Header Ads

Life is flowing in its story leaving history for better present and future
  • What's News

    5 Alasan Belanja Online Semakin Diminati, Alasan Nomer 4 Paling Menggiurkan

    Kepercayaan menjadi salah satu kunci penting dalam setiap jenis hubungan, baik hubungan antara sesama masanusia, dengan alam dan lainnya. Apalagi hubungan pernikahan, dimana dua orang yang serba berbedab erkomitmen untuk menjalani hidup secara bersama-sama dan untuk mampu langgeng maka masing-masing pasangan tidak bisa menganggap kalau saling percaya hanya sebatas pemanis hubungan.

    Saling percaya, siap menjaga kepercayaan dan memperbaharui setiap elemen pendukung “konstruksi” kepercayaan, tak perlu ada drama dan dusta dalam sebuah pernikahan.

    Kepercayaan pun harus bertumbuh dan berkembang agar harmoni hubungan melahirkan spektrum bahagia. Happinnes is created not gift. Salah satunya ya dengan saling percaya itu.

    Setuju atau tidak, kepercayaan juga merupakan salah pilar yang harus dibangun dalam mekanisme shopping online. Kepercayaan dari konsumen atau pelanggan menjadi Bismillahirrahmaanirrahiim start point penting yang membuat seseorang serta merta dan sukarela menjadi PELANGGAN yang setia dan hal ini merupakan kunci utama yang bisa mendongkrak penjualan dan memback up posisi sebuah toko online berada pada grafik perkembangannya di posisi maksimal serta stabil dalam jangka waktu yang lama.

    Kenapa tulisan ini malah membelok ke belanja online ya? Sebagai pemanasan awal tahun dan mencoba mulai merealisasikan resolusi ngeblog​, curcol sederhana based on my true story. *alaydotkom*. 

    Begini ceritanya, b​eberapa waktu lalu, saya sempat mendapat pertanyaan dari pak sekuriti saat barang yang saya beli secara online tiba di kantor. 
    Mbak Ririe sering beli-beli lewat internet ya, apa harganya beneran
    bisa lebih murah? Terus, apa gak kuatir salah pilih atau ketipu-tipu ?” Pertanyaan yang masih kerap saya terima meski era belanja online saat ini sudah cethar tapi memang masih banyak yang galau untuk berbelanja secara Online.

    Mendapat pertanyaan seperti itu, serasa waktu serta merta berputar ke edisi 6 tahun lalu. Saya sendiri merupakan salah satu orang yang pernah memiliki sederet kegalauan semacam pertanyaan yang
    disampaikan oleh pak sekuriti. Saat baru kenal belanja-belanja secara online. Beberapa pikirian yang bergentayangan yang pernah membuat saya agak-agak ragu-ragu untuk beli-beli online antara lain:
    Gimana kalau ternyata harganya lebih mahal? Takut kena tipu saat bertransaksi (uang sudah dibayar tapi barang kunjung datang). Waktu pengiriman yang lama, jika barang cacat atau rusak tidak bisa dikembalikan atau malah barang yang dikirim tidak sesuai dengan gambar yang ditayangkan di laman online shop? Dan bla bla bla lainnya yang bakal bejibun.
    Belanja Online Semakin Diminati, Alasan Nomer 4 Paling Menggiurkan
    Image: www.ngetren.co.id (Modified by Me)
    Iya dong, itu dulu. Wajar saja namanya juga hal baru dan baru kenal. Semakin ke kini, belanja online semakin banyak menawarkan kemudahan, kenyamanan, dan tingkat keamanan yang berlapis dalam setiap transaksi. Setidaknya ada 5 alasan belanja online semakin diminati dan menggiurkan:
    1. Kita tidak perlu bercapek ria menerobos kemacetan di jalan raya [bagi warga perkotaan] karena hanya dengan duduk manis sambil blogging atau menemani anak belajar kita sudah dapat berbelanja dari rumah. Bagi yang berdomisili jauh dari pusat perbelanjaan, maka kehadiran shop online jelas merupakan solusi praktis, efekti dan efisien dari segi waktu, tenaga dan biaya bilamana kita memerlukan barang-barang kebutuhan yang tidak ada di toko-toko tradisional di sekitar kita.
    2. Lebih banyak waktu yang mestinya digunakan untuk hunting barang-barang kebutuhan dialihkanfungsikan dan dioptimalkan untuk gathering sama keluarga tho? Saya pribadi memang tidak sering belanja secara Online, kalau dihitung pakai jari ya sudah lebih dari hitungan sepuluh jari. Kalau kebutuhan harian masih seputar kebutuhan konsumtif habis pakai: sembako kan gak perlu saya lakukan belanja secara online tho?. 
    3. Bisa membanding-bandingkan harga barang sejenis dari berbagai lapak dalam waktu bersamaan, tanpa pakewuh dengan petugas/pemilik lapak.
    4. Harga (akhir) jatuhnya bisa jauh lebih murah karena hampir setiap hari ada saja program diskon, fasilitas free ongkir, promo beli barang A bisa dapetin gratis barang B, pun banyak item yang bisa dapat cashback (kalau jeli menggunakan/memilih aplikasi shop online).
    5. Cara pembayaran yang flexible, tak harus langsung tapi kalau mau kredit pun bisa atau mau pilih bayar di tempat (COD) setelah barang di kirim. Opsi COD ini neh yang paling aman karena barang yang cacat, konsumen tidak perlu repot-repot untuk claim dan sejenisnya, dikembalikan dan gak usah dibayar (dulu).
    Sebenarnya masih banyak alasan lain yang bisa di explore kenapa belanja online murah meriah. Yang penting jaminan keamanan barang, mulai awal transaksi hingga barang kita terima, bisa komplain atau minta tukar jika order tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan.

    Takut gak aman? Tetap jeli, teliti dan jangan grusa-grusu saat bertransaksi menjadi security system internal sebagai (calon) pembeli. Kan kalau dari pemilik lapak, saat ini rata-rata situs belanja On line sudah melengkapi performance lapak dengan FAQ, media komunikasi yang mudah di akses, cara pembayaran yang variatif, jasa pengiriman yang mampu menjangkau seantero wilayah dunia nyata, profil track record dan status selama masa pengiriman barang.

    Bagaimana dengan Anda, alasan atau hal apa yang membuat semakin tertarik untuk belanja online neh?

    8 comments:

    1. Kalo aku, alasan utamanya karena bisa leluasa pilih-pilih barang tanpa direcokin penjaga toko yang ngintilin kita terus hehehe.. Beneran. Paling males kalo masuk toko yang penjaganya tuh ngikutiiiin terus kemana kita pergi.. Kalo belanja online kan ga ada tuh yang kayak gitu, hehehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. Betul betul sangat itu. Saya juga paling ilfil kalau masuk stage trs diikuti kemana2 oleh pegawai yg jaga. Berasa kayak diawasi deh

        Delete
    2. Iya, bener... Banyak benefitnya beli online, gampang, murah, dan terlebih suka ada promo2nya, hihi

      ReplyDelete
      Replies
      1. Begitu tau ada promo dan diskon, apalagi mmg lg perlu barang tsb, lgs deh gercep angkut ke keranjang ya

        Delete
    3. temen kantorku sampai skrg juga masih ada yg takut belanja online. Krn takut ditipu gitu, Mbak. Hihihi

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kayaknya masih banyak orang yang takut ketipu kalau beli online ya

        Delete
    4. Saya juga suka belanja online karena kemudahannya. Gak perlu jauh-jauh ke tempat yang jual barang. Kita bebas memilih dan melihat barang dari rumah. Dan harga barang yang dijual juga relatif murah, apalagi kalau ada promo. Tapi ya itu, Kita hatus waspada, karena belanja online rentan terhadap penipuan, Jadi beli saja di online shop yang terpercaya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sepakat, akalu ada promo tambah semangat buat belanja online ya

        Delete

    Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
    Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
    Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

    Komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

    So, be wise and friendly.