Sat Set Bayar Transaksi Pakai QRIS Auto Tuntas dan Untungnya Banyak !

Transaksi apapun Sat Set Pakai QRIS Auto Tuntas dan Untungnya Banyak. Kalimat cukup mewakili untuk menggambarkan bagaimana perkembangan QRIS hingga saat ini dan untuk masa-masa selanjutnya. Karena QRIS saat ini semakin familiar dan menjadi bagian penting dalam berbagai transaksi keuangan dari skala kecil, menengah, besar. 

Maaf Bu, saya bayar belanjaan pakai QRIS ya ?” si Ibu pemilik warung sayuran segar langganan saya pun sigap menunjukkan plakat QRIS yang berada tak jauh dari tempatnya melayani pembeli. 

Bismillahirrahmaanirrahiim, Saya  segera sat set melakukan scan QRIS terhadap kode QRIS pemilik warung. Kemudian mengonfirmasi nilai nominal yang harus dibayar atau cukup mencocokan saja jumlah nominal yang akan dibayar dari saldo dompet digital. Setelah sesuai, tinggal konfirmasi setuju dan transaksi selesai. 


Lhoh, ternyata belanja di warung ini sudah bisa pakai QRIS ya Mbak ?” tanya pembeli lain yang antri di belakang saya. Mungkin dia masih berasumsi kalau transaksi pakai QRIS ya di toko-toko modern. 

iya Mbak, tidak hanya di warung sayuran ini yang bisa pakai QRIS. Di pasar tradisional juga rata-rata pedagangnya sudah menyediakan pilihan bayar menggunakan QRIS kok…”, 

Saya juga lebih seneng kalau banyak yang bayar pakai QRIS, jadi uangnya terkumpul untuk bisa kulakan lagi, hehehe….” Ujar Ibu warung dengan tersenyum sumringah

Setelah mmendengar penjelasan singkat saya, Mbak tersebut tersenyum ceria dan bilang, “ Alhamdulillah….lha ini ternyata dompet ketinggalan. Untuk bisa bayar pakai QRIS, jadi aman deh karena bisa bayar cukup dengan scan QRIS dari HP saya “.

QRIS-NYA SATU MENANGNYA BANYAK !

Masuk akal dong kalau QRISnya satu, menangnya banyak dan manfaat yang berlipat-lipat untuk semua orang, dari sisi pelaku usaha, dari sisi kita sebagai konsumen juga iya!

Berdasarkan pengalaman saya ( hingga saat ini ) menggunakan QRIS saat melakukan transaksi, manfaat yang saya dapatkan antara lain 
  1. Mengikuti trend generasi kekinian. Sejujurnya saya jadi merasa keren saat membayar menggunakan QRIS ini karena menggunakan cara pembayaran yang kekinian, praktis dan mengikuti perkembangan teknologi. 
  2. Merasa lebih aman karena tidak perlu lagi membawa uang tunai, tidak takut kecopetan atau tertipu uang palsu, Cukup bawa HP ( yang terkoneksi dengan internet) dan scan dengan QRIS untuk melakukan pembayaran apa saja dengan pin rahasia.
  3. Memudahkan pencatatan uang belanja dan memudahkan menyimpan bukti pembayaran jika dibutuhkan sewaktu-waktu saat dibutuhkan. Selain itu, dengan QRIS ini juga menjadi alat bantu untuk melakukan evaluasi pengeluaran, secara prinsip dasar emak-emak kan harus bisa melakukan efiesiensi pengeluaran.
  4. Lebih cepat, nyaman dan efiesian karena bisa mengurangi panjangnya antrian di kasir dan tidak perlu lama-lama berdiri di depan kasir. Bahkan saya bisa melakukan berbagai transaksi pembayaran hanya dari rumah saja, seperti isi pulsa HP, paket data internet, bayar listrik, bayar pajak, bayar zakat, sedekah beli token listrik dan berbagai jenis pembayaran belanja barang dan jasa lainnya.
  5. Bisa membayar transaksi/ belanja dengan nominal yang PAS, tidak perlu risih meskipun nilai transaksinya beberapa rupiah, tak ada lagi drama kembalian pecahan karena minimal transaksi pembayaran mulai dari satu rupiah. 

  6. Murah karena bayarnya sesuai jumlah transaksi, meski nilai belanjaan ada nilai pecahan decimal, saya tetap membayar dengan nilai tersebut dan tanpa perlu riebt dengan kembalian uang koin. 
  7. Berkesempatan  dapat bonus atau cash back saat merchant mengadakan promo-promo yang menarik. Secara seringkali saya temui merchant – merchant memberikan reward tertentu saat pembayaran dengan QRIS lho.
Tuh kan, super duper ciamiik kan QRIS ? Makanya, saat mau santai sejenak di coffee shop, belanja di mini market, warung, jajanan kaki lima, belanja di pasar-pasar tradisional, bayar zakat hingga sedekah, asal tersedia logo QRIS di sana, ya saya akan Sat Set Pakai QRIS untuk membayar.   

QRIS MENERAPKAN PRINSIP CeMuMuAH

Kehadiran QRIS hingga ke pelaku usaha mikro dan kecil sebagai fitur kanal pembayaran yang embedded di aplikasi mobile banking/payment makin dirasakan manfaatnya untuk membantu proses transaksi berjalan dengan CeMuMuAH:
  • Cepat (real time) karena proses transaki hanya butuh waktu sekitar 1 -2 menit ( dengan catatan koneksi internet lancar ya )
  • Mudah dilakukan, cukup buka aplikasi mobile banking atau dompet digital yang terpasang di HP.
  • Murah, karena dengan membayar via QRIS tidak ada tambahan biaya. 
  • Aman, tak perlu kuatir kecopetan atau kecurian karena konfirmasi pembayaran dilakukan secara rahasia menggunakan PIN atau pass key secara personal dengan sidik jari pemilik akun mobile bangking. 
  • Handal karena transaksi pembayaran bisa dilakukan dari mana saja dan kapan pun. Bahkan kita bisa menyelesaikan pembayaran menggunakan QRIS cukup dengan menyimpan QRIS Statis merchant.  
Artinya dengan menggunakan media pembayaran non tunai dengan QRIS, saya dan kita semua bisa membantu pelaku UKM dan sekaligus ikut berperan dalam akselerasi ekonomi keuangan digital.

Bahwa gelombang perubahan akan terus bergerak dengan bertubi-tubi manfaat yang ditingkatkan, termasuk perkembangan QRIS yaitu Bank Indonesia dan Bank Negara Malaysia pada tanggal 8 Mei 2023 meresmikan QRIS Cross-Border atau QRIS Antar negara Indonesia-Malaysia.

Dengan adanya  QRIS Cross-Border ini akan membuka peluang dan potensi  yang lebih banyak bagi mayarakat Indonesia dan Malaysia yang akan melakukan pembayaran ritel dengan memindai Kode QR QRIS atau DuitNow. Sehingga semua berbagai jenis transaksi akn lebih mudah meskipun antara konsumen dan pedagang menggunakan jenis mata uang yang berbeda karena berbeda negara. Cukup dengan scan QRIS, maka nilai transaksi secara sat set bisa dibayar secara real time dan jumlah yang pas dan tepat.

Tidak hanya di  Malaysia, ke depanya QRIS Cross-Border  ini dapat digunakan di Thailand, Singapura dan Filipina. Hal ini sebagai bentuk inisiatif Bank Indonesia untuk mewujudkan konektivitas sistem pembayaran dengan bank sentral lain di Kawasan ASEAN yang mendukung pembayaran yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif.

Semoga QRIS Antar Negara ini proses pembayaran lintas batas negara selanjutnya akan menjadi lebih sederhana dan efisien.

Gimana nih, sudah sering juga kan menggunakan QRIS untuk berbagai transaksi sehari-hari (seperti saya) yang dilakukan ?


Blogpost "QRISnya satu, menangnya banyak!" ini merupakan participant of BI Digital Content Competition 2023

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

No comments:

Post a Comment

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.