Meski Peak Season, ngeTRIP Tetap Santuy dengan Naik Kereta Api Lanjutan

Kereta api adalah jenis alat transportasi yang efisien untuk mengangkut banyak penumpang dalam jarak dekat maupun jarak jauh. Memiliki jalur tersendiri, kereta api menjadi kendaraan yang terbebas dari hambatan seperti macet sehingga dapat mengantarkan seluruh penumpangnya dengan tepat waktu. Kelebihan inilah yang membuat banyak orang menjadikan kereta api sebagai alat transportasi favoritnya terutama untuk menempuh perjalanan jarak jauh. 

Jalur kereta api lintas Jakarta merupakan jalur kereta api yang mengitari seluruh daerah DKI. Jalur ini menghubungkan berbagai jurusan di Jawa, dari dan menuju Ibukota. Melalui aplikasi traveloka, ke ibu kota naik kereta bisa dari mana saja. Pilihan jalur alternatif yang disediakan traveloka, membuat siapapun kini bisa naik kereta api dari stasiun manapun. 

Alternatif Kereta Lanjutan dari Traveloka
Cara kerja kereta lanjutan sama dengan penerbangan transit. Kereta alternatif akan memberikan rute kereta agar kamu bisa sampai ditujuanmu meski sudah kehabisan kursi. Dengan kereta ini kamu bisa mencapai kota tujuan dengan terlebih dahulu transit di satu stasiun dan berganti kereta untuk sampai pada tujuan akhir. 
Peak Season, ngeTRIP Tetap Santuy dengan Naik Kereta Api Lanjutan
Berikut ini situasi-situasi tertentu yang membuat kamu sangat terbantu dengan adanya kereta lanjutan:
1. Ketika kehabisan tiket untuk rute langsung
Pada momen-momen tertentu seperti libur tahun baru dan hari raya, kebutuhan tiket kereta api meningkat tajam. Tidak sedikit pengguna yang kehabisan rute langsung menuju tujuannya karena kalah cepat saat memesan. Dengan adanya kereta lanjutan, kamu dapat menemukan rute lain menuju kota tujuanmu. 

2. Saat tidak ada kereta langsung
Kamu mungkin pernah mengalami keadaan dimana tidak menemukan kereta langsung menuju kota tujuaan saat sedang merencanakan pergi ke suatu tempat. Alhasil kamu harus mencari transportasi lain untuk menyambung perjalanan. Kini hal tersebut tidak perlu lagi dilakukan, kereta lanjutan akan mencarikan rute kereta alternatif menuju destinasi yang diinginkan hanya dengan satu kali memesan. 

3. Jika kamu khawatir akan tiba tengah malam di kota tujuan
Kereta lanjutan akan mengantarkanmu tiba di kota tujuan dengan banyak pilihan kereta dan rute yang bervariasi, jadwal keberangkatan dan kedatangannya pun akan lebih bervariatif. Kamu tidak perlu khawatir kehabisan kendaraan keluar dari stasiun karena tiba pada malam atau dini hari. Pilih jadwal keberangkatan dan kedatangan yang paling sesuai dengan jadwalmu menggunakan jadwal kereta lanjutan.

4. Ketika ingin menikmati perjalanan dengan santai
Kamu mungkin memiliki keinginan untuk menikmati perjalanan dengan santai dan tidak terburu-buru, kereta lanjutan adalah jawaban dari keinginanmu tersebut. Kamu bisa beristirahat sambil menikmati keindahan kota lain sejenak saat transit. 
Peak Season, Ngetrip Tetap Santuy dengan Naik Kereta Api Lanjutan
Pesan Kereta Lanjutan dengan Mudah
Memesan kereta lanjutan sama mudahnya dengan memesan kereta langsung. Pada halaman pencarian akan tampil opsi dengan label ‘Kereta lanjutan’. Lihat detail perjalanan menuju ke kota tujuanmu, jika sudah sesuai kamu bisa memesan dengan mengisi data diri. Tersedia beberapa metode pembayaran yang bisa kamu pilih, lalu lakukan pembayaran sebelum batas waktu habis. 

Perjalananmu menggunakan kereta lanjutan mungkin akan menyita durasi lebih lama dibanding menggunakan kereta langsung. Akan tetapi jika bisa menikmatinya, kamu akan melalui perjalanan yang lebih menyenangkan dibanding biasanya. Banyak tempat-tempat baru yang bisa dieksplor selama perjalanan, dan ada banyak waktu yang bisa digunakan untuk bersantai. Saat berhenti untuk transit, kamu bisa menyempatkan waktu untuk berjalan-jalan di sekitar kota. Kamu harus tetap memperhatikan waktu transit ya, jangan sampai tertinggal kereta karena terlalu asyik berkeliling. 

Kereta lanjutan juga menjadi alternatif yang paling tepat ketika kota tujuan tidak dilalui kereta api utama. Jika tinggal di Pulau Jawa, kamu pasti tahu bahwa hampir setiap kecamatan memiliki stasiun kereta api. Namun sayangnya tidak semua stasiun itu dilalui kereta utama. Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan seperti traffic penumpang yang dianggap tidak terlalu tinggi, sehingga tidak worth it jika harus dilewati kereta utama. Menggunakan kereta lanjutan adalah pilihan yang akan sangat memudahkan perjalananmu. Dibanding harus betukar moda transportasi, kamu bisa mendapatkan 2 tiket perjalanan sekaligus dengan membeli kereta lanjutan. 

Kini, tidak perlu lagi khawatir kehabisan tiket kereta saat mudik karena ke ibu kota naik kereta bisa dari mana saja menggunakan kereta lanjutan. 

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan (Blogger, Buzzer, Coffee Lover) and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Thanks for visiting my blog and hopefully will visit again with pleasure.

17 comments:

  1. Aku belum pernah naik kereta api sama sekal, akrena di Kalimantan belum ada kereta api mbah. Hahaha

    Oh iya dengan adanya kereta lanjutan ini bagus ya mbak soalnya nggak perlu khawatir lagi nih kalau kehabisan tiket. Apalagi kalau mau lebaran nanti pasti banyak yang udah borong tiket buat pulkam ta.

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah naik kereta api sama sekali, karena di Kalimantan belum ada kereta api mbak. Hahaha

    Oh iya dengan adanya kereta lanjutan ini bagus ya mbak soalnya nggak perlu khawatir lagi nih kalau kehabisan tiket. Apalagi kalau mau lebaran nanti pasti banyak yang udah borong tiket buat pulkam nanti.

    ReplyDelete
  3. Bagi warga Kalimantan seperti aku, transportasi berupa kereta api bukan hal yang familiar. Jd ga terlalu mudeng gimana enaknya naik kereta langsung atau kereta lanjutan. Mungkin mirip sama naik pesawat langsung atau transit kali ya.

    ReplyDelete
  4. Saya paling suka jalan-jalan naik kereta api. Suka suasananya dari mulai nunggu kerei datang sampai turun dari kereta. Beli tiket online juga di Traveloka nggak ribet.

    ReplyDelete
  5. Informasi nya bermanfaat banget kak.
    Saya juga kalau pulkam naik kereta dan asal purwokerto.

    Alhasil transportasi paling digunakan iya kereta api, simpel, nyaman dan aman. Aplgi pesan nya dari traveloka banyak bgt promo.

    ReplyDelete
  6. Infonya menarik juga, nih. Aku kebetulan suka sekali naik kereta api kalo kemana-mana. Simpel, nyaman dan juga aman. Aku bisa tidur sepuasnya di dalam kereta sembari menyaksikan pemandangan alam saat bangun kelak.

    Sepertinya, pesan tiket KAI lewat traveloka ini menarik juga, belum pernah aku coba sebelumnya.

    ReplyDelete
  7. Baru dua kali jalan-jalan menggunakan kereta api di tahun 2000an, dan belum senyaman saat ini. Jadi penasaran untuk lakukan trip dengan transportasi kereta api deh

    ReplyDelete
  8. salah satu alternatif transportasi yang kusuka. terutama untuk perjalanan jauh kak, selain banyak pemandangan indah pasti juga lebih nyaman untuk duduk dan beristirahat. perjalanan semakin menyenangkan dan banyak pengalaman baru

    ReplyDelete
  9. Menarik juga fasilitas kereta lanjutan ini. Bisa sekalian jalan - jalan sebentar di stasiun transit. Tapi mungkin dengan catatan kita ga repot bawa banyak barang ya..

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah mengalami atau mencoba kereta lanjutan yang berganti kereta dulu gitu sih kaa. Aku penasaran Ka Riri, apakah tiket kereta lanjutan ini bisa dipesan satu kali gitu, atau bagaimana hihi. Transit tapi asyik sih ini, memorable dan sebentar

    ReplyDelete
  11. Wah baru tau soal kereta lanjutan.. ini pesan ditraveloka jg ya. Jd amaan dr awal aja pesan disana

    ReplyDelete
  12. Wah iya nih pernah dialami temanku pas mudik udah keabisan tiket akhirnya diakalin pesen tiket ke kota lain dulu baru pesen lagi tiket buat ke kotanya. Kalau gak dapat tiket jg katanya udah lbh deket buat cari transport lain sih pas itu, tapi untung dapat

    ReplyDelete
  13. Aku belum pernah nih mbak coba pakai kereta api lanjutan gini, meski waktu tmepuhnya jd lebih lama tapi perjalanan jadinya lebih santuy ya hehe

    ReplyDelete
  14. Aku belum pernah pakai kereta api lanjutan. Ini kalo bawa anak kayaknya capek banget karena musti angkat junjung koper. Huhuhu. Bagiku pake kereta api lanjutan such a nightmare. 😭

    ReplyDelete
  15. Saya baru tahu ada keereta lanjutan ini. Bagus banget untuk mempermudah perjalanan. Jadi tidak hanya andalkan jalur utama, ya.

    ReplyDelete
  16. Kereta api lanjutan ini sama dengan kereta biasanya yaa.. Misal seperti tujuannya sama, tapi mungkin dibawa keliling keliling dulu gitu,... Kaya bus trans gitu ga kak?

    ReplyDelete
  17. Keren, sekarang ga khawatir lagi mau liburan atau travelling kapanpun ya, soalnya kita bisa pantau harganya secara langsung di aplikasi TRAVELOKA.
    Jadi kepingin liburan secepatnya deh

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.