Rekomendasi 5 Jenis Bahan Packaging yang Ramah Lingkungan

Rekomendasi 5 Jenis  Bahan Packaging yang Ramah Lingkungan. Meningkatnya keperdulian masyarakat terhadap  dampak negative sampah plastik bagi lingkungan, membuat semakin banyak orang yang beralih dan memilih menggunakan  produk yang  ramah lingkungan. 

Kampanye diet plastik dan beragam bentuk edukasi agar masyarakat lebih bijak untuk menyikapi penggunaan plastic sesuai simbolnya yang terdapat pada kemasan berbahan plastik, mendorong bertumbuhnya  permintaan akan produk ramah lingkungan, seperti program NoSTraw plastic yang tersedia pilihan untuk menggunakan sedotan stainless steel.

Khususnya Bismilllahirrahmaanirrahiim kesadaran penting untuk dimiliki sejak usia dini, terlebih-lebih jika sudah dewasa.  Kemasan ramah lingkungan adalah kemasan yang didesain agar tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan secara langsung maupun tak langsung, dalam waktu dekat maupun jangka panjang. Bahan dasar yang memilik sifat yang ramah lingkungan untuk membuat kemasan ini merupakan poin penting yang harus dipertimbangkan.

Bahan-Packaging-yang-Ramah-Lingkungan

Pada kesempatan Guest Post kali ini akan merekomendasikan 5 ide packaging ramah lingkungan. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

1. Tas Kain 

Ide kemasan pertama yang ramah lingkungan berupa tas kain dari bahan blacu, kanvas, hingga tas plastik yang berbahan dasar polypropylene. Pada umumnya, jenis kemasan yang satu ini sering digunakan oleh para pelaku industry seperti supermarket, minimarket, hingga restoran cepat saji.

Bukan hanya itu saja, bahkan tas tersebut juga dapat digunakan berulang kali, bisa dicuci dan pastinya tahan lama. Untuk kamu yang bergelut di dalam industry, maka penggunaan tas kain ini sangat direkomendasikan untuk mengemas produknya. 

Tak hanya ramah lingkungan, desain dari tas kain ini juga tampak terlihat modis dan kekinian banget lho. Belum lagi harga yang ditawarkannya sangat bersahabat, sehingga sangat membantu dalam menghemat biaya operasional. Bagaimana tidak? sebab harga kemasan tas kain tersebut hanya dibanderol sekitar Rp3 ribu sampai Rp 15 ribuan saja per buahnya. 

2. Kardus 

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan jenis bahan packaging ini? Tentunya kita semua sudah sangat mengenal betul dengan kardus. Harga kardus juga relative terjangkau sehingga sangat ideal bagi kamu yang menggeluti bisnis rumahan 

Selain lebih aman, penggunaan kardus juga terkesan lebih natural dan pastinya ramah linngkungan. Apalagi kapasitas ukurannya yang tersedia sangat bervariasi, sehingga bisa kamu pilih sesuai kebutuhan bisnis. 

3. Kemasan Kertas Coklat 

Tak banyak orang yang tahu bahwa kertas coklat bisa dimanfaatkan untuk mengemas barang-barang. Bahkan yang lebih menariknya lagi, kemasan dari kertas coklat ini juga tentu sudah terbukti ramah lingkungan.  

Kemasan yang satu ini pun sangat cocok digunakan untuk jenis industri apa saja, seperti tas belanja supermarket, kemasan roti, kemasan nasi bungkus berbentuk lunch box, fashion, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, kekurangan dari kemasan berbahan kertas coklat ini adalah mudah rusak.
Sehingga tak heran jika kemasan tersebut jarang digunakan untuk industri pada umumnya. Biasanya kemasan berbahan kertas coklat ini bisa kita temui pada restoran-restoran cepat saji. 

4. Food Container 

Sesuai dengan namanya, yang mana jenis packaging ini memang dikhususkan untuk para pelaku bisnis kuliner, terlebih untuk kuliner online. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Food Container sudah terbukti tahan terhadap goncangan lho. 

Meskipun materialnya terbuat dari bahan plastik, namun Food Container ini dapat dicuci sehingga bisa digunakan berkali-kali. Dengan begitu, saat makanan pesanan sudah sampai pada konsumen, kamu pun dapat menggunakannya kembali untuk kebutuhan lain seperti menyimpan sayuran, menyimpan bumbu dapur, dan lain sebagainya. 

5. Tas Anyaman 

Jenis kemasan ramah lingkungan berikutnya yang jangan sampai kamu lewatkan, yakni berupa tas anyaman. Adapun mengenai berbagai jenis bahan tas anyaman yang digunakan seperti terbuat dari daun pandan, daun eceng gongok, bambu rotan, hingga plastik.

Tak hanya praktis dan ramah lingkungan, tas anyaman tersebut juga tampil dengan desain yang kekinian banget. Tentunya tas anyaman ini sangat cocok untuk kegiatan industri apa saja.   

5 Jenis  Bahan Packaging yang Ramah Lingkungan tersebut masih sebagian dari sekian banyak jenis bahan ramah lingkungan yang bisa digunakan. Intinya, bahan kemasan atau packaging yang eco-friendly adalah tidak ada limbah berlebih yang dihasilkan karena bahan-bahan  dasar yang digunakan mudah didaur ulang, dapat dibuat kompos, dan atau digunakan kembali. 

Yessss, bahan packaging produk yang ramah lingkungan adalah kemasan yang tidak membawa dampak kerusakan lingkungan (tanah, air dan udara), dan tidak meracuni lingkungan alam, mulai dari cara pembuatan hingga kemasan itu dibuang.

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

23 comments:

  1. Aku masih pakai tas kain dan tas container yang selalu aku bawa di tas, maasyaaallah deh reviewnya bagus banget nih, mengingatkan untuk menjaga lingkungan

    ReplyDelete
  2. Selama ini yg aku dapat yang ramah lingkungan kardus dan kertas koran. Tapi kalau untuk barang elektronik bubble wrap memang lumayan menjaga keamanan barang sih ya..

    ReplyDelete
  3. Aku kemana-mana selalu bawa tas kain, container kosong, kadang juga bawa tas anyaman kalau bepergian bawa bvekal jadi kayak piknik wkwkwk. Harus mulai dari sekarang untuk lebih ramah lingkungan ya kak

    ReplyDelete
  4. Yang sering aku pakai sampai sekarang adalah tas kain. Karna paling simpel menurutku dan gak ribet. Hehe

    ReplyDelete
  5. Paling sering gunain tas kain kalau belanja. Apalagi sudah banyak didukung beberapa minimarket kan jadi semakin terbiasa

    ReplyDelete
  6. Untuk mengurangi sampah plastik, aku paling sering bawa tas kain yang bisa dilipat. Selain lebih keren dan lucu, tentunya biar gak banyak-banyakin limbah plastik.

    ReplyDelete
  7. Tas kertas,kardus sama tas dari kain yang sering daku lihat di sekitar mini market rumah buat pengganti plastik. Bagus menurutku, jadi memang kita harus diet sama plastik, agar bumi ini tidak lagi sesak dengan sampahnya ya

    ReplyDelete
  8. senang banget kalau unboxing paket terus kemasannya kardus, kan bisa digunakan kembali baik itu jadi kotak kado, selain itu juga bisa jadi baahan DIY mainan anak ataupun kotak serbaguna :D

    kalau dapat food container juga senang banget karena bisa digunakan lagi, masih jarang nih disini nemu yang tas anyaman padahal unik ya.

    ReplyDelete
  9. Aku pun masih belajar menerapkan hal2 yg bisa bantu mencegah penumpukan sampah dan melindungi lingkungan, meskipun belum 100%. Semoga kita bisa yaa, semangat

    ReplyDelete
  10. Allhamdulilah aku belanja dan kemana-mana udah pake tas anyaman Mba Rie. Dan kalo packaging aku pakenya kertas kayang cokelat itu seringnya untuk konsumen.

    ReplyDelete
  11. Sekarang kalau belanja selalu bawa tas sendiri, pernah beberapa kali lupa dan ditawarkan untuk membeli kantong plastik tapi saya lebih pilih pakai kardus sih agar lebih ramah lingkungan.

    ReplyDelete
  12. Kalau boleh menambahkan satu lagi mbak yang "plastik" dari singkong itu. Skrng kyknya dah mulai banyak tu dmn2. Lebih ramah lingkungan juga.
    Kalau aku pribadi belanja dah mulai bawa kantong sendiri juga jd lbh ramah lingkungan dan hemat krn gak beli tas belanjaan lg

    ReplyDelete
  13. Paling suka dan praktis sama tas kain sih hehe.. bisa dicucui dan dipake lagi jadi lebih hemat :) semoga semua lekas sadar ya untuk mengurangi sampah plastik

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah, aku udah sering pake kemasan ramah lingkungan itu semua. Paling sering pake kardus, udah ngurangin plastik.

    ReplyDelete
  15. Dari semua pilihan bahan packing yang kakak sebutin, paling suka sama tas kain sih karena bisa dipakai berkali-kali dan desainnya bagus-bagus biasanya.
    Tapi miris banget sih, padahal dulu kemasan plastik dibuat buat mengurangi penggunaan paperbag, sekarang malah jadi sampah dan lama banget terurainya.

    ReplyDelete
  16. sekarang sudah banyak kok kak kemasan ramah lingkungan. Ada bubble putih dus yg larut air, wrapping kertas pengganti bubble wrap, selotip kertas, kerdus sama kertas dari daur ulang

    ReplyDelete
  17. Eh, kertas coklat yang biasa dibuat bungkus nasi mbak?

    Apa kertas coklat yang bisa dipake buat sampul buku?

    ReplyDelete
  18. Eh, kertas coklat yang biasa dibuat bungkus nasi mbak?

    Apa kertas coklat yang bisa dipake buat sampul buku?

    ReplyDelete
  19. Aku masih pake tas kain kalau mau belanja kemana2. Lebih praktis buat dibawa kemana2. Btw sekarang udah ada selotip kertas dengan perekat menggunakan air juga mba

    ReplyDelete
  20. Sekarang yang paling banyak itu tas kain. Ahaha. Di rumah udah gak kehitung jumlahnya. Pesan gofood juga dikasih tas kain sekarang.

    ReplyDelete
  21. Sekarang makin banyak ya packaging yang ramah lingkungan, tinggal pilih saja mana yang sesuai ya.

    ReplyDelete
  22. Didalam tas ku sekarang harus selalu ada tas kain reusable supaya kalo belanja di warung dan supermarket ga perlu lagi pakai plastik.

    ReplyDelete
  23. well noted, jadi buat bahan koreksi klo mau kirim paket nih Mba. mengsedih tuh klo pas beli makan online masih byk yg bungkusnya pake sterofoam, auto ga beli kesitu lagi deh

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.