. 
Untuk Varian Sasha Herbal Natural Antibacterialselain taste siwaknya kita bisa langsung merasakan sensasi kandungan ekstrak daun sirih yang light, lembut, tidak getir atau pahit. Sedangkan untuk Sasha Toothpaste Whitening Double Repair Protection, uniknya itu ada rasa kesat yang kita rasakan saat selesai menggunakan. Adanya kandungan lemon dan garam yang khas adalah cara praktis untuk memutihkan gigi secara alami. 
Gimana, pada penasaran juga kan? Pasta Gigi Sasha saat ini sudah bisa dibeli minimarket, mall, beli online juga bisa banget. Jangan khawatir soal harga, pasta gigi halal bersiwak pertama di Indonesia ini dijual dengan harga yang sangat kompetitif kok, dijamin bikin makin jatuh hati dan bertekad bulat hijrah bareng sasha untuk urusan kebersihan mulut, gigi dan gusi.

Yukk, cari tahu lebih jauh tentang Sasha Pasta Gigi Halal lewat media sosialnya, Instagram dan Facebooknya. Cuuss cekidot media sosialnya Sasha di Instagram Sasha dan Facebook Sasha .

Let’s go hijrah dengan menggunakan Sasha pasta gigi halal agar hijrah menuju kesehatan mulut, gigi dan gusi InsyaAllah bisa lebih afdhol.






Referensi:
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Siwak
2. https://almanhaj.or.id/2756-s-i-w-a-k.html

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan (Blogger, Buzzer, Coffee Lover) and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Thanks for visiting my blog and hopefully will visit again with pleasure.

99 comments:

  1. Aku pernah nyobain kayu siwaknya mbak, tapi karena belum biasa jadinya berhenti. Nah pakai Sasha lebih enak ya lagi pula mengandung siwak asli juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya gimana kayu siwak itu mbak? Pas lihat kayu siwak, aku blank, gimana menggosok gigi dengan kayu siwak?

      Delete
  2. Dengan sasha ini jadi selain bikin gigi dan mulut sehat kita juga secara otomatis, mwngikuti sunnah nabi ya Mba. Moga bisa istiqomah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekali mendayung, 2 tujuan tercapai ya Mbak. Alhamdulillah

      Delete
  3. Alhamdulillah sekarang ada pasta gigi halal yang mengandung siwak yah, seneng deh jadi Hijrah juga nih saya ke Pasta Gigi Sasha

    ReplyDelete
  4. Beruntung mengenal Sasha
    Selama ini menggosok gigi dengan pasata gigi yang penting tidak begitu banyak busa. Padahal aspek halal juga penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak, selama ini juga pertimbangannya beli pasta gigi yg penting cocok dengan gigi org serumah

      Delete
  5. Kalau pasta giginya halal dan sunnah begini Alhamdulillah tenang ya. Masyarakat juga bisa tenang dalam beribadah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat penting untuk divirakkan bahwa beli pasta gigi juga perlu mengutamakan aspek kehalalannya

      Delete
  6. pake sasha enak ya, rasanya lebih adem abis sikat gigi. aku dah nyobain yg whitening :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang varan herbal juga enak mbak, bisa dicobain juga sasha yg herbal anti bacterial

      Delete
  7. Pasta giginya boleh juga nih buat dicoba... belum pernah pake sih kako yanh Siwak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuk mbak dipakai juga pasta gigi sasha ya

      Delete
  8. Bagiku, wajib banget pakai pasta gigi Sasha ini mba. Halal dan juga punya kandungan siwak. Selain itu, juga mudah ditemui :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beetul banget Mbak, Sasha sdh banyak dijual dan harganya ramah banget kok

      Delete
  9. Ramadan kali ini alhamdulillah udah hijrah ke pasta gigi halal Sasha. Favoritku yang whitening mba ��

    ReplyDelete
  10. Karena banyak tmn2 aku yg rekomen prpduk ini, jadinya piNgin coba jugaaa. Demi hidup halal ya mbaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, harus itu pakai produk yang halal, semakin berkah insyaAllah

      Delete
  11. Iyap aku penasaran Blum pernah coba produknya shasa herbal lagi kandunganya ya jadi Aman siap Aku mau coba ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasa penasaran hanya bisa dijawab dengan mencoba pasta gigi sasha lansgung mbak

      Delete
  12. Beberapa bulan ini aku pake sasha yg antib bakteri sih mbak, dan aku suka, udah gitu halal pula ya sasha ini. Bikin tenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipa, pakai whitening atau herbal, yang penting pakai pasta gigi sasha yang halal ya mbak

      Delete
  13. Nah iya nih, aq juga penasaran dengan cara pemakaian siwak itu sebenarnya gimana, trus perawatan siwaknya sendiri seperti apa. Harus disimpan di tempat kering kah. Untung skg udah bisa mendapatkan manfaat siwak dari pasta gigi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh Mbak, pas lihat kayu siwak, bingung gimana pakai batang kayu utk bersiwak

      Delete
  14. Halal lifestyle memang sudah menjadi bagian gaya hidup, begitu juga dengan memilih pasta gigi. Baiknya memilih produk yang halal dan juga bagus, aku belum mendapatkan pasta gigi Sasha nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halal lifestyle memang sudah menjadi bagian gaya hidup, lengkapi dengan pasta gigi dan semoga semakin banyak prduk halal lainnya yg digunakan ya mbak, aamiin

      Delete
  15. Bersiwak memang sAlah satu aktivitas kecintaan Rasulullah. Alangkah bahagianya jika kita bisa meneladaninya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita bisa istiqomah meneladani Bersiwak sebagai sAlah satu aktivitas kecintaan Rasulullah

      Delete
  16. Aku jadi ingat dulu Mbah Kyai suka banget bawa kayu siwak pas mau solat. Sekarang sih lebih mudah ya karena ada pasta gigi Shasa. Sekalian buat sikat gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, sekarang sih lebih mudah ya karena ada pasta gigi Shasa.

      Delete
  17. Jadi ingat sama pamanku yang seorang Ustadz.
    Beliau memang suka sekali bersiwak dan aku baru tahu setelah dewasa bahwa siwak adalah sunnah Rosul yang paling dianjurkan.

    Alhamdulillah,
    Sekarang kita semua bisa mengikuti sunnah Rosul dengan mudah dan praktis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillh ya sekarang kita bisa lebih mudah mengikuti sunnah Rosul dengan mudah dan praktis dengan pasta gigi sasha ini

      Delete
  18. Berkat Sasha jadi lebih praktis ya, Mbak. Gak perlu mencari kayu wisak dulu untuk membersihkan gigi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, lebih praktis, mudah dan lebih hemat pakai pasta gigi sasha, Halal pula

      Delete
  19. Kalo membersihkan gigi pakai kayu siwak beneran, aku enggak bisa. Pernah nyobain dulu. Tapi kalo dengan pasta gigi Sasha, pasti mau dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai pasta gigi Sasha pasti mau dong, secara sudah halal ya mbka

      Delete
  20. Aku idah lumayan lama juga pakai pasta gigi yang ini mba, terutama yang herbal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya yg whitening Mbak, tapi herbal juga oke

      Delete
  21. Alhamdulillah mbak aku juga udah hijrah pakai pasta gigi Sasha ini lho. Suka sama herbalnya, abis sikat gigi emang berasa lbh bersih dan no bau mulut lagi, tahan lama segernya��

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mbak Varian herbal terasa kesat habis sikat gigi danberasa lbh bersih

      Delete
  22. Dulu bapakku juga bawa siwak asli pas pulang haji. Dengan adanya shasha jadi lebih praktis utk bersiwak yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, kalau pakai kayu siwak mah bingung ya mbak

      Delete
  23. Saya juga sudah coba sasha yabg herbal. Dan saya merasa cocok febgan produknya. Fix,mau hijrah ke siwak saja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Varian sasha herbal memang oke, yg whitening jugak

      Delete
  24. Aku baru mengenal pasta gigi sasha nih, langsung klik karena halal, khasiatnya bagus dan juga gak mahal harganya

    ReplyDelete
  25. Udah pakai Sasha juga. Rasanya lebih bersih saat sikat gigi. Nafas lebih segar juga.

    ReplyDelete
  26. Udah pakai yang warna gold, segerr banget di mulut. Ntar nyobain yang warna putih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang gold berarti yg varian herbal mbak

      Delete
  27. Belum pernah nyobain ini. Udah ada dimana-mana kan ya? Mau beli di Indomaret dekat rumah ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul MakLus, di IM sudah banyak kok, malah aku dapat diskonan pas beli kemarin

      Delete
  28. Aku pernah tahu temen sama sodara yg gunain siwak, mbak. Tiap mau sholat, udah mau niat, mesti siwak.an terlebih dahulu, baru deh niat sholat hehehe.
    Kalau dipikir2 lebih praktis kalau pakai pasta gigi sasha untuk tetap bisa bersiwak walau tanpa siwak kayu yg biasanya itu ya mbak hheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran mbak praktis kalau pakai pasta gigi sasha, esensi tetap bisa bersiwak dapat

      Delete
  29. Saya sendiri belum pakai pasta gigi ini, tapi kemarin pas mudik berkesempatan mencoba di rumah ibu mertua. Lumayan sih, enak juga di mulut. Next time mungkin bakalan ganti pakai Shasha juga karena anakku juga bilang enak di mulut. Jadi klop kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga segera ikutan hijrah ke pasta gigi sasha halal ini

      Delete
  30. Lagi lagi ketemu pasta gigi Sasha yg mengandung sisak. Sampai sekarang blom nemu nih. Madih hunting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di toko2 sekitar belum ada, bisa beli online bunda

      Delete
  31. Ini pasta gigi recommended bgt ya Mak. Karena kita kudu pasang semangat halal lifestyle
    --Bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasang semangat halal lifestyle never ending ya mbak

      Delete
  32. Dirumah aku juga kmrn dpt paket ini dari giveaway dan bagus kok ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru pastinya kalau dapat giveaway, dan semoga selanjutnya pakai sasha ini

      Delete
  33. Kemarin pas aku nginep di t4 bulik di bogor, aku lihat pasta gigi ini mba di kamar mandinya beliau...

    Pengen sih nyobain

    Tapi aku blm liat pasta gigi merk ini di indogrosir...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, hatuuk mbak dicobain juga pakai sasha ini

      Delete
  34. Aku juga pakai pasta gigi shasha, enak gitu dipakenya apalagi pas puasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa berlanjut seterusnya pakai sasha ya mbak

      Delete
  35. Easy way to take care your teeth! Siwak ini udah sebulan lebih kupakai. Aku jatuh cinta ama rasa dan baunya, padahal pas pertama kali engga suka.

    Beneran bau napas apalagi pas puasa itu menghilang dan keset di gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga, jatuh cinta sama rasa dan baunya, awalnya mikir-mikir banget. hehehe

      Delete
  36. dulu sih enggak pernah mikir yg halal kecuali makanan (yg masuk mulut ya), eh sekarang pasta gigi dan make up pun udah ada yg halal kan ya. Alhamdulillah naca review teman-teman kok jadi penasaran sih sama Sasha pasta gigi ini, Bisa untuk anak balita gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu mikirnya yg penting makanan, minuman halal, ternyata pasta gigi juga harus perduli halal ya mbak

      Delete
  37. Selalu merasa excited kalau dengar ada produk baru yang certified halal, apalagi seperti Pasta Gigi Sasha yang mengandung Siwak, sesuai dengan anjuran Rasul ya. Meski kita disini tidak bisa menggunakannya langsung dari kayu siwak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat hijarh yang lebih baik salah satunya dengan sasha ini ya mbak

      Delete
  38. Hijrah semakin afdol dengan sasha ini ya mba.. akupun berniat terus jd pribadi lebih baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hijrah semakin afdol dengan sasha, Alhamdulillah ya mbak

      Delete
  39. wahhh sasha emang sippp.. bikin sehat mulut dan gigi ya... harga terjangkau pula...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbka, harganya itu lho, bersahabat banget

      Delete
  40. Hijrah dengan menggunakan Sasha pasta gigi halal menuju kesehatan mulut, gigi dan gusi InsyaAllah bisa lebih tenang hati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah bisa lebih tenang hati dengan pakai pasta gigi sasha

      Delete
  41. Pakai sasha memang bener bikin mulut lebih segar. Pengen cari lagi nih, di rumah stocknya udah habis

    ReplyDelete
  42. Kayu siwak udah jarang, mungkin pada mikir ribet kali ya padahal manfaatnya banyak. Kalau sekarang diganti pasta gigi, jadi lebih simpel ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang diganti pasta gigi, jadi lebih simpel, bisa dibeli dimana - mana

      Delete
  43. Unik ya pasta gigi Sasha ini, biasanya pasta gigi beraroma herbal tapi ini ada siwaknya. Bikin penasaran deh.

    Alhamdulillah ya karena sudah berlabel halal jadi kita aman menggunakannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa segera dicoba pasta gigi sasha beraroma herbal yang ada siwaknya.

      Delete
  44. Pertama pakai Sasha agak aneh karena pasta giginya berwarna agak cokelat dan ada serpihan yang kayak "lho kok kotor?" padahal itu serpihan siwak yaa. Sekarang sih udah biasa pakai Sasha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sasha agak aneh karena pasta giginya berwarna agak cokelat, berarti yang varian herbal itu mbak

      Delete
  45. Aku juga menikmati pasta gigi ini mba.. kandungan alami siwak memang powerful yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga semua anggota keluarga juga suka pakai sasha ini

      Delete
  46. Suamiku yang rajin bersiwak, ku masih ragu karena suka pengen muntah :)
    Pengen coba pasta gigi ini deh, apalagi sudah halal ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai pasta gigi sasha, insyaAllah rasa siwaknya lebih light Mbak, gak bikin eneg

      Delete
  47. Alhamdulillah, aku dan keluargaku udah nyoba Sasha ini. Suka deh sama varian Herbal. Bikin seger di mulut. Dan pastinya ya bikin tenang karena halal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap MBak, siap dilanjutkan dan disebarkan lagi

      Delete
  48. Aku blm pernah nyobain pasta gigi ini. Apalagi ada rada siwaknya. Rada siwak itu kek gimana sih? :)
    Alhamdulillah skrg udah ada pasta gigi halal ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasa siwak itu....ah berarti wajib di coba mbak, biar tahu langsung spt apa ras asiwak itu. hehehe

      Delete
  49. Kemaren pas ke supermarket cari2 kok belum nemu ya Shasha, harus beli onlen kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli off line sudah banyak kok Mbak. di IM, kemarin malah ada diskonan, hehehe

      Delete
  50. pasta gigi halal dengan bisa tdk banyak ini, jd gak bnyk kandungan deterjen nya kan ya

    ReplyDelete
  51. wah sangat bermanfaat ya, terimakasih atas infonya bun :D

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.