Post Paid on IG

WHAT'S NEW?
Loading...

Apel Untuk Si Uban

          Kaget karena menemukan ada uban yang tiba-tiba muncul di rambutmu? Ow ow…jangan-jangan ini tanda-tanda penuaan dini, atau kesalahan penggunaan formula pembersih atau pewarna rambut yang pernah kamu gunakan…bisa jadi. Tapi bagaimana dong caranya mencegah si uban ini supaya tidak cepat muncul? Kalau diwarnai terus menerus, takutnya malah membuat rambutmu semakin rusak ya…

         Jangan kuatir…ada kok cara herbal dan alami yang bisa kamu coba diaplikasikan pada rambutmu untuk mencegah si uban merajai mahkotamu.
Gimana caranya?
- Cukup ambil dua buah apel, separuh buah kelapa yang mulai berjamur, dan 15 lembar daun  kumis kucing.
- Parut dan tumbuk ketiga bahan ini, peras dan ambil airnya.
- Usap dan gosokkan air perasan tadi ke kulit kepalamu dengan pijatan ringan. Lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit.
- Setelah itu bilas dengan shampoo (coba pilih shampoo yang berbahan herbal dan paling sedikit mengandung bahan kimia) hingga bersih.
- Lakukan hal ini selama tiga kali dalam seminggu. :)




~~~Carefree~~~

 

Teknik seo untuk blogspot

~~~ Tapak Liman ~~~

Namanya cukup bervariasi, mulai dari tutup bumi, tapak tangan, balagaduk. Tapi tetumbuhan ini lebih dikenal dengan nama tapak liman. Bernama latin Elephantopus scaber L atau Asteromphalus cochinchinensis Spreng, flora ini dikenal memiliki cukup banyak khasiat.

Tanaman ini dikenal dengan julukan Viagra Jawa karena kemampuannya memicu hormon kaum Adam. Ini disebabkan tapak liman mengandung stigmaterol yang membentuk hormon progesteron, memacu gairah pria, melancarkan peredaran darah. Selain itu, stigmaretol juga mampu melancarkan air seni.


Khasiat lain dari tanaman liar ini adalah memerangi peradangan hepatitis. Yang mujarab untuk penyakit ini adalah bagian akar segarnya. Bagian itu direbus dengan daging. Air rebusannya diminum secara rutin selama 4-5 hari.


Manfaat lain tapak liman adalah mengobati keputihan. Caranya dengan merebus bagian akar, batang, atau daun dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah, minum ramuan ini dua kali sehari. Untuk penyakit anemia tujuh helai daun tapak liman dicuci bersih dan ditumbuk sambil diberi sedikit garam. Kemudian seduh dengan 1 gelas air, tambahkan sedikit gula aren. Minum 1 hari sekali. Jangan lupa, tanaman ini juga mampu mengatasi penyakit beri-beri. Untuk yang terakhir ini, pengolahannya agak unik. Bahan paling segar dari seluruh tumbuhan ditim bersama dengan tahu, lalu dimakan.


Semua khasiat tapak liman itu sudah dikenal sejak lama, terutama di kalangan ahli farmakologi China. Daunnya mengandung epifrieelinol, lupeol, stiqmasterol, triacontan-l-ol, dotriacontan-l-ol, lupeol acetat, deoxyelephantopin, dan isodeozyelephantopin. Pada bunganya terdapat kandungan luteolin-7-glucoside. Tapak Liman terasa pahit, pedas, sejuk, penurun panas antibiotika, anti radang, peluruh air seni, menghilamhkan pembengkakan dan menetralkan racun.


Tanaman ini tergolong tanaman liar. Bat-ang tangkainya kaku dan liat, berambut panjang dan rapat, bercabang dan beralur. Daun pada tangkai bunga kecil, letaknya jarang, panjang 3-9 cm, lebar 1-3 cm. Bunga majemuk berbentuk bongkol, letaknya di ujung batang, berwarna ungu, mekar pada siang hari sekitar pukul satu siang dan menutup kembali pada sore hari. Buah berupa buah bongkah yang keras, berambut, berwarna hitam. Akarnya tunggang yang besar berwarna putih.


-- browsing-- 

Why I Fall in love in Math


Figure out about mathematic is very difficult then students tend to avoid and hate it like horrible enemies. And a fact that unfortunately there is no easy way to mastery mathematic. But my teacher had broken those all.

When I was in high school my teacher who teaching   Mathematic have similar characteristic. They are nice, friendly and concern to develop method in teaching based on relationship with student with aims to use bottom up approach to make learning situation more effective and enjoyable for everyone.

Any way, they introduced Mathematic not just about numerals and/or calculation. Doing mathematic is completely like facing a life itself, how we can find the smart solution by combining formulas, comparing method or created a simple step. And it all needs hard effort, passion, patient, diligence, careful, confidence, strategy and always ready to open up mind to receive opinion or correction from the others.
Therefore I have fun with mathematic and try to make it challenging rather than a chore. So I can study mathematic in relaxed way and feel enthusiastic a lot.    I am become really much fired up because every mathematic examination arranging result in parallel class I always reached in the best ten (It’s another fabulous side effect from mathematic that make me become popular in my school).

After years gone by I have graduated from high school, beside I still remember every chapter as well, there is more important that I do understand how helpfully the philosophy I have gotten from loving practice regularly with other keen type of mathematic exercises.
Now, I aware and understand perfectly about the philosophy that I can learn by doing practice regularly with other keen type of mathematic exercises are about how to struggle and survive to make living. I also confessed about statement of my teacher if someone being able to mastery mathematic usually will have good capability in English Language too. If you do your best whatever happens it will for the best.

Through this opportunity, I would like to say I owe a lot to my teachers and I will unable to pay back. Describe my thankful absolutely never enough in any words and/or things.



With love.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan


Kunyit atau nama lainnya Curcuma Domestik adalah tumbuhan rimpang yg banyak dimanfaatkan utk keperluan dapur. selain utk bumbu dapur dan zat pewarna alami, kunyit juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Kandungan utama kurkumin dan minyak atsiri berfungsi utk pengobatan. Kunyit efektif utk mengobati penyakit hepatitis, gangguan pencernaan, antimikroba, antikolesterol, dan anti-HIV. Kurkumin dan atsiri menghambat pertumbuhan tumor payudara dan usus besar.

Kunyit juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan dan mencegah rematik, mengobati diabetes melitus, tifus, morbili, campak, usus buntu, disentri, dan keputihan, melancarkan haid, serta meredamkan rasa mulas saat haid. Untuk ibu hamil, kunyit bisa melancarkan persalinan dan memperbanyak asi.

Pengobatan kunyit untuk obat juga tidak sulit. Untuk mengatasi sariawan, bengkak dimulut atau radang tenggorokan, caranya kunyit diparut kemudian air perasannya ditambah sedikit garam dan diminum.

Sementara parutan kunyit yg dicampur dengan asam kawak digunakan untuk mengobati kaki luka. Salep yg dibuat dari campuran kunyit dengan minyak kelapa banyak digunakan untuk menyembuhkan kaki yg bengkak dan untuk mengeluarkan cairan nanah.

Ada lagi, kunyit yg diremas-remas dengan biji cengkeh dan melati digunakan untuk obat radang hati dan penyakit kulit. Sementara akar kunyit yang diremas-remas digunakan untuk obat luar penyakit bengkak dan rematik. tapi sampai saat ini sudah banyak obat pabrikan yg memakai ekstra kunyit sebagai bahan dasarnya dan diklaim efektif menyembuhkan penyakit tertentu.

Moga pembaca yg lagi membutuhkan obat alternatif kunyit bisa bermanfaat dan menyembuhkan



 Source; browsing..

**** Cantik dengan Resep Alami *****

SEMUA wanita selalu ingin memiliki paras yang cantik dan tubuh yang sempurna. Untuk mewujudkannya, kaum hawa rela melakukan berbagai cara. Mulai dari melakukan perawatan modern hingga tradisional (alami).

Sebenarnya, untuk tampil cantik dan memesona, Anda tak perlu menyambangi salon kecantikan. Sebab, dengan menjalani serangkai perawatan tradisional pun Anda tetap bisa tampil cantik.


Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui resep cantik alami, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Untuk itu Andang W Gunawan memaparkan dalam bukunya Food Combining Kombinasi Makanan Serasi.


Menyuburkan dan mengkilapkan rambut


Caranya mudah, cukup kocok tiga atau empat butir ayam kampung (sesuai panjang rambut) sampai berbusa. Basahi rambut dengan air dingin dan oleskan telur kocok. Lalu pijat kulit kepala selama beberapa menit. Bilas dengan air dingin sampai rambut benar-benar bersih.


Kemudian, belah jeruk nipis, gosokkan bagian daging buah perlahan-lahan pada seluruh kulit kepala. Selain untuk menghilangkan bau telur, air jeruk nipis berkhasiat menetralisir PH rambut dari efek polusi atau kimia dari obat-obatan rambut dan mengembalikan kilau rambut.


Menghilangkan kusam pada kulit wajah


Kulit bisa kering dan kusam akibat kekurangan oksigen. Untuk menjaga kulit wajah Anda tidak kusam, caranya mudah, hanya tinggal menusuk satu kapsul vitamin E 200 IU. Ambil isinya, lalu campurkan dengan air jeruk nipis atau lemon, oleskan ke seluruh wajah setiap malam sebelum tidur.


Membuat kulit tubuh halus dan bercahaya


Permukaan kulit harus disikat dan digosok secara teratur dan berkala. Selain membersihkan permukaan kulit dari kotoran dan sel-sel tua, perawatan ini juga berfungsi merangsang sirkulasi kelenjar limfatik dan menyegarkan kulit.


Gunakan sikat lembut dari bahan alami seperti selongsong buah oyong kering (lufah) atau luluran menggunakan bahan-bahan alami yang bisa Anda temukan di beberapa pasar tradisional.


Proses penyikatan


Penyikatan dilakukan dari bagian bawah tubuh menuju ke atas. Mulai dari ujung kaki sampai lutut. Berulang kali. Kemudian dari lutut sampai ke pangkal paha.


Setelah itu, daerah perut disikat dengan arah melingkar, begitu juga disekeliling payudara (penyikatan di bawah ini harus lebih lembut). Kemudian sikat lengan, mulai dari pergelangan tangan sampai pundak, baru seluruh bagian belakang tubuh dari atas pangkal paha hingga punggung atas.


Luluran


Siapkan minyak zaitun warna hijau tua, parutan nanas dan akar temu kuning dalam mangkuk terpisah.


Pertama-tama, pijat seluruh tubuh dari bawah ke atas memakai minyak zaitun, kemudian lumuri dan gosok seluruh tubuh dengan nanas parut, lalu bersihkan. Setelah itu, lumuri seluruh tubuh dengan temu kuning parut diamkan sampai mengering.


Gosok dan bersihkan tubuh dengan handuk kecil yang dibasahi, (catatan: gunakan handuk berwarna gelap, karena air temu kuning mudah melunturi kain dan sulit dihilangkan). Kemudian, bilas lagi dengan air dingin sampai tubuh benar-benar bersih. Sebaiknya tidak menggunakan sabun sehabis penyikatan atau luluran.




Source:  maaf,lupa hasil browsing dimana

Asam di gunung, garam di laut....

Apabila dua orang telah digariskan untuk dapat hidup bersama…
Maka…..
sejauh apapun mereka…
sebanyak apapun rintangan yang menghalangi…
sebesar apapun beda diantara mereka…
sekuat apapun usaha dua orang tersebut untuk menghindarkannya…
meski mereka tidak pernah komunikasi sebelumnya…
meski mereka sama sekali tidak pernah membayangkan sebelumnya…
meski mereka tidak pernah saling bertegur sapa…
PASTI tetap saja mereka akan bersatu….
seakan ada magnet yang menarik mereka…
akan ada hal yang datang…untuk menyatukan mereka berdua….
akan ada suatu kejadian…yang membuat mereka saling mendekat…dan akhirnya bersatu…

namun…
apabila dua orang telah ditetapkan untuk tidak berjodoh…
maka…
sebesar apapun usaha mereka untuk saling mendekat…
sekeras apapun upaya orang disekitar mereka untuk menyatukannya…
sekuat apapun perasaan yang ada diantara mereka berdua…
sebanyak apapun komunikasi diantara mereka sebelumnya…
sedekat apapun…
PASTI…akan ada hal yang membuat mereka akhirnya saling menjauh…
ada hal yang membuat mereka saling merasa tidak cocok…
ada hal yang membuat mereka saling menyadari bahwa memang bukan dia yang terbaik….
ada kejadian yang menghalangi mereka untuk bersatu…
bahkan ketika mereka mungkin telah menetapkan tanggal pernikahan…

namun…yang perlu dicatat disini adalah…
yakinlah…bahwa yang diberikan oleh Allah…
yakinlah…bahwa yang digariskan oleh Allah…
yakinlah…bahwa yang telah ditulis oleh Allah dalam KitabNya..
adalah…yang terbaik untuk kita….
adalah….yang paling sesuai untuk kita…
adalah…yang paling membuat kita merasa bahagia,,,,
karena Dialah…yang paling mengerti kita…lebih dari kita sendiri…
Dialah…yang paling menyayangi kita…
Dialah…yang paling mengetahui apa-apa yang terbaik untuk kita…

sementara kita hanya sedikit saja mengetahuinya…dan itupun hanya berdasarkan pada persangkaan kita…
dan….yang perlu kita catat juga adalah…

JIKA KITA TIDAK MENDAPATKAN SUATU HAL YANG KITA INGINKAN…ITU BUKAN BERARTI BAHWA KITA TIDAK PANTAS UNTUK MENDAPATKANNYA….NAMUN JUSTRU BERARTI BAHWA…KITA PANTAS…KITA PANTAS MENDAPATKAN YANG LEBIH BAIK DARI HAL TERSEBUT…

meskipun saat ini…mata manusia kita tidak memahaminya…
meskipun saat itu…perasaan kita memandangnya dengan sebelah mata…
meskipun saat itu…otak kita melihatnya sebagai sesuatu yang buruk….
Tidak…jangan terburu-buru menvonis bahwa engkau telah diberikan sesuatu yang buruk…
karena kelak…engkau akan menyadarinya…
engkau akan menyadarinya perlahan…bahwa apa yang telah hilang darimu….bahwa apa yang tidak engkau dapatkan….bukanlah yang terbaik untukmu…bukanlah yang pantas untukmu…bukanlah sesuatu yang baik ,,,,untukmu….

*Ya Allah…karuniakanlah kami seorang pasangan yang sholeh…
yang menjaga dirinya…
yang menjaga hatinya hanya untuk yang halal baginya…
yang senantiasa memperbaiki dirinya…
yang senantiasa berusaha mengikuti sunnah Rasulullah…
yang baik akhlaknya…
yang menerima kami apa adanya…
yang akan membawa kami menuju Jannah Mu Ya Rabb…
kabulkan ya Allah…
amien


By: Istoqomah aza:)

Bahan Pengawet Berbahaya Untuk Makanan


Kemajuan teknologi telah nyata mampu mempengaruhi pola dan cara hidup umat manusia, demikian pula kemajuan teknologi dalam bidang pangan. Dengan teknologi pangan tersebut manusia telah dapat dan mampu memanipulasi dan menginovasi pangan sesuai dengan selera dan kebutuhan. Manipulasi dan inovasi pangan ini bahkan sampai pada tingkat perubahan hakekat suatu pangan. Beberapa penerapan teknologi dalam bidang pangan tersebut diantaranya:
1. Inovasi/manipulasi visual pangan
2. Inovasi/manipulasi cita rasa ( off flavour) pangan
3. Inovasi/manipulasi kandungan (fortifikasi)pangan
4. Inovasi/manipulasi daya awet (self of life) pangan


Berbagai teknik inovasi/manipulasi pangan tersebut dicapai melalui penerapan perlakuan fisik, kimia maupun biologi. Satu diantara teknik tersebut adalah melalui penambahan suatu bahan pada makanan untuk menghasilkan suatu komponen atau mempengaruhi sifat khas makanan, yang lazim disebut bahan tambahan makanan (food additive). Beberapa literatur mendefinisikan bahwa bahan tambahan makanan sebagai bahan yang biasanya tidak digunakan sebagai makanan atau biasanya bukan merupakan ingredient khas makanan, mempunyai atau tidak mempunyai nilai gizi yang biasanya ditambahkan dalam makanan untuk maksud teknologi (termasuk organoleptik) pada pembuatan, pengolahan, penyediaan, perlakuan, pemindahan, pembungkusan, penyimpanan, atau pengangkutan makanan untuk menghasilkan atau diharapkan menghasilkan (langsung/tidak langsung) suatu komponen atau mempengaruhi sifat khas makanan. Bahan makanan tambahan dapat digolongkan sebagai berikut:
1. Anti oksidan (Antioxidant)
2. Anti kempal ( Anti caking agent)
3. Pengatur keasaman (Acidity regulator)
4. Pemanis buatan (Arificial sweetener)
5. Pemutih (flour treatment agent)
6. Pengelmusi (Emulsifier)
7. Pemantap (stabilizer)
8. Pengental (Thickener)
9. Pengawet (preservatives)
10. Pengeras (firming agent)
11. Pewarna ( colour agent)
Food additive dilarang
Pewarna Kain/Pakaian
Di Indonesia pemakaian bahan tambahan makanan ini telah diatur oleh Menteri Kesehatan RI melalui peraturan Menteri Kesehatan RI No. 722/Menkes/Per/IX/1988 tentang pemakaian bahan tambahan makanan. Dalam peraturan tersebut dimuat secara jelas jenis-jenis bahan tambahan yang diijinkan dan dilarang pemakaiannya dalam makanan karena termasuk dalam hal ini dunia perikanan/produk makanan. Bahan-bahan yang secara umum dilarang penggunaannya sebagai bahan tambahan untuk jenis makanan diantaranya adalah Formalin, kaporit, bayclin/detergent, tawas dan peroxide


Secara fisik pengaruh penggunaan bahan-bahan berbahaya dapat diamati atau dilihat dari perubahan tekstur daging yang abnormal dan isi perut tetap utuh dan solid. Secara rinci hasil pengamatan visual tersebut adalah sebagai berikut:
Pemakaian Formalin
1. Tekstur daging kenyal, ikan utuh, sangat kaku dan kenyal
2. Warna kulit mengkilat
3. Tidak berbau khas ikan (tidak amis)
4. Bila diambil dagingnya keras dan tidak mudah patah
5. Insang merah suram
6. Perut utuh sangat kompak
Pemakaian Kaporit
1. Warna ikan terlihat selalu segar, namun bila ditekan kenyal
2. Tekstur daging kenyal
3. Sisik ikan outih suram
4. Tidak berbau khas ikan ( tidak amis)
5. Daging tidak lembek
Pemakaian Bayclin dan Detergent
1. Warna ikan putih sangat cerah
2. Tidak berbau khas ikan (tidak amis)
3. Daging tidak lembek
Pemakaian Tawas
1. Warna ikan dan insang putih
2. Tidak berbau khas ikan (tidak amis)
3. Tekstur daging ikan kenyal
4. Perut ikan utuh dan kompak
Pemakaian Peroxide
1. Warna lrelatif lebih cerah
2. Tidak berbau khas ikan (tidak amis)

Formalin ( formaldehyde ; Oxymethylene) terdapat dalam bentuk gas HCHO, dalam bentuk larutan yang digunakan sebagai antiseptik, untuk menghilangkan bau dan digunakan sebagai bahan fumigasi (uap/kabut) baunya yang tajam merangsang dapat menyebabkan mati lemas (suffocation). Formalin dalam bentuk cairan mengandung tidak kurang dari 37% formaldehyde dan mengandung sedikit methanol, ethanol yang kadarnya 3 – 5% untuk melindungi/mencegah polymerization.
Bahan tambahan pangan yang tidak aman
HCl atau Asam Klorida
yang kadang disalahgunakan untuk pengawet makanan
Daya kerja (aksi) formalin adalah Depresi (menekan) terhadap fungsi sel-sel dan menyebabkan nekrosis (mati) jaringan-jaringan. Formalin dapat diserap melalui semua jalan saluran lambung/usus dan paru-paru dan dioksidasi menjadi asam formic dan sebagian kecil methyl format (dibentuk methyl). Nilai ambang batas (TLV) untuk formaldehyde dalam udara sebesar 5 Ppm (untuk bagian per meter kubik udara). Lethal dosis (LD) kira-kira 50 cc/ml larutan yang pekat.
Formalin biasanya digunakan dalam kegiatan:
1. Penangkapan ikan, dimana waktu operasi penangkapan lebih dari 24 jam (daya awet)
2. Penanganan di darat/pendaratan ikan (daya awet)
3. Pengolahan produk (daya awet dan penampakan)

Pengaruh racun formaldehyde:
1. Melalui inhalasi: iritasi yang intensif pada mata dan hidung; dypsnea (sesak napas), sakit kepala dan mati lemas, oedema pangkal tenggorok ( oedema glottis), bronchitis diikuti pneumonia.
2. Melalui mulut:
- Sakit perut berat, kadang-kadang muntah dan mencret
- Kencing sedikit ( anuria)
- Kematian disebabkan kolap sirkulasi yang terjadi dalam waktu 24 – 48 jam.
 

Pengobatan dan pertolongan:
1. Keracunan melalui inhalasi:
- Korban pindahkan ke tempat yang udaranya bersih/segar
- Hati-hati kalau menghisapkan amonia
2. Keracunan melalui mulut
- Lakukan pembilasan lambung dengan 1% amonium bicarbonate atau campuran aromatik spirit dan amonia.
- Berikan larutan sodium sulfat 30 gram dalam 250 cc air melalui mulut (diminum)
- Bila kencing sedikit, berikan diet karbohidrat, lemak dan protein rendah
- Arachnis oil (minyak arachis) dan dextrose emulsi melalui selang lambung.

Pemakaian formalin ditujukan untuk mendapatkan keawetan ikan dan tampilan menarik serta kekenyalan daging pada saat lelang. Pemakaian formalin utamanya digunakan pada operasi penangkapan ikan yang lebih dari 12 jam ( over one day fishing) yakni penangkapan pakai jaring dogol untuk ikan-ikan ricah sebagai bahan baku pindang dan ikan asin/kering. Formalin juga digunakan di pendaratan ikan untuk pengawetan selama menunggu pembeli.

Pemakaian bahan-bahan yang berbahaya dimungkinkan karena pertimbangan nilai praktis, mudah dan murah. Luasnya pemakaian juga didukung rantai tata niaga atas bahan-bahan tambahan tersebut yang dapat menjangkau sampai tingkat nelayan melalui sales dengan contoh pemakaian dan pelayanan di lapangan.

Source: dari berbagai sumber (di sampaikan pada acara  penyuluhan nelayan)

Kayalah, Lalu Masuk Surga...!!!!!

Dari Abi ‘Abdillah Tsauban Bin Bujdad bahwa Rasulullah saw. Bersabda, “Dinar yang paling utama yang dibelanjakan seseorang adalah dinar yang ia belanjakan untuk keluarganya, dinar yang ia belanjakan untuk kendaraannya di jalan Allah, dan dinar yang ia infakkan untuk rekan-rekannya (yang tengah berjuang) di jalan Allah.” (Muslim)

Dalam kitab Nuzhatul-Muttaqin (syarah Riyadush-Shalihin karya Imam An-Nawawi) disebutkan, hadits itu menjelaskan peringkat keutamaan pengeluaran harta (infak) bahwa memberi nafkah kepada keluarga merupakan infak yang paling mulia. Dalam hadits lain disebutkan:


“Dinar yang engkau infakkan di jalan Allah, dinar yang engkau infakkan untuk (mememerdekakan) hamba sahaya, dinar yang engkau infakkan kepada orang miskin, dan dinar yang engkau infakkan untuk keluarga, yang paling utama di antara semua itu adalah dinar yang engkau infakkan kepada keluargamu.” (Muslim)


Ke manapun alokasinya, yang jelas seseorang tidak mungkin dapat berinfak jika tidak memiliki harta. Lebih-lebih jika kita mencermati ayat-ayat Al-Quran yang memerintahkan kita terlibat dalam jihad. Selalu saja disandingkan antara kewajiban berjihad dengan jiwa dengan kewajiban berjihad dengan harta. Bahkan dari semua ayat yang memerintahkan kita berjihad dengan harta dan jiwa, berjihad dengan harta selalu didahulukan kecuali pada satu ayat saja yakni ayat 111 surah At-Taubah, yang maknanya:


“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang Mukmin jiwa dan harta mereka dengan mendapatkan surga untuk mereka. Mereka berperang di jalan Allah, lalu mereka membunuh atau terbunuh.”


Selebihnya, hartalah yang disebut terdahulu. Perhatikan ayat-ayat berikut:


“Wahai orang-orang yang beriman, inginkah kalian aku tunjukkan pada suatu perniagaan yang menyelamatkan kalian dari adzab yang pedih. Kalian beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kalian berjihad di jalan Allah denganh harta dan jiwa kalian.” (Ash-Shaf: 10-11)


Ini diperkuat dengan adanya kewajiban zakat. Dalam urusan yang satu ini memang ada kesalahan persepsi pada sebagian kaum muslimin. Kewajiban zakat sering dipahami begini: kalau punya harta, zakatlah; kalau tidak punya, tidak usah mengeluarkan zakat. Secara fiqih, pemahaman itu sangat benar. Tapi semangatnya bukanlah semangat kepasrahan pada keadaan. Semangat perintah zakat harusnya dipahami: carilah uang, kumpulkanlah harta agar dapat melaksanakan perintah Allah yang bernama zakat. Seharusnya kita membawa semangat shalat untuk diterapkan pada zakat. Kita selalu berpikir kita harus bisa melaksanakan shalat dengan segala perjuangan yang menjadi konsekuensinya. Dari mulai mencari penutup aurat, mencari tempat shalat, menentukan arah kiblat, mensucikan diri, dan seterusnya.


Itu semua mematahkan anggapan yang masih dianut sebagian orang bahwa kesalihan dan ketakwaan identik dengan kepapaan, kemelaratan, kesengsaraan, dan ketertindasan. Seolah-olah hanya orang miskin, jelata, dan tertindaslah yang layak menghuni surga. Sebaliknya orang kaya dan orang yang punya jabatan tidak punya tempat di surga. Ini diperparah dengan sering disitirnya hadits-hadits dha’if (lemah) atau bahkan maudhu’ (palsu) yang memberikan pesan untuk menjauhi dunia sejauh-juahnya demi mencapai ketakwaan dan kesucian jiwa. Atau mungkin juga menyitir hadits shahih tentang zuhud dengan pemahaman yang salah.


Zuhud tidaklah identik dengan melarat. Zuhud adalah kepuasaan hati dengan apa yang diberikan Allah swt. Zuhud adalah ketiadaan ikatan hati kepada kekayaan. Bahwa sambil merasa puas dengan apa yang Allah berikan dan sambil meniadakan ikatan hati dengan harta seseorang memiliki harta dan jabatan, tidaklah menafikan sifat zuhud.


Utsman Bin ‘Affan adalah konglomerat dan kaya raya. Beliau termasuk sahabat Nabi saw. yang dijamin masuk sorga. Demikian pula halnya dengan ‘Abdurrahman Bin ‘Auf. Beliau sukses dalam bisnis dan menjadi saudagar kaya raya. Toh beliau juga termasuk yang dijamin masuk surga. Umar Bin ‘Abdul-‘Aziz, khalifah yang kaya raya. Tapi justeru dia termasuk orang zuhud.


Posisi harta dalam Islam sama dengan posisi kemiskinan: sebagai ujian bagi manusia. Dengan kekayaan orang bisa masuk surga sebagaimana dengan kekayaan pula orang bisa masuk neraka. Dengan kepapaan orang bisa masuk surga sebagaimana dengan kepapaan pula orang bisa masuk neraka. Semuanya ujian! Allah swt. menegaskan:


“Dan Kami coba kalian dengan keburukan dan kebaikan, (semuanya) sebagai ujian.” (Al-Anbiya: 35)


Rasulullah saw. bersabda:


“Sesungguhnya dunia itu manis dan menghijau. Dan sesungguhnya Allah mengangkat kalian sebagai khalifah di dalamnya untuk melihat (menguji) bagaimana kalian bekerja. Maka berhati-hatilah dengan dunia dan berhati-hatilah dengan wanita. Karena sesungguhnya fitnah Bani Israil adalah pada wanita.” (Riwayat Muslim)


Jadi, orang yang saleh bukanlah orang memilih meninggalkan harta melainkan yang lulus dalam ujian mengelola harta itu. Seseorang dianggap lulus ujian dalam urusan harta manakala:


* Hanya menempuh cara halal untuk memperoleh harta.


Pada hari kiamat, setiap orang akan diminta pertanggungjawaban terkait dengan hartanya, dari manakah ia memperolehnya dan dengan cara apa? Ini batu ujian pertama. Rasulullah saw. bersabda:


Dan sesungguhnya Allah memerintahkan orang-orang beriman seperti yang diperintahkan kepada para rasul. Dia berfirman, ‘Wahai para rasul, makanlah dari yang baik dan beramal salehlah karena sessungguhnya Aku mengetahui apa yang kamlian lakukan’. Dia juga berfirman, ‘Wahai orang-orang yang beriman makanlah yang baik dari yang Kami rezekikan kepada kalian’.” Lalu Rasulullah saw. menerangkan tentang orang yang mengadakan perjalanan panjang, kusut masai dan berdebu. Ia mengadakahkan kedua tangannya (berdoa) ke langit (sambil mengatakan): Ya Rabbi, ya Rabbi, sementara makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan diberi makan dari yang haram, bagaimana doanya akan dikabulkan.” (Muslim)


* Harta itu tidak menyebabkan sombong


Orang yang suksus mengelola harta adalah orang yang dengan hartanya justeru semakin rendah hati dan menyadari bahwa segala yang dimilikinya adalah titipan atau amanah dari Allah. Abdurrahman bin ‘Auf yang padahal termasuk orang yang dijamin masuk surga pernah berlinang air mata saat dirinya siap menyantap hidangan lezat yang ada di hadapannya. Ketika ditanya penyebab ia menangis, ia menjawab, “Aku takut hanya yang kunikmati di dunia inilah yang menjadi ganjaranku dari Allah.”


* Menjadi fasilitas untuk mendekatkan diri kepada Allah.


Rasulullah saw bersabda, “Sebaik-baik harta yang saleh adalah yang ada pada orang saleh.” Beliau juga memerintahkan kepada kita, “Jauhkanlah dirimu dari neraka walau dengan hanya sebelah kurma.”


* Menjadi fasilitas untuk silaturahim.


Infaq adalah baik. Dan infaq kepada kerabat adalah lebih baik lagi. Karena selain bernilai taqarrub, perbauatan itu juga merupakan upaya silaturahim. Rasulullah saw. bersabda, “Shadaqah kepada orang misikin adalah satu shadaqah dan shadaqah kepada orang yang punya hubungan rahim (kerabat) adalah dua shadaqah: shadaqah dan shilah (menyambungkan).” (At-Tirmidzi)


* Menjadi fasilitas untuk perjuangan.


Perjuangan Islam jelas tidak mungkin tanpa dukungan finansial. Kekuatan orang-orang kafir harus dihadapi dengan kekuatan optimal kaum muslimin. Dan ini tentu saja salah kekutan itu adalah kekuatan maliyyah (finansial).


Itulah sebagian ajaran Islam yang terkait dengan kekayaan. Jadi, menjadi orang kaya, siapa takut? Allahu a’lam.


Sumber :
dakwatuna.com

●●Jika Ini Bukan Cinta●●

Jika ini bukan cinta
Jantungku tak kan berdegup begitu dahsyatnya tatkala semburat cahaya menyentuh retina tuk tampakkan bayangan mata. Meluruhkan seluruh napas tuk bersabda di atas pesona debaran sesakkan dada.

Jika ini bukan cinta

Hatiku tak kan meringis membanjir deras tatkala rasa teringkar setelah lama bersemayam. Memendam dalam bisu dan kamuflase bahagia yang terurai. Menggoyahkan ego dan hasrat dalam prinsip yang tertata.

Jika ini bukan cinta

Akalku tak kan berargumen tuk halalkan segala fitrah mengancam jiwa tatkala memikirnya tuk kabulkan imajinasi merangkai asa. Membeku dalam kelu lingkaran iman di atasnya.

Jika ini bukan cinta

Wahai Dzat yang jiwaku berada pada genggamanNya

Dekaplah aku dalam sorot mata lindunganMu, agar ku bernaung dalam debaran damaiMu menenangkanku

Rangkullah aku dengan kehangatan cintaMu, agar ku tak terjerat rasa semu yang membuatMu melepasku
Peluklah aku dalam definisi imajinasi mengharapMu, agar ku tak terlena puing-puing khayal nyata asaku

Jika ini bukan cinta

Wahai Dzat yang hatiku berada dalam tatapanNya

Buanglah rasa yang mengitari hatiku. Jangan biarkannya membadai, meluluhlantakan seluruh gedung berfondasi baja yang selama ini kubangun, di tengah tandusnya gurun pasir dan besarnya gelombang samudera.


Enyahkanlah tentangnya dalam pikirku. Jangan biarkannya berkobar, menyuluti seluruh tatanan sejuknya hawa bumi yang selama ini kucipta atas izinMu, dalam rengkuhan aliran sungai dengan riaknya dan danau dengan diamnya.


Namun jika ini cinta

Cukuplah Kau yang mengetahuinya


Source: Renugan N Kisah INspiratif

Rahasia Kepintaran Orang Yahudi

Bismillaahirrohmanirrohiim

Lembaran Kecil Tentang Segelintir Pengetahuan Rakyat Israel

Mengapa orang yahudi kepintarannya diatas rata-rata?


Ternyata ada budaya baik dari mereka sendiri yang sampai saat ini masih mereka jalankan. Mau tahu jawabannya?


Inilah jawabannya.


Artikel Dr. Stephen Carr Leon patut menjadi renungan bersama. Stephen menulis dari pengamatan langsung. Setelah berada 3 tahun di Israel karena menjalani housemanship di beberapa rumah sakit di sana.


Dirinya melihat ada beberapa hal yang menarik yang dapat ditarik sebagai bahan tesisnya, yaitu, “Mengapa Yahudi Pintar?”


Ketika tahun kedua, akhir bulan Desember 1980, Stephen sedang menghitung hari untuk pulang ke California, terlintas di benaknya, apa sebabnya Yahudi begitu pintar?


Kenapa tuhan memberi kelebihan kepada mereka?


Apakah ini suatu kebetulan? Atau hasil usaha sendiri?


Maka Stephen tergerak membuat tesis untuk Phd-nya.


Sekadar untuk Anda ketahui, tesis ini memakan waktu hampir delapan tahun. Karena harus mengumpulkan data-data yang setepat mungkin.


Marilah kita mulai dengan persiapan awal melahirkan. Di Israel, setelah mengetahui sang ibu sedang mengandung, sang ibu akan sering menyanyi dan bermain piano.


Si ibu dan bapak akan membeli buku matematika dan menyelesaikan soal bersama suami.


Stephen sungguh heran karena temannya yang mengandung sering membawa buku matematika dan bertanya beberapa soal yang tak dapat diselesaikan. Kebetulan Stephen suka matematika.


Stephen bertanya, “Apakah ini untuk anak kamu?”


Dia menjawab, “Iya, ini untuk anak saya yang masih di kandungan, saya sedang melatih otaknya, semoga ia menjadi jenius.”


Hal ini membuat Stephen tertarik untuk mengikut terus perkembangannya.


Kembali ke matematika tadi, tanpa merasa jenuh si calon ibu mengerjakan latihan matematika sampai genap melahirkan.


Hal lain yang Stephen perhatikan adalah cara makan.


Sejak awal mengandung dia suka sekali memakan kacang badam dan korma bersama susu. Tengah hari makanan utamanya roti dan ikan tanpa kepala bersama salad yang dicampur dengan badam dan berbagai jenis kacang-kacangan.


Menurut wanita Yahudi itu, daging ikan sungguh baik untuk perkembangan otak dan kepala ikan mengandungi kimia yang tidak baik yang dapat merusak perkembangan dan penumbuhan otak anak di dalam kandungan. Ini adalah adat orang orang Yahudi ketika mengandung. menjadi semacam kewajiban untuk ibu yang sedang mengandung mengonsumsi pil minyak ikan.


Ketika diundang untuk makan malam bersama orang orang Yahudi. Begitu Stephen menceritakan, “Perhatian utama saya adalah menu mereka. Pada setiap undangan yang sama saya perhatikan, mereka gemar sekali memakan ikan (hanya isi atau fillet),” ungkapnya.


Biasanya kalau sudah ada ikan, tidak ada daging. Ikan dan daging tidak ada bersama di satu meja. Menurut keluarga Yahudi, campuran daging dan ikan tak bagus dimakan bersama. Salad dan kacang, harus, terutama kacang badam.


Uniknya, mereka akan makan buah buahan dahulu sebelum hidangan utama. Jangan terperanjat jika Anda diundang ke rumah Yahudi Anda akan dihidangkan buah buahan dahulu.


Menurut mereka, dengan memakan hidangan kabohidrat (nasi atau roti) dahulu kemudian buah buahan, ini akan menyebabkan kita merasa ngantuk. Akibatnya lemah dan payah untuk memahami pelajaran di sekolah.


Di Israel, merokok adalah tabu, apabila Anda diundang makan dirumah Yahudi, jangan sekali kali merokok.


Tanpa sungkan mereka akan menyuruh Anda keluar dari rumah mereka. Menyuruh Anda merokok di luar rumah mereka.


Menurut ilmuwan di Universitas Israel, penelitian menunjukkan nikotin dapat merusakkan sel utama pada otak manusia dan akan melekat pada gen.


Artinya, keturunan perokok bakal membawa generasi yang cacat otak ( bodoh). Suatu penemuan yang dari saintis gen dan DNA Israel.


Perhatian Stephen selanjutnya adalah mengunjungi anak-anak Yahudi. Mereka sangat memperhatikan makanan, makanan awal adalah buah buahan bersama kacang badam, diikuti dengan menelan pil minyak ikan (code oil lever).


Dalam pengamatan Stephen, anak-anak Yahudi sungguh cerdas. Rata rata mereka memahami tiga bahasa, Hebrew, Arab dan Inggris.


Sejak kecil mereka telah dilatih bermain piano dan biola. Ini adalah suatu kewajiban. Menurut mereka bermain musik dan memahami not dapat meningkatkan IQ. Sudah tentu bakal menjadikan anak pintar. Ini menurut saintis Yahudi, hentakan musik dapat merangsang otak. Tak heran banyak pakar musik dari kaum Yahudi.


Seterusnya di kelas 1 hingga 6, anak anak Yahudi akan diajar matematika berbasis perniagaan. Pelajaran IPA sangat diutamakan. Di dalam pengamatan Stephen, “Perbandingan dengan anak anak di California, dalam tingkat IQ-nya bisa saya katakan 6 tahun kebelakang!!!” katanya.


Segala pelajaran akan dengan mudah di tangkap oleh anak Yahudi. Selain dari pelajaran tadi olahraga juga menjadi kewajiban bagi mereka. Olahraga yang diutamakan adalah memanah, menembak dan berlari. Menurut teman Yahudi-nya Stephen, memanah dan menembak dapat melatih otak fokus. Disamping itu menembak bagian dari persiapan untuk membela negara.


Selanjutnya perhatian Stephen ke sekolah tinggi (menengah). Di sini murid-murid digojlok dengan pelajaran sains. Mereka didorong untuk menciptakan produk. Meski proyek mereka kadangkala kelihatannya lucu dan memboroskan, tetap diteliti dengan serius. Apa lagi kalau yang diteliti itu berupa senjata, medis dan teknik. Ide itu akan dibawa ke jenjang lebih tinggi.


Satu lagi yg di beri keutamaan ialah fakultas ekonomi. Saya sungguh terperanjat melihat mereka begitu agresif dan seriusnya mereka belajar ekonomi. Diakhir tahun di universitas, mahasiswa diharuskan mengerjakan proyek. Mereka harus memperaktekkanya. Anda hanya akan lulus jika team Anda (10 pelajar setiap kumpulan) dapat keuntungan sebanyak $US 1 juta!



Anda terperanjat?


Itulah kenyataannya.


Kesimpulan, pada teori Stephen adalah, melahirkan anak dan keturunan yang cerdas adalah keharusan. Tentunya bukan perkara yang bisa diselesaikan semalaman. Perlu proses, melewati beberapa generasi mungkin?


Kabar lain tentang bagaimana pendidikan anak adalah dari saudara kita di Palestina. Mengapa Israel mengincar anak-anak Palestina. Terjawab sudah mengapa agresi militer Israel yang biadab dari 27 Desember 2008 kemarin memfokuskan diri pada pembantaian anak-anak Palestina di Jalur Gaza.


Seperti yang kita ketahui, setelah lewat tiga minggu, jumlah korban tewas akibat holocaust itu sudah mencapai lebih dari 1300 orang lebih. Hampir setengah darinya adalah anak-anak. Selain karena memang tabiat Yahudi yang tidak punya nurani, target anak-anak bukanlah kebetulan belaka. Seuai Ramadhan 1429 Hijriah lalu, Ismali Haniya, pemimpin Hamas, melantik sekitar 3500 anak-anak Palestina yang sudah hafidz al-Quran.


Anak-anak yang sudah hafal 30 juz Alquran ini menjadi sumber ketakutan Zionis Yahudi. “Jika dalam usia semuda itu mereka sudah menguasai Alquran, bayangkan 20 tahun lagi mereka akan jadi seperti apa?” demikian pemikiran yang berkembang di pikiran orang-orang Yahudi.


Tidak heran jika-anak Palestina menjadi para penghafal Alquran. Kondisi Gaza yang diblokade dari segala arah oleh Israel menjadikan mereka terus intens berinteraksi dengan al-Qur’an. Tak ada main Play Station atau game bagi mereka. Namun kondisi itu memacu mereka untuk menjadi para penghafal yang masih begitu belia. Kini, karena ketakutan sang penjajah, sekitar 500 bocah penghafal Quran itu telah syahid.


Perang panjang dengan Yahudi akan berlanjut entah sampai berapa generasi lagi. Ini cuma masalah giliran. Sekarang Palestina dan besok bisa jadi Indonesia. Bagaimana perbandingan perhatian pemerintah Indonesia dalam membina generasi penerus dibanding dengan negara tetangganya. Ambil contoh tetangga kita yang terdekat adalah Singapura. Contoh yang penulis ambil sederhana saja, Rokok. Singapura selain menerapkan aturan yang ketat tentang rokok, juga harganya sangat mahal.


Benarkah merokok dapat melahirkan generasi “Goblok!” kata Goblok bukan dari penulis, tapi kata itu sendiri dari Stephen Carr Leon sendiri. Dia sudah menemui beberapa bukti menyokong teori ini. “Lihat saja Indonesia,” katanya seperti dalam tulisan itu.


Jika Anda ke Jakarta, di mana saja Anda berada, dari restoran, teater, kebun bunga hingga ke musium, hidung Anda akan segera mencium bau asak rokok! Berapa harga rokok? Cuma US$ .70cts !!!


Hasilnya? Dengan penduduknya berjumlah jutaan orang berapa banyak universitas? Hasil apakah yang dapat dibanggakan?


Teknologi? Jauh sekali.


Adakah mereka dapat berbahasa selain dari bahasa mereka sendiri?


Mengapa mereka begitu sukar sekali menguasai bahasa Inggris?


Di tangga berapakah kedudukan mereka di pertandingan matematika sedunia?


Wallahu a`lam bishshowab




by : Fujimaru Emse