WHAT'S NEW?
Loading...

Cara Sehat dan Alami Agar tetap Bugar Saat Datang Bulan

Datang bulan atau Menstruasi terjadi saat pelepasan hormon prostaglandin oleh tubuh yang merangsang kontraksi otot rahim yang menyebabkan peluruhan lapisan dinding rahim. Selama proses peluruhan ini, kadang disertai gejala-gejala (efek) antara lain: Rasa nyeri/ kram, keputihan, berubah-ubahnya (unstable) mood (mood swing) akibat menurunya kadar hormon estrogen dan progesteron selama masa menstruasi.

Sebenarnya Bismillahirrahmaanirrahiim masih ada beberapa efek-efek yang menyertai menstruasi, tapi 3 keluhan tersebut memang yang paling sering terjadi serta paling banyak dialami oleh kaum wanita yang (masih) mengalami menstruasi yang tak jarang dirasakan menjadi friksi dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Survei yang dilakukan oleh Frontier menunjukkan 62,7% dari Wanita Indonesia mengalami nyeri yang cukup mengganggu saat menstruasi. Tidak sedikit wanita yang (akhirnya) memilih cara-cara instan demi menganulir rasa nyeri yang dialaminya saat datang bulan, dan alpha terhadap efek sampingnya. Ketika rasa nyeri tak tertahankan, sebagian cenderung malas bergerak (mager) dan enggan berolahraga. Padahal dengan tetap aktif bergerak dan berolahraga bisa memperlancar aliran darah sehingga bisa mengurangi (meminimalkan) rasa nyeri dan keluhan-keluhan lainnya saat haid. 
Kampanye “Stay Fresh and helathy with Kiranti” yang saya ikuti memberikan brain storming kepada semua peserta yang hadir dalam acara yang dikemas dalam bentuk Yoga in the Air with Kiranti, di Lippo Plaza, Yogyakarta (3/12/2016) lalu, mengajak wanita Indonesia TIDAK menjadikan tamu rutin bulanan tersebut sebagai halangan untuk beraktifitas. Saat menstruasi, wanita banget untuk tetap segar dan bugar dalam menjalani peran dan tugasnya, dengan cara kemabli ke bahan-bahan alami dan teratur melakukan yoga. 

Sudah familiar kan dengan olahraga yang namanya YOGA ini? Yoiiii, setidaknya saya sudah sedemikian akrab dengan si Yoga ini tapi belum pernah ikutan. Makanya antusias banget kala ada kesempatan untuk ikutan acara Yoga in the Air yang mengambil tempat di rooftop-nya Lippo Plaza, sekaligus punya modus pengen pepotoan dari rooftop tersebut. Walaupun modus tersebut akhirnya harus saya ikhlaskan karena cuaca yang berganti dengan ritmis hujan yang kian merapat, sehingga acara Yoga pun dipindahkan ke area parkir (atas) Lippo Plaza.

Meski terjadi perubahan at last minutes menjelang pelaksanaan Yoga in the Air tersebut, toh tidak mengurangi semangat dan antusiasme para peserta Yoga yang sudah berbondong-bondong datang ke Lippo, bahkan berangkat dari rumah jam 05.00 pagi pun dijabanin (saya maksudnya yang pertama kali datang, hehehehe).

Back to the Yoga, olah raga yang pada dasarnya bertujuan menyatukan tubuh, pikiran dan jiwa, serta membuat ketiganya bekerja secara seimbang, dengan demikian diharapkan bisa mengatasi keluhan-keluahan yag kerap dialami oleh wanita saat menstruasi. 
Credit: IG diarykiranti
Gerakan yoga pencegah nyeri haid yang diajarkan oleh Ibu Amalina saat acara Yoga in the air with Kiranti, salah satunya adalah Supta Badda Konasana. Gerakan yoga ini adalah:
  1. dimulai dengan duduk dandasana di atas matras dengan kaki lurus, kemudian lutut ditekuk dan satukan telapak kaki di depan pangkal paha, kedua telapak kaki saling menekan dan sisi tepi luar telapak kaki harus berada di atas matras. 
  2. Lebarkan paha hingga lutut turun ke arah matras (jika lutut belum bisa menyentuh lantai, kita dapat meletakkan selimut di bawah lutut untuk mengurangi ketegangan, tekan lutut ke arah matras.
  3. Rebahkan punggung mendatar di atas matras secara perlahan. Istirahatkan tubuh di posisi ini selama beberapa menit sambil bernafas normal. Pose ini sangat bagus untuk menguranggi kram di daerah perut.

Selain dengan yoga, keluhan saat haid juga bisa diatasi dengan Kiranti Sehat Datang Bulan. Ya…yaaa….selain melakukan yoga bersama, yang pesertanya di dominasi oleh wanita, dalam acara Yoga In the Air ini juga dalam rangka memperkenalkan kemasan dan teknologi terbaru Kiranti yang lebih modern dan fresh. Kiranti dan Yoga merupakan dua hal positif yang bertujuan untuk membantu menjaga kesehatan wanita ketika menjalani siklus menstruasi, demikian ujar Pak Harianus I. Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT.
Credit: IG DiaryKiranti
Rasanya, sebagian besar orang Indonesia paham benar bahwa banyak bahan alami hasil kekayaan bumi pertiwi ini yang memiliki sejuta manfaat, salah satunya kunyit atau kunir. Bahan alami ini sudah dikenal dan digunakan sebagai obat tradisional secara turun temurun, selain sebagai bumbu dapur tentunya. Kunit atau curcuma domesticae rhizoma memiliki kandungan kurkumin yang berkhasiat untuk anti inflamasi (mengatasi nyeri haid), anti jamur, anti bakteri (baik terhadap jamur penyebab keputihan maupun bau tidak sedap), antioksidan dan dan imunostimulan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. 

Dalam rangka agar lebih banyak wanita yang bisa menggunakan dan mendapatkan manfaat kesehatan dari si kunit ini, maka Kiranti sengaja menggunakannya sebagai bahan utama. Yups, Kiranti merupakan minuman sehat wanita untuk mengatasi masalah wanita dan memelihara kesehatan wanita sejak tahun 1994, terbuat dari bahan-bahan alami pilihan anatara lain: kunyit, asam jawa, jahe, kayu manis dan gula jawa, Dalam proses produksinya, Kiranti menggunakan teknologi modern untuk menjaga higienitas dan keamanan produk. Pada tahun 2005, Kiranti berhasil mendapatkan sertifikat Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik dan Benar (CPOTB) dan merupakan satu-satunya minuman untuk mengatasi keluahn datang bulan yang mendapatkan  sertifikat Obat Herbal Terstandar (OHT) atas pembuktian kemanana dan khasiatanya melalui uji pra klinis dan bahan bakunya yang telah distandarisasi.
Acara Yoga in the Air with Kiranti ini juga sebagai acara sounding akan kehadiran varian baru dari OT, sehingga saat ini ada tiga jenis varian Kiranti yaitu:
  1. Kiranti Sehat datang bulan original yang menggunakan air mineral sebagai bahan pelarut alami. 
  2. Kiranti Sehat datang bulan Plus Juice yang menggunakan satu buah jeruk asli sehingga memiliki rasa segar, tidak pahit dan lebih bisa diterima bagi orang-orang (wanita) yang kurang suka terhadap rasa jamu.
  3. dan Kiranti Pegal linu yang aman diminum kapan saja dan berfungsi untuk membantu mengatasi pegal linu, letih, dan meringankan sakit pada persendian serta menghangatkan tubuh.

Jadi, Cara Sehat dan Alami Agar tetap Bugar Saat Datang Bulan bisa diraih dengan Yoga dan teratur minum Kiranti sehat datang bulan (original maupun plus juice) 3 hari sebelum haid, saat menstruasi dan 3 hari pasca datang bulan. Anda yang biasanya mengalami kondisi yang dianggap dilematis saat datang bulan, kini bisa tetap tampil prima, aktif dan  energik dalam menjalani multi perannya secara multitasking juga tentunya.  

4 comments: Leave Your Comments

  1. Aku kalo sakit datang bulan bawaannya pengen nungging, hahahaa. Ternyata yoga bs bantu ya

    ReplyDelete
  2. Enlighten. Thanks for share!

    ReplyDelete
  3. ternyata yoga bisa membantu para wanita dlm mengatasi nyeri saat men

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.