WHAT'S NEW?
Loading...

A Piece Of.....[Apa ya....]

Ini tentang sebuah kisah salah satu tetangga dekat rumah di kampung halaman yang kebetulan saat minggu lalu saya mudik ketemu dengan beliau di jalan. Bismillahirrahmaanirrahiim, menurut saya beliau termasuk sosok wanita yang tegar plus tangguh. Tapi sebelumnya, silahkan persiapkan kompas masing-masing karena dijamin bakal bingung saat mbaca postingan saya kali ini. Nah Ringkas cerita bagaimana saya bisa bilang jika beliau termasuk pribadi yang luar biasa adalah sebagai berikut: Terlahir dengan nama Wiji, saya biasa memanggilnya Mbak Ji dan saya kurang tahu pasti sekolah SD-nya sampai khatam apa gak. Sebagai anak sulung yang sedari kecil sudah terbiasa kerja keras untuk membantu ekonomi keluarga.

Dari pernikahannya dikarunai 5 orang anak, anak sulungnya seumuran adik saya dengan usia Mbak Ji saat ini sekira hampir 60 tahun. Dan sebenarnya saya manggil beliau bukan menggunakan kata “mbak” tapi berhubung sudah terbiasa ikutan Simbok saya yang manggil Mbak Ji, jadi sampai sekarang manggilnya pakai kata Mbak Ji. Saat ada program Transmigrasi, Mbak Ji sekeluarga optimis ikut program pemerintah tersebut dan menempati lokasi di Kalimantan. Tapi beberapa tahun kemudian, Ibunya yang sudah janda menjual satu petak sawah yang dimilikinya untuk biaya kepulangan Mbak Ji karena di daerah transmigrasi hidup Mbak Ji semakin parah, suaminya kehilangan indera penglihatannya sehingga tak bisa mencari nafkah untuk keluarganya lagi.

Situasi ekonomi keluarga pun semakin carut – marut karena suaminya yang tidak bisa bekerja. Mengandalkan jadi buruh tani masih tidak bisa memenuhi kebutuhan pokok, sementara Mbak Ji harus membiayai ibunya, 2 adik dan 5 anaknya sendiri. Sekitar dua tahun berlalu dan keadaan semakin memburuk, Mbak Ji pun nekad jadi TKI ke Malaysia [seingat saya saat itu saya duduk di bangku SMA dan Mbak Ji-lah sepertinya orang pertama di desa saya yang nekad jadi TKI]. Beberapa tahun di Malaysia, tak ada perubahan dengan ekonomi keluarganya. Setahun belum tentu bisa kirim uang, pulang juga tidak bisa dan hal itu berlangsung hampir lima tahun.

Mbak Ji tetap merasa beruntung meskipun majikannya pelit tapi tidak sampai mengalami penyiksaan seperti beberapa TKI yang didengarnya. Ketika masa kontraknya habis, Mbak Ji mendapatkan majikan yang sangat baik. Setiap tahun Mbak Ji bisa pulang kampung dan pernah sekali majikannya ikut mengantarkan sampai di rumah karena ingin berkenalan dengan keluarga Mbak Ji. Mbak Ji pun bisa mengirimkan uang secara rutin dan merenovasi rumah orang tuanya. Selain itu Mbak Ji juga membeli beberapa petak sawah karena dia menyadari tidak mungkin selamanya jadi TKI.

Ketika kondisi ekonominya sudah stabil, Mbak Ji mengajukan resign tapi majikannya belum mengabulkan karena anak bungsunya dekat dengan Mbak Ji. Karena sang majikan telah demikian baiknya, Mbak Ji pun rela menunda rencana pensiun jadi TKI sampai si anak masuk TK. Sekarang Mbak Ji sudah hidup tenang di desa bersama keluarganya dan anak-anaknya sudah berkeluarga semua. Dan minggu lalu, ketika pulang dari rumah adiknya Embah yang beberapa hari sebelumnya wafat [yang memang rumahnya bertetanggaan dekat dengan Mbak Ji], beliau sedang belanja rame-rame dengan tetangganya di penjual sayuran yang berjualan secara keliling.
Awakmu lhak Ribut tho?” jawabnya saat saya menyapa.
Iyoe Mbak Ji...”
Isih eling karo Mbak Ji yo awakmu..”
“ Hehehee....isih enom soale”
“ Mbak Ji yo wis tuwo tho yo...”
“ Maksud’e aku sing isih enom....”
“ Iyoe, awakmu isih pancet wae...iki lagi muleh yo?”
Muleh Mbak, sambang Mbok’e lan Pak’e, mumpung isih iso sering muleh...”
“ Weee, Lha kok modelmu ngomong pancet wae: muleh, piye....”
“ Lha sampean suwe nang Malaysia yo gak ganti ngomong nggawe logat Malaysia ngono lho...”

Jika isi obrolan kami dituliskan semua dalam A piece of .....[Apa ya..] ini, bakal kepanjangan tulisan versi boso jowone yang pastinya bakal menimbulkan rikues penerjemahan bahasa deh. Jadi cukup sekian dulu, silahkan membuat kesimpulan sendiri-sendiri saja yaaaa.......




#Postingan ini dalam rangka masih puyeng bikin konsep surat cinta untuk Tantangan LBI. Any one can help me?







67 comments: Leave Your Comments

  1. bener2 perjuangannya hebat yoo mbak ji kuwi, lha mbak rie ancen ngomong e boso jowo ne piye2, hahahah :D

    eeh mbak bikin surat cinta, niar bantu dengan doa yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin doanya, akhirnya jd tuh surat cintanya

      Delete
  2. pas diatas masih enak m'ba....tapi gitu masuk kebawah(dialog)..langsung kloneng...kloneng...tuiiing gubrak..nyuksruk ke got gara gara ruming

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama.. pas di atas saya nyambung, pas dialog hehehe gak menger

      Delete
    2. saya nyambung, tapi saya nggak sombong loh!

      Delete
    3. aku ga minta translit kok...

      Delete
    4. Wah beruntung sekali bagi yang paham bahasa Jawa jadi memahaminya. Namun bagi yang kurang mengerti bahasa Jawa seperti ya semoga ada yang bantuin terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Jurdil ya. Kalau dibo ongin jangan ya aw aw aw aw hhiheiheiheiheihiehieiee

      Delete
    5. hahahhaaa...aja deh. tulisan bagan bawahnya gampang kok?

      Delete
  3. “ Isih eling karo Mbak Ji yo awakmu..”
    “ Hehehee....isih enom soale”
    “ Mbak Ji yo wis tuwo tho yo...”
    “ Maksud’e aku sing isih enom....” *ngakak gulung-gulung neng kasur

    Gludak, gludak, grumpyang, ... enek ae mbak riri iki ... Mbak ji mungkin bisa di anugerahi kartini indonesia lo mnak ,, di nobatkan saja lo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ojo suwe-2 jungkir balik-nya, kasihan tuh kasurnya lho

      Delete
  4. tantangane urip dhewe-dhewe tenan yo Mbak..
    mugo-mugo mbak wiji kinaringan sehat lan kuat, kanggo ngadepi tantangan-tantangan maneh neng ngarepe mengko.

    #ilustrasinya nggak gambar mbak wiji aja to mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah mana mau Mbak Ji saya poto Pak? Trs, pas ketemu Mbak Ji sedang belanja dengan beberapa tetangga lainnya jugak. Karena kebetulan saya pulang takziyah dr salah satu Embah yg barusan meninggal [rumahnya tetanggaan dekat sama rumah Mbak Ji tersebut], jd ya gak prepare bw camera deh.

      Delete
    2. pasang hidden came dong...

      Delete
    3. cam-nya kegedean jd gak bisa di hidden mas

      Delete
  5. Masih banyak mbak Ji2 yang lain. usaha keras dan berdoa tentu akan menjadikan hiudp kita lebih baik.
    Salam hangat dari Harum

    ReplyDelete
  6. Begitulah, ketika banyak pintu upaya telah terjepit, seringkali memunculkan sosok-sosok yang tegar dalam memperjuangan kehidupan, dan Alhamdulillah bisa menikmati di akhir perjuangannya. Hanya saja, terkadang ketika sudah mencapai titik nikmat akan hasil jerih payah bertahun-tahun, ada saja cerita yang membuat mereka terlena sehingga menyebabkan keterpurukan pada langkah berikutnya.

    Opo hubungane antara TN Baluran dengan kisah di Lamongan ? hadeeuuhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hubungan antara TN Baluran dengan kisah di Lamongan adalah karena sebelumnya saya habis dr TN Baluran, dan minggu berikutnya saya mudik ke LA pak?

      #jadi pengen maluuu

      Delete
  7. Padang Savana nya keren tuch..
    Berasa pengen lari2 di sono :P

    ReplyDelete
  8. karena kepepet jadi penuh semangat ya

    ReplyDelete
  9. Ayo muleh...
    Aku nyileh pit ya...
    Wetengku selak ngeleh

    ReplyDelete
    Replies
    1. whehehheheee...pak mars fasih jugak neh

      Delete
  10. mbak Jiii... usia 60? kalo aq manggilnya mbah kali ya mbak???
    perjuangannya hebat....
    jangan" ngomong Malaysianya medok jowo hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu da, saya penasara juga gimana jk mbak Ji ngomong malaysia berlogat jowo ya

      Delete
  11. ini yang sulit, membuat kesimpulan sendiri heheheh..!
    kebingungan yang membingungkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha, Rie kan hobby nyuruh kita bikin kesimpulan sendiri2 toh bung! hehe.

      Delete
    2. kan bisa lbh seru tuh kalau bikin kesimpulan sendiri-2 lho?

      Delete
  12. justru yang seperti mbok ji inilah yang pantas disebut wanita karir. beneran berjuang untuk keluarga. bukannya mereka yang glamour menghalalkan segala cara biar bisa hidup mewah dengan kamuflase sekretaris...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wanita karir yg bekerja demi keluarga totally ya mas :)

      Delete
  13. Yang bahsanya jawanya nggak mudeng Ka. Salut dengan perjuangan Mbak Ji untuk keluarganya. Semoga mendapat ganjaran yang manis kelak di dunia maupun akhirat Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.

      #bahasanya ala kadarnya obrolan sesama tetangga gettu deh

      Delete
  14. pa kabar mbak?? semoga sehat sehat yah..:)
    senengnya mbaca postingan mbak Rie ini mesti bikin aku ingat kampung halaman..di kampungku banyak orang2 struggle untuk bisa menghidupi anak anaknya...dan sekolah subhanallah...bisa mencontoh kerja keras mbak ji...dan seneng rasanya membaca bawa pada akhirnya mbak jie bisa renovasi rumah..beli sawah...hmm siapa yang kerja keras insyallah dapat yang di impikan ya mbak :)
    waduh saya nggak bisa ngasih ide nieh..lagi vakum juga per kontesan karena kerjaan yang tidak bisa diajak kompromi mau nulis aja juga cari waktu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem dengan saya, lagi ruwet dengan jdwal awal tahum plus urusan pribadi yg the highly prestius buat hiudp saya.

      #Semoga semua urusan dlancarkan dan diberkan berkah:)

      Delete
  15. perjuangan yang patut di contoh,, dengan kesabaran dan ketekunan insya allah yang diharapkan akan tercapai.. sebuah cerita yang menginspirasi.. :)

    ReplyDelete
  16. pancet tuh artinya apa kakak?
    usianya mbak Ji hampir sama ama usia Umiku...
    Mungkin kalo aku enggak lahir telat, usiaku udah 30-an tahun.. wkwkwk..
    Semoga mbak Ji selalu diberikan kesehatan, dan kebugaran. Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pancet= tetap

      Ohyalah, mbak Ji seusia umi enhas? hemmmsemoga Umi-nya juga selalu diberikan kesehatan, dan kebugaran. Amin.

      Delete
  17. Luar biasa perjuangannya Mbak ji :D sungguh terinspirasi semangat pantang menyerahnya

    ReplyDelete
  18. Sejenak rehat siang, sambil baca-baca disini...

    ReplyDelete
  19. Wanita yang luar biasa hebat <~ Mbak Ji

    Duh, saya jd bingung dengan a piece of...
    Saya gak ngerti bahasa jawa dan gak tau apa yang dibicarakan
    *kasian ya saya...:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. santai saja, yg part tulsan bahasa Jawa obrolan biasa kok

      Delete
  20. gawe surat cinta nggo sopo mbak?

    ReplyDelete
  21. wah wanita hebat iki mbak, lha pak wiji kabare pie mbak?

    ReplyDelete
  22. padang savana bekol... subhanalloooh indahnya
    pingin banget aku kesana Mbak...
    semoga bisa segera terwujud

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamin, kalau jd ke Tn BAluran mampir ya Mbak?

      Delete
  23. kunjungan malam...izin nyimak dan menghayati keindahan padang savanannya ya :)

    ReplyDelete
  24. luar bias perjuangan mba ji untuk keluarga, patut diteladani nih

    ReplyDelete
  25. Wah, sungguh luar biasa perjuangannya ya Rie... salut deh! Dan kini beliau telah menuai hasil kerja kerasnya kan? Senang mengetahui dirinya kini pensiun dalam ketenangan Rie... salut!

    Dan, males ah bikin kesimpulannya, wong kamu sedang puyeng gitu toh? Surat cinta apa lagi? Bukannya udah beres dan tinggal naik ke pelaminan? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga salut banget dengan Mbak Ji lho mbak, dia demikian fight dan tegar.

      Oh iya, kalau sama dia mah gak perlu pake surat cinta mbak

      Delete
  26. yah makanya let us menghargai arti suatu profesi, meski hanya buruh tani. itu tetap sebuah karier senadyan tidak di kantoran.
    hmm manis bukan mbak rie?

    ReplyDelete
  27. semoga drama kehidupan, yang ada kala'a pasang & surut, namun harus tetap berjuang demi hari esok yang lebih baik,
    aku kagak ngerti tulisan jawa mba, jadi mau koment panjang lebar percuma

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp kok gak paham bahasa jawanya, intermeso kok

      Delete
  28. ya keisimpulane, tidak seperti kacang lupa kulitnya yah, walaupun lama merantau, tanah kelahiran tidka bisa terlupakan, termasuk bahasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. konsisten dengan bahasa induk ya sob

      Delete
  29. Subhanallah ya Mbak, perjuangan Mbak Ji itu.

    anyway itu dialognya artine apa ya?? heheh ora mudeng.
    ini knap agak diikutkan GA Niar saja Mbak? kan ada bahasa daerahnya tuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dialognya itu, kok saya masih inget sama Mbak JI? terus logat saya mash medok ndeso kata Mbak Ji

      Delete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.