Mengenal 5 Jenis Kontainer Paling Umum Dijumpai

Mengenal 5 Jenis Kontainer Paling Umum Dijumpai. Kegiatan pengiriman barang dalam jumlah besar baik di dalam maupun ke luar negeri pasti membutuhkan yang namanya kontainer atau peti kemas. Untuk dapat mengakomodasi pengiriman barang dengan lebih baik, diciptakan berbagai macam jenis peti kemas yang sesuai dengan kebutuhan. Seperti halnya saat kita memilih air purifier dengan cermat, demikian juga saat kita memutuskan untuk membeli kontainer atau peti kemas.

Bismillahirrahmaanirrahiim, berikut ini adalah beberapa jenis kontainer yang umum dijumpai di Indonesia antara lain adalah:

1. Kontainer Dry Storage

Dry storage adalah jenis pertama. Container ini biasa juga dikenal juga sebagai General Purpose Container. Tipe dry storage merupakan tipe yang paling banyak digunakan. Secara keseluruhan, jenis Dry Storage terbagi dalam beberapa macam ukuran, yakni 10 feet, 20 feet, sampai dengan 40 feet. Kondisi dari kontainer ini secara keseluruhan terlindungi, tertutup, dan tahan pada cuaca. 

Tidak cuma itu saja, di container Dry Storage juga punya adaptasi seperti flexi tank/liner bags untuk melakukan pengiriman kargo curah kering ataupun curah cair. Melihat dari fungsinya tersebut, tidak mengherankan apabila jenis ini paling banyak digunakan.

Credit Pixabay

2. Kontainer Flat Rack 

Jenis berikutnya adalah tipe flat rack. Sesuai dengan namanya, peti ini punya sisi yang bisa dilipat untuk dijadikan rak datar. Dinding dari flat rack dinilai cukup stabil untuk keamanan kargo. Hal itu membuatnya dapat digunakan dalam pengiriman barang besar seperti kendaraan di truck, mesin besar, bahan bangunan, dan juga gulungan besar.

3. Kontainer Open Top 

Tipe berikutnya bernama Open Top kontainer. Tipe ini mempunyai atap convertible yang bisa dihilangkan. Penggunaan dari open top container ini biasanya untuk mesin tinggi ataupun besar. Biasanya tipe open top cocok untuk mengangkut barang yang pemuatan serta penanganannya cuma bisa menggunakan derek. 

Pada bagian rel sisi atas, bawah, serta sudut posting pada peti ini sudah dilengkapi dengan cincin. Pemasangan tersebut bertujuan untuk membuat keamanan kargo terjaga. Ukuran yang tersedia pada umumnya sebesar 20 feet dan juga 40 feet. 
Penggunaan atap convertible di container ini sangat memungkinkan untuk membuka bagian atas peti. Dengan begitu, berbagai barang yang cukup tinggi ataupun berukuran besar bisa dibawa dengan lebih mudah.

4. Kontainer Tunnel 
Jenis kontainer berikutnya yang biasa ditemui adalah Tunnel Container. Pada peti ini telah disediakan pintu pada kedua sisi ujungnya. Pengadaan pintu tersebut bertujuan untuk memudahkan dalam proses pemuatan. Dengan begitu, proses muat barang bisa dilakukan dengan lebih cepat lagi.

5. Kontainer  Open Side Storage 
Sesuai dengan namanya, pada jenis open side storage ini terdapat satu sisi pintu yang bisa benar-benar di buka. Tujuannya tentu untuk memberikan tambahan ruang agar saat proses bongkar muat bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Secara umum, tipe ini punya kemiripan dengan general purpose container. Perbedaan mungkin hanya ada pada sisi bagian yang bisa dibuka sepenuhnya. Pada umumnya, terdapat dua macam ukuran yang tersedia pada jenis peti kemas yang ini ini, yaitu 20 feet dan 40 feet. 

Dengan diberikannya satu sisi yang bisa dibuka sepenuhnya seperti pintu, tentu ruang peti menjadi lebih luas lagi. Barang-barang muatan dengan ukuran lebih besar menjadi bisa dimuat lebih mudah melalui pintu tersebut.

Itulah tadi 5 Jenis Kontainer Paling Umum Dijumpai. Selain kelima contoh di atas Peti Kemas tersebut, masih terdapat banyak sekali macam kontainer lainnya. 

Nah, bagi Anda yang sedang berencana ingin menggunakan jasa kontainer seperti itu, tentu harus memilih perusahaan terpercaya serta berpengalaman. Hagajaya sebagai jasa freight peti kemas surabaya berpengalaman dan kredibel bisa Anda jadikan pilihan tepat.

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

No comments:

Post a Comment

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.