Bagaimana Menggunakan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Lokal ?

Bagaimana Menggunakan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Lokal ? Bagaimana caranya agar produk lokal mampu bersaing dikancah bisnis dan bisa go internasional ? Salah satu jawaban dan caranya adalah dengan Marketing Digital. Era digital, membawa pengaruh pada banyak segmen kehidupan, terlebih dalam urusan tata niaga dan bisnis dalam bentuk barang juga jasa.

Apalagi jika dikaitkan dengan penggunaan media digital yang berkembang sangat pesat, dan semakin dipercepat dengan terjadinya pandemic Covid-19. Bismillahirrahmaanirrahiim, Semakin banyak urusan, aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara digital. Artinya, semakin luas (global) masyarakat terhubung satu sama lain melalui jaringan media sosial. 

Satu orang saja bisa memiliki akun sosmed lebih dari satu. Sebut saja Instagram, terdapat 2 miliar pengguna aktif bulanan pada 2021, menyusul kepopuleran media social pendahulunya Facebook dan WhatsApp. Ditambah lagi akses ke berbagai jaringan media sosial tersebut kian mobile friendly dengan diakses oleh pengguna mobile devices. 

Situasi kekinian yang patut dicermati dan sikapi pelaku usaha untuk lebih cepat mengerti dan memahami apa itu bisnis dengan teknologi digital, dan secara bertahap mampu menerapkannya dalam bisnis sehari-hari. Meningkatnya peran market intelligence, salah satunya dengan membangun jejaring jejaring di kawasan, misalnya melalui networking/pertemanan lintas media dan lintas negara memiliki influence positif bagi penjualan suatu brand (produk) memiliki nilai jual yang kompetitif dan atau lebih tinggi nilai jualnya bila disandingkan dengan produk sejenis dari produsen lain. 

Setiap pelaku usaha, pastinya menginginkan usahanya survive, berkembang dan bisa semakin maju. Termasuk bagi industrI skala kecil IKM, untuk saat ini dan selanjutnya harus bisa mendesain sistem penjualan secara online. Menargetkan pembeli dari jalur online, menggunakan dan mengoptimalkan promosi serta penjualan menggunakan digital marketing merupakan kebutuhan PRIMER saat ini. 
Produk local yang high quality, yang diproduksi dengan system GMP dan HACCP dari hulu hingga hilir, akan tetapi pemasarannya tidak lancar, tentu bikin pusing kepala dan bisa mengancam keberlangsungan usaha yang dijalankan. 
Bagaimana-menggunakan-marketing-digital-untuk-meningkatkan-penjualan-produk-lokal

Penasaran kan bagimana rahasia dan tipsnya agar penjualan produk mengalami repeat order setiap hari dan berkelanjutan? Monggo disimak rangkuman materi yang disampaikan oleh Rian Hafiz, SE,. MBA,. CSA pada kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh teman-teman dari RKS Sleman. tentang  Rahasia Meningkatkan Penjualan dengan Digital Marketing.

Note: Studi kasus yang diangkat dalam webinar: Bagaimana Meningkatkan Penjualan Produk Lokal Gudeg Kaleng Agar Go International menggunakan pemasaran Digital.

Ada banyak langkah-langkah dan persiapan matang yang harus dilewati agar sukses berbisnis online, maka sudah seharusnya pelaku usaha local juga memiliki strategi digital marketing yang baik agar tak salah jalan.

Langkah Pertama: Buka Toko Digital atau Toko Online. 

Artinya, untuk langkah awal ini kita nebeng di market place yang sudah existing seperti Tokopedia, Lazada, Shopee atau marketplace lainnya. Jika brand/produk kita sudah terbangun, dilanjutkan dengan membuat membuat landing page /toko online sendiri. Artinya, toko online yang kita bangun dari marketplace menjadi sinergis dua arah.

Langkah yang kedua, Concern membuat Konten.  

Kenapa konten ini sangat (penting) disarankan? Belajar dari  perusahaan besar dan startup yang bisa lebih cepat tumbuh dan berkembang, karena mereka berani bermain menggunakan konten. 

Dengan konten yang mampu mengundang banyak pembaca diharapkan bisa mendukung dan mendongkrak pemasaran secara digital, kita harus melakukan beberapa riset. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan, kita buat konten yang sesuai dengan produk kita sendiri, bisa dengan cara melakukan ATM (amati, tiru, dan modifikasi) berdasarkan hasil riset yang kita lakukan. 

Riset yang perlu dilakukan dalam membuat konten antara lain: 
  • Riset pasar, untuk mencari tahu seberapa banyak orang membutuhkan atau mencari gudeg kaleng? Darimana saja domisili orang yang mencari gudeg kaleng, dan lain sebagainya. 
  • Riset Kompetitor. Kita lihat seller lain yang menjual produk sama dengan komoditas yang akan kita jual. Apa saja kata kunci yang digunakan untuk mencari produk di marketplace. Bagaimana seller yang laris menjual gudeg kaleng menuliskan deskripsi produknya. Misalnya, penulisan  deskripsi produk yang diperluas, tak hanya menggunakan gudeg kaleng, tapi juga ditambah dengan keyword sambel kecek, oleh-oleh Jogya. Penulisan range harga mulai terendah, yang biasanya dilakukan oleh seller yang menjual beragam produk, untuk memperluas segmen pemasaran produk karena sangat mungkin saat ada calon pembeli yang membuka toko online akan kepincut juga untuk membeli produk lainnya.
  • Riset Konten: Market Place dan Media Sosial. Seperti apa kompetisinya, dilihat bagaimana potensi pasarnya di marketplace. Riset dilakukan menggunakan keyword (produk) yang akan kita jual, kira-kira harganya ksiaran berapa, yang paling banyak laku di harga berapa, menjadi acuan dari sisi harga, desain
  • Riset media sosial, misal di Instagram. KOnten seperti apa yangmenduduki peringkat atas, kita pelajari hero image yang digunakan, bagaimana lay out postinganya (diamati semua detail image yang dipasang di IG tersebut)
  • Buat Hero Image. Kriteria sebagai foto atau gambar bisa dikatakan sebagai Hero Image apabila  gambar yang kualitas yangHi-Res, Bakground Transparent, Menunjukkan adanya makanan (isi dalam kemasan) tersebut selain keindahan packagingnya. Bisa digunakan untuk konten-konten lainya.
  • Optimasi kata kunci di Marketplace. Untuk langkah optimasi kata kunci ini, kita bisa melakukan riset atau survey pada beberapa marketplace. Misalnya untuk produk gudeg kaleng, apa saja kata kunci yang mendatangkan visitor tinggi pada masing-masing marketplace. Salah satu caranya, setelah mengetikkan kata “gudeg kaleng” pada suatu ecommerce, kita klik produk yang terdapat pada halaman pertama pencarian, klik link dan cermati detail deskripsi produk serta keyword yang tercantum pada link terpasangnya.
Bagaimana-meningkatkan-penjualan-dengan-digital-marketing

Langkah ketiga adalah Management Traffic dan Konversinya. 

Kembali pada basic awal tujuan kita berjualan apa sih? Misalnya jika berjualan menggunalan platform Instagram, kita tuh pengennya apa, apakah kita ingin like, follow dan comment di akun IG kita? 
Ataukah kita ingin BENERAN pengen ada yang beli barang jualan kita?
Lantas, bagimana caranya agar ada orang beli? Mari kita pelajari traffik yang possible mendatangkan pembeli. Ada 2 jenis sumber traffic yang perlu dipahami dan sekaligus disisati;
  • Traffic Organik. Sudah pada paham dong gimana trafik organic? Yess, trafik organik merupakan statistik pengunjung yang datang melihat-lihat konten (produk jualan) kita secara natural, dengan rela dan senang hati melihat-lihat galeri yang ada di akun medsos kita. 
  • Iklan. Traffic dari iklan, sifatnya pengguna medsos "dipaksa" agar melihat konten kita karena saat mereka sedang scroll IG, tiba-tiba muncul akun kita (yang diiklankan). 
Suka atau tidak, mengandalkan traffic organic saja tidak cukup, kita perlu memperkuat arus traffic organic dengan menggunakan iklan. 
- Buat Iklan di Marketplace
- Iklan Media Sosial, secara data orang yang search gudeg kaleng di medsos
Apabila membuat iklan di marketplace dan medsos belum ada budget khusus, atau alasan modal yang belum ada untuk iklan berbayar, please don't worry karena sekarang kan sudah banyak influencer yang baik hati dan bersedia membuat edorsment secara free, tanpa dibayar tapi dengan barter produk saja.
It’s oke jika influencer tersebut followernya belum banyak, toh yang namanya dunia digital memiliki hokum multiplier efek. Satu orang saja yang terkesan terhadap endorsement yang dibacanya, potensi “viral” secara masih massif pun terbuka lebar. Bukankah orang yang mendapatkan first impression yang baik akan senang hati menshare ulang di akun sosmednya kan?

Nah, sudah ada tambahan pencerahan kan Bagaimana dahsyatnya marketing digital. Mengerti, memamahi dan bisa menggunakan marketing digital sudah merupakan kebutuhan wajib bagi IKM saat untuk Mengoptimalkan penjualan secara digital sehingga menjadi pemercepatan bagi bisnis-bisnis yang tengah tersendat di kondisi pandemic seperti belakangan ini.

Masih bingung Bagaimana Menggunakan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Lokal ?

Bagi yang membutuhkan konsultan digital marketing, salah satunya bisa menggunakan marketingdigital.id yang secara intensif akan membantu promosi produk/jasa yang memanfaatkan internet untuk menjangkau pasar yang lebih luas. 

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

2 comments:

  1. Ini alasan kenapa posisi digital marketing banyak dicari yo mba...kabeh2 sistem online sekarang... Klo yang nggak bisa menyesuaikan jaman, bisa dipastikan keteteran...

    ReplyDelete
  2. ini sama kayak mau buka rumah makan, bagaimana narik pelanggan gitu ya. Nah krn skrg era digital, kita harus belajar digital marketing.
    Nice post mb

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.