Katresnanku Marang Boso Jowo

Katresnanku Marang Boso Jowo. Bicara dalam Bahasa daerah utamanya Jawa sudah menjadi keseharian sejak kali pertama saya bisa bicara dan sampai saat ini serta InsyaAllah untuk selanjutnya. Tapi kalau menulis dalam bahasa Jawa ya sudah bai-bai semenjak menanggalkan atribut anak SMP. Nah Bismillahirrahmaanirrahiim kali ini saya mencoba ikutan tantangan Aku Cinta Bahasa Daerah GiveAway, all out deh mbikinnya....walau hasilnya carut marut kayak habis kena cekeran anak ayam, enakan sih makan telur ayam kampung asli deh.

“ Ngomong babagan tresno karo boso daerah, aku percoyo menowo kabeh uwong iku tresno karo boso daerahe. Salah sijine yo aku iki, buktine sakbendino ngomongku nek nang omah, karo konco kerjo, ketemu konco sekolah lan karo tonggo-tonggo yo nggawe boso Jowo. Akeh-akehe yo ngomong Jowoan ngoko, opo maneh nek karo konco sekolah.....iso-iso omongane gak ngoko tapi nglokro....~sak karepe dewe maksud’e, hehehhee.

Tapi nek karo wong tuwo = Simbok lan Pak’e aku pancen nggawe boso Jowo sing rodo alus, yo isih kecampuran karo Jowo ngoko. Opo maneh nek lagi omong-omongan gayeng pas kumpul bareng kabeh dhulur podo teko. Boso Kromo karo Simbok lan Pak’e jadi campur aduk. Karo wong liyo sing usiane sepuh utowo ketemu Guru jaman SD, tak usahakno ngomong boso sing rodo alus. Podo karo nek ngomong karo Simbok lan Pak’e,  kadang kebulet dadi dicampuri nganggo boso Indonesia nek wes bingung gak ketemu sing arep tak omongno boso aluse  opo.

Nah, sing lucu nek ngomong karo mbak Iparku sing soko Palembang. Nek lagi pengen usil aku ngomong boso Jowo, terus dewek’e ora ngerti maksude....Untung wae Mbak Iparku gak mbales nggawe bosone sumatera. Luweh lucu maneh pas mertuane Cak Po sing soko Palembang silaturahim nang Omah. Simbok karo Pak’e ora iso ngomong boso Indonesia, mung sithik-sithik ngerti maksude nek ono krungu omongan nggawe boso Indonesia. Lha mertuane Cak Po yo ora biasa ngomong boso Indonesia. Dadine wong tuwoku gayeng ngomong boso Jowo, terus Mertuane Cak khusyuk nggawe boso sumatera. Klakon dadi tontonan lan guyon, nyawang wong tuwoku karo besane ngomong nggawe boso daerahe dewe-dewe....”

Udah ah, aseli belibet jugak nulis Boso Jowo. Padahal tiap hari ngomong ya cap cus bablas lancar. Biar gak pada roaming, ini traslate singkatnya ya:

Sebagai perwujudan cinta terhadap Bahasa Daerah saya, yaitu Jawa maka sehari-hari saya menggunakan bahasa Jawa, sampai sekarang tebiasa berkomunikasi baik di rumah, kantor dan sama-sama teman semasa sekolah [kalau ketemu]. 

Kalau bicara pada Orang Tua, saya memang menggunakan Bahasa Jawa pada level Kromo/halus meskipun gak fasih-fasih banget. Juga pada orang yang lebih tua lainnya atau pada Guru sekolah atau bicara pada orang tuanya teman, meskipun tak jarang masih nyatut kalimat Bahasa Indonesia bilamana mengalami roaming untuk menemukan frase-nya dalam Bahasa Jawa Kromo.

Adegan yang lucu dalam penggunaan Bahasa Jawa ini, kalau di keluarga saya adalah pas ngobrol-ngobrol dengan salah satu kakak Ipar yang aslinya dari Palembang. Sesekali saya suka usil menggunakan Bahasa Jawa yang dia gak paham maksudnya. 

Yang lebih lucu lagi, ketika ada mertua cak Po yang silaturahim ke rumah sekira 3 tahun lalu. Kedua orag tua saya gak bisa ngomong bahasa Indonesia, dan mertua Cak Po juga sangat cinta dengan Bahasa daerahnya. Al hasil, orang tua saya dan mertua Cak Po pun berkomunikasi dengan menggunakan bahasa daerahnya masing-masing, semacam belajar Bahasa Inggris karena masing-masing gak ada yang paham artinya, hehehe. Luar biasanya obrolan mereka banyak nyambungnya lho? Iya sih, ada beberapa yang perlu di terjemahkan dulu...


Mencoba untuk merangkai tulisan ala kadarnya ini diantara ‘keributan’ di Off line.
Maka dengan penuh suka cita




Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

21 comments:

  1. Sorry bang , om , tante, kakak , mba semuanya. Saya pertamax

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertamax oplosan deh... keduax tuing**

      Delete
    2. wah udah ikut punya ne niar nih.
      boso mu kasar men mbak? :p

      cie cie yang mauuuuuuuuuuuuuuu..
      pasti nggak bakalan di bales nih :D

      Delete
  2. sukses untuk ngontesnya ya Rie.. dan sukses juga untuk ehem ehem! :)

    ReplyDelete
  3. saya agak bingung di tempat saya sekarang. lha bahasa daerahnya bahasa sunda je. anak2 saya harus berapresiasi setiap hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga nda jelas "asbabun nujun" nya. Lahir di Jakarta, besar di Bekasi. Menikah di Jogjakarta, dan menetap di Pontianak. Kira kira asal saya dimana ya

      Delete
  4. Gampangan nulis basa jawa ketimbang suruh ngomong nek ngaranku :p

    ReplyDelete
  5. walah jago tenan bahasa jowonya kowen..

    hahaha.. maaf kalo salah.

    _________________
    Blog dengan segala isi yang akan membuat hari-hari mu tidak bosan, stay enjoy, keep smile. Go to http://sdftyujklvbn.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Kagak ngerti ane boso Jowo..

    ReplyDelete
  7. Waaah... waaah..., dadi pengen ngomong boso Jowo terus nek ngene iki Rek, hehe...
    Semoga sukses ngontesnya ya, Mbak.

    ReplyDelete
  8. saya suka bahasa jawa mbak, tp kalu aksara jawa, saya kurang suka. hehe

    ReplyDelete
  9. sukses ngontesnya yah mbak :)

    ReplyDelete
  10. kalau orang palembang ndak paham bahasa jawa, orang jawa gag paham palembang, hahahaha :D

    Makasih yoo mbak rie udah ikutan, dicatet PESERTA :D

    ReplyDelete
  11. kadong ngomong karo wong palembang mesisan gawe boso jowo suroboyoan. mantep :D

    ReplyDelete
  12. sesama teman juga kadang suka menjahili mbak

    ReplyDelete
  13. nderek komen nggeh, aku wae sing dudhu wong jowo iso ngomong jowo (tapi ra iso kromo hinggil) :)

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.