WHAT'S NEW?
Loading...

Lima Cara Mengaktifkan (Kembali) Google Adsense yang Diblokir

Sebaiknya dikesampingkan dulu bila ada yang beranggapan Akun GA di Banned, tak bisa diaktifkan. (Ternyata) Google Adsence Bisa Aktif  Kembali ! 

Adsense; Penghasilan dari Blog

Ketika GA kena vonis Banned, sekian kali browsing banyak memberikan gambaran dan pernyataan jika akun GA yang disabled berarti Kiamat. *singkatnya demikian*. Ah, sekejam itukah? Apa iya tidak bisa AdSense yang di banned direhabilitasi? Berbagai pertanyaan dan rasa tak percaya membludak tiap kali browsing tentang kasus adsense yang di banned dan hasilnya bikin saya menciut.

Ahaaa....kini, Saya bisa berbagi pengalaman yang menggembirakan bahwa (Ternyata) Google Adsence Bisa Aktif  Kembali ! Dengan pedoman Nothng to lose untuk mengajukan APPEAL, 16 Pebruari 2016, akhirnya saya beranikan mengisi form banding yang mengendap di inbox email pemberitahuan banned per tanggal banned 18 September 2013 lalu. Dalam email respon terhadap banding, dinyatakan memerlukan waktu hingga satu minggu atau lebih untuk memprosesnya, tapi tanggal 22 pebruari 2016, saya sudah menerima email lagi yang berisikan pengajuan banding saya diterima:
Appeal; Proses Banding Pemblokiran adsenses

Ternyata, tidak sampai hitungan 48 jam iklan Adsense sudah kembali menghiasi blog (saat saya buka blog tanggal 23 Pebruari). See, nothing impossible if we think (confidence) possible.

Siapa yang tidak tertarik untuk menayangkan fitur/iklan.widget yang bernama Google Adsence? Kali pertama saya mendaftarkan blog ini ke adsence, dijaman saya masih gagap SEO On page, SEO On Page dan segala jenis SEO lainnya. *emang ada berapa banyak SEO ya?*. Saat mendaftar, demi memenuhi rasa penasaran pas tahu ada jenis iklan kok spertinya terlihat ghayyya pas tampil di blog, ya saya ikut-ikutan daftar. Singkat cerita, pendaftaran saya di eprup sekitar medio 2012, Kronologis berikutnya, saya menerima post card cinta dari Google. Surpriseeee… 

Tak lama setelah dapat kartu pos, saya KEPO dong pengen tahu seberapa sih dollar yang terkumpul, sehingga sudah diberikan postcard. Jreng, jereeennng… hasil pengintipan menunjukkan perolehan dari Ikaln Adsence, yakni sekitar $30. Iya sih masih jauh dari PO (pay out). No problem, yang penting happy.

Singkat cerita, belum genap setahun berjalan sejak dapat post card dari google, eeeeaaaa….18 Sepetember 2013 saya kok ya dapat email dengan judul fenomenal “Your Adsense Account has been Disabled".
Mengatasi Banned pada akun adsense
Kaget, ya iyalah tapi lebih dominan pada bingung, “ Kok bisa akun Adsense di banned?”. Dari klausul “In your case, we have detected invalid activity on your site and your account has been disabled”, Dalam email pemberitahuan tentang Banned, biasanya disertakan beberapa link sebagai bahan tinjauan dan sebuah form untuk mengajukan banding. Saya pun coba klak-klik tautan yang disertakan, sambil menyruput jus apel dari TUMBLER agar tetap cool, calm and confidence menyeimak isi email yang berisikan penjelasan sebab musabab dijatuhkannya VONIS BANNED tersebut. Ada dua penyebab (umumnya) kenapa AdSense di banned atau dinonaktifkan yaitu: karena aktivitas tidak valid dan karena alasan kebijakan.
Optimalisasi Adsense

Mengoptimalkan iklan adsenses
Sementara dalam email yang saya terima, disertakan juga opsi untuk mengajukan banding (APPEAL), saya klik dan mencermati semua pertanyaan-pertanyaan yang dipaparkan. Oaalaahhh, (saat itu) saya terjebak dalam syndrome “kesulitan” untuk menjawabnya. Sharing dengan beberapa teman dan searching tentang mekanisme untuk memperbaiki status Banned, yang rata-rata menyarankan untuk melakukan penelusuran INVALID ACTIVITY yang terjadi pada blog saya, then do repair it. Saya yang lugu dan polos pun mengalami kebingungan: bagaimana menelusuri Invalid Activity? 

Akhirnya, saya urungkan mengisi form APPEAL dan memilih, lanjutkan ngeBlog. Akun AdSense Disable tidak berarti aktifitas ngeBlog kiamat kan? Ada satu keyakinan yang kuat, bahwa suatu saat nanti Akun Adsense masih bisa diaktifkan kembali. Masak sih, Tim Google tidak bisa melihat secara lebih comprehensive terhadap suatu site/blog yang sehat dan tidak sehat. Saya yakin, it’s just temporer. It’s just need time and what I need is keep move ON. Artinya, saya meyakini saja REHABILITASI  blog itu masih sangat mungkin. *cieee….istilahnya keren buk, REHABILITASI NAMA BAIK BLOG*

AdSense Disable Now What? Apa saja yang bisa dilakukan agar status Banned bisa di Rehabilitasi atau Aktif kembali?

Walaupun hasil browosing lebih banyak menghadapkan saya statement bahwa jika stattus “Your Adsense Account has been Disabled” artinya kiamat karena kecil kemungkinan akan bisa diaktifkan meski kita telah mengajukan banding. Seperti yang saya bilang di atas, ngeBLOG keep must Go On. 
IDEALNYA mencari sumber Invalid Activity, Find and fix it. Mencari dan menemukan invalid activity tak hanya butuh kesabaran tapi juga waktu serta konsentrasi full *menurut saya*, jadi secara straight saya tidak melakukan aksi Find and Fix the source of invalid activity yang didakwakan seperti tercantum dalam email yang saya terima. 

Adsense disable how to get it back? Jika ditanya apa lagi yang bisa dilakukan hingga (akhirnya) akun adsense aktif kembali? Secara explisit, tak ada hal spesifik yang saya lakukan terkalit tindakan investigasi terhadap Invalid Activity, tapi saya lebih concern untuk:
  • Tetap rajin posting dengan content yang tidak berbau negatif, tidak sara dan saru serta seperti biasanya gegayaan kita nulis, be better as your self maksudnya. 
  • Sebisa mungkin keep blogwalking, yang memiliki kontribusi significant untuk investasi link external terhadap blog kita. Walaupun ritme BW lagi parah, saya tetap usahakan bisa blogwalking meski secara random, yang artinya tidak semua yang telah berbaik hati meninggalkan jejak comment bisa saya kunjungin secara one by one. Mohon maaf ya? I wish I could fly…eh, I wish I could Blogwalking one by one.
  • Ganti Template. Modus ganti template yang saya lakukan, pada awalnya lebih didasarkan pada keinginan untuk memiliki penampilan fresh saja sih. Terhitung, template yang terpasang saat merupakan penggantian yang ke-4 semenjak kena Banned. Kok bisa sampai sesering itu? Panjang ceritanya, yang jelas memang baru Klik dengan template yang sekarang tapi header masih kosong sey. Hehehehe. Dan ternyata, ganti template juga direkomendasikan (asal tidak terlalu sering). Hasil ngobrol sama Mak Carra saat acara Arisan Ilmu, menurut beliau *kurang lebih*, begini: kebanyakan template yang kita gunakan kan template gratis yang di modifikasi kan ya? Nah, kita tak pernah tahu bilamana si template gratisan tersebut sudah di take down oleh empunya (Embah Google). Amannya, ya kita sebaiknya pakai template yang tidak gratis *NOTED*
  • BERANIKAN diri UNTUK MENGAJUKAN BANDING ! Dengan tetap aktif negblog, blogwalking dan dilengkapi dengan ganti template, menurut saya lambat laun bisa mematahkan data-data negatif (yang dulunya menjadi dasar vonis banned) yang masuk ke mesin penilaian Google. Sebagai saran, jika mengajukan banding, sebaiknya jangan tergesa-gesa karena (menurut keterangan yang ada di email notifikasi dari Tim Google AdSense), bila sudah pernah mengajukan banding terhadap sebuah akun/site, Anda kemungkinan tidak akan menerima tanggapan atas keberatan yang diajukan berikutnya (sekarang maupun mendatang).
  • Setelah akun AdSense aktif kembali, tentunya kita harus lebih aware dan awake untuk perduli pada langkah-langkah antisipasi guna mencegah aktivitas tidak valid di masa mendatang seperti tertera di bawah ini:
Adsense aman; Adsense optimal
Saya tidak bisa menyebutkan dengan jumawa salah satu faktor yang dominan, tapi lebih yakin bahwa ketiga langkah di atas sebagian yang bisa dilakukan untuk memperjuangkan REHABILITASI status Banned. Kondisi Akun di banned masing-masing orang tentu berbeda sebab, unjuk pengalaman pun tentu akan berbeda. Begitu pula lika-liku perjuangannya.

Kalau versi saya, keep in mind: Don’t worry be Happy, stay turn on blogging as weel. Ada atau tidak ada AdSense itu semacam gugus alkil dalam suatu deret Carbon. Jika akhirnya satu gugus menghilang, tentu tak akan menggoyahkan rantai utama sebuah senyawa carbon kan? Artinya, kembali saja pada asas awal kenapa dan untuk apa kita ngeBLOG. Hal-hal lain di luar Blog, seperti adsense, afiliasi, job riview dan something simililar adalah perona dan aksesoris yang tak akan menggoyahkan fundamental dalam ngeBLOG. 
Google adsense
FYI: bila ada yang bertanya seperti apa isian Form APPEAL yang telah saya kirimkan
Dan berikut ini beberapa source/link untuk kenal lebih akrab dengan apa dan bagaimana sih Google AdSense, cekidot saja:  
  • Alasan utama penutupan akun https://support.google.com/adsense/answer/2660562
  • Kebijakan program AdSense https://support.google.com/adsense/answer/48182
  • Akun AdSense dinonaktifkan karena aktivitas tidak valid https://support.google.com/adsense/answer/57153#q2
  • Form Banding (Appeal) atas Kegiatan Tidak Sah https://support.google.com/adsense/contact/appeal_form?hl=id&rd=2

Adakah diantara Anda yang punya pengalaman Google AdSense di Banned? 
Dan sukses dalam waktu yang relatif singkat memulihkan status hingga aktif kembali? 
Akan sangat menarik bilamana berkenan di share juga. 
Karena berbagi itu tanpa TAPI

40 comments: Leave Your Comments

  1. Aku malah ga di eprup2, Maaak

    Hwuaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar ya Mbak, mgk masih proses evaluasi kan?

      Delete
  2. waah terima kasih mbak Ririe untuk tulisan ini. Jadi punya harapan baru juga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adsensenya mas Goiq juga kena Banned ya? Semoga bisa diaktifkan lagi ya mas

      Delete
  3. Kalo Adesensenya gak muncul di blog kita, itu gimana solusinya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau adsense gak muncul, mungkin bisa di check ulang pemasangan kodenya. Atau, contact lagi sama adsense. Maaf banget, saya juga kurang paham dgn kasus adsense yang gak muncul

      Delete
  4. Wah, aku jadi penasaran sama Google Adsense.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nothing to lose utk apply GA kok. Klo sukses dg GA, fulus pun melimpah

      Delete
  5. O begitu... selamat ber GA lagi, Rie! Jadi bagi yg sempat alami GA dibanned, jgn putus asa lah ya, masih ada harapan. :)

    Btw, invalid activity itu yg spt apa aja sih, Rie?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Invalid activity, spt klik yg by order mbak. Atau bs jd org lain yg dg sengaja klak klik banner GA dg frekuensi yg lewat dr wajar, itu juga bisa jd invalid activity

      Delete
  6. likaliku bermain adsense memang mengasikkan sekaligus menggalaukan...tapi seru kan?
    apalagi iklannya udah nongol lagi tuh

    ReplyDelete
  7. Aku sudah mengajukan banding, tapi tetap saja ditolak tanpa penjelasan yang rinci. Dan aku juga terkendala dengan bahasa ingris. Sudahlah tanpa GA juga tidak bermasalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, ada atau tanpa GA, ngeblog must go on and enjoy it

      Delete
  8. wooo jd bs dipulihksn to?

    smoga gak kena banned lg

    ReplyDelete
  9. aku lagi menunggu kartu pos nih :)...lumayan lama juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat, sbmtr lagi ada yg dpt kartupos dr google neh

      Delete
  10. terima kasih atas penjelasnnya. Dapat penyemangat baru untuk tidak takut dibanned.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ttp kudu hati2 mas,
      Klo kena banned itu tdk mudah utk take over

      Delete
  11. Masalah banned bannedan emang bikin bimbang ni klo dah punya iklan di web, e ga ngerti cara mengoptimalkannya...aku makanya masi bingung daftar pa ga y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daftar saja mbak,
      Nti tanya sana sini, InsyaAllah bs kok mengoptimalkannya

      Delete
  12. Pengalaman yang dapat membantu oranglain mbak, terutama bagi yang sedang dibanned akun adsensenya.
    Terus, bagaimana cara kita mengetahui adanya invalid activity di akun adsense?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adanya invalid activity, nah itu dia yg msh jd PR saya. Spt sy tulis, scr explisit saya tdk tahu hrs melakukan apa utk mengetahui invalid activity. Next post,semioga saya bs sharing ttg invalid activity

      Delete
  13. Tidaakkkk.
    Saya udah pernah nyoba banding.
    Tetep aja ditolak, padahal udah ganti template postingan yg aneh2 di hapus, udah potong rambut juga.
    Tetep aja kagak lolos.
    Sakitnya tuh disini.
    Coba ah ntar ngajuin lagi.
    Sapa tau khilaf.

    Btw, aq bar nulis loh mbak. Abis 1 tahun gak nulis.
    Hayo nyesel Kalo gak komen di postingan perdanaku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi, kamu terlalu cepta mengajukan banding, sementara postingan baru baru sedikit. Aku kena banned 2013 dan baru mengajuan banding tahun 2016 loh? dalam 3 tahun postinganku sudah bertambah hampir 100% tuh. *analisaku, bisa jadi jumlah postingan baru juga memiliki efek penetral terhadap dr penilaian yg tdk baik sebelumnya*

      Delete
    2. nek pengen percoyo, kudu nyoba sendiri tuh

      Delete
  14. harus bealajr banyak dari Mbak ririe nih soal adsense

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belummm mbak, aku msh sbts default saja klo adsense

      Delete
  15. Wah hebat mba satu ini, saya malah ga main di Addsanse
    Di tolak kayanya sama google

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lagi mbak, tentu sj perbanyak content berkualitas dulu

      Delete
  16. Alhamdulillaah wis balik lagi akun Ads-nya. $70 lagii PO, dong. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Alhamdulillah banget. Bener2 gak nyangka Adsensesku bisa aktif kembali. Semoga aman selamanya

      Delete
  17. hahaha info bagus, sayngnya saya belum punya akun GA non hosted, punya hosted itupun dari youtube

    ReplyDelete
    Replies
    1. yutub juga bisa kan di kasih Adsence

      Delete
  18. saya baru mau daftar, tapi adsense zaman sekarang lebih menarik daripada zaman dulu 7 tahun yang lalu :D
    Thank Share nya kak

    ReplyDelete
  19. Infonya bermanfaat mbak, aku yang belum punya GA bisa ikut belajar .

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.