Header Ads

Life is flowing in its story leaving history
  • What's News

    7 Tips Belanja Hemat ini Bisa bikin Nikmatnya Bulan Ramadhan Makin Berlipat

    Salah satu esensi ibadah puasa Ramadhan adalah mendidik hawa nafsu, salah satunya adalah godaan untuk belanja secara khilaf (baca: tidak berhemat). Bukankah tak jarang kita temui, secara tak sadar atau bahkan sadar jika belanja yang kita lakukan di Bulan Ramadhan justru berlipat dari bulan-bulan lainnya? Lantas bagaimana langkah - langkah yang bisa dilakukan untuk meminimalkan aksi belanja khilaf di Bulan Ramadhan ini.

    Tak jauh-jauh, salah contoh yang (kerap?) saya lakukan adalah menu untuk takjil yang lebih dari satu macam. Meskipun sudah pengalaman kalau saat berbuka dengan minum segelas air putih dan beberapa biji kurma saja sudah cukup tapi toh masih saja (maunya) beli ini dan itu untuk menu buka puasa. Adakah anda juga demikian?

    Tak hanya soal menu buka puasa yang tak jarang bikin kita ‘khilaf’ pun belanja barang-barang kebutuhan selama Bulan Ramadhan seakan kita mendapat pemakluman dan dianggap wajar jika belanja ekstra di Bulan Ramadhan dengan budget yang wow dari biasanya itu lumrah.

    Well, Bismillahirrahmaanirrahiim seyogyanya kita bisa disiplin tanpa kompromi dalam mendidik hawa nafsu terlebih di Bulan Ramadhan yang memang merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan ketaatan, salah satunya adalah dengan bersikap hemat. 
    7 Tips Belanja Hemat ini Bisa bikin Nikmatnya Bulan Ramadhan Makin Berlipat
    Agar cash flow selama Bulan Ramadhan bisa sehat maka ada baiknya kita terapkan 7 Tips Belanja Hemat ini Bisa bikin Nikmatnya Bulan Ramadhan Makin Berlipat. 
    1. Belanja Online di ecomerce yang credible seperti Tokopedia bisa bisa menghemat waktu, tenaga dan emosi karena kita tidak perlu ribet kesana – kemari untuk berbelanja memenuhi kebutuhan selama Bulan Ramadhan. Apalagi cuaca saat ini bisa dibilang ekstra panas dan jalan raya yang semakin ramai, sudah kebayang kan betapa waktu tenaga dan emosi yang akan tercuri untuk berbelanja saja? Dari aspek ini, sudah jelas kan kalau opsi belanja online preferable, kita bisa menikmati puasa dengan lebih khusyu dengan mengerjakan hal lain yang lebih produktif sementara urusan belanja bisa dikerjakan dari rumah dengan klik-klik saja deh.
    2. MUST DO: bikin list belanja berdasarkan skala prioritas kebutuhan. Iya dong, jangan mentang-mentang bisa belanja secara online itu easy lantas asal klak-klik saja. Apalagi di ecomerce biasanya kan ada bejibun toko online yang kece badai dengan promo-promo yang hot sale. 
    3. Studi banding harga diantara toko online. Perlu di catet, membandingkan harga ini tak hanya antara ecomerce tapi antar pelaku penjualan online yang bernaung di bawah ecomerce yang sama pun sangat perlu untuk dilakukan karena masing-masing penjual tentunya memiliki penawaran harga yang berbeda-beda. Agar bisa hemat maksimal, ya tentu perlu untuk melakukan perbandingan harga dengan cermat dan tentunya dengan kesabaran juga.
    4. Utamakan produk lokal sebagai wujud cinta tanah air dan rasa persaudaraan. Kalau barang yang kita butuhkan ternyata tersedia di beberapa toko online dan beberapa diantaranya ada yang penjual lokal dan tidak lokal, kalau dari segi harga sudah sama dengan kualitas yang tak kalah dari produk luar negeri, tidak ada alasan untuk minder membeli produk dalam negeri kan? Bukan masanya lagi kita tersilau oleh menterengnya sebuah merk atau branded. Seperti kata (modifikasi) pepatah: don’t buy something by its brand.
    5. Setelah 4 langkah tersebut diterapkan, maka komponen berikutnya yang wajib dipertimbangkan adalah keberadaan (alamat) toko online. Sudah pada paham kan kalau harga barang yang kita beli secara online dipengaruhi juga oleh ongkos kirim (ongkir). Makin dekat alamat toko online, tentunya harga total yang harus kita bayarkan akan lebih hemat pula. Selain itu, kalau hendak komplain atau minta tukar barang pun sangat memungkinkan untuk langsung di datangi tuh tempat tokonya. Pun demikian jika hendak dikirim balik, ongkir baliknya lebih murah.
    6. Pilih cara pengiriman barang yang sesuai dengan kebutuhan, maksudnya saya adalah kalau sekiranya barang yang hendak dikirim tidak urgent dan bukan barang yang high risk (misalnya mudah pecah, cairan, cepat busuk), ya tidak ada salahnya kalau kita pilih pengiriman yang biasa karena metode pengiriman ini pun akan memberikan kontribusi terhadap harga yang harus kita bayarkan. Selain itu, masing-masing jasa ekspedisi juga memiliki standar harga yang berbeda-beda. Jadi teuteup dong, acuannya pilih cara pengiriman yang dianggap paling hemat.
    7. Kalau barang-barang sudah di order dan tipe pengiriman pun sudah dicentang, saatnya memiilih cara pembayaran yang dianggap paling oke. Saat ini kan sudah makin banyak pilihan cara pembayaran untuk pembelian secara online, mulai metode pembayaran dengan transfer cicilan, pakai kartu kredit, bayar via minimarket dan bahkan bayar di tempat (COD). Yang jelas, hindari untuk membayar secara langsung ke rekening personal (akun pribadi pemilik toko onlien) karena banyak kasus penipuan terjadi saat belanja online dialami saat transaksi dilakukan secara langsung secara personal dengan pemilik toko online (tidak melalui akun ecomerce).
    At least but not the last, 7 Tips Belanja Hemat ini Bisa bikin Nikmatnya Bulan Ramadhan Makin Berlipat, wajib dan kudu tak lupa memperhitungkan promo, diskonan dan apapun itu namanya yang bisa membuat harga barang semakin hemat maksimal. 

    Nah, sudah tahu apa belum neh kalau di bulan Ramadhan ini, Tokopedia lagi heboh-hebohnya menggelar serentetan promosi yang memberikan diskonan ekstra hebat sehingga aksi hemat dalam belanja akan membuat dompet selamat dari badai krisis.

    Yoiiii bui-buk, mak-emak, ma-mama dan semuanya yang mau belanja online, nantikan surprise Ramadan ekstra yang akan digeber habis-habisan oleh Tokopedia pada tanggal 25 Mei ini. Hayoo siapa yang sudah siap dengan wish list belanjaan? Tahan dulu ya, tunggu kejutan promosi dan diskon yang akan diberikan oleh tokopedia yang akan membuat aksi belanja hemat di Bulan Ramadhan bisa semakin berlipat dengan ekstra spesial yang di kelompokkan dalam kategori-kategori: ekstra ketupat, ekstra kejutan, ekstra flash sale dan ekstra bonus produk digital. 

    Mau tahu lebih banyak apa saja yang di obral abis-abisan oleh Tokopedia selama Bulan Ramadhan ini, monggo di kepoin info detailnya di sini https://www.tokopedia.com/ramadan mulai tanggal 25 Mei nanti yaaaa....

    1 comment:

    1. Wah iya, ya. Belanja berlebihan juga termasuk mengikuti hawa nafsu. Setuju dengan tips-tips di atas. Semoga Ramadan kita selalu berkah.

      ReplyDelete

    Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
    Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
    Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

    Komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

    So, be wise and friendly.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad