WHAT'S NEW?
Loading...

11 Alasan Tabu Bagi Blogger

Untuk aktif blogging, adalah  penting menguatkan diri dengan alasan-alasan yang memiliki unsur engineering untuk keep writing (konsisten) menulis konten yang berkualitas bahkan di saat mengalami mental block. Dan dalam menguraikan benang kusut si Mental Block ini, setidaknya ada 11 alasan / kondisi yang tidak boleh dibuat oleh bloggers. Bismillahirrahmaanirrahiim tulisan yang isinya seperti anak panah yang runcing ini merupakan salah satu postingan di  website jeffbullas.com. Iya, kali ini tugas LBI adalah membuat review dari blog manca negara punyanya Mister Jeff Bulllas yang expert di bidang  Social media marketing, content marketing, digital marketing strategy, keynote speaking, dan sederet skill lainnya yang mendulang sukses. 

Jeffbullas, Blogg, marketing online

Hasil mengintip blog yang memiliki branding: WIN AT BUSSINESS AND LIFE IN A DIGITAL WORLD saya terkena sasaran panah postingan yang berisikan 11 Alasan tabu bagi Blogger. Banyak akan kita jumpai alasan-alasan yang dijadikan tameng (bagi yang sedang  terjun di ranah blogging) untuk hiatus, cuti atau vacuum ngeblog dan atau sejenisnya sehingga merasa “Oke, I’ll GIVE UP from blogging”. Berikut ini 11 alasan yang tidak boleh dibuat oleh blogger adalah:
  1. Orang (pembaca) tidak akan menyukai opiniku. Blogging merupakan kegiatan yang bersifat yang sangat pribadi, tulisan yang dibuat dengan menggunakan sudut pandang secara personal, jadi wajar kan jika ada yang tidak setuju atau kurang sependapat. Selama yang kita tuliskan tidak SARA, tidak SARU, tidak diskriminatif dan tidak provokasi, mari jauhkan diri untuk membuat alasan yang kontra produktif ini ya? Bahkan seorang yang mastah blogger pun kadang masih terusuk rasa ini saat akan klik “PUBLISH” but they still do it.
  2. Saya tidak punya hal baru untuk dituliskan. Please deh, yang baru adalah hasil ATM; amati, tiru dan modifikasi dengan cara dan pola pikir kita. There's nothing excatly new (from nothing) but modify and or improvement. Iya kan?
  3. Sudah banyak yang menuliskan mengenai topic/isu ini.  Meski sudah banyak yang menulis, tetap akan berbeda kesan yang bisa dipancarkan antara orang yang satu dengan lainnya.
  4. Saya (masih) sangat sibuk untuk ngeblog. Buuh komitment yang kuat untuk menyediakan waktu buat blogging. Honesty, jika kita memperturutkan 'kesibukan' rutin yang kita jalani, tak akan ada waktu untuk mencurahkan isi pikiran dalam bentuk tulisan.
  5. Saya tidak tahu bagaimana memulainya. Just take start, menulislah seperti angin yang berhembus. Setelah selesai, baru lakukan proses editing. Jika belum sempat edit, publish dulu juga bisa, next day baru kita re-read dan biasanya kita akan mengetahui part mana yang perlu di make over lagi.
  6. Saya tidak bisa blogging sekarang, waktunya tidak tepat. Tidak ada waktu yang benar-benar tepat untill we decide to start blogging
  7. Saya masih capek/lelah, mau istirahat dulu. Saat merasa lelah dan tidak termotivasi, leyeh-leyeh sebentar dan coba paksa diri untuk membuka laptop dan mencoba bekerja selama 15 menit. Biasanya, kita akan menemukan bahwa setelah sepuluh menit, akan menemukan kekuatan otak dan energi untuk menulis dan blogging. Wanna try it? 
  8. Saya (takut) gagal. Jika kita mencoba blogging, ada kemunkinan 50 % akan berhasil dan 50 % akan gagal . Jika kita bahkan tidak mencoba sama sekali, dijamin 100 % kemungkinannya akan mengalami kegagalan dalam blogging.
  9. Jika blog saya sukses, teman-teman akan membeci saya? 
  10. Saya masih harus belajar banyak? 
  11. Saya tidak punya ide yang bagus.
Dari beberapa kali pengalaman mengajak teman untuk blogging, mayoritas alasan-alasan di atas yang mereka kemukakan. Yups, 11 hal tentang excusing yang wajib jadi pantangan diatas acapkali juga menggalaukan diri saya lhoh? sepertinya, saya perlu butuh waktu khusus dan lebih banyak lagi untuk menyimak pelajaran tentang blogging yang konsisten dengan content yang berkualitas. 

Hal lain yang bikin saya so excite, lay out blog Pak Jeff ini sama lho dengan blog saya, model minimag dengan dua kolom utama (body blog), kolom widget di sebelah kanan dan footer blog. Yipppppiii…..senangnya hatikuuu. 
Tips meningkatkan produktifitas blogging
Tampilan Blog Jeffbullas mirip kan dengan ririekhayan.com. 
Masih penasaran lagi apa saja sih isi Blog jeffbullas.com? Yukkk cap cus saja langsung ke www.jeffbullas.com ya?

Kira-kira apalagi alasan TABU yang "membenarkan" untuk jaga jarak dari blogging yang masih sering anda jumpai atau mungkin dialami sendiri?

29 comments: Leave Your Comments

  1. aku juga sering banget galau begitu heheu *tutup muka

    @gemaulani

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo halau si galau dengan To Do LIST

      Delete
  2. yoooo banyak aja alasan kita nih ya heheheh

    ReplyDelete
  3. kadang terlalu sering main blog atau bermain di dunia maya bisa menyebabkan menjadi asosial

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aku, intenstas ke online sekitar 10 -25 % dibandingkan yang off line. MAksudnya yg terkait blogging dan FB/sosmed

      Delete
  4. Nomor 2 dan 3 itu kayaknya membawa angin segar deh mbak, meskipun nggak boleh copy paste kan ya :)

    Saya kalau habis BW malah males nulis karena baper blog teman-teman keren semua, sedang blog saya ecek-ecek, jadi minder deh :)

    ReplyDelete
  5. Setidaknya masih ada beberapa nomor yang saya rasakan. But atleast sekarang saya lebih bisa terbuka, yap, terbuka.. Untuk blogging.,

    ReplyDelete
  6. Duh iya bener banget, terutama poin-poin awal itu. Blogging butuh konsistensi ya mbak..

    ReplyDelete
  7. Naaah, kadang saya juga bilang nanti saja ach nulisnya, waktunya enggak tepat...tapi ternyata itu membuatku tidak dapat bobo. Jadim ingin menulis ya menulislah di blog, heheee.

    ReplyDelete
  8. udah mulai ngeblog saja, saya masih punya perasaan kaya gitu,, hampir semua malah hihihi...

    ReplyDelete
  9. Yang nomor 9 itu bikin ngakak, pede amat kalo saya merasa gitu, wkwkwkkk

    ReplyDelete
  10. Alasannya ngena banget, Mbak Rie.. *nyindir diri sendiri XD

    ReplyDelete
  11. alasan nomor satu mbak. saya banget. makanya jadi sering numpuk draft.

    wah selamat ya mbak. itu templatenya ya yang bikin duw kolom?

    ReplyDelete
  12. temanku tak aja ngeblog juga gitu, mau nulis apaaaa. beh curhat kan bs

    ReplyDelete
  13. Iya banget nih Mba. Duh, kadang saya juga begitu. Apalagi kalo punya ide tulisan tapi munculnya di waktu yang ga tepat. Emang butuh perjuangan banget ya biar tetap konsisten.

    ReplyDelete
  14. Hampir semuanya saya ngalamin.kecuali no 9 itu

    Eh, adakah temen yg benci klo blog kita sukses??

    ReplyDelete
  15. Pertama x dulu mau ngeblog, kena yang nomor urut 2 ...
    Nice tips, semangat
    @ge1212y

    ReplyDelete
  16. Saya cuma butuh kuota internet yang lancar dan unlimited, Mbak :)

    @amma_chemist

    ReplyDelete
  17. kalau saya sih...harus belajar banyak. :D

    @epatyci16

    ReplyDelete
  18. Hampir semua saya mengalaminya Mbak. Tapi sekarang mau belajar konsisten nulis lagi :)

    ReplyDelete
  19. huhuhu saya masih sering kyk gitu #tertundukmalu

    ReplyDelete
  20. Saya juga sering ngalamin beberapa poin di atas. Kalau ada lomba sering ngebatin, ah udah pada banyak yang ikutan dan keren-keren tulisannya. Kemudian melipir ga ikut lomba :( #curcol :D

    ReplyDelete
  21. Wah..kotent yg menarik kita sama mba dari post jeff bulla's. Setuju dgn uraian dari blogger ternama tsb

    @siethi_nurjanah

    ReplyDelete
  22. kalau saya sih ngeblog tujuannya untuk mengembangkan pola pikir. agar kita tidak begitu saja melihat sesuatu, tp bisa menggali poin-poin penting apa yg bisa kita share utk orang lain. salam kenal...

    ReplyDelete
  23. Seru tau kalau main bloging selain bisa mengetahui lebih jauh tentang cara menjadi blogger juga bisa menambah wawasan dan menambah teman juga lewat blog.

    ReplyDelete
  24. Mantaabbbb, sukaakk ama penjabarannya
    Kadang masi suka takut nulisin opini pribadi, takut diserang n jadi viral hihi
    Tapi setelah baca ini go ahead

    ReplyDelete
  25. Masih galau pasang foto2 pribadi sih

    ReplyDelete
  26. No. 2 itu masih sering saya alami. setiap mau nulis, bingung mau nulis apaan

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.