Berbagai Prospek Kerja Lulusan Administrasi Bisnis, Pilih Yang Paling Menarik!

Pada umumnya, pertimbangan yang menjadi dasar untuk memilih jurusan pada saat akan mendaftar masuk ke perguruan tinggi (kuliah) salah satunya adalah prospek lapangan kerja yang menjanjikan: gaji diatas rata-rata, banyak bidang (pekerjaan) yang membutuhkan keilmuan tersebut, atau at least mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah.

Mengacu dari alasan tesebut, maka Bismillahirrahmaanirrahiim Ilmu administrasi bisnis atau sering disebut dengan administrasi niaga merupakan bidang studi khusus yang mempelajari berbagai hal terkait dengan kegiatan operasional bisnis sebuah perusahaan atau organisasi, mulai dari kegiatan pemasaran atau marketing, pengelolaan keuangan, pengelolaan SDM, hingga produksi.
Prospek Kerja Lulusan Administrasi Bisnis
Administrasi Bisnis merupakan salah satu cabang ilmu yang saat ini memiliki prospek yang sangat luas di tengah persaingan bisnis yang begitu ketat, prospek kerja Administrasi Bisnis menjadi salah satu prospek kerja yang luas dan beragam yang bisa dipilih oleh alumni dari jurusan ilmu Administrasi. 

Berikut ini ada beberapa jenis karir yang bisa dipilih oleh alumni jurusan Administrasi Bisnis, seperti:

Konsultan Bisnis
Seorang konsultan bisnis merupakan seseorang yang dipercaya oleh sebuah perusahaan maupun organisasi untuk memberikan nasehat mengenai berbagai aspek bisnis yang sedang dijalankannya, dengan harapan bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik. Tugas konsultan bisnis hanya terbatas pada memberikan nasehat dan tidak memiliki kewenangan untuk melakukan implementasi serta kebijakan untuk kliennya.
Ada dua jenis konsultan bisnis yang bisa dipilih, yakni konsultan internal dan konsultan eksternal yang perbedaannya terletak pada tempat konsultan tersebut bekerja (apakah di dalam perusahaan atau suatu firma atau agensi konsultan tersendiri).
Manajemen Perusahaan
Tidak hanya melalui pendidikan formal dengan sistem konvensional, bagi Anda yang ingin masuk dalam Manajemen Perusahaan juga bisa melakukan kuliah bisnis online untuk berkecimpung di bidang karir satu ini. Manajemen Perusahaan merupakan bidang profesi yang memiliki tingkatan cukup tinggi di sebuah perusahaan, yakni sebagai pemimpin pengadministrasi, dan mengarahkan perusahaan untuk mencapai tujuan.

Seorang manajer perusahaan harus mampu mengambil keputusan, memberikan motivasi, melakukan komunikasi, delegasi, serta mampu mengembangkan kemampuan karyawan dengan melakukan penilaian, saran, dan training. Bagi alumni administrasi bisnis yang ingin meniti karir di bidang ini, bisa mengikuti program Management Trainee yang biasanya dilakukan berbagai perusahaan besar.

Staff Administrasi
Prospek kerja Administrasi Bisnis lain yang tidak kalah menarik adalah staff administrasi, merupakan salah satu bagian penting yang biasanya ada di sebuah perusahaan maupun organisasi. Bagian ini memiliki cabang yang cukup beragam, mulai dari staf administrasi umum, administrasi perpajakan, administrasi gudang, dan berbagai jenis staff administrasi lainnya.

Namun untuk tugas pokoknya sendiri, berbagai jenis posisi staff administrasi tersebut memiliki tugas utama yakni filling atau rekapitulasi data (contohnya seperti surat domisili, surat berharga aset perusahaan, dan surat bukti transaksi yang dilakukan oleh perusahaan). 

Selain melakukan filling, staff administrasi juga memiliki tanggung jawab untuk membuat berbagai surat resmi yang dibutuhkan oleh perusahaan ataupun melakukan penjadwalan perusahaan yang bersifat universal.

Staff HRD atau Staff Human Resource Development 
Staff HRD atau Staff Human Resource Development merupakan salah satu bagian penting di sebuah perusahaan, memiliki kewajiban perihal sumber daya manusia mulai dari persiapan perekrutan maupun kontrak kerja karyawan sebuah perusahaan. Bagian ini nantinya akan melakukan penyaringan dan memetakan SDM di sebuah perusahaan sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing.

Bagi yang kuliah bisnis online bidang Administrasi Bisnis,  menjadi staff  HRD merupakan salah satu prospek yang cukup luas karena biasanya bagian ini selalu dibutuhkan oleh perusahaan besar bahkan start up sekalipun.

Staff Pemasaran
Sesuai dengan mata kuliah yang dipelajari jurusan administrasi bisnis (kebijakan dan strategi pemasaran / marketing), staf pemasaran menjadi salah satu bidang karir yang bisa dipilih setelah lulus jurusan satu ini. 

Staf pemasaran di sebuah perusahaan memiliki fungsi untuk meningkatkan penjualan produk ataupun jasa yang ditawarkannya, caranya dengan melakukan berbagai macam promosi. Untuk tugas bagian administrasi bisnis sendiri pada divisi ini ialah membantu manajer divisi dalam melaksanakan tugas sehari-hari dalam bidang administrasi, hal ini dilakukan untuk memenuhi fungsi divisi tersebut.

Entrepreneur
Bukan hanya bisa bekerja di berbagai perusahaan bisnis, alumni administrasi bisnis juga bisa membuka usahanya sendiri seperti dalam bidang entrepreneur. Ada banyak ilmu yang tentunya telah dipelajari di bangku perkuliahan oleh alumni jurusan ini, mulai dari SDM, manajemen, akuntansi, komunikasi, ketenagakerjaan, sampai pemasaran menjadikannya sangat mampu untuk membangun bisnis secara mandiri dengan kreativitas tanpa batas yang dimilikinya. 

Tuh kan, banyak banget prospek kerja Administrasi Bisnis. Contoh di atas baru sebagian kecil, masih banyak prospek lainnya seperti menjadi dosen, Pegawai bank, guru, PNS, akan menjadi pebisnis sekalipun bisa dilakoni oleh alumni dari jurusan yang satu ini dengan berbagai kemampuan tambahan yang harus dimiliki sesuai dengan bidang karir yang diincar.
So, semangat kuliah untuk mendapatkan ilmu dan semoga bermanfaat nantinya sesuai bidang kerja yang ditekuni.

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan (Blogger, Buzzer, Coffee Lover) and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Thanks for visiting my blog and hopefully will visit again with pleasure.

8 comments:

  1. Jika ada kuliah yang berbasis online gini, kesempatan buat siapapun bisa tetap mengenyam pendidikan yang diimpikan yah mbak. Jadi mupeng deh bisa kuliahh nihh hhe
    Makasih buat sharingnya, Mbak ^_^

    ReplyDelete
  2. Wah, banyak juga ya peluang kerjanya dan menjanjikan semua nih kayaknya. 😁

    ReplyDelete
  3. Ternyata dari satu jurusan bisa luas gini ya prospeknya. Cuma iya sih waktu dulu aku mau ambil jurusan juga sempet mikir lama dan panjang banget karena pengin jurusan yang prospek bidang kerja ke depannnya luas. Hehehe

    Cuma balik lagi sih kalo emang jurusan yang disukai dan emang bisa dapet kerja yang memang sesuai memang lebih baik. :D

    ReplyDelete
  4. Kalo kerja di pemerintahan, bisa ndak ya? Misal di perpajakan. Kan masih sesuai dgn jurusan administrasi bisnis

    ReplyDelete
  5. Wah aku baru tahu ada jurusan administrasi bisnis, biasanya taunya cuma bisnis atau manajemen aja, tapi dari prospek hampir2 sama, aku sendiri tertarik dengan jurusan yg berbau2 bisnis sih

    ReplyDelete
  6. Kok kok aku baru 'ngeh' sama jurusan ini yaa.. Dulu waktu lagi bingung-bingungnya milih jurusan kenapa jurusan ini ga kesebut sih? Tau gitu dulu jurusan yang prospeknya bagus kayak gini kan bisa masuk list aku..

    ReplyDelete
  7. Lumayan banyak juga bidang lahan kerja nya ya kalau lulusan administrasi bisnis. Tapi ini termasuk lulusan D3 ya mba?

    ReplyDelete
  8. Adikku kuliah Administrasi bisnis di salah satu Universitas Negeri di Malang.
    Dan sekarang jadi enterpreneur.
    Happy anaknya...
    Karena kerja sesuai passion nya.

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.