Post Paid on IG

WHAT'S NEW?
Loading...

Budget Minimal, Liburan Bisa Maksimal Dengan Paket Wisata Ini

Ideal planning liburan bagi saya, budget minimal tapi eksplorasi destinasi wisata maksimal bertubi-tubi. Kalau tujuannya diluar daerah atau luar pulau Jawa, bisa kah pesan tiket pesawat dan kamar hotel sekaligus agar dapat harga yang hemat?

Voila, sound so great isn’t it? Terlintas ide tersebut pas beberapa waktu lalu seorang teman cerita sesi jalan-jalan ke Singapura dengan budget 8 jutaan.
“ Duit segitu, stay berapa hari di Singapura Mbak?”
“ Berangkat Jum’at dan  pulangnya Minggu. Ya kan di-pas-in hari libur kerja ”
“ Wah nanggung dong, kenapa gak ambil cuti saja sekalian?”
“ Maunya sih kayak getu, tapi kan kembali ke PAGU budget tadi, Rie. Hehehee…”
“ Owalah, jadi seperti itu behind the scene-nya tho? “
“ Gimana, apa mau gabung the next trip, Thailand?”
“ Dengan biaya segitu, aku prefer ke Raja Ampat saja deh. Bisa lebih all out jelajah wisata alam. Mulai dari menikmati  birunya air laut, eksotisnya gugusan pulau karang di tengah laut, konon 75% jenis karang di dunia ini berada perairan Raja Ampat. Kebayang juga bagaimana moleknya hard coral yang tumbuh menjulang melebihi batas air, juga gua bawah laut dengan aneka satwa lautnya yang keren pol-polan. Jika kita bikin iteneary paripurna, bahkan bisa wisata budaya dan kuliner juga tuh katanya”.
Sejak Bismillahirrahmaanirrahiim kali pertama dengar cerita, lihat foto-foto yang berseliweran di lini masa juga  vlog yang memamerkan keindahan Raja Ampat yang dahsyat, since that first time sudah sukses membuat saya terpikat dan berniat banget ingin bisa ke Raja Ampat. Salah satu destinasi lokal yang populer hingga internasional, yang sangat ingin saya kunjungi, selain Lombok, Flores dan Danau Toba.
Credit
Sekilas wacana yang saya peroleh menu wisata yang disajikan oleh Raja Ampat adalah:
  1. Wisata Alam. Raja Ampat sebagai pantai dengan laut lepas yang terdiri dari pulau-pulau kecil, menyimpan pesona wisata yang magis: setidaknya terdapat 1000 jenis ikan karang eras, lebih dari 500 jenis karang, 700an jenis moluska dan 90% terumbu karang hidup. Ada pula hutan mangrove, pantai lamun, pantai tebing dan berbatu. Bagi yang hobi diving, Raja Ampat adalah salah satu surga dunia untuk diving. Ada 4 pulau yang punya spot diving andalan di dunia yaitu: Salawati, Miool, Bantanta, Waigeo dan sederet pantai lainnya dengan panorama yang eksotik buangetssss.
  2. Wisata Flora dan Fauna. Keragaman Biota laut yang terdapat di kawasan perairan Raja Ampat termasuk terlengkap di dunia. Ada wobbegog, kuda laut katai, ikan eviota raja yang merupakan ikan endemik di Raja Ampat, ikan tuna, hiu karang, barakuda, aneka jenis cendrawasih, maleo dan kuskus maego, bermacam  burung nuri dan kakaktua serta aneka jenis anggrek. Apalagi kalau menyelam di Arborek, Selat Dampier, kita akan mendapatkan pengalaman langka yaitu menyelam dengan ditemani ikan pari manta lho?
  3. Wisata budaya pun tak akalh menawannya di sana. Ada atraksi suling tambur dan festival maritim Raja Ampat yang berpusat di Waisai, Pulau Waigeo dan ibu kota Raja Ampat.
  4. Wisata Sejarah juga bisa kita nikmati di Raja Ampat karena di sana juga terdapat peninggalan sejarah yang historical. Salah satunya adalah Pegunungan Misool yang memiliki peninggalan sejarah  cap tangan yang terdapat pada dinding batu karang yang dekat dengan air laut, yang usianya sudah lebih dari 50 ribu tahun, sebagai petunjuk bagaimana manusia tersebar dari bagian barat nusantara hingga Papua dan melanesia. Kita juga bisa melihat sisa sejarah berupa badan pesawat yang tenggelam saat PD II di salah satu titik penyelaman di Pulau Wai.
  5. Wisata Kuliner juga tak kalah menariknya. Papeda dan ayam ala Walesi siap memanjakan lidah kita dengan cita rasanya yang khas. Papeda adalah kudapan yang dibuat tepung sagu, bila disantap dengan olahan ikan asam, bumbu kuning, dengan sambal. Dijamin cocok dan klop banget. Ada minuman tradisional  saguer yang dibuat dari air kelapa murni. Terus yang tak kalah hebohnya adalah kuliner barapen ayam ala Walesi, dimana cara memasaknya menggunakan batu yang dibakar hingga membara, kemudian diletakkan dalam drum yang ditanam di dalam tanah. Selanjutnya dimasukkan aneka sayuran, ubi manis dan ayam yang sudah dibumbu, semuanya disiram dengan minyak dan dimasak di dalam drum tersebut. Dilihat dari cara memasaknya saja sudah heboh banget, bisa dibayangkan bagaimana sensasi cita rasa barapen ayam ala walesi ini.
5 jenis wisata yang dimiliki oleh Raja Ampat yang sangat menghantui kalbu kan? Jika dikumpulkan tentang pesona alam, satwa, flora dan faunanya, tak akan cukup untuk menawarkan ‘dahaga’ untuk melihat dan memuaskan hasrat blusukan di Raja Ampat, selain cuss ke Raja Ampat langsung tuh. Karena Semakin banyak browsing tentang Raja Ampat, asli bikin saya semakin ngidam pengen ke sana. 
“ Iya ya, kalau bisa explore seseru itu di Raja Ampat, apalagi jika budgetnya lebih hemat ketimbang ke luar negeri yang rata-rata jalan-jalan di dalam perkotaan alias wisata metropolitan, mending ke Raja Ampat kan?” celetuk saya ala provokator.
“ Tapi, tapi…kenapa ada yang bilang kalau ke Raja Ampat butuh alokasi dana yang super  besar. Ehmm, maksudku angarannya bisa membengkak karena ternyata harga tiket pesawat untuk sampai di Raja Ampat saja sudah mihil tuh. Belum lagi, gimana tuh nginep dan akomodasi lainnya?”
Pertanyaan bernada kuatir akut yang juga pernah saya alami gara-gara kala dengar seorang teman curcol kalau ke Raja Ampat itu berang di ongkos pesawat. 
Some how, itu (mungkin) duluu. Karena kurangnya jeli membuat perencanaan: list tujuan wisata apa dan dimana saja yang akan di kunjungi saat di Raja Ampat, pemesanan pesawat dan hotel yang terpisah, otomatis dong menguras kocek over dosis alias bikin tabungan ludes.

Jadi begini, menurut kalkukasi hematisasi ala saya, kalau mau ke Raja Ampat itu kita harus bikin to do list alias Itinerary. Tulis semua spot wisata yang akan dikunjungi dan dibuat penjadwalan secara berurutan. Maksudnya, antara satu destinasi dengan destinasi berikutnay berada satu rute sehingga bisa menghemat waktu, tenaga, dan pengeluaran, tapi bisa super duper maksimal jelajah wisata di Raja Ampat. Sesi penghematan selanjutnya adalah pesan tiket pesawat dan hotel dalam satu paket dan jangan lupa bookingnya jauh-jauh hari atau cari saat ada diskonan tuh. 
“ Wisata bisa maksimal dengan budget minimal kalau kita  memesan tiket pesawat dan hotel  dalam bentuk 1 paket.  Plusnya lagi perencanaan liburan otomatis bisa lebih praktis  dan super hemat pengeluaran (lagi)”
“ Bisa pesan bundle tiket pesawat dan hotel seperti via agent travel apa sih? Pas ke Singapura kemarin itu, aku cek harga tiket dan hotel sana-sini, belum dapat menyediakan pilihan satu paket kayak gettu lho, Rie ?”
“ Sudah coba lihat disini  apa belum? Ada banyak paket wisata traveloka yang bisa dipilih sesuai dengan impian liburan dan wisata Mbak. Cara pembayarannya pun gampil bin mudah karena tersedia banyak pilihan metode pembayaran, mulai yang cash, cicilan, debit, atau bahkan pakai CC “.
“ Yak…yak….jangan kemana-mana dulu, kita lanjutkan setelah iklan yang lewat ini. Hahahahaaa….. ” 
“ Jangan salah, iklan itu nama lain dari informasi kan? Buktinya, dirimu baru tahu kan kalau booking tiket pesawat dan hotel bisa dilakukan dalam pembelian 1 paket? “
“ Iya juga sih. Kalau dipikir-pikir dengan beli tiket peawat dan hotel dalam satu  paket tiket memang lebih efesien, efektif  Mudah dan saving time
“ Masih ada manfaat kebaikan lainnya, kalau mau bikin itung-itungan dengan pembelian tiket pesawat dan hotel dalam 1 paket, harganya bisa lebih murah. Terus sisa anggarannya bisa tuh digunakan untuk wisata kuliner  dan expand obyek wisata lainnya.  Bisa juga ditabung lagi untuk keperluan lainnya atau buat ancang-ancang the next itinerary, iya thoh? “.
Dan, the epilog percakapannya adalah: 
Kalau mau liburan atau wisata ke Raja Ampat atau kemana saja impian jalan-jalan Anda, check Traveloka saja untuk  pemesanan tiket + hotel sebagai 1 paket agar target wisata dengan budget minimal hasilnya bisa maksimal dan alokasi waktu liburan pun optimal. 

Tidak percaya? Hayuuukkk buruan ubek-ubek paket wisata traveloka


7 comments: Leave Your Comments

  1. pengen banget ke raja ampat mbak :')
    tapi saya berencana eksplor kalimantan dulu sebelum ke sana :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat jelajahi nusantara secara maksimal dulu, baru jejak kaki ke manca negara ya

      Delete
    2. Aku keluar pulau Jawa cm sekali pas ke manado, itupun dpet hadiah dr kantor. Belum sanggup nih biayanya buat ke Raja ampat, tp bismillah pasti bisa.

      Delete
  2. Kapan ya aku bisa kesana mbak, enak banget kayaknya si.

    ReplyDelete
  3. Bisa buat referensi mata kuliah ini mbah. buat pariwisata. makasih ya mbak Riri.

    ReplyDelete
  4. jadi intinya kalo punya budget minimal lebih baik berwisata di negeri sendiri aja ya mba,,, hhihihi

    ReplyDelete
  5. kalo aku sih mau budget minim ato lebih,, paling suka liburannya di indonesia aja,
    apa lagi klo bisa ke negerinya "laskar pelangi" pengen banget liburannya kesana

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.