Header Ads

Life is flowing in its story leaving history
  • What's News

    7 Jalur Kereta Api Dengan Pemandangan Memanjakan Mata, Nomer 7 Paling Memukau !

    Setiap perjalanan memiliki cerita indahnya masing-masing. One’s destination is never a place, but a new way of seeing things ~ Henry Miller. Rute-rute perjalanan bisa jadi merupakan cara lain yang baru untuk melihat sesuatu. Take it, enjoy it, karena meskipun rute yang sama ditempuh berulang maka taste dan pengalaman rasanya tak akan pernah sama.  

    Dalam semua perjalanan memiliki hal indah dan selalu serba baru, baik perjalanan darat, laut maupun udara. Dan diantara tiga jalur transportasi tersebut,  yang memiliki segmen pemandangan bervariasi adalah jalur darat dengan menggunakan kereta api. Bismillahirrahmaanirrahiim semakin kekinian, perjalanan darat dengan naik bis, seringkali tak bisa ditebak. Jumlah kendaraan semakin banyak,  pengguna jalan raya bepergian pun meningkat tajam, sedangkan ketersedian jalan raya kan tidak mungkin setiap tahun ditambah? Belum lagi kondisi jalan raya yang rusak, baik karena memang konstruksinya yang sudah habis masa ekonomisnya maupun disebabkan oleh force major, klop lah jika perjalanan darat dengan kendaraan bermotor / mobil membuat kita jenuh, emosi, dan capek sehingga kecil kemungkinan bisa menikmati pemandangan sepanjang rute perjalanan yang di tempuh. Selain itu, geografi yang dilinatsi jalur jalan raya pun tak seheterogen kalau naik KA.

    Artinya, kalau mengharapkan dan memang ingin menikmati indahnya panorama saat perjalanan, pilihan naik KA adalah yang pas banget. Apalagi saat ini kualitas layanan kereta api sudah semakin baik, nyaman, lebih aman dan waktunya bisa diprediksi. Kalau pun molor, sudah tidak parah-parah amat kok. Kecuali jika ada ruas rel KA yang terkena banjir.  

    Perjalanan dengan kereta api sebenarnya banyak menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan tidak membosankan. Kita bisa menikmati perjalanan dengan memanfaatkan waktu untuk menikmati pemandangan di kiri dan kanan jendela, karena hampir semua jalur transportasi KA dibangun menghindari jalan raya atau tengah kota. 

    Semenjak saya pindah di Yogyakarta, manakala mudik ke Jawa Timur sendirian, lebih memilih naik kereta api. Termasuk saat menjalani diklat 5 bulan di Bandung, rutinitas mudik Bandung - Yogya yang rata-rata dua minggu sekali, saya pilih naik KA dong, lebih hemat, cepat, aman, dan nyaman. Iya sih, pernah tuh saya ngalami drama lucu di antara dua kereta api Pasundan (salah naik jurusan KA).

    Sebenarnya banyak jalur kereta api  yang memiliki pemandangan kiri kanan sangat menakjubkan dan bisa membuat perjalanan menjadi semakin menyenangkan. Bisa dibilang, setiap jalur dan rute kereta api memiliki pesona ajaibnya sendiri-sendiri yang siap memanjakan mata memandangi bentangan alam yang luar biasa. Seperti dilansir phinemo.com, berikut ini beberapa ulasan jalur kereta api dengan pemandangan yang sangat memanjakan mata antara lain:

    1. Kereta Api Argo Parahyangan
    Kereta api Argo Parahyangan merupakan kereta api jurusan Jakarta-Bandung. Dalam sehari biasanya akan beroperasi sebanyak 7 kali. 
    sumber:flickr.com/andrevamoogle_1
    Meskipun jarak tempuhnya hanya 3 jam, namun jalur Argo Parahyangan menghadirkan pemandangan yang luar biasa. Kita akan merasakan sensasi jalur yang berkelok dan berkendara di atas jembatan panjang dengan jurang dan hutan di bawahnya. Selain itu pemandangan panorama pegunungan akan membuat mata segar.

    2. Kereta Api Argo Bromo Anggrek Pagi
    Jalur ini melayani perjalanan Jakarta-Surabaya dengan waktu tempuh kurang lebih 11 jam. Kereta Api Argo Bromo Anggrek Pagi beroperasi dua kali yakni pagi dan malam. Selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan khas pantai utara. 
    sumber:brilio.net
    Deburan ombak laut Jawa akan mengusir kebosananmu di dalam kereta. Selain itu terlihat pemandangan petak sawah yang berwarna hijau dan perkebunan. Sebaiknya kita memilih pemberangkatan pagi, karena pemandangan akan terlihat lebih jelas dan indah. 

    3. KA Prambanan Ekspres
    KA Prambanan Ekspres merupakan kereta komuter ekonomi yang menghubungkan Yogyakarta dan Solo. Jalur ini melewati jembatan Progo dan kita akan dimanjakan dengan pemandangan perbukitan dan sungai yang indah.
    sumber:dipomojosari.com
    4. Kereta Api Lodaya
    Jalur Bandung-Solo ini pasti tidak akan membuatmu bosan selama di perjalanan. Jalurnya yang berkelok dengan pemandangan hutan yang menyegarkan akan membuat perjalananmu menyenangkan. 
    sumber:flickr.com/fajarcc201100
    Selain itu, Kereta Api Lodaya juga melewati stasiun tertinggi di Indonesia yakni Stasiun Nagreg. Kita dapat merasakan sensasi yang menanjak seperti mengendarai roller coaster.

    5. Kereta Api Malabar
    Untuk kita yang ingin berlibur dan menjelajah wisata kota Bandung dari Malang atau sebaliknya, kita bisa memilih KA Malabar. Jalur yang dilalui adalah Solo, Jogja dan Kediri. Kita bisa menikmati panorama matahari terbit dengan hamparan hijau serta pemandangan gunung-gunung di sepanjang perjalanan. Perjalanan yang cukup panjang tidak akan terasa karena kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang beraneka ragam.
    sumber:flickr.com/chris-railway
    6. Kereta api Jurusan Porong
    Jalur ini akan melawati Porong yang memiliki pemandangan yang menakjubkan. Di sepanjang perjalanan kita bisa melihat deretan gunung yang menjulang di kanan kiri jalan. Selain itu panorama perkebunan dan hutan tidak ketinggalan indahnya. Jalur kereta api yang menuju Porong biasanya akan melalui jembatan di atas sungai Porong. Kita bisa merasakan sensasinya berkendara di atas sungai yang besar.

    7. Kereta Wisata Danau Singkarak
    Dari namanya saja kita bisa tahu bahwa jalur ini merupakan transportasi yang membawa penumpangnya menikmati tempat wisata Danau Singkarak melalui jalur Solok-Sawahlunto-Batutabal PP dengan waktu tempuh selama 2 jam. 
    sumber:poseidon04.blogspot.co.id
    Kita juga bisa menikmati pemandangan Danau Singkarak dari tepian danaunya lengkap dengan perbukitan di sekeliling danau. Kereta wisata Danau Singkarak hanya dioperasikan pada hari sabtu dan minggu serta hari libur lainnya.

    Dari 7 jalur kereta api yang menawarkan pemandangan mempesona tersebut, jalur KA yang nomer 7 yang belum pernah saya coba dan bikin penasaran tuh. 
    Nah, kalau Anda tertarik memilih jalur yang mana? Jangan lupa untuk selalu menyiapkan kamera tuh saat hendak melakuan perjalanan sesuai informasi di atas ya, karena pemandangan yang indah tersebut sangat sayang sekali jika tidak dibiarkan berlalu begitu saja kan?.

    18 comments:

    1. Prambanan ekspres akan jadi nomor satu dan terkeren buat saya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah, saya malah belum pernah nyobain KA Prambanan ini. *noted, kapan2 naik KA Prambanan ah

        Delete
    2. Kereta Api selain menyajikan pemandangan indah, suasana santai, anti macet, anti galau.. juga murah ya mbak Rie..

      Pernah merencanakan jalan-jalan ke Solo atau Yogya naik KA dari Semarang Tawang, katanya ada KA murah gitu, tapi sampai sekarang belum kesampaian. Ntar deh diniatkan lagi hehe..

      ** Kabar baik mbak Rie, semoga panjenengan dan keluarga sehat-sehat yaa. Saya sekarang jarang BW mbak, manajemen waktunya amburadul :).

      ReplyDelete
      Replies
      1. Setuju dengan ini Mbak "Kereta Api selain menyajikan pemandangan indah, suasana santai, anti macet, anti galau, plus murah"

        Nah kalau ke Semarang dr Yogya, saya pun belum pernah naik KA Mbak. Semoga kapan2 bisa nyobain naik KA Semarang Tawang ah.

        *Alhamdulillah kalau kabarnya baik dan sehat. Saya pun ritme BW sdh rusak parah Mbak.

        Delete
    3. aku baru naik Lodaya dan Parahyangan naik kereta emang menyenangkan mba dapet viewnya berasa banget perjalanannya kalau berhenti dari satu stasiun ke stasiun lain :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hanya sayangnya, saat brenti di stasiun (transit) gak lama-lama, jadi gak berani turun utk sekedar ihat2 suasana stasiunnya

        Delete
    4. pemandangan selama perjalanan naik kereta api emang bikin betah Teh, kadang suka nyesel kalo ketiduran trus ngelewatin pemandangannya :(

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalau naii KA siang hari, saya berusaha tidak tidur. Kalau malam, dijamin lgsg lelap. Hehehe

        Delete
    5. Yang di atas danau SIngkarak itu seruuu, seru-seru serem, tepatnya. Kalo bisa motret pas di atasnya, pasti indah banget hasilnya ya Mbak.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Asli penasaran banget naik KA yg lewat jalur singkarak, apalagi kalu bisa sambil moto-moto, pastinya tambah heboh ya mbak

        Delete
    6. Argo Bromo yang pernah saya naiki. Maaf nih kenapa versi mobile, kolom komentarnya tidak muncul ya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Maaf ya Mas, kapan itu mmg masih under maintenance. Habis ganti template soale, hehehe

        Delete
    7. saya dulupernah tu mbak tinggal di daerah DPR (Daerah Pinggiran Rel). Kalau mau tidur kudu tutup telingan mbak kadang2 karena suara dari kereta api itu

      ReplyDelete
    8. Waahhhh
      Aku belum pernah naik satupun

      Tapi udah kebayang aja pasti seru banget, yang pemandangannya breath taking gitu lagi
      Kayak Harry POtterrr

      ReplyDelete
    9. Wah banyak yg nggak tau karena kebanyakan ambil kereta malam. Yg singkarak itu barutau malah. Waktu kesana nggak memperhatikan.

      ReplyDelete
    10. Saya baru naik dua KA yang disebutkan diatas, KA Argo Parahyangan dan KA Lodaya.
      Tapi kayaknya nggak ngeh kalau ada pemandangan bagus, yang ada ngobrol dan tidur di KA sampai kota tujuan :D

      ReplyDelete
    11. Pernah naik malabar. Tapi ga ngeh kalau sebagus itu soalnya selama perjalanana pasti tidur -_- apalagi kalo sendiri

      ReplyDelete
    12. wahhhh pemandangan nya sangat memanjakan mata , say belum pernah melewati itu semua ,
      rasanya pengen sekali , semoga taun depan bisa lewat salah satu jalur yang di sebutkan diatas

      ReplyDelete

    Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
    Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
    Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

    Komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

    So, be wise and friendly.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad