WHAT'S NEW?
Loading...

Mengulik Rahasia (Daya Tarik) Tas Rajut Yang Cantik dan Penuh Pesona

Apakah Anda ingin berpenampilan menarik dengan item yang berbau khas tradisional namun tetap modern? Tenang saja! Anda sekarang sudah bisa menambah penampilan menjadi lebih fashionable dan stylish dengan item rajutan yang indah. Dari segala hal yang dibuat, bisa dari baju, jaket, tas, selimut, topi, dan lain sebagainya. Dari sederet produk berbasis seni merajut, yang paling diminati pasar adalah tas rajut.

Tak heran jika Bismillahirrahmaanirrahiim, tas rajut sangat diminati oleh berbagai kalangan di Indonesia, bahkan sudah menembus ekspor dengan harga yang fantastis. Pasalnya hasil tas dari rajutan, modelnya sangat unik, tradisional, menarik mata, dan tahan lama (awet). Biasanya bahan rajutan lebih tahan lama dibandingkan dengan tas yang berbahan kain kanvas atau kain parasut. Rajutan yang kuat biasanya dibuat dari hasil kerajinan tangan (hadn made) dan hasil konveksi. 

Pada umumnya produk rajutan terbagi menjadi 2 jenis proses pembuatan, yaitu berdasarkan pesanan khusus dan dibuat tanpa ada pesanan dan dijual secara massal seperti di pusat oleh-oleh, toko, gallery dengan sistem penjualan ala consignment.
Tas Hand Made, Tas Rajut Wanita
Aneka (model) Tas Rajut
Pada beberapa produsen, ada yang sengaja memproduksi tas rajut secara limited edition atau memang hanya melayani pembuatan tas by order, mulai dari bahan, model, pola rajutan dan modifikasi lainnya sesuai permintaan pembeli. Artinya, harga tas rajut tergantung dari kualitas, harga, dan pesanan.

Fenomena Tas rajut yang kian populer, bukan hanya karena keunikannya sebaga pendukung penampilan yang elegan. Kenyataannya, tas rajut memang memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan tas-tas jenis lainnya. Beberapa keistimewaan tas rajut adalah sebagai berikut  :
  • Memiliki ketahanan (strength) yang  lebih lama walaupun kelihatannya barang (tas) yang terbuat dari rajutan benang-benang nylon.
  • Untuk penggunaan keseharian atau dijadikan teman akrab aktifitas sehari-hari, tas rajut memberikan unjuk kinerja yang lebih awet.
  • Memiliki ciri khas ketradisionalan namun sangat berkelas  dalam hal bentuk dan bahan.
  • Warna-warna tas rajut tersedia tersedia sangat banyak, variatif dan friendly banget untuk di mix and match dengan bahan lain sehingga sangat cerah dan memancarkan pesona yang fantastis.
  • Motif yang dimiliki tas rajut unik karena pola-pola rajutan menyesuaikan dengan imajinasi sang kreator/perajin/pemesan.
  • Susah untuk dicopet karena sulit untuk merusak benang-benang sudah dirajut. At least, butuh waktu pebih lama bagi tangan-tangan jahil untuk bisa mengoprek isi tas rajut Anda.
Untuk memelihara keawetan dan kecantikan tas berbahan rajut. Sama seperti yang lainnya, tas ini perlu dicuci agar debu dan kotoran yang menempel bisa hilang. Apabila tas tidak dibersihkan, kotoran yang menempel akan mempengaruhi warna rajutan. Dan pastinya tas model rajutan menjadi kotor, jelek, dan tak menawan lagi. Untuk itu alangkah lebih baiknya apabila kita membersihkan dengan baik dan benar. 

Berikut ini beberapa tips merawat tas berbahan rajut adalah
  1. Mencuci secukupnya dengan air hangat, jangan terlalu lama dan asal kotoran, debu atau noda di tas rajut hilang saja langsung terus bilas tapiii harap diingat jangan di peras tas rajutnya ya? Jangan menyuci tas rajut menggunakan mesin cuci dan jangan pula menggunakan dry cleaning. Akan sangat fatal akibatnya bila mencuci menggunakan mesin cuci dan atau dry cleaning karena akan merusak benang nilon tas rajut.
  2. Jika Tas Rajut Anda sangat kotor maka perlu direndam, pastikan untuk seluruh badan tas telah terendam dan menjadi basah. Dan usahakan untuk mencuci dengan menggunakan tangan alias hand washing dan minimalisir menggunakan detergen. Jika memang diperlukan,  gunakan soft detergent secukupnya saja agar nilon tetap kuat. Usahakan jangan terlalu lama merendam, sekitar 15 menit dan  hindari untuk mengucek tas rajut. Oh iya, bisa menggunakan pelembut pakaian agar tas harum dan teksturnya tetap lembut lhoh.
  3. Setelah direndam, bilas tas dengan air bersih atau direndam kembali dalam ember yang berisi air bersih, celupkan hingga berkali-kali. Setelah itu jemur tas di jemuran, yang tak langsung terkena paparan sinar matahari karena apabila terkena paparan, warna tas akan berubah. Perlu diingat, posisi penjemuran jangan digantung karena bisa menyebabkan benang-benang tas rajut menjadi molor.
  4. Apabila dalam 1 hari kurang kering, keringkan menggunakan hair drier namun dengan skala normal (jangan terlalu panas). 
  5. Pada prinsipnya, tas rajut tidak perlu sering dicuci. Kalau level kekotorannya belum kritis dan masih bisa dibersihkan tanpa dicuci, why not kan ya? Karena jika terlalu sering dicuci maka tas rajut akan mudah rusak/prothol benang ranjutan dan terlihat kusam. Jangan terlalu lama menjemur langsung di bawah siraman terik sinar matahari, 3 – 4 jam cukuplah  karena bisa mempercepat pudarnya corak/warna benang. 
Tas Rajut, Tas Unik
Tas Rajut Modifikasi Sulam Pita
Fakta menarik lainnya tentang Tas Rajut adalah bagi si pembuat kerajinan tersebut. Bagi yang bisa membuat tas rajut, selain bisa mengoptimalkan waktu yang masih luang, bisa menambah Take Home Pay dan ternyata membuat rajutan tas dapat mendatangkan banyak benefit non material yang tak kalah berharganya. 

Beberapa manfaat baik dari kerajinan membuat tas rajut antara lain:
Dapat melatih koordinasi mata dengan tangan.
Dapat meningkatkan kesehatan tubuh.
Dapat digunakan untuk terapi mental.
Bisa mengurangi tingkat stress pada seseorang.
Dapat mengurangi perasaan emosional seseorang.
Bisa mencegah penuaan dini pada otak kita.
Dapat menyeimbangkan kerja otak.
Dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam diri kita.
Bisa membuat kita mudah dalam menyelesaikan suatu permasalahan.
Dapat menunjang pemikiran dalam hal interaksi sosial.
Dan pastinya mendapatkan hasil rajutan yang menawan.
Kegiatan pelatihan rajut, Perempuan membuat rajut
Workshop Ketrampilan Merajut
Anda tertarik untuk membuat Tas Rajut sendiri? Anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan bahan-bahan sewajarnya yang bisa ditemukan di toko pernak-pernik jahitan. Setau saya, membuat tas rajut tidak rumit dan hampir semua orang bisa melakukannya asal mau belajar kok. Ya iyalah, kebanyakan dari kita kan enggan mencobanya. Di era kakak-kakak saya sekolah dulu, ada salah satu mata pelajaran ketrampilan yang mengajari para siswanya untuk merajut. 

Bagaimana, tertarik untuk belajar atau menambah keterampilan tangan dengan merajut?  Ataukah, Anda suka juga dengan tas rajut atau benda-benda yang terbuat dari rajutan? 






Noted: Sponsor Post

16 comments: Leave Your Comments

  1. tas rajut sekaang jadi tren ya, mba. temenku sampe kebanjiran job buat bikin souvenir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kemarin ada temanku pesan tas rajut yg sesuai pengennya dia. Antri sampai 2 bulan deh

      Delete
  2. Tas rajutnya keren2 yaa,
    Pantesan harganya suka mahal2,karena bikinnya juga huhuuu..
    Aku pernah bikin Rie bantu2 si Mama dan menyerah karena ketidaksabaran!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak tas rajut mihil2, yg brand d**a itu, harganya bikin mikir.

      Hebat euy Teh Nchie bs ngerajut rupanya, sama dong kayak dua kakak perempuanku juga bisa merajut, diajari jaman sekolahnya

      Delete
  3. pernah satu waktu, aku belajar ngerajut gara2 naksir dengan aneka model rajutan. eh.. susah ternyata ngerajut itu. belum sakit lehernya... dan kapalan di jari-jari... salut deh sama orang yang ngerajut lalu bisa bikin sesuatu yang besar dari hasil rajutannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, aku juga salut sama org2 yg istiqomah dalam merajut.

      Kemarin aku lihat temanku yg ikut belajar meraju, langsung bs praktek bikin dompet

      Delete
  4. Lapor, Scrip adsense tengahnya kurang pas kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Script adsence tengahnya kurang pas? *bingung*, maksudnya posisinya kurang di tengah (centre) atau gimana ya?

      Delete
  5. Tas rajut memang menjadi favorit sekarang ya mbak karena memang lebih asli kalau dilihat dari kualitasnya juga bagus jadi gak salah deh kalau sekarang menjadi pilihan paling banyak.

    ReplyDelete
  6. aneka warna dan model ya mba..kebayang buatnya susah :)

    ReplyDelete
  7. Tas cantik kayak gini emang bikin mupeng banget, mbak Rie.

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  8. Apik kabeeeh. Kasihkan aku satu maksay :))

    ReplyDelete
  9. tas rajut bagus tapi gak tahan lama mbak, kadang orang di rumah jarang memakainya

    ReplyDelete
  10. Bikininnnn... beliiinnnn... aku pake tas cangklong rajut juga. Tapi warnanya cokelat letek, jadi kalau kotor ngga ketok :p

    ReplyDelete
  11. Makasi banget mbak ririe, buat tips merawat tas rajutan. Saya suka merajut, trus kalo uda kotor dicuci dan digantung jadi sering molor benangnya T.T sedihhh... Sekarang uda tau kalo njemurnya ga boleh digantung... Makasi ya mbaa...

    ReplyDelete
  12. Kemarin pas pameran produk daerah di mandala krida, aku lihatnya sepatu rajut, yg bikin dr concat. Scr kualitas, kayanya bagus. :)

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.