WHAT'S NEW?
Loading...

5 Tips Memilih Pedal Sepeda Idaman

Bagi siapa saja yang hobi bersepeda tentunya tak asing dengan spare part yang disebut pedal sepeda. Pedal sepeda merupakan komponen dalam sepeda yang digunakan untuk mengayuh sepeda agar bisa berjalan secara stabil dan nyaman. Kalau tak ada pedal, gimana cobak kalau mau mengyauh sepeda pancal anda? 

Pedal ini ternyata bisa menentukan cepat atau tidaknya sepeda karena Bismillahirrahmaanirrahiim semakin cepat ritme kaki kita mengayuh pedal tersebut, akan kian cepat pula laju sepeda onthel kita. Dan semakin nyaman saat dikayuh maka kecepatan sepeda bisa bertambah. Namun untuk memilih pedal sepeda terbaik juga tidak mudah dan perlu ketelitian agar tak salah. Selain itu harga pedal sepeda biasanya juga menentukan kualitas yang dimiliki oleh pedal tersebut. Lalu bagaimanakah cara memilih pedal yang baik dan adakah faktor penentu lain yang membuat pedal nyaman saat digunakan?
Spare part sepeda; harga pedal sepeda; cara memilih pedal sepeda

Dan....berikut ini beberapa cara memilih pedal yang baik adalah sebagai berikut:
  1. Sesuaikan pedal dengan medan yang akan ditempuh. Jika ingin menempuh medan yang berat sebaiknya gunakan pedal yang ringan sehingga tetap nyaman saat dikayuh. Pedal yang ringan ini sebenarnya cocok digunakan di medan apapun.
  2. Pilihlah pedal yang memiliki desain sederhana. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah saat membersihkan pedal dari kotoran seperti lumpur. Selain itu pedal yang berdesain sederhana juga bisa membersihkan lumpur di sepatu lebih maksimal.
  3. Pilih pedal yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi agar tak mudah rusak.
  4. Pilih pedal yang memiliki kemudahan saat dilakukan penggantian pin.
  5. Pastikan pedal yang akan dibeli memiliki kualitas baik dan tahan lama. Sehingga tak perlu terlalu sering mengganti pedal.
Untuk memiliki pedal berkualitas tersebut sebenarnya tak sulit karena bisa didapatkan di toko sepeda kesayangan Anda. Harga pedal sepeda berkualitas juga belum tentu mahal. Ada beberapa merek pedal berkualitas tetapi harga yang dipatok tetap rendah. Jadi jika pandai memilih maka akan didapatkan pedal yang harganya murah tetapi kualitasnya diatas rata-rata.

Jika sudah membeli pedal berkualitas sebaiknya rawatlah dengan baik. Ada beberapa faktor yang menentukan awet atau tidaknya pedal. Pertama adalah bahan pembuatan pedal yang berkualitas. Kedua cara perawatan yang dilakukan oleh pemilik. Jika dirawat dan rutin dibersihkan maka pedal bisa memiliki daya tahan yang cukup lama. Selain itu tempat menyimpan sepeda juga bisa mempengaruhi keawetan pedal. Sebaiknya simpan sepeda di tempat yang aman dan rata. Jika pedal dipenuhi oleh lumpur segera bersihkan karena lumpur yang menempel pada pedal bisa mengikisnya secara perlahan.

Pedal yang dirawat dengan baik tentu saja akan memiliki umur ekonomis yang lebih panjang. Selain itu juga membuat empunya sepeda bisa nyaman pada saat bersepeda. Sekali lagi harga pedal sepeda tidak mempengaruhi kualitasnya. Justru yang mempengaruhi kualitasnya adalah bahan pembuatnya dan cara pemilik dalam merawat sepeda secara menyeluruh, jangan hanya rem-nya ya? 

Jadi, kapan anda fun bike terkair kali neh? Kalau pedalnya sudah butut, yuk...segera diganti dulu ya agar acara bersepeda ria semakin ceria bersama orang-orang tersayang. 
Specially for self reminder and Let's go fun bike for more fun....

13 comments: Leave Your Comments

  1. Jadi ingat masa sekolah dulu..sepeda saya jarang ada pedalnya..hahhah..apa kabar Mba Ririe..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama loh? sepedaku juga gak ada pedalnya, gak ada remnya. hehehe

      Delete
  2. Bentuknya cakep. Harganya juga lumayan tinggi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget MAs, harga pedalnya ajib tenan

      Delete
  3. Itu pedal sepeda saja ada yang sampe setengah juta ya, Mbak?! Hmmm..., bisa beli sepeda sendiri secara utuh ya, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyae Pak, harga pedal ternyata ada yg mahal banget. Tapi yg gak mahal juga banyak kok pak

      Delete
  4. bagus ini tipsnya, tapi mikir beli sepedanya dulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa sepedanya di rawat ya mas

      Delete
  5. Saya baru tahu ternyata pedal membawa pengaruh besar. Posting ini membuka pengetahuan saya. terima kasih informasinya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, bagi saya dan kita-2 yg pakai sepeda sbg alat transportasi biasa, sptnya masih belum kepikiran utk merhatiin sampai ke pedal ya

      Delete
  6. Jadi ingat... kadang di desa, sepeda yang dipakai paman, pakde dan orang2 desa sederhana bahkan tak ada pedalnya. ternyata berpengaruh juga ya.
    Terima kasih tipsnya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepanjang saya aktif bersepeda waktu sekolah dulu, gak pernah kepikiran soal pedal dan rem juga, yg penting sepeda bisa ngglinding ke sekolah dan pulang dgn selamat. Sepedanya juga masih ada sekarang, usianya mgk sdh lebih dr 30 tahun sejak kali pertama di pakai kakak saya, hehehehe

      Delete
    2. tips yg bagus, jadi pingin lakuin hobi lama gowes lagi

      Delete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.