WHAT'S NEW?
Loading...

[Ikut-ikutan] Mengenal Game Clash Of Clans

Keren kan Emak Ririe sampai bisa [Ikut] Mengenal Clash of Clans ? Permainan video game strategi premium yang diterbitkan dan dikembangkan oleh Supercell yang saat ini menjadi salah satu game favorit anak-anak. Tapi  mengenal game clash of clans tak berarti saya familiar Bismillahirrahmaanirrahiim dalam memainkan game online yang dirilis untuk platform Android dan IOS ini.  

Wah suka main Clash of Clans jugak tho?” suatu hari saat istirahat, saya melihat seorang teman kantor sedang asyik main COC di HANDPHONE-nya yang smartphone.  
Wiihh, Mbak Ririe kenal game COC juga ya?” jawabnya sambil tetap fokus dengan permainan COCnya.
Hanya kenal sekilas saja karena tiap hari kan Azka main COC itu Mas. Kadang sampai bikin gemes, Azka kalau sudah main COC seolah dunia ini hanya ada dirinya sendiri “.
Hehehehe…bisa jadi, habis COCnya seru bingit bertubi-tubi sih Mbak ?”
“ Percayaaaaa……….orang dewasa seperti njenengan saja mabuk kepayang dengan COC. Apalagi anak-anak yang pada dasarnya masih demen mainucap saya, dalam hati sih. Hehehee.
“ Jika dicermati, game COC ini memiliki nilai-nilai positif kok Mbak. Untuk sementara ini, yang bisa kusimpulkan melalui Clash of Clans ini bisa melatih kesabaran dan ketelitian

Nah, berawal dari percakapan singkat tersebutlah yang membuat saya ingin Ikut mengenal Clash of Clans ini. Maka si Emak ketjeh ini pun mulai mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai game yang multiplayer ini sama Azka plus browsing juga donk. 
 Game Online Clash Of Clans
Game Clash of Clans
Clash of Clans ini  Game pertempuran antar clan Bund. Tiap-tiap pemain itu tergabung dalam suatu clan kemudian secara berkelompok berperang melawan clan lain “.
“ Sesama anggota clan apa ada yang saling kenal secara langsung?  atau hanya kebetulan kenal karena bergabung di clan yang sama?”
“ Gak tahu Bund. Tapi kalau aku gabung di clan yang sama dengan teman-teman sekolahku. Ini lihat, dengan COC ini aku bisa ngomong-ngomongan juga sama temanku. Bisa tanya PR, tanya tugas sekolah, jadi gak perlu pakai telpon kan?” jelas Azka bersemangat empat lima sambil menunjukkan nama-nama teman sekolahnya. 
“ Iya memang gak pakai pulsa telpon, tapi pakai paket data tho?”
“ Sipp kan Bund, main game sambil ngobrol sama teman-teman sekolah. Hehehehee…. “

Intinya dalam game Clash of Clans ini adalah bagaimana membangun komunitas dan melatih dan meningkatkan serta jumlah pasukan, kemudian menyerang clan/pemain lain untuk mendapatkan emas, elixir dan dark elixir. Selain melakukan penyerangan, main COC ini juga membuat bangunan sebagai benteng pertahanan untuk melindungi diri dari serbuan clan atau pemain lain.
  1. Pemimpin (leader) dan wakil pemimpin clan (Coleader) bisa memulai perang terhadap clan lain. Setiap clan memiliki 1 hari untuk membuat persiapan dan 1 hari untuk battle atau perang. 
  2. Ketika pemain (anggota clan) melakukan penyerangan terhadap anggota clan lawan, lain, maka pemain yang menyerang tersebut mendapatkan bintang bintang sebanyak jumlah kerusakan yang dialami clan yang diserang (lawan). 
  3. Setiap player hanya memiliki kesempatan dua serangan per perang dan pemenangnya adalah clan yang paling banyak mendapatkan bintang diakhir hari peperangan.  
  4. Pemain bisa menerima bonus rampasan perang apabila menggunakan “hak” menyerang mereka dalam peperangan tersebut dan minimal memenangkan satu kali perang.
  5. “Harta” yang diperoleh dari hasil dari perang  (gold dan elixir) akan di simpan di castle-nya clan. 
Sampai disitu, DO I understand very well about this game? Oh ofcourse NOT at all
Iyalah, susyehh buat Mak-Emak macam saya untuk paham game begituan. Pada dasarnya, saya memang tak begitu interest dengan game-game di gadget. Dulu sih suka main solitaire di PC. Kalau yang baru-baru ini, sesekali main POU buat intermezo duang. 
Saat Batle tiba: Dimanapun bisa Asyik dan serius fokus main COC
So far, saya merasa perlu (Ikut) Mengenal Clash of Clans ini demi menambah kekinian akan game yang digemari oleh Azka. Jika dilihat dari sisi baiknya, seperti pada umumnya jenis game, permainan atau dolanan anak lainnya, ada beberapa efek positif yang terdapat dari permainan Clash of Clans ini, yaitu:
  • Menambah kosa kata Bahasa Inggris karena game COC ini menggunakan bahasa Inggris sehingga mau tidak mau Azka perlu tahu arti dari setiap command yang mencungul dalam setiap batle yang dilakukan.
  • Belajar Strategi dan Menumbuhkan semangat berKompetisi. Biasanya Azka akan heboh jika login ke COC dan mendapati levelnya disalip oleh pemain lain. Ada euforia “Wannabe better” dari pemain lain yang secara automatically akan memicu “sense” untuk Belajar strategi agar bisa meningkatkan levelnya lagi.
  • Melatih Kesabaran dan ketelitian. Yang namanya ‘berperang’ tentu harus melibatkan unsur kesabaran agar tidak salah serang yang bisa berakibat fatal. 
  • Memotivasi gemar Menabung dan belajar management keuangan/belanja yang bisa ditimbulkan dari segmen perolehan bonus rampasan perang yang harus disimpan di castle. 
  • Latihan untuk menjaga kebersihan. Ada variable yang namanya Gems yang dapat di peroleh dengan cara membersihkan sampah - sampah (stone, tree, bush, dan trunk ) yang bermunculan begitu saja ke area village-nya
  • Media pembelajaran bagaimana berorganisasi karena permaianan ini berupa clan (kelompok) dimana ada pemimpin, wakil pemimpin dan anggota clan, secara sistemik tentu berlaku pula bagaimana seharusnya bersikap dalam sebuah kelompok/clan (organisasi).
  • Belajar memilih teman/clan yang baik. Dari cerita-cerita yang pernah disampaikan Azka bahwa dia perlu mempertimbangkan untuk menerima invite dari suatu clan. Artinya ada sesion practise kapan dan bagaimana sebaiknya menerima ajakan pertemanan.
Secara umum, point-point positif dari COC tersebut juga terdapat pada berbagai jenis permainan off line maupun On line, baik mainan tradisional atau pun yang modern
Karena apapun jenis permainannya, tetap perlu pola management yang proporsional. Untuk itu, kami perlu ikut mengenali jenis permainan yang di sukai oleh anak-anak agar bisa membuat rambu-rambu seperlunya. Semua kembali pada orang dewasa  yang ada di sekitar anak-anak, bagaimana mereka (kami) membuat management waktu dan explore kebaikan dari suatu jenis permainan. 

Bermain adalah hak setiap anak,dan tugas orang tua adalah bagaimana hak bermain tersebut bisa menjadi “media” edukasi (tak hanya just for fun time). 

#Postingan *opini subyektif saya* sebagai kontemplasi diri dalam rangka belajar jadi orang tua 

11 comments: Leave Your Comments

  1. Aku malah belum instal game itu mak, adanya hello kitry.. Hehe

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya game itu banyak manfaatnya juga ya maks, tapi saya agak2 males sekarang ngegame, apa pengaruh usia ya hihihi

    ReplyDelete
  3. suamiku sama anak-anak juga suka main kalau hari libur nih, tapi sejak levelnya udah tinggi jadi gak dimainin lagi. anti ke boombeach

    ReplyDelete
  4. Wah, gamenya kayaknya pernah dimainin adek. Hehe. Kalo aku lebih suka farm frenzy *jadul amat* :D

    ReplyDelete
  5. salah satu game kesukaan saya ini mas :)
    ini juga merupakan game strategi Android terbaik :)

    ReplyDelete
  6. Kalo saya seringnya main Get Rich, Mbak.. Belum instal COC, memori gadget nya masih perlu buat yang lain. Hehehe ^^

    ReplyDelete
  7. Kalo saya seringnya main Get Rich, Mbak.. Belum instal COC, memori gadget nya masih perlu buat yang lain. Hehehe ^^

    ReplyDelete
  8. banyak yg main gituan, tapi ku emang dasarnya ga tertarik sama game, jadi ya ga install dan ga main.

    itu game kayanya pengembangan dari game komputer yg ttg strategi itu ya? jadi inget masa kuliah, sama dosen disuruh ngumpulin CD blank, ternyata sama dosen diisi sama game gituan. intinya mahasiswa disuruh ngegame :D

    ReplyDelete
  9. Sekarang ini banyak yg main COC bukan cumak anak anak aja. Temen-temen kuliah, tukang parkir, sampek tukang becak pun maen game peperangan ini. Heran juga liatnya,.

    ReplyDelete
  10. Salut, Mbak Rie rajin banget belajar jadi emak yang baik :)

    ReplyDelete
  11. Sudah tau belum mbak, kalau COC itu gamenya illuminati. Coba deh cari di mbah google... :)

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.