WHAT'S NEW?
Loading...

Toko Online Impian(ku)

Punya keinginan membuat toko online yang sukses? Buku “Sukses Membangun Toko Online” By Carrolina Ratri ini InsyaAllah bisa menjadi salah satu bekal untuk mewujudkan impian tersebut. Dan saya pun Alhamdulillah kebagian secara gratis buku yang  berisi tutorial membangun on line shop yang efektif tersebut ketika menghadiri Seminar Wirausaha perempuan. Ulasan dalam buku setebal 211 ini memaparkan seluk beluk dan lika-liku mengenai bisnis di dunia maya, yang sebenarnya berpeluang untuk ditekuni oleh kaum perempuan, Bismillahirrahmaanirrahiim apalagi jika memang concern dengan pilihan being full house wife tapi tetap bisa memiliki sumber income  sendiri for any reason deh pokoknya ataupun bagi perempuan yang aktif bekerja tapi juga tertarik untuk berbisnis, maka toko online merupakan salah satu alternatif yang sangat mungkin untuk dijabanin.

Tertarik dengan Toko Online?
Iyah, sejak lama saya pengen punya toko online. Tapi stag dalam konteks keinginan without progress dengan pertanyaan singkat tapi bikin galau berkepanjangan: Gawe toko online kui kudu piye tho? Hemm, pertanyaan yang tak sekedar pada ‘tempat’ yang disebut sebagai toko on line-nya. Tapi semua hal yang terkait dengan penanganan agar toko online yang saya inginkan tersebut bisa survive dan fight di antara komunitas toko on line yang semakin buanyakk. 
Aji mumpung ketemu penulisnya: Mak Carra
Dan setelah mendapat buku “Sukses Membangun Toko Online”, menjadi penguat motivasi bagi saya untuk memiliki toko online. Tahu kan alasannya kenapa? Lha sudah dapat panduan yang lebih konkrit tentang bagaimana tata cara membangun toko online dari buku Mak Carra tersebut. Secara buku tersebut juga disusun berdasarkan studi kasus pada pelaku bisnis berbasis internet yang sudah eksis dan memiliki kestabilan marketing. Dan Ndilalah, pada kesempatan berikutnya ketemu dengan seseorang yang punya hobi desain dan salah satu penyalurannya adalah dengan mendesain batik. Ngobrol sana-sini akhirnya sampai pada kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan “ bolehkan jika kain batik desain Bapak tersebut saya pasarkan secara On Line”.  Alhamdulillah si Bapak berkenan karena memang beliau juga berencana untuk memasarkan hasil desain batiknya secara on line tapi demi mengingat kesibukan yang cukup tinggi sehingga niatan tersebut belum bisa direalisasikan. So far, follow up riilnya masih menunggu beliau balik dari negeri kincir angin. 

Mencari suplier seperti si bapak tersebut, saya ambil untuk stocking isi toko on line. Saya juga mulai membuka dialog serius dengan teman yang punya link ke pelaku usaha skala UKM. Selain itu, nantinya bisa juga kan saya majang barang jualan dari item produk yang ada di show room kantor?. Untuk fasilitas toko on line juga saya pakai media gratisan dulu, start with new blog. Tuh keliatan banget gak mau modal tho? MODAL iritisasi alias hemat polll!!! Bukan gak mau ngeluarin modal, tapi langkah ini saya ambil dengan pertimbangan untuk media praktek langsung dan belajar memanage toko online. As a new comer dan dengan pedoman bukunya Mak Carra ini, saya tetap perlu space time untuk mengadaptasikan diri dan waktu untuk menemukan pola yang harmonis dalam mengelola toko online. By the time, ketika saya sudah mulai bisa mengenali pasang surut gelombang toko on line, saya pengen memfokuskan toko on line saya pada produk out fit perempuan. Secara kan kaum hawa yang suka belanja dan tampil fashionable? Serta model-model out fit perempuan kan dinamis banget perkembangannya.

Saat ini, baru URLnya yang ready: www.rikinkin.blogspot.com Plisss, alamat blog ini aseli baru itu duang yang saya siapkan. Nah, adakah yang berkenan memberi saran/ide/alternatif nama yang catchy untuk Toko Online Impianku ini? #bahkan cari nama toko saja minta bantuan nehNantinya semoga bisa dengan hosting dan domain sendiri, semoga Aamiin. Untuk template dan desain/layout, semoga bisa segera fixed. Akan lebih cepat lagi neh jika menang Ganya Mak Carra ini, kan bisa dibuatin tuh toko onlinenya. Untuk handling dan managementnya, InsyaAllah saya akan mencoba menerapkan ilmu magic yang sudah dibagikan dalam buku “Sukses Membangun Toko Online”.

Teruus, jika masih ada yang gak mudeng atau butuh advise, bisa kan korespendesi dengan sang penulis buku tersebut? Soal friksi-friksi terkait operasional toko online, semoga para sahabat Emak-Emak ketjeh yang sudah established OlShopnya berkenan memberikan bala bantuan. Pokoknya, semoga wishlist punya toko online bisa terwujud tahun ini. Aamiin.



Tulisan ini diikutkan dalam lomba blog TOKO ONLINE IMPIANKU 
By Aurabatik dan Kawan Buku.

♠ Facebook | Twitter | Instagram | Linkedin 

Pssttt, Reportase (singkat) acara seminar menyusul.....

32 comments: Leave Your Comments

  1. Wooowwww...monggo batiknya segera digelar di lapak Mbak Ririe.... :)

    ReplyDelete
  2. Aamiin, semoga bisa segera dibuka lapak online-nya ya mbak. Proses setting template dan lay out masih nunggu sang desainernya neh

    ReplyDelete
  3. Asik, asiiiik... siap window shopping di lapaknya mak Riri... ojo mahal2 ya mak :-)

    ReplyDelete
  4. Ga sabar nunggu hasil desin batiknya

    ReplyDelete
  5. semoga template, lay out, hosting dan domain nya cepet jadi ya :)
    sehingga cepet terealisasi toko online nya ya mbak.
    amiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin:)
      Itu artinya toko onlinenya br ide ya

      Delete
  6. Saya juga sudah mempersiapkan draft untuk membangun toko online. Sudah ada vendor atau pemasok barangnya. Tinggal teknisnya aja yang masih belum FINAL. Makasih sudah mengingatkan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, brarti bisa neh dimintai bantuan menata toko online saya juga

      Delete
  7. sudah lama sayapun pengen punya toko online, tapi masih bingung :(

    ReplyDelete
  8. ini anak saya banget Mbak. alhamdulillaah saya liat udah laris hehe..
    semoga Mbak Ririe lebih sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyae, Arien sj sdh pinter bisnis on line ya pak

      Delete
  9. Wowwww... batik! Saingan sama aurabatik nanti hahahahahaha
    Semoga segera diisi ya itu toko batiknya hohoho :)))

    Makasih udah ikutan :-*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whehehehe, berguru dulu sama aura batik mak oline

      Delete
  10. Cita2 ingin punya toko online akhirnya tercap[ai juga ya ... :) berkat : MODAL iritisasi alias hemat polll...!!! :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga bs terwujud toko online saya ya

      Delete
  11. Replies
    1. Aamiin,
      Meski gak menang lombanya, semoga terwujud toko online nya ya mbak

      Delete
  12. jalan2 ke toko Mak Ririe, ah :)

    ReplyDelete
  13. Haii mak Riri..
    Semoga terwujud ya impiannya..
    Sek nanti tak mampir2 lho ya ke lapaknya :)
    Sukses yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tunggu juga orderanya nanti loh

      Delete
  14. wah, ada mbak Carra ... gue juga ngimpi sih bisnis online, tapi gak jenak sinaunya. sukses lombanya, Rie! :)

    ReplyDelete
  15. Asyiiik ada yang merambah ke olshop batik. Tak doakan, moga sukses ya, Mba.

    ReplyDelete
  16. Meskipun modal serba ngirit bukan berarti gak bisa kok mbak.. Yang pasti kalo minim di modal berarti harus lebih di usaha.. Kebetulan saya juga mulai dari modal serba ngirit mba.. Hehehe

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.