YIS, Sekolah Internasional dengan Kurikulum International Baccalaureate di Yogyakarta

YIS, Sekolah Internasional dengan Kurikulum International Baccalaureate (IB) di Yogyakarta. Tiap orang tua tentu akan berusaha memberikan pendidikan yang terbaik, dan salah satunya dengan memilihkan sekolah yang terbaik. Peran Sekolah sebagai lembaga pendidikan dalam proporsinya,  memiliki kontribusi yang linkage dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak. 

Mencari sekolah yang dianggap terbaik, tentu membutuhkan informasi yang lengkap, detail dan obyektif. Nah, menyoal tentang Sekolah sebagai SALAH SATU sarana / media yang memiliki fungsi dan peran untuk mendidik, artinya lebih dari sekedar belajar mata pelajaran, ilmu pengetahuan  a, b , c, d, bla..bla…bla….Truuuuss saya juga meyakini bahwa setiap orang tua tentu ingin memberikan pendidikan yang terbaik, termasuk memilihkan sekolah yang tepat bagi putra-putrinya.

Pas banget neh, Bismillahirrahmaanirrahiim pada hari Kamis tanggal 29 Juli 2021 saya berkesempatan mengikuti zoombinar untuk mengenal lebih dekat YIS, Sekolah Internasional dengan kurikulum  International Baccalaureate (IB) di Yogkarta.  

Kepo Kan, sekolah International YIS berada dimana? Kapan berdirinya? Apaan sih kurikulum International Baccalaureate (IB) ? Jika demikian, yuk toss dulu ya  saya ijin sharing hasil webinar tentang YIS dengan Host: Elia Nugraha Ekanindita (Dindit) selaku DP Coordinator, guru TOK (Theory of Knowledge) dengan menghadirkan narasumber Miss Kimberly Kingry (YIS Principal 2018 -2021), yang didampingi pula oleh MYP Coordinator: Kencana Devia Candra (guru Bahasa Indonesia untuk Secondary) dan  PYP Coordinator: Veronika Swanti .

Sekilas Story Tentang Yogyakarta Independent School (YIS) 

FYI ya sekolah internasional di Yogyakarta ini berlokasi di Jalan Tegal Mlati No. 1, Jombor Lor, Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, secara lebih spesifik kita bisa dengan mudah menemukan alamat YIS dengan menggunakan patokan salah satu destinasi wisata yang femes di Yogya yaitu Monumen Jogja Kembali. Yesss, YIS ini terletak tak jauh dari MONJALI menempati lahan seluas 6,5 hektar. 
YIS ternyata sudah eksis menjadi salah satu lembaga pendidikan yang mengkayakan pilihan sekolah di Kota Pelajar ini sudah lebih dari 30 tahun. Tepatnya YIS berdiri sejak 20 Mei 1989, yang pada awal berdirinya ada 30 siswa dan 4 guru. 
Pada awal berdiri, sekolah ini menggunakan nama Yogyakarta International School. Dan berdasarkan instruksi Menteri bahwa semua sekolah internasional di Indonesia harus menghilangkan kata “internasional” dari namanya, sehingga pada tahun 2014 sekolah ini  berganti nama menjadi Yogyakarta Independent School (YIS).

Bisa dikatakan kalau siswa-siswa YIS berasal dari berbagai kalangan, baik dari masyarakat Indonesia maupun anak-anak WNA yang tinggal di Indonesia. Mereka semua sekolah  di YIS dengan harmonis meskipun memiliki keanekaragaman latar belakang yang heterogen. Mereka berteman, bersinergis dan bertumbuh menjadi lebih toleran dan menghormati perbedaan satu sama lain.


By the time, YIS pun berkembang menjadi sekolah mandiri dengan dukungan fasilitas, sarana-prasarana dan SDM yang eligible. Dengan menempati area seluas 6,5 hektar, YIS memiliki gedung dengan daya tampung hingga 400 siswa, tentunya sangat menjamin kenyamanan dan suasana yang kondusif dalam proses belajar. Kelengkapan sarana pendidikan yang sangat representative: laboratorium untuk praktek, perpustakaan, taman botani, ruang terbuka hijau yang luas. Bahkan memiliki fasilitas lapangan sepakbola berstandar internasional dan sering dipakai latihan oleh timnas sepakbola dari berbagai penjuru Indonesia.

Maka, YIS pun menjadi salah satu lembaga pendidikan unggulan Yogyakarta untuk pendidikan dasar dan menengah internasional menggunakan Kurikulum International Baccalaureate (IB) dengan bahasa pengantar adalah bahasa Inggris dan kurikulumnya juga mencakup bahasa Prancis, Spanyol, dan Indonesia.

Apa sih Kurikulum International Baccalaureate (IB) ? 

International Baccalaureate, adalah yayasan pendidikan internasional yang didirikan di Jenewa, Swiss pada tahun 1968, diakui oleh universitas di seluruh dunia. Ini diajarkan kepada lebih dari satu juta siswa di hampir 5.000 sekolah, di lebih dari 150 negara. Kurikulum International Baccalaureate (IB) dirancang untuk mempersiapkan siswa menemukan tempat mereka dan unggul di dunia.

YIS (hingga saat ini) merupakan satu-satunya sekolah internasional di Yogyakarta yang resmi menawarkan rangkaian lengkap pendidikan dengan kurikulum IB untuk anak-anak dari usia 3 hingga 18 tahun. 
Dengan menggunakan Kurikuum International Baccalaureate (IB), YIS memiliki 3 jenjang pendidikan formal yaitu:

IB Primary Years Programme (PYP) atau Program Tahun Dasar untuk usia 3-12 tahun

Pada jenjang awal ini, pendidikan dilakukan untuk memberikan landasan yang ideal bagi anak-anak agar tumbuh menjadi sosok yang siap untuk jadi pembelajar seumur hidup yang sukses dengan mengembangkan aspek-aspek: 
  • Kemandirian, sebagai bentuk tanggung jawab mereka untuk pembelajaran mereka sendiri
  • pemahaman tentang dunia dan kemampuan mereka untuk berperan secara efektif di dalamnya
  • yang diprakarsai oleh siswa dengan penuh perhatian, tepat, dan berkelanjutan
  • kemampuan bahasa, dimana semua siswa mempelajari bahasa tambahan at least sejak usia 7 tahun. 
IB Middle Years Programme (MYP) atau Program Tahun Menengah untuk usia 11-14 tahun

Pada jenjang ini terdapat 8 mata pelajaran yaitu Penguasaan Bahasa dan Sastra, Individuals and  lingkuangan masyarkat, Sains, Matematika, Seni, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, dan Desain. 

IB Program Diploma (DP) atau setara SMA untuk usia 15-18 tahun

Pada jenjang Program Diploma memiliki kurikulum akademik yang menantang, dengan pendekatan yang berpusat pada siswa untuk mengajar, fokus pada pemikiran internasional dan sebagai  persiapan akademik yang dihormati dan diakui secara luas.


Jika kurikulum Cambridge International lebih berfokus pada sisi akademis, maka Kurikulum IB menitikberatkan pendidikan dengan lebih banyak melakukan observasi dan praktik dalam kegiatan sehari-hari dan juga mengerjakan tugas akhir. Ini berfokus pada pendidikan berbasis inkuiri yang mempersiapkan siswa untuk berhasil dengan mengajar mereka untuk berpikir kritis dan mandiri.

Achievement of Yogyakarta Independent School 

Sebagai lembaga pendidikan berskala internasional yang menggunakan kurikulum IB, semua dokumen  laporan, ijazah dan sertifikat yang dikeluarkan oleh YIS adalah SAH di Indonesia dan compatible untuk  digunakan di berbagai universitas di seluruh dunia. 

Tahun 2021 ini merupakan tahun ketiga bagi YIS mewisuda siswa-siswanya dari IB Program Diploma (DP) atau setara SMA. Sebagai sekolah Internasional yang menggunakan kurikulum IB,  YIS semakin glowing karena para alumni dari YIS memiliki daya saing secara internasional, sehingga bisa melanjutkan pendidikan di berbagai perguruan luar negeri. 
Ciamiiiknya Melbourne University bahkan menawarkan banyak kesempatan istimewa bagi lulusan IBDP dari YIS antara lain TIDAK PERLU melalui ujian masuk dan tanpa  tes bahasa Inggris, juga tersedia kesempatan mendapatkan Beasiswa untuk siswa IBDP yang berprestasi.
Selaian privilege yang diberikan oleh Melbourne University, lulusan IB Diploma diakui oleh semua universitas dan sekolah pendidikan tinggi di Australia. Alumni-alumni YIS juga sudah tersebar di Universitas di Belanda, di Monash University (Malaysia ), Belanda dan juga Amerika.

Makin penasaran dong tentang YIS ini? Capcuuss bisa di-kepoin  melalui akun social media Instagram  @yogyakartaindependentschool atau bisa juga dengan mengunjungi website YIS di www.yis-edu.org. Kalau mau lebih afdhol, by email di info@yis-edu-org atau melalui Whatssapp  di nomer +6282241044242



Image: capture webinar dan IG YIS

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

17 comments:

  1. Nama sekolahnya mengingatkan sama sekolah internasional di Jakarta yang namanya mirip-mirip gini, Berafiliasi kah Mak? Atau kebetulan aja? Dulu waktu SMP aku pernah bercita-cita pengen masuk SMA atau kuliah yang kurikulum internasional gini. Eh ga kesampaian, terus Englishku juga pas-pasan, Mana jarang dipake :D
    Senengnya lihar sekolah yang fasilitasnya banyak gini ditambah keragaman siswa-siswnya. Dunia serasa lebih dekat dengana adanya teman-teman macam di YIS ini

    ReplyDelete
  2. YIS pun menjadi salah satu lembaga pendidikan unggulan Yogyakarta pastinya juga menjadi kebanggaan masyarakat Jogja dgn hadirnya sekolah ini ya mbak

    ReplyDelete
  3. Kalau berdiri udah selama itu (ternyata YIS lebih tua dari umur saya haha) pastinya sekolah ini memiliki banyak pengalaman ya mbak.. Beruntung sekali orang Jogja punya YIS

    ReplyDelete
  4. Wow selain kurikulumnya keren banget, privilege untuk melanjutkan kuliah di berbagai universitas luar negeri itu yang bikin mupeng, pastinya kualitas lulusan sudah teruji yah, apalagi ini satu-satunya sekolah dengan kurikulum standar internasional di Kota Yogyakarta yang usianya ternyata sudah lumayan tua ya...

    ReplyDelete
  5. ini termasuk sekolah yang special ya mba? kalau melihat kurikuum yang ditawarkan sepertinya oke banget ya programnya. Mus bte fun

    ReplyDelete
  6. wah mantap YIS ini
    bisa jadi pilihan bagi orangtua byabg ingin anaknya belajar kurikulum internasional ya mbak
    YIS makin melengkapi Yogyakarta sebagai kota pendidikan

    ReplyDelete
  7. Aku nyariin informasi soal biayanya yis ini mbak, pengen ngerti, ahaha. Sekolah kayak begini emang keren banget ya mbak, dan keren juga di Jogja sudah hadir sekolah internasional.

    ReplyDelete
  8. Waaah kayanya YIS ini cocok banget buat orangtua yang mau cari sekolah internasional untuk anak-anaknya yaaaa.. Kurikulum dan fasilitasnya oke banget juga nih soalnyaaa

    ReplyDelete
  9. Wah, sekolah bagus iniii! Fasilitasnya lengkap, kurikulumnya juga bagus apalagi udah berdiri lama sehingga pengalamannya banyak. Sekolah kereen!

    ReplyDelete
  10. Sekolah terbaik sekali ini di Yogya. Kurikulumnya memang berbeda dengan sekolah pada umumnya, tapi lulus dari sana sudah ada jaminan bisa sekolah di Australia.

    ReplyDelete
  11. YIS (Yogyakarta Independent School) membuat orangtua semakin nyaman menitipkan anak-anak untuk dididik dan dibimbing bersana dengan sekolah yang terpercaya dengan kurikulum yang sesuai untuk keadaan zaman kini.
    Dimana sekolah merupakan tempat menimba ilmu dan mengembangkan skills anak.

    ReplyDelete
  12. Di Jogja ternyata ada sekolah internasional juga ya. Menarik banget nih, mulai dari usia 3 tahun sampai 18 tahun bisa terpenuhi kebutuhannya. Kurikulum pasti oke ya mam. Kalau biaya sekolah di sana kira-kira berapa mam?

    ReplyDelete
  13. wah, sekolah YIS ini berdiri pas tanggal kebangkitan nasional, spirit yang luar biasa pasti menjadi latar belakang berdirinya sekolah ini di kota pelajar ya.

    ReplyDelete
  14. Woohoo bakal seru nih bila bisa sekolah di YIS ya. Dan menurut saya yang paling penting itu ya soal kmampuan bahasa karena itu nanti bakal jadi modal dasar banget anak2 ya.. Ah andai sekolahnya ada dekat rumah..

    ReplyDelete
  15. berarti kalau ib bisa akselerasi lebih cepet ya mak biasanya 2 tahun sma kan ya? dijamin kualitas siswa lulusan ini tidak mengecewakan. cuma kaalau sekolah kece internasional gini suka deg2an sama biayanya :")

    ReplyDelete
  16. Yogyakarta memang benas julukannya kota pelajaran ya mbak. Banyak sekolah terpercaya termasuk YIS ini. Yang sudah berstandar internasional.

    ReplyDelete
  17. Sangat bersemangat dengarnya, memang sudah dari dulu Yogyakarta julukan kota pendidikan. Mencari pendidikan yg taraf internasional adalah dambaan setiap orang tua

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.