Rujak Soto

Wednesday, November 16, 2011
Hampir dua minggu (bisa dibilang) 'vacuum' dari ritme blogging, mencoba Re-post lagi entry lama. Hanya sedikit editing saja (first post: untuk ikutan lomba di blogging). 

Kembali tentang tema makan memakan, Salah satu kuliner yang menurut saya khas dan unik banget sehingga layak masuk dalam Kuliner Nusantara yang menggugah selera dan cita rasa yaitu Rujak Soto. Sebagai warga pendatang atau istilah kerennya ekspatriat (lebay yaa...), tentu tertarik untuk mengenal dan mengunjungi tempat-tempat wisatanya, termasuk wisata kulinernya juga. Banyuwangi yang dikenal dengan sebutan Bumi Blambangan memiliki beberapa makanan khas yang tidak kalah bersaing dengan daerah lain. Ada sego cawuk, sego tempong, rujak soto, pecel rawon, dan masih banyak lagi. Dan  yang membuatku penasaran adalah Rujak Soto. Pertama dengar namanya, sudah memberikan kesan yang sangat unik karena makanan tersebut disajikan dalam satu kesatuan. 
Kalau melihat sekilas saat disajikan bisa jadi kurang mengudang selera, namun begitu disantap.. rasanya alamaak mantab abiss .....makanya ada pepatah: Don’t judge the book by the cover.  Rujak Soto adalah kombinasi rujak dengan soto daging atau jerohan. Di sinilah yang memberikan cita rasa uniknya, rujak  petis dicampur dengan kuah soto. Dijamin deh rasanya jadi khas banget, jadi tidak heran rujak soto merupakan salah satu trade mark kuliner Banyuwangi. Bagi para pecinta Legenda Kuliner Nusantara yang tertarik untuk mencobanya sendiri di rumah untuk disajikan buat keluarga tercinta, berikut ini bahan dan cara membuat rujak soto:
Bahan – Bahan yang dibutuhkan:

      Sajian Menu Rujak:  
              -   Tahu putih di goreng,  potong-potong
-        Tempe di goreng, potong-potong
-    kangkung (untuk jenis sayurannya bisa juga ditambah Kancang panjang, genjer, taoge),  potong-potong, rebus
-        Cingur sapi direbus, potong-potong
-        Mentimun segar, potong-potong
-        Lontong (potong-potong) atau juga bisa di ganti dengan nasi putih. 

Bumbu Rujak (dihaluskan):cabai merah, cabai rawit,  pisang batu( potong-potong
dulu saat akan dihaluskan), kacang tanah (goreng), gula merah, garam, petis, air asam
jawa  
 
         Untuk Kuah Soto:
-    babat rebus, usus sapi, tetelan sapi (rebus dan dipotong-potong) atau daging sapi (rebus dan di potong-potong)
-    serai dimemarkan
-    Daun jeruk, potong-potong
-    Garam
-    gula pasir
-    daun bawang, potong-potong
-    minyak untuk menumis
-   Bumbu soto yang dihaluskan: bawang merah, bawang putih, kunyit bakar, kemiri sangrai, jahe, lada, ketumbar.
Cara Membuat :
-   Buat kuah soto: rebus tetelan sampai lunak, angkat.
-   Tumis bumbu halus, serai, dan daun jeruk sampai matang. Tuang ke dalam kaldu. Tambahkan babat, usus, dan tetelan. Rebus sampai matang, bumbui gula dan garam, taburi irisan daun bawang.
-   Aduk bumbu rujak, tambahkan tahu, tempe, kangkung, taoge, cingur, mentimun. Aduk rata.
-    Sajikan nasi panas atau lontong, tambahkan bumbu rujak, siram dengan kuah soto
-  Beri bawang goreng  dan kecap secukupnya dan nikmati dengan tambahan kerupuk renyah.

Tidak terlalu sulit kan cara meraciknya , sama seperti membuat rujak petis dimana semua bumbu rujak diuleg hingga halus  kemudian ditambah sayur-mayur dan irisan lontong selanjutnya di masukkan ke mangkok dan di siram dengan kuah soto (babat, jeroan atau daging)  dalam keadaan hangat. Untuk lebih lengkap jadi sajian yang lebih bergizi bisa di tambah irisan telur asin, semakin mantap citarasa rujak soto ini dengan kecap bango. Untuk harga jual rata-rata rujak soto di Banyuwangi sangatlah ramah dengan kantong, untuk rujak soto yang jeroan (babat, usus) berkisar lima sampai enam ribu Rupiah. Sedangkan yang rujak soto daging sekitar Rp. 8.000,-  

Kalau kebetulan melintas di Banyuwangi jangan lupa nikmati rujak soto, sangat mudah untuk menemukannya dari warung-warung di pinggir jalan sampai Restoran bahkan menu hotelpun telah menjadikan rujak soto sebagai menu utama.Belum ke Banyuwangi kalau belum menikmati rujak soto, salah satu kuliner yang layak dimasukkan dalam  kuliner nusantara.....at least, menurutku demikian dan semoga demikian adanya


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

46 comments

Write comments
Nov 17, 2011, 12:03:00 AM delete

Belum pernah makan itu dan belum pernah jalan-jalan ke banyuwangi hehe..

Reply
avatar
Nov 17, 2011, 12:17:00 AM delete

@Sitti Rasuna Wibawa: Sebenarnya kuliner rujak soto saat ini tidak dominan hanya di wilayah Banyuwangi saja. Tapi kalau mau coba bikin bisa tuh mbak...oke, selamat mencoba resepnya

Reply
avatar
Nov 17, 2011, 1:18:00 AM delete

@'Kaito' Pasca Driyarkara: Kalau 'ketemu' menu rujak es krim sey sudah pernah beberapa kali..tapi belum pernah nyobain. Mungkin lain waktu perlu juga tuh saya coba makan rujak es krim

Reply
avatar
Nov 17, 2011, 2:05:00 AM delete

segar tuh kyanya,,jadi mau..heummmm....

Reply
avatar
Nov 17, 2011, 7:51:00 AM delete

wah isinya banyak, kayakx kenyang nich
kapan ya bisa nyobain rujak soto?

Reply
avatar
Nov 17, 2011, 8:31:00 AM delete

Beeeeehh ajibb tuuuu makanan jadi kepengenn nyoba asli penasaran,

Salam kenal dari blogger amatiran Lombok Utara, silahkan jiga berkenan mampir ke L7, terimakasih jiga sempat komen, ngelike sama follow di Lombok 7og4nk.

Reply
avatar
Nov 17, 2011, 10:04:00 AM delete

@Wahyudi Sastria:Kata orang sey maknyuuss makan rujak soto sama es dawet..

Reply
avatar
Nov 17, 2011, 10:07:00 AM delete

Jadi penasaran nih ama rujak soto. Rasanya gimana ya, pasti kayak setengah2 rasa soto dan setengah2 rasa rujak. Lha maksudnya :) nggak pernah ke Banyuwangi je..:)

Reply
avatar
Nov 17, 2011, 10:37:00 AM delete

@ria haya: Kalau mau makan rujak soto, di 'kosong'kan dulu perutnya ya dijamin terasa mantab nikmatnya

Reply
avatar
Nov 17, 2011, 10:48:00 AM delete

@lombokguide:Semoga suatu saat nanti bisa nyobain..Oke, I'll visit back sob:)

Reply
avatar
Nov 17, 2011, 11:13:00 AM delete

Deket berarti kan dari Probolinggo??
OK kapan2 saya kesana..
Hehehe..

Terus semanagt!

Reply
avatar
Nov 17, 2011, 11:34:00 AM delete

ajib.... belum pernah coba rujak soto, mau..mau..mau..mau...

Reply
avatar
Nov 17, 2011, 12:24:00 PM delete

@Muhammad Gustavie: Monggo di cobain rujak sotonya, bisa juga bikin sendiri ...

Reply
avatar
Nov 17, 2011, 2:39:00 PM delete

wah.... jadi ngiler deh ih... ntar aq coba deh kalo ada waktu luang....
thanks for share mba Ririe... :-)

Reply
avatar
Nov 17, 2011, 3:28:00 PM delete

kayaknya rame banget tuh piring....rasanya kayak apa De ?
Salam.

Reply
avatar
Nov 17, 2011, 4:39:00 PM delete

aku suka rujak tapi jgn pake cingus. hiiy.....

Reply
avatar
Nov 17, 2011, 5:18:00 PM delete

setelah melihat ilustrasi gambarnya, mendadak saya jadi ingin makan juga nih. :-|

Reply
avatar
Nov 18, 2011, 10:52:00 AM delete

@alaika abdullah:Iya, nanti kalu nyobain di saya pesan 1porsi ya Mbak:)

Reply
avatar
Nov 18, 2011, 11:20:00 AM delete

@Obrolan Blogger.com: Rasanya kayak rujak petis di kasih kuah soto deh:)

Reply
avatar
Nov 18, 2011, 11:52:00 AM delete

@Sang Cerpenis bercerita: Jenis rujak lontong dan sayur, jadi gak pake petis...di jamin asyikk deh rasanya.* promo.co*

Reply
avatar
Nov 18, 2011, 12:58:00 PM delete

@panduan belajar blog: Lihat gambarnya saja sudah menggugah selera ya..

Reply
avatar
Nov 18, 2011, 12:59:00 PM delete

mbak.buk jeng.. follow sukses nmr 103.. di tunggu follow baliknya yea/// suwon

Reply
avatar
Nov 18, 2011, 2:46:00 PM delete

mmmmmm....mantep rujak sotonya, kapan2 mau coba ahh :)

Reply
avatar
Nov 18, 2011, 4:29:00 PM delete

@Arifin: Ma kasih dah singgah disini...Folback segera datang:)

Reply
avatar
Nov 18, 2011, 4:58:00 PM delete

nyam nyam nyam... entar ah coba eksperimen buatnya ama murid2 di kelas

Reply
avatar
Nov 18, 2011, 6:41:00 PM delete

@rusydi hikmawan: Wah jadi ingat masa SMA dulu ada pelajaran memasak, seru banget..SElamat mencoba dengan murid-muridnya ya Pak. Salam kenal buat para anak didiknya:)

Reply
avatar
Nov 18, 2011, 6:46:00 PM delete

@Nurmayanti Zain: Enak kuk, nanti kalau gak enak bisa dikirim ke saya saja..*LHOH*

Reply
avatar
Nov 18, 2011, 8:05:00 PM delete

huemm sueger tenannn ,,hehhe

Reply
avatar
Nov 22, 2011, 8:49:00 AM delete

ohkey patut dicoba ini jajanannya... :D

Reply
avatar
Nov 23, 2011, 6:50:00 PM delete

@Annesya: Tapi nyobainya jangan pesan di WaPo, sepertinya gak ada pilihan menu Rujak soto di sana...hehehehe

Reply
avatar
Nov 24, 2011, 2:08:00 PM delete

dulu pernah makan saat ada festival bango, rasanya agak aneh buat yang gak biasa dan buat aq seh kurang pedes :D

Reply
avatar
Nov 24, 2011, 6:46:00 PM delete

@Toko Obat Herbal: Kalau untuk level pedesnya bisa by request...Maklum saya juga kurang semangat kalau makan gak ada rasa pedasnya...

Reply
avatar
Nov 25, 2011, 7:24:00 PM delete

@rumput dan ilalang: YUkkk , di cobainya...Ma kasiih dah singgah di sini.

Reply
avatar
Dec 5, 2011, 2:48:00 PM delete

dah pernah nih makan rujak soto dimadura...

Reply
avatar
Dec 6, 2011, 12:06:00 AM delete

@phrairin: Saya pernah nyebrang Suaramadu saja, belum smapai benar-benar beredar di Madura...

Reply
avatar
Jan 9, 2012, 2:45:00 PM delete

udah rujak ada soto...
tp liat gambarnya enak tu bak..
:P
ngecess...

Reply
avatar
Jan 23, 2012, 1:41:00 PM delete

gmn rasanya tuh rujak soto...ga kebayang deh,,,

Reply
avatar
Jan 24, 2012, 11:08:00 PM delete

@lukisan bunga: Jangan di bayangin...di cobain saja mantabs deh

Reply
avatar
Jan 24, 2012, 11:18:00 PM delete

@zone: Lihat gambarnya saja ngecess...apalagi kalau menyantapnya ya?

Reply
avatar

Be silent reader or write comment, tetap terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi. Tapi harap maklum jika SPAM bisa masuk 'karantina' lho...So, be wise and friendly... EmoticonEmoticon