WHAT'S NEW?
Loading...

4 Tips Jitu Menjaga Rahasia Teman

Secara umum diberi kepercayaan oleh orang lain merupakan hal yang  dilematis. Terlebih lagi jika kepercayaan tersebut sifatnya rahasia yang hanya dimiliki oleh teman atau sahabat karib kita. Tentu hal ini memberikan kita indikasi bahwa kita termasuk salah satu orang yang bisa dipercaya untuk memegang rahasia mereka.  Faktanya  memegang rahasia orang lain itu ternyata tidak semudah saat menyanggupinya sebab pada saat hubungan mengalami friksi dan keadaan memburuk maka besar kemungkinan kita akan “tergoda” membeberkan rahasia mereka kepada orang lain.

Bismillahirrahmaanirrahiim Menjaga rahasia biasanya bisa jadi hal yang menyenangkan sekaligus menjadi beban, hal ini dikarenakan rahasia merupakan amanah orang lain yang harus kita jaga setiap saat.  Dengan tetap menjaga rahasia juga menjaga hubungan baik kita dengan sahabat. Namun jika karena suatu alasan sehingga kita ‘kesleo” lidah sehingga memberkan rahasia tersebut kepada orang lain, maka besar kemungkinan hubungan persahabatan jadi pertaruhannya. Lalu bagaimanakah cara kita menjaga rahasia sahabat kita? Nah berikut beberapa tips menjaga rahasia agar tidak merusak hubungan pertemanan dan membuat kita menjadi orang yang tidak amanah.

Pertama: WAJIB Konsisten Untuk Tetap Menjaga Rahasia
Agar rahasia teman kita tetap menjadi rahasia maka kunci utama agar rahasia tersebut tidak terbongkar kepada orang lain adalah dengan cara konsisten dalam menjaganya. Memang awalnya tidak mudah terlebih lagi jika anda sering bergaul dan mengobrol dengan orang lain maka besar kemungkinan kita bisa saja  membeberkan rahasia tersebut kepada orang lain, baik itu secara sengaja ataupun secara tidak sengaja.  Konsisten adalah janji pada diri sendiri untuk komitment memgang teguh sebuah rahasia dengan aman setosa sehingga rahasia tetap terjaga  dengan  baik.
Kedua: Dalam kondisi terpaksa, usahakan membuat kalimat yang sifatnya diplomatis (sehingga tidak perlu berbohong)
Dan manakala karena sesuatu hal atau ada orang yang mendesak untuk membeberkan suatu rahasia maka langkah terbaik yang harus dilakukan dengan mengatakan jika kita  tidak tahu apa-apa mengenai rahasia tersebut. Dengan versi lain, kita bisa menggunakan kalimat yang sifatnya diplomatis (netral) sehingga kita tak perlu berbohong dan rahasia tetap terjaga. Hal ini lebih baik dibandingkan jika kita  mengatakan rahasia tersebut kepada orang lain. Some how, rahasia yang sudah disanggupi adalah amanah yang wajib dijaga dengan sepenuh daya upaya karena membeberkannya berarti menabuh genderang  perang dunia ketiga.

Ketiga: Hindari topik pembicaraan yang berkaitan rahasia
Ketika kita sedang memegang rahasia  teman  dan manakala suatu pertemuan memnggiring topik obrolan yang  menjurus kepada rahasia tersebut sebaiknya kita menerapkan jurus menghindari topik pembicaraan tersebut.  Hal yang paling mendasar mengapa rahasia kita mudah terbongkar kepada orang lain umumnya disebabkan karena ketidak sengajaan kita dalam membicarakannya kepada orang lain. Karena ketika sedang asyik ngorol ini dan itu, kadang akan menggoda kita untuk membicarakan rahasi yang sedang kita simpan.  Oleh sebab itu langkah terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menghindari topik pembicaraan yang berpotensi mengungkapakan rahasia.

Keempat: Tanyakan Berapa Lama Harus Menyimpan Rahasia
Mungkin kita akan merasa lega jika suatu rahasia memiliki jangka waktu tertentu, sehingga kita tidak akan khawatir  kalau suatu saat karena sesuatu sebab membuat kita  tidak sengaja membuka rahasia tersebut kepada orang lain. Maka akan menjadi hal sangat baik jika rahasia yang dititipkan pada kita ada jangka waktunya. Akan kacau balau bila rahasi tersebut sifatnya seumur hidup. Dengan menyepakati jangka waktu untuk menyimpan rahasia  maka kita tidak akan berada pada kondisi siaga satu seumur hidup demi menjaga rahasia teman atau sahabat kita tersebut kan?

Demikian tips cara menjaga rahasia teman yang super sederhana, tentunya Anda juga punya cara-cara jitu tersendiri untuk menjaga rahasia teman kan?


0 comments:

Post a Comment

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.