Inilah 4 Cara Millenials Agar Punya Rumah, Nggak Cuma mimpi Kok!

Banyak yang beranggapan kalau rumah untuk millenials adalah hal yang mustahil. Namun, dengan cara tepat, millenial juga bisa memiliki tempat tinggal layak, lho!

Generasi millenials yang hidup di perkotaan, saat ini mengalami krisis yang serius. Menurut data dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), ada sebanyak 81 juta generasi millenials kesulitan memiliki tempat tinggal layak. Alasan kenapa rumah untuk millenials sulit diwujudkan karena biaya hidup di perkotaan yang sangat tinggi. Ditambah lagi, harga unit rumah di kota besar sangat mahal. 

Namun, situasi yang sangat sulit tersebut tak harus membuat millenials putus asa. Bismillahirrahmaanirrahiim, impian memiliki rumah untuk millenials bisa diwujudkan kalau mengetahui cara yang tepat dan punya komitmen yang sungguh-sungguh untuk mewujudkannya. Setidaknya, dengan 4 tips ini bisa dilakukan oleh generasi millenials sebagai bagian ikhtiar untuk bisa mewujudkan mimpi tersebut, yaitu:

1. Tabung 10% gaji secara rutin
Tips pertama yang dapat dilakukan millenials adalah dengan membiasakan gaya hidup hemat. Caranya adalah dengan menyisihkan 10% gaji setiap bulan. Uang tersebut dapat dikumpulkan dan kemudian digunakan untuk melakukan pembayaran uang muka (DP) rumah.

Hanya saja, jangan sekadar mengumpulkan sebagian gaji dalam bentuk tabungan ya gaesss. Ada cara cerdas agar uang untuk DP rumah bisa terkumpul dengan lebih cepat dan tidak terditraksi oleh hal-hal lain yang muncul karena pengaruh sosialita. Caranya adalah dengan memanfaatkan uang tersebut untuk sarana investasi. Pilihan investasi yang bisa dilakukan beragam, mulai dari P2P lending, membeli emas, hingga reksadana.
Image Pinterest
2. Manfaatkan fasilitas cicilan DP
Pada kasus tertentu, kesempatan mendapatkan rumah untuk millenials juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas cicilan DP. Program seperti ini biasanya merupakan inisiatif dari developer perumahan. Setiap calon pembeli, dapat memperoleh keringanan melunasi DP dalam durasi waktu tertentu.

Partisipasi pada program cicilan DP ini tidak akan terlalu mengganggu kondisi finansial seorang millenials. Apalagi, cicilan DP ini tak mengubah harga jual rumah yang telah disepakati. Ketika DP sudah lunas, millenials kemudian bisa melakukan pengajuan kredit kepada bank. 

3. Pilih layanan KPR dengan tenor panjang
Setelah berhasil mengumpulkan uang untuk DP, langkah berikutnya adalah mengajukan kredit kepemilikan rumah (KPR) yang memiliki tenor panjang. Pemilihan KPR dengan tenor panjang dilakukan agar nominal cicilan yang perlu dibayarkan tidak terlalu besar. Dengan begitu, kondisi keuangan millenials tidak akan mengalami gangguan serius. Dan bilamana ada rejeki tiban atau tak terduga, bisa tuh dilunasi kredit kepemilikan rumahnya.

4. Gunakan sarana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP)
Terakhir, keinginan memiliki rumah untuk millenials dapat diwujudkan dengan berpartisipasi dalam program FLPP yang diselenggarakan pemerintah. Program ini ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah atau para millenials yang baru bekerja agar bisa memperoleh tempat tinggal layak. 
Syarat untuk ikut serta dalam program ini terbilang tidak ribet, yaitu memiliki gaji pokok 4 juta rupiah, belum memiliki rumah, serta melengkapi syarat administratif. Dengan ikut serta pada program ini, millenials dapat membeli rumah secara kredit dengan bunga rendah, hanya 5 persen dan tenor panjang mencapai 20 tahun. 
Dengan mempraktikkan tips di atas, kepemilikan rumah bagi millenials bukan impian belaka. Apalagi, kalau mau memanfaatkan layanan investasi menguntungkan dan tepercaya seperti yang ditawarkan oleh Qazwa.id. Aman dan telah terdaftar di OJK, lho! Nah, tunggu apalagi cobak ? Buruan bikin planning dan tetapkan target untuk mewujudkan rumha impian bersama keluarga tercinta.

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan (Blogger, Buzzer, Coffee Lover) and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Thanks for visiting my blog and hopefully will visit again with pleasure.

10 comments:

  1. Harga rumah di perkotaan memang 'wow'banget sekarang ya? Mahal tapi strategis dan dekat dengan banyak fasilitas jadi banyak peminatnya.

    ReplyDelete
  2. generasi milenial memang dapat banyak kemudahan ya asal tahu celahnya.

    ReplyDelete
  3. Wahh, aku bukan kaum milenial tapi belum punya rumah juga.

    #mlh curhat

    ReplyDelete
  4. FLPP itu yang rumah subsidi kah, Mbak? Kayaknya pernah baca tapi masuknya yang mana aku lupa hehe.

    ReplyDelete
  5. Saya setuju dengan KPR tenor panjang mbak Ririe. Jadi, terasa ringan aja ya. Tapi ya kembali lagi, tergantung pilihan masing2 😍👍

    ReplyDelete
  6. Wah makasih Infonya Mbak Rie, bisa dijadiin semacam rekomendasi buat saya dan milenial yang lain :)

    ReplyDelete
  7. Selama ada niat dan keinginan pasti ada jalan ya mb.. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan peluang yang ada hingga rumah idaman bisa diwujudkan. Tfs mb... Bermanfaat..

    ReplyDelete
  8. Keong aja punya rumah, masa yg komen diatas sama bawah pd ga ��

    ReplyDelete
  9. Menabung 10% penghasilan susah konsistennya. Cara paling cepat yah mengajukan KPR. Namun yang terjangkau untuk kelas menengah pasti perumahannya di pelosok

    ReplyDelete
  10. Hal-hal yang ngga kepikiran sebelumnya akhirnya kepikiran juga dari artikel ini, terimakasih ya kak sudah berbagi tips:)

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.