Cara Mudah Meningkatkan Engagement di Instagram dan Tiktok dengan Rajakomen.com

Cara Mudah Meningkatkan Engagement di Instagram dan Tiktok bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Istilah Engagement Rate semakin popular dan penting sejak digital marketing menjadi bagian tak terpisahkan dengan kebutuhan branding, pemasaran, campaign atau apapun istilahnya yang berkaitan dengan penyebaran dan pengenalan suatu produk (barang dan jasa) ke masyarakat luas. 

Bismilllahirrahmaanirrahiim meningkatnya trend penggunaan media social pun menjadi media yang startegis untuk digunakan sebagai sarana dan bagian digital marketing. Untuk mengetahui dan mengukur seberapa sukses campaign yang menggunakan social media ini kemudian muncul salah satu barometer yang di sebut dengan ER atau Engagement Rate media social untuk berbagai platform sosmed seperti FB, IG, X, Titktok dan lain-lain. 

Barometer dari tingkat kesuksesan suatu konten di medos yang sengaja dibuat untuk tujuan digital  marketing dinilai berhasil kalau nilai ER tinggi dan ER yang semakin tinggi adalah salah satu bukti terukur keberhasilan sebuah campaign di media social.

Apa Sih Social Media Engagement Rate 
Barometer dari tingkat kesuksesan suatu konten di medos yang sengaja dibuat untuk tujuan digital  marketing dinilai berhasil kalau nilai ER tinggi dan ER yang semakin tinggi adalah salah satu bukti terukur keberhasilan sebuah campaign di media social.

Mengutip dari laman Gramedia,Engagement rate merupakan salah satu alat ukur atau standar yang digunakan untuk melihat tingkat keterlibatan audiens pada suatu campaign di sosial media. Artinya, dengan mengetahui nilai Engagement maka bisa dikatakan sebagai salah satu parameter apakah suatu konten yang dibuat/dipublish di medsos relevan dengan pengikut atau followers akun media sosial yang kita kelola..
Gambar dari scs.georgetown.edu

Maka Engagement Rate merupakan satu faktor kunci untuk mengetahui keberhasilan sebuah kampanye pemasaran di medos. Makin besar nilai Engagement, artinya makin besar pula kesempatan dan peluang konten tersebut akan menjadi viral dan menjangkau masyarakat secara lebih luas lagi.

Lantas, Bagaimana Cara Meningkatkan Engagement Rate di Social Media ? 

Secara sederhana, untuk mendapatkan ER yang baik atau tinggi bisa diperoleh dengan banyaknya Like, Comment dan Share terhadap konten yang kita bagikan, baik dari follower maupun pengguna sosmed yang bukan follower akun kita . Makin tinggi tingkat Engagement yang didapatkan, makin besar pula kemungkinan akun media sosial tersebut sukses dalam membangun hubungan dengan pengikutnya serta meningkatkan popularitas dan visibilitas konten yang kita buat. 

Secara alami ER ini bisa diraih dengan dengan berberapa cara sebagai berikut:
  • Membuat Konten yang berkualitas dan aktual. Dengan  mempublikasikan konten yang berkualitas, bervariasi dan actual/kekinian akan lebih menarik dan memancing follower untuk berinteraksi dengan konten tersebut. 
  • Aktif berinteraksi dengan follower. Ketika ada yang memberikan respons terhadap konten yang kita publikasikan, usahakan untuk memberikan tanggapan secara cepat dan nyambung dengan komentar yang diberikan. Dengan demikian akan membentu hubungan yang lebih baik dengan pengikut dan meningkatkan chemistry dengan follower
  • Menggunakan Hashtag dengan yang Sesuai. Hashtag merupakan  alat untuk meningkatkan visibilitas konten di media sosial. Untuk itu menggunakan hashtag yang relevan dengan konten sangat penting. 
  • Buat Gambar, Video atau infografis yang menarik. Unggahan Gambar, Video atau infografis yang menarik memiliki daya magnet yang lebih kuat untuk memancing pengikut untuk berinteraksi dengan konten tersebut.
  • Yang tak kalah pentingnya dalah Aktif berinteraksi ke dengan Pengguna lain. Untuk meningkatkan Engagement di media sosial, memang harus aktif dan konsisten dalam mempublikasikan konten serta berinteraksi dengan pengikutnya. Tap juga penting untuk bergabung dan memberikan like, comment dan share pada konten orang lain.
Bagi mereka yang sudah full time terjun di dunia marketing online atau biasa kita kenal sebagai influencer, tentu sudah memiliki “kekuatan” yang tertata dengan sistematis mulai dari perencanaan konten hingga target pencapaian ER.

Tapi, untuk ala-ala konten creator macam emak-emak seperti saya, jujur saja kerap dilanda panic dan galau saat mendapatkan job untuk posting di suatu campaign di medsos, khususnya di IG dan Tiktok. 
Dapat job ya seneng Alhamdulillah pastinya. Tapi kan job tersebut diikuti dengan tanggung jawab agar target campaign sang empunya hajat bisa dicapai, at least capaian like, comment ya ramai yang sewajarnya. 
Terus gimana solusinya untuk emak-emak ala konten creator yang ritme ber sosmed nya waktunya belum sestabil para influencer expert itu ?
Jangan panic dulu dan jangan keburu give up tidak berani terima kesempatan job bikin campaign di Instagran atau Titktok ya. 

Untuk memperoleh Engagement Rate Untuk Social Media bisa dibantu dengan layanan media online yang memang focus untuk memberikan jasa komen Instagram dan jasa komen tiktok
Berapa tuh bayarnya? Mahal doong ?

Well, tenang dulu ya….
Untuk menggunakan layanan rajakomen ini cukup terjangkau untuk platform Instagram dan Tiktok, harganya adalah: 
1. jasa komen Rp 2000/komen
2. jasa like Rp 1000/like
3. jasa share Rp 1500/share

Some how, tetap dong untuk ER yang high quality dan life time wajib menerapkan langkah-langkah yang sudah saya sebutkan di atas ya? Lakukan sedikit demi sedikit, step by step, InsyaAllah ER akan mengikuti kok.

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

15 comments:

  1. Di era ini sosmed memang jadi perhatian khusus terutama untuk yang mau berkembang. Menarik nih langkah-langkah meningkatkan ER sosmed plus lebih gampang karena kini ada rajakomen yang bisa membantu mencapai ER yg dituju

    ReplyDelete
  2. Wow wow keren nih tulisan, bisa jadi panduan agar postingan di medsos makin punya makna.Era sosial media saatnya mendapat manfaat.Yuk makin oke dan berkembang di era kekinian.

    ReplyDelete
  3. ternyata masih ada cara yang belum ku ketahui untuk meningkatkan engagement instagram dan tiktok. Bisa jadi pertimbangan nih, ketika dapat job bikin video

    ReplyDelete
  4. Lumayan juga ya tarifnya untuk meningkatkan ER ini, jujurly saya belum konsisten untuk posting ya wajar sih kalau ERnya rendah, Mau konsisten dulu deh sesuai sarannya, perlahan ER kan naik juga ya

    ReplyDelete
  5. Wah baru tahu aku ada layanan seperti ini untuk ningkatin ER di sosmed. Mungkin ini cocok buat para influencer atau mereka yang memang banyak bekerja di sosmed ya. Biar makin banyak klien yang ngelirik untuk bekerjasama

    ReplyDelete
  6. Di era modern seperti sekarang ini banyak hal-hal yang membantu mempermudah, termasuk dalam hal meningkatkan performa media sosial kita. Rajakomen bisa jadi solusi nih

    ReplyDelete
  7. Urusan hashtag ini punya dampak yang bagus juga buat dukung konten bisa banyak dilirik. Apalagi ditambahkan backsound yang lagi viral. Cuss lah semangat bikin konten yang menarik dan bermanfaat

    ReplyDelete
  8. Engagement media sosial ini penting lho. Salah satunya sering diminta klien ketika mau ngasih job. Ah, lumayan nih, buat nambah engagement lewat Rajakomen..

    ReplyDelete
  9. Waah aku baru tau ternyata ada jasa komen dan like di tiktok dan instagram. Membantu buat emak-emak follower dikit gini buat dapat engagement ya mbak.

    ReplyDelete
  10. Masih tim follower dan cari ER organik sih. Soalnya kalau pakai ER yang melalui jasa itu kadang tak terbaca algoritmanya jadi seperti cara instan saja. Mungkin cara buat ningkatin ER lebih baik KONSISTEN buat KONTEN!

    ReplyDelete
  11. Jasa like dan komen di Rajakomen murah juga, ya. Bolehlah dicoba buat naikin ER Instagram. Soalnya ER IG ku kecil banget.

    ReplyDelete
  12. dengan Rajakomen bisa ya bantu ER jadi naik.
    belum pernah pakai jasa ginian sih, biasanya mengandalkan support like atau saling like komen gitu aja :D

    ReplyDelete
  13. ER memang seringkali jadi momok untuk para content creator ya, Mbak. Baru tahu info tentang rajakomen. Biasanya gabung aja di komunitas online dan saling like comment share saja.

    ReplyDelete
  14. Salah satu fitur yang bisa di coba enak sih kayaknya

    ReplyDelete
  15. Wah jadi tau nih kalo Rajakomen bisa bantu ER sosial media. Senang kalo ada yang bisa bantu begini jadi ga bikin emak kebingungan saat dapat job. Makasih infonya Kak.

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.