WHAT'S NEW?
Loading...

5 Cara Jitu Atasi Jerawat Bandel Dengan Aman dan Alami

Dilema wajah berjerawat [sepertinya] sudah menjadi trade mark universal. Terdapat berbagai penyebab munculnya jerawat, baik secara internal [Stress, Hormonal] maupun oleh faktor eksternal [debu, jenis kulit, makanan]. 

Bismillahirrahmaanirrahiim, maksud saya hampir semua orang pernah mengalami wajahnya dihiasi jerawat meskipun just once moment in life. Dan saya sendiri juga sudah kenal akrab dengan jerawat sejak  menginjak usia remaja, tepatnya sejak memasuki masa menstruasi. Meskipun tidak secara rutin mengalami jerawat akibat kondisi hormonal [saat menstruasi], tapi sesekali memang muncul jerawat di wajah ketika masa haid telah lewat. Jika faktor jerawat karena hormonal case, biasanya ya paling banyak 2 – 3 jerawat dan ini pun gak bikin pusing tujuh kelililing serta gak perlu special treatment. Biarin saja sampai waktunya habis dan tidak dipencet-pencet, biasanya jerawat saat menstruasi sembuh dan tanpa bekas. 
Tips atasi jerawat
Nah, yang pernah saya alami sekitar 5 tahun lalu ini yang luar biasa parah. Saya kurang tahu persis apa penyebabnya, yang saya ingat tidak berselang lama setelah saya pesta makan durian kemudian jerawat bermunculan di wajah saya. Jika hanya hitungan jari sih saya masih bisa stay cool and confidence kemana-mana. Lha kala itu, bahkan wajah saya sudah tidak ada tempat untuk tumbuhnya jerawat lho? Teman-teman saya yang biasanya no comment kala mendapati ada jerawat, jadi sibuk merangkai analisa, mencari sebab-musabab kok bisa wajah saya yang biasanya “anti jerawat” jadi lahan subur jerawat? Saat saya ke Surabaya dan ketemu dengan teman-teman kuliah pun rata-rata berkomentar senada “ Kamu kena kutukan dari siapa, kok tumben wajahmu jadi endemik jerawatt gitu Rie?”

Setiap kali ada yang berkomentar tentang musibah jerawatan tersebut, saya juga bingung njelasinnya. Wong saya sendiri sampai dihinggapi ketakutan luar biasa: kalau jerawat ini tidak kunjung sembuh? Jika nanti berbekas di wajah kan bisa hancur lebur rasa PeDe saya? Dan berbagai paranoid lainnya pun malah membuat saya jadi stress jadinya. Berbagai upaya saya lakukan, saran-saran dan nasehat yang diberikan oleh teman-teman pun saya jalani selama memang masuk akal dan ada korelasinya dengan penyembuhan jerawat. Dan secara garis besar, treatment eksternal dan internal yang saya lakukan saat mengalami jerawat parah kala itu antara lain:
  1.      Seorang teman menasehati agar Cuci wajah dengan air hangat setiap hendak tidur, saya pun no complain toh tujuannya agar membersihkan sisa minyak di wajah sehingga tidak menumpuk yang bisa jadi pemicu pertumbuhan bacteria.
  2.    Istri dari teman saya menceritakan pengalaman saat anaknya jerawatan disuruh membasuh dengan teh basi. Dari saran beliau, Saya memahami esensi teh yang mengandung anti oksidan yang tentunya mendukung jika untuk penyembuhan jerawat. Jadi membasuh wajah dengan teh basi pun saya lakukan di pagi hari.
  3.      Kemudian si Ibu yang masak di kantor menyarankan agar saya mencuci wajah dengan air cucian beras yang pertama. Saya menganggap hal ini pun masuk akal, kan kulit air beras kaya akan vitamin B, jadi bisa mensuport kesehatan kulit juga sehingga setiap pagi saya pesan sama si Ibu untuk menyimpan air cucian beras dalam kulkas di kantor dan setiap sore saya gunakan untuk mencuci wajah saya yang penuh jerawat bernanah.
  4.       Dan inisiatif saya sendiri adalah untuk sementara mengganti jenis vitamin E dengan jenis yang lebih qualified formulasinya, lumayan juga sih harganya. Selain itu, treatment internal lainnya yang saya lakukan adalah minum jus Kunir yang sepengetahuan saya kunir merupakan salah satu obat tradisional yang kaya akan antibiotik alami. Kenapa saya pilih kunir, lha kan mudah di dapat dan saya sudah familiar dengan rasanya sehingga tidak perlu mengalami kesulitan terhadap rasa juz kunir yang saya buat.
  5.     Implementasi daily tentu saja menggunakan facial foam yang memiliki pH sesuai kulit wajah. Hehehhee…maklum, saya tipically orang yang males untuk mbersihin wajah secara rutin. Jadi ya untuk daily-nya cukup dengan facial foam duang deh. Ritual mbersihin wajah dengan pembersih dan penyegar wajah, dalam sebulan sekali saja saya sering “lupa” untuk melakukannya. #jangan ditiru ya
Dari serangkaian langkah pengobatan yang bersifat internal dan eksternal tersebut, pastinya harus dilakukan secara rutin dan telaten serta gak mungkin secara sim salabim bakal menyembuhkan jerawat apalagi langsung hilang tanpa bekas tho? 

Alhamdulillah, 5 langah terapi yang saya lakukan secara significant menyembuhkan jerawat di wajah saya dan tanpa meninggalkan bekas jerawat. Sungguh saya bersyukur banget, mengingat jenis jerawat bernanah dan super banyak sekali yang saya alami ketika itu sangat berpotensi akan menyisakan bekas di wajah yang lumayan mengganggu saat sembuh [seperti yang dialami beberapa teman saya saat masih kuliah].

Dan ketika musibah Jerawat “terhebat” Dalam Hidupku sudah lewat dan ketemu lagi dengan teman-teman yang pernah ketemu saya saat dilanda banjir jerawat, maka komentar senada pun muncul lagi tapi dalam konteks kekaguman “ Kamu habis berapa duit tuh buat ngembalikan wajahmu jadi ANTI Jerawat Lagi, Rie?”

Mau tau, apa mau tahu banget? Hemmm...kasih tahu gak ya?


16 comments: Leave Your Comments

  1. untungnya aku gak punya jerawat mbak, rajin cuci muka.Hehe

    ReplyDelete
  2. kalo aq jerawatan membludak waktu mau ada tamu, kalo hari biasa yah ngga muncul. Paling sering makai pembersih trus pakai pelembab yg sesuai jenis kulit :D

    ReplyDelete
  3. tanpa jerawat bagai sayur tanpa garam kurang afdol....hehe
    untungnya saya anti jerawat, apalagi udah tuwir mana mungkin jerawat mau deket deket.

    ReplyDelete
  4. Mocone ngko yo mbak
    Aku saiki yo kukulennnn

    ReplyDelete
  5. habis duit berapa? kasi tau dong mbak hihihi
    eh tipsna bagus-bagus mbak. saya sih agak nggak ngerti pas bagian vit e atau tentang pH itu hehe maklum saya biasanya pake pembersih wajah po*ds saja tanpa tau apa manfaat lebih dalamna

    ReplyDelete
  6. wew, aje gile, ternyata pernah diserang jerawat toh mba, hmmm ... saya masih punya tuh jerawat, satu, hehehe ...

    ReplyDelete
  7. Kalau jerawat memang menjadi perhatian khusus bagi penampilan kita,kadang ada sedikit jerawat membuat kita agak kurang pede gitu kalau mau keluar rumah. :)

    ReplyDelete
  8. mampir lagi sambil ngirim ubi cilembu untuk ngopi nanti malem.
    selamet menikmati y...;o)

    ReplyDelete
  9. Wah banyak juga upaya yang dilakukan utk menghalau jerawat dari wajah ya?
    Sejujurnya wajahku juga berminyak tapi untung aja gak pernah berjerawat sampai parah.
    Pernah sih jerawatan... tapi masih wajar2 saja. Alhamdulillah.. :)

    BTW thanks banget utk tipsnya... bisa dipraktekkan jika Shasa kelak jerawatan.

    ReplyDelete
  10. ga nyangka deh jeng ririe pernah jerawaten hebat, coz skrg kinclong gt mukanya :D
    sampe skrg aku msh sering jerawatan, tp untungnya ga banyak, dan ga membekas

    ReplyDelete
  11. tapi melihat wajahmu yang kinclong itu, emang ga ada kesan bahwa kamu pernah diserang jerawat hebat lho Rie... bener2 bersih gitu lho. Patut dicatat ah ini tipsnya, mudah2an sih jangan sampai diserang jerawat hebat... tapi pernah beberapa kali sih mengalami jerawat yang membandel.

    Thanks for the tips Rie. :)

    ReplyDelete
  12. kalau lagi jerawatan lagi kangen seseorang itu mbak rie #uhuk :p

    eeh aku yoo jarang buat bersihin muka, jadine ireng iki mbak , belang banget :D

    ReplyDelete
  13. Ini penganten Baru kah? Saya masih perlu cross check atau COVERED BOTH SIDE. Benarkah mba Ririe ini pengantin baru? Hiehiehiehieee. Biar nda penasaran soalnya infonya hasil dari Blogwalking aja sih hiehiehiehiehie.

    ReplyDelete
  14. Nah soal Jerawat ya. Saya juga pernah merasakan kean Jerawat di wajah saya. Konon kata orang tanda cowok macho (bukan macam copet ya) adalah dengan jerawat. Banyak jerawat makin Macho hiehieiehiehiee. Benar nda sih?.

    Kalau saya sih sangat jarang melap atau mengusap wajah dengan telapak tangan. Saya usap wajah biasanya saat setelah Sholat, atau sekalian Wudhu saya manfaatkan untuk membersihkan wajah dengan air

    ReplyDelete
  15. hehhee sama Mbak
    aku juga gak bergitu care sama wajah
    begitu banjir jerawatm baru deh kelabakan

    ReplyDelete
  16. aku punya jerawat dulu,tp setelah aku pake obat ini .Jerawaktu hilang

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.