Kumpulan Ucapan Belasungkawa Yang Bersifat Universal

Kumpulan Ucapan Belasungkawa Yang Bersifat Universal. Kematian merupakan sesuatu yang pasti dan tidak akan bisa dihindari oleh setiap makhluk yang bernyawa. Sesiap apapun, tak akan ada yang benar-benar siap saat orang terdekat kita tak akan lagi pernah bisa berada diantara kita untuk selamanya. 

Ini bukan sesuatu yang lebay, karena melepas kepergian seseorang yang disayangi memang tidak mudah. Kehilangan seseorang yang dicintai tentu akan membuat hati terluka, sedih dan rasa kehilangan lainnya. Bismillahirrahmaanirrahiim, proses dan waktu yang dibutuhkan untuk sampai pada kondisi menerima dan legowo  pada masing-masing orang berbeda. Ada yang bisa lebih cepat, tapi tak jarang yang butuh berpuluh tahun untuk melakukan re-engineering rasa kehilangan dan kesedihan bisa sampai pada tahap penerimaan tersebut.

Karena itulah, pada saat kita mengetahui atau mendengar kabar ada kerabat, teman, tetangga yang berduka, alangkah lebih bijak jika kita tidak bertanya kenapa atau bagaimana meninggalnya. 
Tahan diri dan kontrol rasa penasaran, dengan mengubahnya dalam bentuk  ucapan bela sungkawa, doa dan membarikan dukungan semangat. Belajar memahami perasaan orang lain, belajar berempati dan memberi dukungan, at least menyampaikan ucapan belasungkawa dan mendoakan yang terbaik bagi almarhum/almarhumah dan keluarga yang ditinggalkan. 
Sebagaimana kita senantiasa diajarkan untuk memberikan dukungan positif dan berdoa terbaik saat menjenguk orang sakit, maka demikian juga sebaiknya kita menyadari batasan sikap kita terhadap pihak keluarga yang sedang berdukacita dengan TANPA mengajukan bombardir pertanyaan yang justru akan memperdalam leluka hati.

Ucapan-Belasungkawa-Yang-Bersifat-Universal

Maka dari itu, ucapan belasungkawa menjadi salah satu cara untuk mengurangi beban pada keluarga yang ditinggalkan. Nah, berikut ini ada guest post kumpulan ucapan belasungkawa yang bersifat universial, semoga bisa jadi referensi 
  • Aku sangat merasakan kesedihanmu yang begitu mendalam atas kepergian almarhum ayahmu. Ingatlah kawan, bahwa kita semua juga akan menyusul untuk menghadap Tuhan. Yakinlah, kelak nanti kita semua akan dipertemukan kembali di surgaNya.
  • Sungguh aku tak menyangka engkau pergi meninggalkan dunia ini begitu cepat. Padahal, satu hari yang lalu kita berkomunikasi dengan riang seolah-olah besok tidak akan terjadi apa-apa. Tapi rencana Tuhan memang tidak ada yang tahu. Selamat jalan wahai sahabat terbaikku, disini aku hanya bisa mendoakan agar semua amal ibadahmu diterima disisiNya, dan untuk keluarga yang ditinggalkan semoga diberi kesabaran dan kesehatan.
  • Almarhum merupakan sosok yang begitu santun dan suka menolong sesama. Aku yakin bahwa semua jasa-jasa almarhum semasa hidupnya akan selalu dikenang oleh semua orang. Semoga Tuhan memberikan almarhum tempat yang layak di sisiNya. Amin.
  • Sekarang ini aku sedang melihat jasadmu yang terbujur kaku. Bisa jadi esok atau lusa nanti aku juga akan sama seperti dirimu untuk menghadapNya. Sebagai sahabat terbaikmu, disini aku hanya bisa mendoakan agar Tuhan senantiasa mengampuni segala dosa-dosamu semasa hidup didunia.
  • Pada dasarnya tidak ada satu pun orang di dunia ini yang bisa mengetahui kapan ajalnya tiba. Begitu pula dengan diriku yang sewaktu-waktu bisa dipanggil Tuhan dimana saja dan kapan saja. Bersabarlah wahai saudaraku, jangan jadikan kepergian almarhum adikmu itu akhir dari segalanya. Bangkit dan yakinlah bahwa Tuhan sudah membuat rencana yang jauh lebih indah dibalik musibah ini.
  • Ada yang lahir ke dunia dan ada juga yang harus meninggalkan dunia. Begitulah seni kehidupan yang sudah menjadi takdir bagi seluruh makhluk hidup di dunia. Karena pada hakikatnya ruh yang ada di dalam tubuh kita ini hanyalah titipan dari Tuhan. Selamat jalan sahabatku, disini aku hanya bisa mendoakan yang terbaik bagimu.
  • Jangan bersedih, karena kelak nanti kita semua juga akan dikumpulkan kembali olehNya. Memang sulit untuk membendung kesedihan ini. Tapi aku yakin, bahwa Tuhan memberikan cobaan ini karena kamu memang kuat dan bersabar dalam menghadapinya musibah tersebut.
  • Semoga kita semua dapat mengambil tauladan pada kebaikan yang telah almarhum perbuat semasa hidupnya. Lebih baik kita simpan semua keburukan almarhum semasa hidup, dan tidak perlu untuk diungkit kembali.
  • Yakinlah bahwa Tuhan tidak akan pernah memberikan cobaan yang diluar batas kemampuan hamba-hambaNya. Oleh karena itu, kamu harus tetap tabah dan tegas atas kepergian almarhum. Karena sesungguhnya semua makhluk yang bernyawa itu pasti akan mengalami kematian.
  • Selamat jalan sahabat masa kecilku, semoga saja engkau mendapatkan tempat yang layak di sisiNya. Aku akan selalu mengenang semua tentang persahabatan dan jasa-jasa baikmu kepadaku maupun kepada orang lain.
Demikian sharing session kumpulan ucapan belasungkawa yang bersifat universal, semoga bisa menambah perbendaharaan yang bisa kita jadikan sebagai bahan referensi untuk menyampaikan ucapan belasungkawa secara lebih bijak dan lebih ber-empati.

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

2 comments:

  1. Kalau bisa mencari kata yang tepat memang lebih baik ya. selama ini saya pakai format standar saja. Kadang dengan kehati-hatian yang amat karena khawatir membuat penerimanya tambah sedih

    ReplyDelete
  2. wuah terima kasih
    kupikir hanya "aku turut berduka, dll"
    ternyata bisa dengan berbagai diksi ya
    nggak terpikir di kepalaku

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.