Makna Mimpi Keguguran dan Cara Mengatasinya Agar Bisa Tidur Lelap

Makna Mimpi Keguguran dan Cara Mengatasinya Agar Bisa Tidur Lelap. Mimpi pada saat kita tidur, sebagian besar dianggap sebagai bunga tidur yang tidak memiliki arti apa-apa. Tapi tidak sedikit juga mimpi yang dialami seseorang memiliki makna khusus atau dipercaya sebagai pertanda akan terjadinya sebuah peristiwa penting ( hal baik ataupun yang tidak diharapkan). 

Bismillahirrahmaanirrahiim, apalagi bagi (sebagian) orang  yang sedang hamil, mimpi bisa dianggap menjadi suatu pertanda yang harus diperhatikan. Terdapat banyak orang yang membicarakan bagaimana mimpi dan arti mimpi. Apalagi jika berhubungan dengan perubahan fisik, mental, dan aktivitas yang dialami ketika sedang hamil. Meskipun sebenarnya mimpi bisa saja dipengaruhi oleh berbagai factor, antara lain insomnia, kelelahan, atau karena belum terbiasa. 

Apalagi ketika kondisi tubuh sedang lelah, tentunya kita menginginkan tidur yang lelap, berkualitas dan tanpa gangguan. Some how, suatu ketika seseorang ( bisa siapa saja) mengalami mimpi tentang keguguran. Terlebih jika mimpi tersebut dialami oleh pasangan suami – istri yang sudah lama menantikan kehadiran sang buah hati. Lha wong mimpi ular masuk rumah saja bisa membuat seseorang resah dan gelisah seperti orang baru jatuh cinta kan ?

Cara-Mengatasinya-Agar-Bisa-Tidur-Lelap
Image dari IG Habib Novel

Terlebih bagi sang istri yang masih dalam masa-masa awal kehamilan, bermimpi tentang keguguran  akan membawa dapak ke psikologis, mencoba menerka-nerka, ada apa dibalik mimpi keguguran ketika hamil? 

Arti mimpi keguguran ketika hamil 

Mungkin beragam pertanyaan langsung muncul di benak kita, ketika mimpi keguguran itu datang. Hal tersebut sangat wajar jika kita merasa sangat terganggu oleh ‘mimpi buruk’ yang datang, terlebih bagi ibu yang sedang hamil. 

Lalu, apa arti mimpi keguguran saat hamil? Berikut beberapa arti mimpi keguguran saat hamil yang penulis rangkum dari Millers Guide.

1. Mimpi keguguran

Secara garis besar, mimpi keguguran yang dialami oleh seseorang, baik yang memiliki anggota keluarga sedang hamil atau pun tidak, mimpi ini dianggap membawa isyarat tertentu atau sebuah pesan yang penting yaitu pertanda untuk bisa menyelesaikan berbagai tujuan atau aktivitas sebelum waktunya habis. Karena kehilangan anak adalah kehilangan yang sangat luar biasa. 

Sehingga, mungkin hal yang harus diselesaikan tersebut merupakan hal yang sangat penting. Apabila wanita yang sedang tidak hamil atau bahkan tidak mengharapkan kehadiran anak, hal itu menandakan ada yang akan menghentikan langkah/usaha dan membuat tidak berkembang. Mungkin, itu yang selama ini menjadi ketakutan terbesar untuk kita.

2.  Mimpi keguguran ketika hamil

Bagi perempuan yang sedang hamil, pastinya mimpi ini sangat menakutkan bukan? Mimpi keguguran ketika hamil, terlebih jika kehamilan tersebut sudah ditunggu-tunggu sangat lama. Namun, alasan terbesar dari seorang perempuan yang sedang hamil yang kemudian mimpi keguguran adalah adanya perasaan takut dan cemas. Hal ini sangatlah wajar, terlebih jika ini merupakan kehamilan pertama. 

Tetapi jika Kita sedang hamil, mengalami mimpi keguguran, dan pernah keguguran sebelumnya, hal ini bisa saja menjadi pertkita Kita bisa mengalaminya lagi. Namun, jangan khawatir karena keguguran hanya akan datang pada masa-masa awal kehamilan. Seiring berjalannya waktu, kecemasan akan berkurang dan menjadi lebih normal. 

Semua mimpi yang terjadi disebabkan oleh adanya perubahan hormon yang terjadi. Hal ini bisa juga dikaitkan dengan kekhawatiran yang kita rasakan tentang anak yang sedang kita kandung.

3. Mimpi istri keguguran

Selanjutnya, jika sebelumnya yang bermimpi adalah Kita, maka mimpi keguguran juga bisa dialami oleh para suami. Mimpi tersebut bisa menjadi peringatan sekaligus penyemangat bagi para suami. Jika hal ini adalah pertama kalinya ia menjadi calon Ayah, mimpi istri keguguran bisa berarti kecemasan akan tanggung jawab yang diemban ketika sang buah hati telah datang di dunia. Mimpi istri keguguran juga dapat berarti menunjukkan ketakutan sang Ayah selama ini. Seperti ketakutan memiliki anak, ketakutan terhadap anak-anak, atau takut kehilangan mereka.

Tips agar Kita tidak Cemas sehingga bisa Tidur Lelap 

Mimpi yang buruk dan terkait dengan kecemasan bisa saja berulang selama kehamilan, namun bisa juga hanya sebagai bunga tidur. Mimpi merupakan cara otak mengungkapkan berbagai jenis ketakutan. Untuk bisa menguranginya, 

Kita bisa membuka diri dan jujur terhadap pasangan tentang ketakutan dan kecemasan yang alami. Jika merasa yakin dan bisa mempercayai seseorang untuk menceritakan mimpi yang dialami, semoga bisa lebih mudah membantu kita mengatasi kecemasan. 

Sebagai langkah preventif untuk meminimalkan mimpi buruk, kita bisa melakukan tips di bawah ini agar bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Berikut adalah tipsnya yang dikutip dari Healthline.
  • Hindari minum sebelum tidur, karena itu akan menimbulkan tekanan pada kandung kemih untuk ibu hamil,
  • Pastikan lampu mati saat tidur, dan jaga kamar agar tenang dengan suhu yang nyaman,
  • Jangan tidur siang yang terlalu lama, sebab akan membuat sulit tidur di malam hari,
  • Lakukan kegiatan santai sebelum tidur. Kita bisa membaca buku, mandi, mendengarkan musik favorit atau musik yang menenangkan, atau bernapas dalam-dalam.
Penting untuk dipahami bersama,bahwa apapun mimpi yang dialami kita harus berusaha untuk menghentikan dan menghilangkan rasa was-was. Karena jika kita terbawa was-was dengan rezeki akibat mimpi yang kita alami, berarti kita was-was terhadap Tuhan Sang Maha Pencipta dan Maha Mengatur Segalanya. 

After all jika memang pada kenyataannya mengalami mimpi buruk, apalagi mimpi keguguran pada awal kehamilan, harus dinetralkan dengan doa yang sebaiknya dibaca ketika mimpi buruk seperti yang diajarkan oleh Rasulullah. Kemudian dilanjutkan dengan memperbanyak sholawat karena  jalan tercepat mendapatkan rahmat, cahaya shalawat menggilapkan jiwa yang berkarat (Habib Novel Alaydrus).

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

No comments:

Post a Comment

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.