WHAT'S NEW?
Loading...

Paket Data Internet Terbaik dan Termurah untuk Blogging

Idealnya paket data yang kita pilih bisa untuk semua keperluan/aktifitas yang menggunakan jaringan internet. Siapa sih yang tidak ingin mengakses internet dengan kecepatan yang super prima: loading cepat wuz, wuz dalam kedipan mata terkoneksi ke laman yang kita butuhkan. Mau akses sosmed lancar jaya, streaming berita tanpa buffering, browsing literatur cap cus ketemu dalam sepersekian detik, dowload film oke punya dan lain-lainnya. Tapiii Bismillahirrahmaanirrahiim, banyak variabel yang mengintervensi kondisi ideal berinternet sehingga kita harus berkompromi pada pilihan-pilihan: 
Ke warnet seperlunya dan secukupnya, cari wifi corner (dalam jangkauan),  memanfaatkan fasilitas free hot spot saat berada di public area yang menyediakan fasilitas internet gratis, berlabuh pada pilihan paket data dengan kuota tertentu dengan menggunakan modem portable atau usaha-usaha lain demi bisa berinternetan. 
Some how, semua jalur alternatif diatas pernah dan masih saya praktekkan hingga sekarang dalam menggunakan internet. Agar tidak meluas, saya coba fokus pada tantangan tema berbagi cerita dan pengalaman menggunakan internet saat blogging. Di awal-awal (aktif) ngeblog, yakni sekitar tahun 2012 dan masih tinggal di Banyuwangi tentunya, akses internet yang saya pakai adalah jaringan wifi gratisan dari kantor dan menggunakan Indosat Internet Broom dengan pilihan paket data M2 sebesar 500 MB dengan masa aktif 30 hari harga 50 ribu rupiah. Alhamdulillah, seringkali kuota tersebut tidak habis dan hangus karena tidak ada sistem akumulasi sisa data ke dalam reload kuota periode berikutnya. Hemat banget kan, sebulan gak habis 500 MB lho sist and bro. Ya iyalah, saat di kantor kan nebeng jaringan kantor untuk berinternetan di sela-sela kelonggaran kerjaan *daripada ngrumpi*. 
Paket Internet Terbaik; Paket hemat; Paket Internet; Kualitas Internet
Statistik Paket Kuota Internet dengan Provider Tri atau 3 (Three)
Adapun alasan untuk memilih jenis paket data Internet Terbaik versi saya adalah:
  1. Memiliki masa aktif kuota yang lama. Jika masa aktifnya panjang, pemakaian sehari-hari secara wajar tanpa pengecualian, idealnya ya kuota habis sebelum masa aktif dong. 
  2. Harga kompetitif (murah) terhadap paket data internet dari provider lainnya, misalnya ada bonus kuota terhadap akumulasi pemakaian data dan rentang waktu tertentu. 
  3. Sinyal provider tersedia dalam coverage area yang luas. Sehingga kemana pun kita bepergian (ke luar kota) tidak perlu repot-repot untuk menyetock paket data yang bermacam-macam. Minimal tingkatan sinyal EDGE masuk toleransi kok.
  4. Tidak ada perbedaan tarif (kuota) ketika 3G, 4G dan lainnya. Kan kita tidak tahu kapan jaringan internet berpindah dari 3G ke 4G atau kemana lagi tho?
  5. Kecepatan yang maksimal dari paket kuota sehingga bisa diajak kompakan untuk blogging kapan saja waktu kita sudah bisa duduk manis di depan laptot/PC atau device lainnya.
Tantangan menggunakan paket internet adalah pada speed dan kualitas jaringan. Sepengalaman saya menggunakan paket data baik M2 maupun 3 (three), gagal publish postingan, comment harus diulang beberapa kali saat blogwalking, atau tiba-tiba koneksi down tanpa aba-aba. Yang bikin baper plus galau saat networknya labil di saat-saat siap setor postingan pada jam-jam DL. Idealnya, kalau ikut lomba jangan mepet-mepet DL postingnya. Lha gimana ya, the power of kepepet sehingga baru bikin tulisan menjelang dead line sih *alesan klasik*.

Pengalaman uber-uberan megap-megap jaringan pun masih saya alami ketika sudah pindah ke Yogyakarta. Keukeuh saya bela-belain ke warnet jam 11 malam hanya untuk posting demi sudah terlanjur bikin tulisan tapi koneksi modem saya jeblok total saat klik publish tulisan. Sampai segitunya ya demi ngeblog? Ya daripada saya getun keduwung ing mburi (baca: menyesal) dan sesak di dada, sudah terlanjur nulis dan warnet jaraknya cukup lima menit dari rumah, kenapa tidak di finalisasi ke warnet kan? Pengalaman ke warnet ala cinderella pergi ke pesta ini saya lakukan dua kali, tahun 2013 untuk ikut lomba blog dan 2014 untuk posting LBI lhoh?  
Kendala Pemakaian Paket Kuota Internet: putus nyambung saat cuaca buruk
Mungkin ada yang heran, kenapa gak pasang internet di rumah? Indihome atau apalah. Kembali pada asas kebutuhan dan kemampuan lagi. InsyaAllah kalau soal membayar tagihan internet bisa diusahakan slot budgetnya. Akan tetapi dari sisi penggunaaan masih sangat gak maksimal. Komposisi penghuni rumah: dua orang dewasa (saya dan suami) serta Azka yang masih kelas 5 SD. Main job kami tidak berbasis internet sehingga tidak urgent kan tiap saat terhubung dengan internet. Untuk membantu PR sekolahnya Azka pun sudah tercukupi dengan browsing menggunakan paket internet di HP, tethering android dan atau menggunakan modem portable. Begitu pula untuk keperluan saya ngeblog ria saat di rumah, Alhamdulillah bisa tercukupi dengan menggunakan paket data internet. Untuk media hiburan si kotak magic yang bernama TV, pengennya minimalisir nonton televisi sehingga cukuplah menggunakan Antena TV UHV out door.  

Selain menggunakan M2, secara khusus pernah sengaja menggunakan paket data internet telkomsel pada masa uber-uberan pengisian E-PUPNS beberapa waktu lalu. Sebenarnya paket data dari Telkomsel memang handal, secara harga juga kompetitif, kualitas jaringannya juga mumpuni untuk digunakan di area tempat tinggal di Sleman dan saat saya bawa mudik ke Lamongan sono. Hanya saja masa aktif paket datanya yang terbilang kurang bersahabat, saya beli 4GB dengan masa aktif 30 hari. Padahal kuota 4GB untuk pemakaian standar ala saya yang ritme internetan di rumah hanya beberapa jam, ya kan  tidak habis. Makanya pas sudah sukses urusan update data base di E-PUPNS, sisanya ‘terpaksa’ saya hambur-hamburkan untuk upload video ke youtube.  
Jika diresume, ada tiga jenis provider internet (paket kuota) yang pernah saya gunakan yaitu: M2, Telkomsel dan Tri atau 3 (Three). Yang bertahan hingga saat ini adalah paket kuota tri atau 3 (three), baik yang terpasang di modem stick maupun untuk internet di HP yang dual simcard: satu simcard utama untuk nomer kontak dan simcard lainnya (tri) untuk keperluan akses internet mobile di Android. So far, oke-oke saja menggunakan paket kuota tri selama ini walaupun bepergian ke luar kota: jangkauan Yogyakarta – Lamongan, koneksi internetnya masih fine-fine saja kok.
Anda juga punya pengalaman menarik, heboh atau bahkan heroik selama menggunakan internet  kan? Feel free ya untuk sharing, siapa tahu bisa jadi referensi bagi pengguna internet lainnya.

35 comments: Leave Your Comments

  1. Aku juga pake paket internet Three, Mbak.. Lamongan mah lancar seru Three-nya.. Tapi kalau urusan telfonan dll. Aku lebih ke Simpati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bangettt mbak, di lamongan dan bojonegoro jaringan tri amazing, lbh oke lagi dibanding di Sleman ini

      Delete
  2. Replies
    1. bener banget, murah meriah dan support utk kebutuhan online

      Delete
  3. Kalau di rumah nebeng wifi tetangga, tetangga saya sendiri yang mempersilahkan lho mbak hehe. Kalau di kantor nebeng wifi kantor pakai speedy, kalau di jalan baru pakai paketan dari IM3. Inshaa Allah semuanya lancar mbak Rie :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah asyik banget itu Mbak. Saya juga gak akan nolak kalau punya tetangga yg berbaik hati mau sparing internet gratis. hehehe

      Delete
  4. Dulu pernah pakai. Hmmm, kalau begini jadi berpikir kembali padanya. Eh,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kembali pada yg dulu *apa itu ya?*

      Delete
  5. aku juga pake three mbak untuk di modem ama buat di android :D
    sinyal nya di kota ku lumayan oke
    lebih lagi harganya pas di kantong hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, harganya ramah di kantong. Sinyalnya juga cooperative utk internetan

      Delete
  6. Kemaren sih sempat pake Tri kalau kebetulan lagi jalan keluar daerah..hhee..apa kabarnya Mba?

    ReplyDelete
  7. pengalaman heboh sih ngga kalau menarik cuma sedikit kali ya mbak, mohon baca di http://hatidanpikiranjernih.bglospot.com
    @guru5seni8

    ReplyDelete
  8. Saya sekarang pakai Telkomsel. Yang lain mah pada down. Gak ada yang jaringannya wuz wuz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, telkomsel memang handal, tapi sayangnya masa aktif gak bisa lama.

      Delete
  9. Ditempat saya 3 lemotnya minta ampyuuun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar ya Mas, semoga nnti ada pembangunan tower tri di daerah mas Ramdhani

      Delete
  10. Three murah, lumayan kenceng (di titik tertentu).
    Yang pasti, murahnya itu lho nyenengin hati :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, bikin hati hepi krn harganya terjangkau bangettt

      Delete
  11. eh saya juga tri mbak. banyak ya ternyata yang pake tri.

    @diahdwiarti

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, ternyata banyak juga yang negblog menggunakan paket data Tri

      Delete
  12. aku dulu pernah pake m2 sih. tapi lama kelamaan sinyalnya makin susah.

    @gemaulani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat meninggalkan pakai M2 krn beralih pakai wifi dgn HP dan kantor

      Delete
  13. iya, benar. menurut kebutuhan. :)

    @epatyci16

    ReplyDelete
  14. sayangnya tri ditempat saya naik turun kaya antena radio...


    salam
    Ilmu Pesugihan Cyber
    http://www.elmu.web.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. wowowowo....iya sih, koneksi tri mmg belum stabil di semua daerah

      Delete
  15. three pernah... malah dia nomor pertama untuk hp androidkuu

    ReplyDelete
  16. aku pake modem 3 tapi cuma bisa di kota...kalo sampe rumah ? Pet...#dietinternet huh !

    ReplyDelete
  17. Kalu saya masih setia pakai smart mbak, cuma itu yang bisa diandalkan ditempat saya, tapi ketar-ketir juga sih kabarnya smart mau pindah GSM. Salam kenal.

    ReplyDelete
  18. Wah si mbaknya pake tri juga yah kenceng banget deh mba, jaringannya tapi cepet abis juga
    @rin_mizsipoel

    ReplyDelete
  19. Si angka tiga banyak diandalkan y..sayapun demikian walau kadang mesti nahan sabar..klo koneksi jaringan lagi ga stabil

    @siethi_nurjanah

    ReplyDelete
  20. Semoga kedepanya jaringan internet bisa dirasakan semua orang agar bisa berkreasi seperti mba ini rajin update blog

    ReplyDelete
  21. Saya juga pake 3, mungkin sudah sekitar 2 tahunan

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.