Post Paid on IG

WHAT'S NEW?
Loading...

5 Cara Alami Ini Bisa Membantu Mengobati Masalah Batu Ginjal

Memiliki tubuh yang sehat, kuat dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya merupakan salah satu impain yang ingin di capai oleh semua orang. Ada berbagai macam organ tubuh yang ada di dalam tubuh kita yang harus senantiasa dijaga kesehatannya agar kita mampu memiliki tubuh yang sehat dan kuat. Salah satunya adalah organ ginjal. 

Organ ginjal Bismillahirrahmaanirrahiim memiliki peranan yang sangat penting di dalam proses metabolisme tubuh. Makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh akan mengalami proses penyaringan melalui ginjal. Berbagai macam senyawa kimia berbahaya yang ikut dikonsumsi oleh tubuh akan disaring dan dipisahkan di dalam tubuh oleh ginjal dan dibuang melalui urin. 

Akan tetapi jika pola hidup yang kita jalani tidak sehat, terutama pola makan yang jauh dari kroteria gizi seimbang seperti diet yang tidak tepat, tingginya konsumsi kalsium, oksalat, dan fosfor dalam urine, maka kemungkinan besar bisa terserang penyakit batu ginjal. Batu ginjal juga bisa disebabkan tidak tercukupinya konsumsi air minum setiap hari atau intensitas dalam mengonsumsi obat-obatan tertentu.
Mengobati Masalah Batu Ginjal
Seperti diketahui bahwa batu ginjal merupakan zat padat yang terbentuk di ginjal saat ada zat tertentu dengan konsentrasi tinggi dalam urine. Zat tersebut berasal dari sisa di dalam darah yang disaring oleh ginjal, yang mengendap dan seiring waktu jadi mengkristal. Kristal endapan tersebut yang umum disebut sebagai batu ginjal baru dan akan menimbulkan rasa sakit jika bergerak atau menyumbat saluran tertentu. 

Ada empat jenis batu ginjal yaitu batu ginjal kalsium, batu ginjal asam urat, batu ginjal struvit, dan batu ginjal sistin. Adapun cara pengobatan penyakit batu ginjal ini tergantung ukuran kristal batu ginjal. Kalau ukurannya masih tergolong kecil yaitu batu ginjal masih bisa keluar melalui saluran kemih maka tidak diperlukan dilakukan operasi. Berikut beberapa cara mengobati batu ginjal secara alami adalah:.
  1. Konsumsi air putih yang cukup karena tubuh manusia membutuhkan cairan yang setiap harinya. Cara yang sangat sehat dan alami yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah dengan mengkonsumsi air putih secukupnya. Diperkirakan, Kamu harus minum hingga 2,8 liter setiap hari untuk melihat hasilnya. Periksa urine atau air seni untuk melihat apakah Kamu sudah cukup minum air putih. Dengan konsumsi air putih yang  cukup maka kita akan mampu terhindar dari serangan batu ginjal.
  2. Mengurangi konsumsi jenis-jenis makanan yang kandungan garam dan protein tinggi karena garam dan protein mengandung kalsium yang cukup tinggi. Jika terlalu banyak mengonsumsi makanan yang protein dan kandungan garamnya tinggi bisa berpeluang terjadinya pengkristalan kedua zat tersebut di ginjal.
  3. Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, seperti sayuran dan buah-buahan karena keduanya sangat bermanfaat besar untuk kesehatan metabolisme  tubuh. Perlu diatur asupan garam dan daging yang tinggi protein karena garam bisa meningkatkan jumlah kalsium dalam urine dan protein akan meningkatkan oksalat, kalsium, dan asam urat dalam urin. Selain itu protein daging banyak mengandung sulfur yang bisa memicu batu ginjal menjadi lebih buruk.
  4. Hindari konsumsi soft drinks, terlebih jika dalam masa pengobatan batu ginjal. Termasuk juga minuman berkafein seperti kopi dan teh yang bisa memperburuk kondisi batu ginjal karena memiliki asam fosfat yang bisa meningkatkan pembentukan batu ginjal.
  5. Terapi dengan menggunakan lemon dalam campuran minuman air putih. Kandungan asam sitrat dalam lemon bisa membantu memecah batu ginjal yang berbasis kalsium sehingga lebih mudah dikeluarkan bersama urine. Untuk hasil yang lebih efektif, dianjurkan untuk minum jus lemon sekitar 125 ml setiap harinya.
Perduli kesehatan ginjal sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan, cukup dengan menerapkan pola hidup sehat melalui pola makan dengan gizi seimbang. Dan bagi perempuan harus pakai banget tuh mengikuti tips kesehatan wanita agar tetap sehat dan cantik setiap hari dan aktifitas pun berjalan lancar.



*Sposnsored Post

2 comments: Leave Your Comments

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.