Header Ads

Life is flowing in its story leaving history for better present and future
  • What's News

    Perancis Juara World Cup Tahun 2018

    Perhelatan akbar sepak bola dunia memang sudah selesai, Timnas Perancis menutup pertandingan laga final melawan Kroasia dengan hasil Timnas Perancis besutan pelatih Didier Deschamps keluar sebagai  juara world cup 2018

    Iya sih, Bismillahirrahmaanirrahiim saya sempat pernah bikin kliping tentang piala dunia sekian tahun lalu ketika masih kuliah. Kliping yang saya buat mayoritas kompilasi dari potongan koran yang berisi berita tentang pemain sepak bola yang saya idolakan tentunya, itupun jika ada teman kuliah yang transit di kost ngebawain koran dari rumahnya, by my request dong, hehehe.
    World Cup Tahun 2018
    Image: screenshoot dari Google
    Belajar dari pengalaman, kliping sepak bola yang pernah saya buat akhirnya mbludhug (lembab karena penyimpanannya asal-asalan) setelah sekian tahun tersimpan diantara tumpukan buku dan majalah. Maklum deh, karena koleksi berita mengenai world cup edisi-edisi sebelumnya tidak terpikirkan untuk melaminatingnya. Alasan yang agak lebih prestise sih karena saya terlanjur minta copy file matrik pertandingan piala dunia yang dibuat oleh salah satu teman di kantor dan saya juga janji kalau mau menggunakannya sebagai bahan postingan di blog. Ini sih bisa dibilang gak modal ngumpulin datanya, ya gak apa-apalah lha wong matrik rekapan hasil pertandingan world cup 2018 yang dibuat oleh si teman saya itu hanya disimpan di hard drive PC. Artinya, dengan saya publish begini kan bisa long lasting dan bisa dibaca oleh banyak orang lain.
    32 Negara yang berlaga di World Cup Tahun 2018
    Baiklah, agar tidak berkepanjangan narasi pembukaannya, inilah ringkasan hasil pertandingan di babak penyisihan yang dimainkan oleh 32 timnas. Hasil dari babak penyisihan mengantarkan 16 negara yang maju ke babak per delapan final dengan sistem gugur. 
    Melalui pertandingan yang sengit di babak di babak per delapan final akhirnya 8 negara maju ke babak perempat final yaitu: Urugay Vs Portugal, Perancis vs Argentina, Brazil Vs Meksiko, Belgia vs Jepang, Spanyol vs Rusia, Kroasia vs Denmark, Swedia vs Swiss, Kolumbia vs Inggris.
    Melalui pertandingan yang tak kalah sengitnya, akhirnya bagi timnas yang kalah harus ikhlas menerima kekalahannya dan impian untuk tampil di laga final terpaksa disimpan lagi rapat-rapat. Dari babak per delapan final, timnas yang maju ke babak perempat adalah Perancis vs Belgia dan Kroasia vs Inggris. Kroasia yang tampil gemilang dan memukau untuk kali pertama selama kepesertaannya di Piala Dunia sukses melaju hingga babak final, berhasil memupus impian Inggris yang sudah yakin dengan yel-yel nya Football is coming home tapi harus rela menerima kekalahan dari Kroasia di babak semifinal dengan skor 2 – 1 untuk kemenangan Kroasia. Sedangkan hasil pertandingan di babak semifinal antara Perancis VS Belgia mengantarkan Perancis melaju ke babak final dengan perolehan skor 1 – 0.
    Babak perempat final Piala dunia Tahun 2018

    Laga panjang pertandingan world cup 2018 mempersembahan timnas yang berhak untuk berlaga babak final adalah Belgia VS Inggris dan Perancis VS Kroasia. 

    Laga final untuk memperebutan tempat ke-3 Belgia  vs Inggris dengan hasil 2-0. Gol pertama dicetak oleh Thomas Meunier di menit ke-4, gol kedua dihasilkan terjadi pada menit ke 82 oleh Eden Hazards sehingga timnas yang dijuluki The Rode Duivels berhasil merebut posisi ketiga di piala dunia tahun 2018.

    Sedangkan laga final yang mempertemukan Timnas Kroasia dengan Timnas Perancis di World Cup 2018 yang berlangsung pada 15 Juli 2018 ini seakan mengulang drama pertemuan kedua timnas tersebut dua dekade sebelumnya. Tak hanya itu, piala dunia 2018 ini juga merupakan ukiran tinta emas di dalam sejarah sepak bola dunia karena untuk pertama kalinya Kroasia melenggang sampai babak final dan berhadapan (lagi) dengan Timnas Perancis. 

    Bisa dibilang pertemuan kedua timnas tersebut mengingatkan kembali pada  pertandingan di babak semifinal  world cup 1998. Dimana kala itu, di babak semifinal  Kroasia berhadapan dengan Perancis dengan skor 2 – 1 untuk kemenangan Timnas Perancis. Hasil semifinal tersebut mengantarkan Kroasia untuk berhadapan dengan Timnas Belanda di laga final dan berhasil membukukan kemenangan 2 – 1 bagi timnas Kroasia yang sekaligus menempatkan Kroasia sebagai juara ketiga pada world cup tahun 1998.

    Sekilas flashback perhelatan piala dunia tahun 1998 tersebut adalah salah satu motivasi bagi kroasia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dan seolah sebagai ajang pembuktian untuk membuat hasil pertandingan  yang lebih baik dari moment pertemuan dengan Timnas Perancis di laga semifinal wordcup 1998.

    Tentu semua pecinta sepak bola sudah sangat-sangat berharap Babak final untuk menentukan siapa yang layak jadi juara piala dunia 2018 akan berlangsung dengan seru dan sengit antara Perancis vs Kroasia, yang berlangsung di Stadion Luzhniki, Moskwa, Rusia.

    Kemenangan Perancis sudah dimulai di babak pertama dengan unggul 2 -1 hasil gol bunuh diri dari Mario Mandzukic dan hadiah penalti dari Antoine Griesman. Sebenarnya di babak pertama, Kroasia berhasil menyusul dengan satu gol yang dihasilkan oleh Ivan Perisic. 
    Babak Final  World Cup Tahun 2018
    DI babak kedua, kroasia yang digawangi oleh kiper Danijel Subasic harus rela kebobolan 2 gol hasil tendangan Paul Pogba di menit 59 dan gol yang dihasilkan oleh Kylian Mbappe di menit 65.
    Kroasia yang tetap bersemangat kemudian berhasil menambah koleksi golnya menjadi dua oleh tendangan Mandzukic di menit 69. Dan hingga peluit terakhir berbunyi skor pertandingan tetap 4 – 2 untuk kemenangan Timnas Perancis.

    Bagi Perancis, menjuarai World Cup 2018 ini merupakan kemenangan yang kedua kalinya setelah kemenangannya dua puluh tahun silam, yakni di babak final world cup tahun 1998 ketika Timnas Perancis vs Timnas Brasil  dengan hasil akhir yang cukup tragis bagi Brasil yaitu 3 – 0, padahal ketika itu Timnas Brasil diunggulkan dibandingkan Perancis.

    Demikianlah, drama nostalgia pertemuan antara Timnas Perancis dan Timnas Kroasia yang berakhir dengan hasil kekalahan (lagi) bagi Kroasia dan menjadi perolehan yang kedua kali bagi Timnas Perancis Menjadi Juara World Cup Tahun 2018. Meskipun demikian, hasil yang diraih Timnas Kroasia sangat luar biasa karena berhasil menduduki posisi runner up di ajang piala dunia tahun 2018. 


    No comments

    Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
    Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
    Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

    Komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

    So, be wise and friendly.