WHAT'S NEW?
Loading...

5 Tips Mudah Berwisata Murah Ala Ririe yang Perlu Kamu Ketahui

Perjalanan wisata atau traveling yang dipersiapkan dengan sebaik-baiknya lebih memungkinkan untuk mengexplore spot-spot wisata di suatu daerah dan sekitarnya secara maksimal dengan dana yang seminimal mungkin, then get more funtastic.

Saya bisa bilang demikian karena pernah mengalami kekacauan traveling. Secara subyektif, Bismillahirrahmaanirrahiim saya memang tidak menganggapnya kacau karena sudah memantabkan hati untuk mengeksekusi target wiata di kawasan dataran tinggi Dieng secara dadakan. Cerita traveling heboh yang saya nikmati saat ke Wonosobo tahun 2012 lalu, memberikan banyak kesan seru traveling gaya nekad tanpa persiapan apa-apa. Saya memutuskan untuk berangkat ke Wonosobo kala itu, sekitar 4 jam sebelumnya.

Perjalanan mbolang Wonosobo dan Yogyakarta, demikian saya menyebutnya, memberi beberapa hal yang bisa dijadikan pembelajaran dan evaluasi. Saat itu, perjalanan dari Banyuwangi - Wonosobo membutuhkan waktu hampir 20 jam karena mengalami macet di beberapa rute perjalanan, sempat antri bis lama karena moment  libur long week end banyak bis yang disewa untuk rombongan wisata, dan saat alih target wisata ke Yogya sempat mengalami kegalauan karena kesulitan mencari penginapan yang masih free booking.
Siapapun yang belum pernah membuat kekeliruan, dia tak pernah mencoba sesuatu yang baru ~ Mr. Albert Einstein
Walaupun saya tak menganggap pilihan bonek mendadak traveling ke Wonosobo sebagai kekeliruan, tapi saya jadi lebih memahami betapa pentingnya mempersiapkan perjalanan wisata dengan lebih comprehensive-lah istilahnya. Apalagi jika traveling ngajak anak-anak, harus lebih afdhol perencanaannya.

Tips Mudah Berwisata Murah
Berikut ini ada 5 Tips Mudah Berwisata Murah ala Mommy Ririe Khayan *May I call myself with Mommy, no complain please?*

Pertama, lakukan Survei dulu

Jika kita sudah memutuskan akan berwisata ke Malang misalnya. Akan berapa lama di sana? Ada berapa banyak destinasi wisata yang ada di daerah Malang, berapa jarak dari 1 tempat ke tempat lain, obyek wisata yang sejalur ata saling berdekatan apa saja dan bagaimana rute yang efisien. Apakah cukup dengan waktu perjalanan telah kita kita alokasikan, dst. Untuk survei, bisa dilakukan dengan secara online maupun off line (pada teman atau orang-orang yang kita kenal dan pernah berkunjung ke obyek wisata dimaksud). 

Kedua, Hindari berwisata di hari libur sekolah atau pun long week end. 

Ini seperti buah simalakama, lha justru karena hari libur kan banyak orang memutuskan untuk memanfaatkan waktu bersama keluarga dengan mengambil paket perjalanan wisata. Karena streamnya demikian, tak ayal lagi kemacetan terjadi dimana-mana. Bahkan Yogyakarta yang hari-haria biasanya relatif ramai lancar, bisa berubah 180 derajat kemacetan arus lintas. Jogja mengalami kemacetan yang parah, sudah menjadi suguhan berita yang biasa saat ini. Oleh sebab itu, kalau memang memungkinkan unuk menjadwalkan liburan di  luar musim liburan, ini yang lebih recomended. Traveling saat musim liburan tak hanya membuat kita emosi karena terjebak macet, tapi juga akan menyita waktu, tenaga, emosi dan aspek material lainnya seperti harga tiket yang lebih mahal, rate penginapan yang melonjak dramatis, waktu tempuh di perjalanan yang lebih lama sehingga tidak bisa leluasa menikmati obyek wisata.  

Ketiga, Membuat Itinerary sebelum berangkat wisata. 

Setelah melakukan survei dan hari H untuk berpiknik sudah diputuskan secara aklamasi, persiapan berikutnya adalah membuat Road Map atau itinerary. Dengan adanya Itinerary akan membuat perjalanan wisata yang kita lakukan menjadi lebih tertata rapi, dana under control, dan bisa mengunjungi obyek wisata secara lebih menyeluruh di suatu daerah yang jadi tujuan perjalanan wisata. Tentunya dalam membuat itinerary harus disesuaikan dengan siapa kita melakukan traveling. 

Dalam pemahaman yang lebih sederhana, itinerary adalah jadwal yang kita susun secara detail mengenai alokasi waktu yang akan dijadikan acuan selama melakukan perjalanan wisata. Kapan berangkat, akan transit berapa lama, berapa jam menjelajahi obyek wisata, ISHOMA kapan dan seterusnya hingga jadwal kepulangan. Semakin rinci, semakin baik. Walaupun pada prakteknya, bisa saja jadwal yang dituangkan dalam itinerary ada penyimpangan karena beberapa faktor yang sifatnya conditional. 

Setidaknya, itinerary ini bisa menjadi alat bantu kita untuk Mengontrol pengeluaran, Efisiensi waktu, tenaga dan mencegah terjadinya over budget selama perjalanan perjalanan wisata. 

Keempat Bila ada teman, kita bisa ambil manfaat punya banyak teman (bisa pula) artinya punya banyak saudara dimana-mana untuk jadi guide with no charge !

Perjalanan wisata ke suatu daerah  jadikan lebih efesien bila ada seseorang yang kita kenal dan bisa jadi tour guide secara gratisan. Seperti yang saya lakukan juga, saat ke akan Jakarta, secepat kilat kabar-kabari teman yang ada di sana. Demikian pula saat ke daerah lainnya. 

Kelima, Cari hotel atau penginapan yang murah **hukumnya wajib**. 

Perjalanan wisata pastinya butuh penginapan kan? Dan pedoman dalam memilih hotel tentunya yang paling menguntungkan dari segi harga, lokasi dan fasilitas.  AiryRooms bisa jadi partner idaman yang melengkapi perjalanan wisata jadi lebih  comfortable. Sudah pada tahu kan AiryRooms?
Indaghnya jalan-jalan di Yogyakarta
Ayo wisata ke Yogyakarta
Iyaaakk,  AiryRooms adalah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang hospitality. Virtual Hotel Operator (VHO) yang bermitra dengan berbagai hotel yang menawarkan pilihan  budget terbaik di seluruh Indonesia. Atau ada yang masih tanya mengapa Menginap di AiryRooms Lebih Menguntungkan? 
  1. AiyRooms Mengutamakan Kenyamanan dimana segala kebutuhan menginap telah disediakan secara khusus untuk setiap tamu hotel.
  2. Harga Terbaik dengan penawaran harga terbaik tanpa dipungut biaya transaksi lainnya.
  3. Booking Mudah, Cepat & Aman.  Pemesanan kamar dapat dilakukan langsung melalui website, telepon, maupun Whatsapp yang  tersedia selama  24 jam sehari.
Tersedia lebih dari 1000+ kamar Airy yang tersebar luas di 33 kota di Indonesia, natara lain Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor, Bandung, Bali, Yogyakarta, Surabaya, Batam, Solo, Padang, Makassar, Medan dan akan segera hadir di kota-kota lainnya di Indonesia.

Wisata di YOgya lebih nyaman
Penginapan dengan fasilitas lengkap
Jadi, tak perlu resah dan gelisah soal booking penginapan. Sudah ada AiryRoom, booking hotel murah yang fasilitasnya lengkap yang bisa membuat sesi istirahat (tidur) yang nyaman dengan harga aman di saat traveling. Kamar hotel dengan standar kenyamanan yang sama di Indonesia ya AiryRooms.

Tidak sulit kan menggunakan 5 tips di atas? Tentu masih banyak tips lainnya yang bisa diterapkan untuk membuat perjalanan wisata lebih maksimal. But at least dengan 5 Tips mudah tersebut bisa membuat perjalanan wisata jadi lebih hemat: waktu, anggaran, emosi dan get more funtastic. Namanya wisata kan pengen enjoy dan bisa refreshing, lha masak wisata kok malah bikin stress kan?

Gimana, sudah ada rencana traveling kemana neh?
Sudah dibuat persiapannya juga kan?
At least, untuk urusan penginapan kini ada AiryRooms yang preferable untuk dipertimbangkan sebagai menginap selama menikkmati wisata Anda.

30 comments: Leave Your Comments

  1. Replies
    1. Boleh bangetttt, biar traveling bs maksimal dan funtastic

      Delete
  2. asyikk. Makaish infonya, mba . aku lagsung check di Airy nih, mba. Btw, kalau aku tipe yang selalu nyiapin sesautu sebelum jalan. Beda ama suamiku. Hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya suami mbak Alida sealiran sama suami saya tuh.

      Mbolang tanpa persiapan mmg pernah saya lakoni mbak, saat ke wonosobo dan pas musim liburan long week end. Lehpnglah edisi petualangannya

      Delete
  3. Jogjaaa.. kapan-kapan kalo ke Jogja cek Airy aah,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. AiryRoom ada juga di kota-kota lain kok Mbak.

      Delete
  4. rada susah deh kalau liburan nggak di hari libur sekolah, akibatnya biaya mahal..he..he...
    makanya nggak bisa sering2 pergi jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, dilematisnya liburan ya? kalau gak musim libur kan anak-anak masih sekolah. Hiks:(

      Delete
  5. Wah, AiryRoom keren, ya :) Aku kalau ke tempat wisata biasanya diusahakan weekdays. Soalnya supaya gak terlalu padat, hihihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyik dong, bisa liburan saat week days, jd enjoy dan nyaman ya Mbak Indi

      Delete
  6. saya juga biasanya menghindari pas libur sekolah, penuh dan mahal :)

    ReplyDelete
  7. udah ada tipsnya nih tinggal pergi berwisata

    ReplyDelete
  8. terimakasih tipsnya Mba :)
    nanti kalo mau berwisata akan saya praktekkan tipsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo, diprakktekkan utk wisata yg more fun

      Delete
  9. mari berlibur.. refresh hati dan otak.. dan jangan lupa mampir ke airyrooms

    ReplyDelete
  10. Planning traveling emang mengasyikkan makanya posting an mbk riri ini bermanfaat bgt jadi gudeline penting.

    ReplyDelete
  11. kalo saran dari saya, jangan pas high season biar murah heheh

    ReplyDelete
  12. menghindari wisata di harilibur betul banget mbak, kalau hari libur lebaran juga aku males jalan-jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau hr lebaran, hr liburnya serasa kurang banyak malahan mbak

      Delete
  13. setuju banget nih sama tipsnya, terimakasih atas infonya

    ReplyDelete
  14. saya juga suka cek ricek harga dulu. Biar gak tekor hehehe

    ReplyDelete
  15. No 2 cocok banget itu,,, terlalu rame kalo pas liburan. jadi malah gak bisa fresh yg ada liat orang2 pd rekreasi hahaaa

    ReplyDelete
  16. Keren juga nih tips dan triknya, bisa travelin murah nih, hehe
    maksih mba, salam kenal

    ReplyDelete
  17. bagus juga nih tipsnya, bisa dipraktekkan nanti :3

    ReplyDelete
  18. Makasih ya mba atas tips-tips nya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.