WHAT'S NEW?
Loading...

Medictrust Menjawab Kebutuhan Pentingnya Memiliki Jurnal Kesehatan Yang Akurat dan Aktual

Indahnya #ArisanIlmu KEB di Yogya semakin ke kinian lebih rutin diselenggarakan yakni rata-rata tiap bulan dengan tema-tema yang variatif, dinamis dan aktual. Bismillahirrahmaanirrahiim, Seperti sharing dan edukasi tentang kesehatan yang menjadi topik dalam Arisan Ilmu tanggal 20 Pebruari lalu membahas tentang Aplikasi Medictrust yang sangat bermanfaat  mencatat jurnal kesehatan. Dengan Aplikasi Medictrust ini, sangat membantu dalam menyediakan record keeping kesehatan yang trustable dan traceable, tak hanya untuk diri sendiri tapi juga bisa untuk penyimpan riwayat kesehatan keluarga kita.

Mencatat hasil pemeriksaan dokter sudah merupakan kebutuhan wajib sebagai wujud keperdulian dalam menjaga kesehatan kita. Karena tak mungkin kan kalau kita hanya mengandalkan “hafalan” atas semua history kesehatan yang kita miliki. Belum lagi kalau yang harus diingat tak hanya diri kita sendiri, suami/pasangan, anak-anak juga keluarga terdekat seperti orang tua  kita. Kalau saya sih mengaku tak sanggup untuk mengingat semua semua jenis nama penyakit (yang pernah dialami), bagaimana gejala-gejalanya, pengobatan apa saja yang telah dijalani dan hal terkait lainnya.  
We Love Medictrust.
And You Too, aren't you?
Atau kalau semua hasil medis disimpan secara manual, beberapa resiko yang mungkin terjadi antara lain: data mengalami kerusakan (karena accident atau saking kelamaanya disimpan secara fisik), kesulitan untuk menemukan saat dibutuhkan, juga kerepotan saat akan dibawa ke dokter kalau jumlah rekam medisnya sangat banyak. 

Paparan yang disampaikan oleh Mami Ubii atau yang akrab dengan panggilan Mbak Grace Melia, secara ringkas manfaat mencatat jurnal kesehatan dengan Apliaksi Medictrust adalah:
  1. Untuk keamanan dan kemudahan penyimpanan riwayat kesehatan pasien sendiri secara lengkap, mudah dibawa kemana saja dan kapan saja dibutuhkan bisa diakses dengan cepat.
  2. Menjadi referensi untuk melakukan second opinion yang lebih comprehensive karena bisa menyajikan data medis secara efektif dan efisien (traceable) untuk mengetahui histori treatment kesehatan sebelumnya sehingga internvensi medis selanjutnya lebih tepat sasaran dan meminimalkan terjadinya malpraktek.
  3. Media informasi mengenai alergi, baik alergi terhadap makanan maupun obat tertentu. Karena yang namanya alergi kan biasanya hanya muncul pada kondisi tertentu sehingga bisa saja kita alpha alias tidak ingat lagi, padahal alergi (makanan atau obat) termasuk hal yang sangat urgent untuk kebutuhan medis. 
Riwayat kesehatan keluarga
Fasilitas data yang bisa kita input dan disimpan di Aplikasi Medictrust
Atau mungkin ada yang memiliki pemikiran “ngapain repot mencatat, kalau kita butuh data medis bisa minta ke rumah sakit dimana kita pernah di rawat “. ?
Iya sih, adalah hak pasien untuk bisa mendapatkan informasi mengenai data-data medis yang disimpan di rumah sakit. Tapi faktanya tidaklah sesederhana itu untuk bisa mendapatkan copy atas rekam medis kita,  apalagi bila catatan yang diminta pasien merupakan arsip lama. 

Seperti pengalaman yang disampaikan oleh Mbak Dian Ismyama saat bekerja sebagai apoteker di sebuah Rumah sakit di Jakarta. Mbak Dian pernah menghadapi salah pasien yang memerlukan data medisnya sekian tahun silam. Tetap harus dilayani meskipun untuk itu diperlukan waktu yang tidak singkat karena datanya belum termasuk dalam data base digital. Jadi harus bongkar arsip di gudang dari sekian ribu dokumen yang tersimpan di sana. Jika dilihat dari untung rugi, walaupun pihak medis mengalami kerepotan, tapi tetap yang berada di posisi tidak menguntungkan adalah pasien karena harus menunggu lama kan? Padahal data tersebut dibutuhkan secepatnya? 

Dan fakta lainnya, seperti yang dikisahkan oleh Mbak Noni Rosliyani, bahwa untuk mendapatkan hasil diagnosis yang credible, tak jarang pasien (keluarga pasien) merujuk ke beberapa rumah sakit dan atau dokter. Dimana pasien biasanya pasti ditanya tentang keluhan atas sakit yang dialaminya dan riwayat pengobatan yang sudah dijalaninya sebagai bahan referensi untuk menentukan langkah pemeriksaan yang lebih tepat selanjutnya. Lha jika sudah sekian dokter/rumah sakit, apa iya kita datangi semuanya satu per satu untuk minta copy catatan medis kita? Kalau letak rumah sakit/dokternya berjauhan atau bahkan di luar kota, yang makin kerepotan tentu kita sendiri sebagai pasien kan? 

Senada dengan cerita Mbak Noni, saya sendiri merupakan salah satu contoh pasien yang berganti-ganti klinik dan dokter kandungan untuk melakukan program kehamilan. Terhitung setelah setahun menikah, saya dan suami mulai intens ke dokter kandungan untuk melakukan program hamil. Dan dalam kurun waktu dua tahun, setidaknya kami sudah berganti-ganti klinik/dokter SPOG sebanyak 6 kali. 

Meskipun dokter yang saya datangi sama-sama spesialis kandungan, tapi masing-masing berbeda pengobatan/treatment yang diberikan buat saya. Obat hormon dan vitamin yang diberikan tak ada yang sama. Karena sudah lima kali ganti dokter, tak ayal saya sempat bingung ketika ditanyai oleh Dokter Runi (dokter kandungan saat ini) “Apa sudah pernah ke dokter kandungan sebelumnya? Check laboratorium  yang sudah dilakukan apa saja? Obat yang sudah pernah dikonsumsi terkait program hamil apa saja?” 

Tentu saja saya gagap data untuk memberikan jawaban secara detail obat dan vitamin apa saja yang telah diberikan oleh dokter kandungan sebelumnya.  Kalau hasil USG sih hafal karena hasilnya sama: tidak ada masalah serius dengan rahim, ovarium dan saluran telur. Tapi untuk jenis obat-obatannya, On No….I can’t answer completely. Yang saya ingat dan membekas adalah alasan yang membuat saya berganti dokter ketiga. Karena obat hormon yang diberikan tidak cocok dan si dokternya dengan tenang menjawab complain saya: ooo…berarti dosisnya ketinggian, dihentikan saja obatnya dan saya kasih resep baru.   
Jurnal kesehatan
Salah satu Jenis Obat Hormonal yang sudah masuk
rekam medis di Akun Medictrust saya
Sejak peristiwa tersebut, menjadi titik awal penyadaran akan pentingnya mencatat semua treatment medis yang saya terima. Tapi karena beberapa hal, catatan saya pun masih acak kadut, tidak informatif dan hasil – hasil USG serta test laboratroium juga masih tersimpan secara hard copy.  

Nah, begitu menyimak penjelasan dari Mbak Grace Melia tentang Medictrust, saya pun yakin kalau aplikasi ini sangat cerdas sebagai “bank” untuk menyimpan dan memonitor riwayat kesehatan secara profesional, aman dan bisa diakses baik online dan offline (penyimpanan pada memory smartphone), eligible juga untuk menjadi saksi kesehatan yang akurat, bagi program kehamilan saya maupun history medis keluarga.
Bisa saya katakan: Medictrust Menjawab Kebutuhan saya akan Pentingnya Memiliki Jurnal Kesehatan Yang Trustable dan Traceable
Selain fasilitas perekam data dan riwayat kesehatan, melalui aplikasi medictrust ini kita juga bisa berkonsultasi mengenai permasalahan kesehatan dengan dokter yang sudah bergabung dengan MedicTrust, hanya kita (pasien) dan dokter yang bersangkutan. Jadi no worry kalau isi curhatan kesehatan kita akan jadi wacana publik. Untuk menghindari antrian, kita juga bisa membuat appointment dengan dokter melalui aplikasi medictrust ini, tentu saja bila dokter yang hendak kita datangi sudah join dengan aplikasi ini.

Semoga saja, tak lama lagi semakin banyak dokter di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya yang bergabung dengan medictrust ini. Agar menjadi aplikasi yang user friendly secara lebih luas di kalangan masyarakat, semoga ke depannya aplikasi medictrust ini bisa dikembangkan dengan memberikan pilihan fasilitas Bahasa Indonesia.
Perduli kesehatan
Saya sudah Menggunakan Medictrust.
Saatnya Anda juga Perduli untuk mencatat riwat kesehatan dengan Medictrust 
Anda semakin tertarik untuk menggunakan aplikasi medictrust? Aplikasi ini sudah tersedia secara gratis (Android dan iOS) lho, silahkan download aplikasi Medic Trust dari Google Play atau app store. Registrasinya juga simple, bisa menggunakan akun FB atau email,  kemudian isi profil diri kita (juga emergency contact), and go on untuk melengkapi riwayat kesehatan anda. 

Informasi lebih lengkap, langsung klik saja di Instagram: Medic Trust atau Twitter Medic Trust atau Page Facebook Medic Trust.

29 comments: Leave Your Comments

  1. penting yaaa medictrust.. pingin mulai simpan hal kecil tapi penting juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippo mbak, asyiknya skrg sudah ada aplikasi yg bisa di update dan dibawa kemana saja ya

      Delete
  2. Wah bener bermanfaat banget aplikasi ini, mak. Apalagi ada riwayat alergi dalam keluargaku.. Thanks sharingnya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat membantu apalagi yg punya riwayat alergi obat juga makanan

      Delete
  3. Wah memang muantappp mbak artikel yang mbak sampaikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasihhhh, semoga sdh menggunakan aplikasi medictrust juga ya

      Delete
  4. Replies
    1. Hayuuuk di install mbak. Bnyk manfaatnya loh

      Delete
  5. boleh dicoba :) thanks mb infonya, pernah denger tapi lost info^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus di coba dan digunakan mbak, dijamin bnyk manfaatnya

      Delete
  6. semoga kedepannya aplikasi ini bisa diterapkan di semua rumah sakit di Indonesia sebagai monitoring pasien

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan semoga semakin dikembangkan lagi, termasuk opsi bahasa Indonesia agar lebih banyak lagi yg menggunakan aplikasi medictrust

      Delete
  7. Boleh juga neh aplikasi, saya baru tahu, makasih banyak ya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo pak, diinstall aplikasinya medictrust ini

      Delete
  8. wah mbak baru nyadar saya ini penting ..makasih yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah skrg sudah sadar akan pentingnya rekam data medis ya

      Delete
  9. Yes, penting untuk mencatat riwayat kesehatan kita :)

    ReplyDelete
  10. Besok2 semoga konsultasi dokternya jadi tambah lancar jaya ya, Mbak Rie. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, dan semoga program hamil diijabah dgn kehamilan yg sehat lancar dan berkah selalu

      Delete
  11. Penting banget aplikasi ini. Jadi, nggak perlu repot kalau pindah2 RS..

    ReplyDelete
  12. Terimakasih mba artikelnya sangat bermanfaat sekali, membuat saya sadar akan pentingnya kesehatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sadar akan kesehatan, sadar untuk mencatat segala jejak medis dengan medictrust ya?

      Delete
  13. Alhamdulillah ad yang membahas kesehatan, thanks mbak, bermanfaat

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.