WHAT'S NEW?
Loading...

Trend Belanja Online

Trend Belanja Online sudah menjadi hal yang jamak dan semakin membumi, apalagi dengan perkembangan internet dan maraknya jejaring social. Oia Bismillahirrahmaanirrahiim bagi penghuni perkotaan, gaya belanja On line juga dipilih untuk mengeliminasi kemacetan dan menghemat waktu. Lha daripada BeTe terjebak kemacetan, kan lebih baik waktu yang mestinya digunakan untuk hunting barang-barang kebutuhan dialihkanfungsikan untuk gathering sama keluarga tho? Saya pribadi memang belum sering belanja secara On line, kalai dihitung pakai jari ya belum genap sampai sepuluh jari. Kalau kebutuhan harian masih seputar kebutuhan konsumtif habis pakai: sembako kan gak perlu saya lakukan belanja secara On Line tho?

Nahhh, bilamana saya akan action belanja On line maka dasar hukum TIDAK SEMBRONO asal pilih on line shop HARUS saya utamakan sebagai soft ware yang ditanam dalam pikiran. Lha wong di dunia nyata modus penipuan berkeliaran dimana-mana, tentunya belanja secara On Line pun punya potensi terjebak dalam sistem penipuan. Saya sebut sistem karena cara dan gaya penipuan on line tentunya di desain sedemikian rupa sehingga semirip dengan situs on line beneran. Boleh dunk jika saya menerapkan HACCP untuk menentukan situs belanja on line. Saya kan mau belanja, bukan pengen kena tipu. Kalau kena tipu, barang gak dapat yang ada uang melayang dengan sukses tuh. Rata-rata situs belanja On line yang sudah existing memang sudah melengkapi performance lapaknya dengan FAQ, media komunikasi yang mudah di akses, cara pembayaran yang variatif, jasa pengiriman yang mampu menjangkau seantero wilayah dunia nyata, profil track record dan ketersediaan status order.

Berpedoman pada fenomena penipuan tersebut, maka saya akan menerapkan asas Hazard Analysis Critical Control Point [HACCP] dalam memilih ON Line Shop demi bisa menemukan web belanja online yang memiliki kredibilitas terjamin, sistem penjualan yang friendly, dengan kontak [alamat] selleryang akurat dan metode transaksi yang secure. Inilah beberapa langkah mengacu pada konsep HACCP yang perlu saya lakukan bilamana hendak berbelanja on line:
  1. Tanya teman/orang yang saya kenal yang sudah experienced di ranah belanja on line. Atau Gugling situs on line yang menyediakan barang yang hendak saya beli,  review reputasi tempat belanja tersebut dengan membaca testimoni yang tersedia di laman-nya.  Cross Check juga orisinalitasnya melalui akun twitter, facebook atau socmed lainnya. 
  2. Check & Richeck kejelasan seller dari kontak yang tertera, bila abu-abu dan meragukan saya pun tidak perlu ragu untuk men-delete dari daftar situs yang di bukmark. Misalnya si situs menyediakan barang branded dijual dengan discount 95%, ini sudah merupakan indikasi ketidaksehatan situs belanja online kan?
  3. Jika sudah menemukan situs yang credible, saya perlu membandingkan harganya. Dimanapun dan lewat belanja apapun, prinsip utama bagi konsumen teuteup jadi skala prioritas. Untuk jenis barang yang sama, tentu tetap dipilih yang memberikan penawaran harga lebih rendah. Meski demikian saya tidak boleh tergiur dengan penawaran harga murah atau discount yang tak masuk akal saat belanja. Pola Hitung menghitung harga barang + ongkir sangat perlu untuk dilakukan dengan membandingkan pada toko online  lainnya.
  4. Metode pengiriman dan cara pembayaran juga menjadi point yang sangat urgent. Karena bisa jadi metode pengiriman akan membengkak pada harga jual. Tentu lebih prefer dan apreciated jika situs belanja online memiliki sistem pengiriman dengan standar pengiriman seminimal mungkin, misalnya untuk pengiriman minimal sekian ribu Rupiah bisa free ongkir. Sedangkan untuk cara pembayaran, saya lebih suka yang bisa menggunakan Debit atau Cash On delivery. Yang paling aman yang metode COD, jika barang yang order cacat, pihak konsumen yaitu saya tidak perlu repot-repot claim dan sejenisnya.
  5. Jika point-point di atas sudah terpenuhi, tentu security sistem perangkat PC yang kita gunakan untuk beraktifitas belanja online tidak boleh diabaikan, Komputer saya harus didukung dengan antivirus yang handal dan up to date kemudian shut down PC/gadget yang saya gunakan dalam berbelanja on line. Serta yang sudah menjadi kebiasaan, keep all record baik yang berupa SMS, email atau struk bukti pembayaran untuk preventive alias jaga-jaga jika ada trouble dengan transaski yang saya lakukan tho.


Bagi yang sudah sering berinteraksi dengan dumay, event just memanfaatkan socmed, tentu sudah familiar dengan deretan toko on line yang berseliweran di front page berbagai situs sosial. Dan nama  Lazada melengkapi deret situs belanja on line yang sudah memiliki reputasi, ragam stock barang, dan kelengkapan fitur yang menjamin keamanan dan kenyamanan para pembelanja on line. Yang sangat menggiurkan adalah: Best Price Guarantee dari Lazada yang memastikan pembeli mendapatkan harga terbaik di produk-produk pilihan Lazada untuk segala kebutuhan termasuk bagi yang hendak ganti gadget atau tablet. Intinya program ini adalah sebagai berikut:

Setelah konsumen melakukan transaksi pembelian, bila konsumen menemukan harga yang lebih murah di toko online lainnya maupun offline ritel modern, Lazada akan mencocokkan harga dan mengembalikan selisih harga pembeliannya kepada konsumen. Silahkan Informasikan pada Lazada kode pemesanan maksimal 5 hari setelah pembelian dan beritahukan pada Lazada kompetitor yang menawarkan harga lebih murah. Lazada akan melakukan verifikasi harga dan memastikan barangnya ada di stok dan tersedia untuk penjualan dan pengiriman segera. Bila harga Lazada dikurangi, informasikan pada Lazada kode pemesanan dalam waktu 5 hari setelah pembelian dan Lazada akan mengembalikan kelebihan harga pembeliannya

Tuh kan, belanja on line di Lazada pun tidak kalah menariknya dengan situs on line lainnya. Wajar dunk jika Lazada bisa di rekomendasikan sebagai On Line Shop yang representatif dan credible? Gak boleh complain dengan penutup bernada promosinya lho yaaa...heheheee. 

15 comments: Leave Your Comments

  1. Lazada memang salah satu toko online yang populer,
    selamat berlomba ya, semoga menjadi pemenangnya,
    salam hangat dari Kalimantan Selatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketahuilah toko online resmi di indonesia selalu menggunakan domain dot co dot id :)

      Delete
  2. makin dimanjakan ya bisa belanja online

    ReplyDelete
  3. Hazard Analysis Control Point [HACCP]
    C satunya lagi apa tuh Mbak?

    ReplyDelete
  4. Best Price Guarantee...ini adalah salah satu keunggulan dari lazada, selamat berkontes ria..semoga menjadi yang terbaik...salam ;-)

    ReplyDelete
  5. Belanja Online itu.. bikin boros deh, semuanya bagus sih hehehe tapi enaknya enggak usah repot :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan yang biasa nganterin bisa beristirahat
      hehe...
      sorry curhat

      Delete
  6. Bagi yang tinggal di kota besar, belanja online saya rasa cara termudah untuk mendapatkan barang dengan kualitas dan harga yang kompetitif. Namun bagi saya yang tinggal di kampung jadi lain ceritanya, bisa-bisa mahal di ongkos

    ReplyDelete
  7. Tips kumplit ini mbak Rie :)
    Pa kabar mbak Rie ... lama gak main ke mari. AKhir2 ini saya jarang BW ... :)

    ReplyDelete
  8. sy blm prnh ni order lewt lazada ....hehehehe

    ReplyDelete
  9. Trend belanja online seperti ini memang sedang banyak di gandrungi oleh masyarakat Indonesia. Apalagi dalam rangka mendukung hari belanja nasional di bulan Desember ini. yuk tinggal di pilih dan bayar deh.......

    Salam,

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.