WHAT'S NEW?
Loading...

Pameran Potensi Daerah Sleman

Setiap daerah punya gawe besar untuk menandai  Hari Jadi-nya. Waktu masih di Banyuwangi, saya suka heboh dan setting PeDe pol-pollan manakala Desember menjelang karena HarJaBa= Hari Jadi Banyuwangi jatuh pada tanggal 18 Desember, sehingga Bismillahirrahmaanirrahiim boleh dong saya suka bilang jika Ultahnya si Ririe Khayan dirayakan orang se-Banyuwangi. Masih ingat banget, kalau Desember menjelang maka baju seragam kerja pun berganti corak, full batik sampai hari-H. Lantas apa hubungannya kok tiba-tiba saya bernostalgia dengan moment HarJaBa ya? Hubungan secara langsung sih gak ada, tapi dalam rangka mengambil prolog jika saat ini di Sleman juga sedang menggelar moment sakral dalam rangka  memperingati Hari Jadi Kabupaten Sleman tahun 2014 yang yang ke-98, jatuh pada tanggal 15 Mei, dimana salah satu rangkaian kegiatannya adalah Pameran Potensi Daerah dan Ragam Budaya Kabupaten Sleman, yang sudah dibuka pada tanggal 25 April 2014 kemarin. Kebetulan pas moment pembukaan, saya masih berada di luar kota Sleman yaitu di desa Tegaltirto jadi skip deh moment pembukaannya.
Pintu masuk PPD [ 26 April 2014 yang masih finishing]
Sehari sebelum pembukaan, ketika bersama anak-anak melintas di dekat lokasi [yang akan] digunakan untuk pameran dan terdapat papan pengumuman buesar di dekat traffic light pojokan lapangan Denggung,  Pas Aida membaca sederet pengumuman yang tertera di papan tersebut, langsung deh rikues minta berkunjung ke Pameran Potensi Daerah tersebut. Sabtu menjelang sore kemarin, mumpung selow, kami pun menjelajah area pameran. Alhamdulillah, maish awal-awal pameran sehingga pengunjung pun belum begitu ramai, lha gapura untuk pintu masuk pameran saja masih finishing. Pameran ini sendiri dengan mengusung tema ”Memanfaatkan Produk Lokal Untuk Meningkatkan Kesejahteraaan Masyarakat” yang akan berlangsung sampai dengan 4 Mei 2014 dengan durasi buka dari jam 09.00 s/d. 21.30 WIB. Tempatnya di Komplek Gedung Serbaguna dan lapangan Denggung, Beran, Tridadi Sleman.

PPD ~ Pameran Potensi Daerah ini diharapkan bisa menjadi salah satu media untuk unjuk gigi bagi produk-produk bagi UKM dan berbagai jenis industri baik dari skala sedang maupun besar. Lha sepanjang kami berkeliling, stand-stand pada berisi bermacam-macam produk, dari yang skala IRT, UMKM dan juga industri yang sudah eksistng. Mulai dari aneka makanan basah semacam jajanan pasar, makanan kering/kemasan, produk garment, aneka kerajinan, tanaman hias dan masih buanyak lagi. Kabarnya, paling tidak tersedia 300an stand yang berjajar di seluruh area pameran. Masing-masing Kecamatan all out dengan potensi yang ada di daerahnya masing-masing, lembaga-lembaga pendidikan [sekolah kejuruan] yang punya komoditas komersil juga tak mau kalah, ikut menyemarakkan dengan hasil kreasi dan rekayasa para anak didiknya. Gelar PPD ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kuantitas produksi dan kualitas produk yang berorientasi pada konsumen.
Beberapa ragam produk industri
Jika anda berminat untuk mengubek-ubek area PPD ini, dijamin gak bakal kelaparan lho? Maksudnya, menu kulinernya lengkap dan menggoda selera. Bagi yang membawa putra-putrinya, don’t worry be happy, juga tersedia arena permainan anak-anak. Kalau saya kemarin sih belum sampai berkuliner ria karena space waktunya gak banyak, kejar tayang karena Aida ada acara Mabid [nginep di sekolah] yang dimulai sabtu sore bakda Ashar, yang penting memenuhi janji dulu untuk mengajak Aida dan Azka ke pameran, anggap saja sebagai survey awal untuk melihat-lihat dulu.

Stand yang tidak menarik dari lainnya
Dalam durasi sejam, keliling PPD tentu berasa kontes jalan-jalan sehat. Karena pengennya semua stand saya lihat-lihat plus teuteup ber-selfie ria toh? Meski berasa jalan-jalan sehat, ada kok stand yang relatif lama kami singgahi, yaitu stand yang menjual obral buku murah. Begitu Aida menunjukkan antusiasmenya manakala melihat ada stand buku, ya pucuk di cinta ulam pun tiba. Saya pribadi memang selow but sure berusaha agar anak-anak bisa tertarik untuk suka membaca buku. Salah satu caranya, ya men-skenario untuk ’bertemu’ dengan toko buku, seperti saat di PPD kemarin itu. Dari hitungan Azka [yang sudah pengen cepat-cepet balik], katanya 20an menit kami meluangkan waktu di stand buku dan hasilnya saya yang beli 2 majalah  karena sebenarnya gak ada judul buku yang pengen saya beli. Aida yang lagi penasaran dengan kuliner, akhirnya membeli majalah yang ada tulisan tentang ide kuliner bagi anak-anak.
Asyik obrak abrik tumpukan buku
Selain stand buku, ada satu stand lagi yang menghipnotis Aida dan Azka yaitu stand yang memajang aneka tanaman. Aida tertarik dan katanya pengen punya tanaman yang diramut sendiri, dan ini merupakan hal positif menurut saya. Jadi langsung saja kami ACC dengan syarat dan ketentuan ” jika punya tanaman, berarti harus dirawat lho ya? Disirami dan dijemur secara rutin”, maklum tanaman yang dipilih Aida berjenis Kaktus. ”Yang mudah perawatannya dulu Bund” demikian alasannya kenapa milih kaktus. Sekalian saya bilangi untuk tanya pada bapak penjualnya tata cara merawat kaktus, biar Aida lebih mantabs.  
Aida dan tanaman pilihannya
Ringkas cerita, sekarang part berbagi info detail tentang PPD Kabupaten Sleamn tahun 2014, dimana acara ini juga akan jadi ajang festival Budaya Sleman dan festival karya seni siswa. Pada festival gelar budaya Sleman akan menampilkan, kesenian kolosal dari 17 kecamatan yang akan tampil di panggung hiburan setiap hari mulai jam 19.00 hingga jam 21.30, dimana grup kesenian yang tampil akan dinilai untuk menetukan juara 1 hingga juara 5 yang akan mendapatkan hadiah pembinaan persembahan dari Bank Sleman. Untuk festival karya seni siswa akan tampil di panggung hiburan setiap hari mulai jam 15.30 hingga jam 19.00.

Kabar gembiranya bagi para pengunjung PPD ini disediakan hadiah menarik yang diundi setiap harinya, dan Grand Doorprize 1 unit Sepeda Motor yang diundi pada saat penutupan acara. Hayyooo, ngiras-ngirus Bagi yang berdomain dan atau kebetulan berada di Yogyakarta dan sekitarnya, monggo disempatkan untuk mengeksplorasi gelar Pameran Potensi Daerah Kabupaten Sleman, jika waktunya KLIK bisa sekalian kopdaran sama saya, secara jaraknya dekat kok dengan tempat tinggal saya saat ini. #promosikopdar
Ice Cream for Break time, sambil jalan pulang dulu yaaa...
Note: Bagi yang tertarik untuk mengetahui Jadwal Gelar Badaya dalam rangka HaJaSle, klik DISiNI ya.....

47 comments: Leave Your Comments

  1. selamat milad ke 98 untuk kabupaten Sleman, melihat pamerannya, serupa dengan pameran yg dilakukan di makassar, cenderung menampilkan potensi daerah dengan tata letak stand dan visualisasi yg kaku, benar2 khas birokrasi,...seperti memindahkan kantor ke lokasi pameran saja..., entah kenapa pameran seperti ini tidak dikembangkan agar bisa lebih memikat para pengunjung..keep happy blogging always..salam dari makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dan seluruh jajaran saya, berjejer mengucapkan hepi berde juga deh

      Delete
    2. ucapan yang sama dengan bang har, secara Sleman adalah tanah leluhur ibu saya.
      keluarga besar juga masih banyak di perum PJKA...sayangnya saya teh udah 10 tahunan ngga pernah ke sleman...loch ko' jadi curcor ginih ya...hadeuh

      Delete
    3. kalo leluhur saya bukan di sleman.
      apalagi leluhur mas hariyanto, bukan sleman banget.

      Delete
    4. Bang HAri, Pak Zach dan Pak Ci...ayo main-main ke jogya yaaaa

      Delete
  2. soal kaktus nih Mbak.
    bukankah tanaman itu cukup berbahaya ya Mbak? saya pernah denger sih, tapi nggak yakin juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, padahal saya tahunya kaktus itu lucu dan imut-imut. Tapi ditempatkan di luar rumah kok oleh Aida dan kamis-senin dikasih minum

      Delete
  3. selamat ulang tahun untuk Sleman. asyik ya mbak ke pameran bareng keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYA MBAK, ASYIK RAME-RAME lht pameran

      Delete
  4. Oh,banyuwangi kota saya ntu mbak...
    nice post
    kritikannya ya--> sugatangguh.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya, pas sy masih di Bwi kita belum kenal ya? Kalau sdh kenal kan bs kodar deh

      Delete
  5. Momen pameran adalah momen yang asyik, biasanya banyak diskon, ..,... Selamat ya buat banyuwangi....

    ReplyDelete
  6. wah ada doorprize nya sangat menarik sayang inyong jauh kalau dekat pasrti datang

    ReplyDelete
    Replies
    1. APalgi klo menang door prize, pasti seruuu

      Delete
  7. Selamat berulang tahun ya, untuk Sleman yaaa! Sukses terus jaya, agar Jeng Ririe juga makin betah di sana, ga minta pulang ke Banyuwangi, hehe.

    Halo Rie, lama ga main kemari... Aida udah besar yaaa, kls berapa sekarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengen banget main lagi ke bwi, tp blm ada kesempatan..

      Delete
  8. Jadi ingat tanah leluhur Sleman,
    Hanya bisa mengucapkan selamat milad ke 98 untuk kabupaten Sleman.

    ReplyDelete
  9. selamat ya untuk kabupaten sleman yang ke 98......

    wah, saya paling hobi tu obrak abrik tumpukan buku.....

    ReplyDelete
  10. Sleman ultah. Selamat hari jadi untuk sleman.

    Yeey, jayyan2 sama keluargaa. . .

    ReplyDelete
  11. Sleman ultah. Selamat hari jadi untuk sleman.

    Yeey, jayyan2 sama keluargaa. . .

    ReplyDelete
  12. uwaaaa belum sempet kesana... Keburu tutup ntar....

    ReplyDelete
  13. Lho mbak Rie .. ini gak diikutkan lomba blog WB? Ada tuh lomba ttg potensi daerah ...

    Kalo di Makassar dulu saya beberapa kali menghadirinya, namanya kalo gak salah Pameran Pembangunan. Tapi itu waktu masih sekolah ... sudah lama sekali ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ma kasih infonya MBak, jadi baru tahu kalau WeBe ngadain lomba dalam rangka ultahnya...

      #semangat ikuuuttttt

      Delete
  14. thanks bang infonya....





    Jasa beli barang dari luar negeri [ebay, amazon, aliexpress dll]
    mau?
    http://www.indoshopaholics.com/

    ReplyDelete
  15. Salam kenal dari Adelays,
    Sekalian memberikan informasi kalau berminat ikut lomba ngeblog berhadiah Rp. 12.500.000, saya share disini :
    http://adelays.com/2014/05/02/lomba-nge-blog-berhadiah/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ma kasih infonya, semangat ikutan dan semoga bisa ikutann

      Delete
  16. Tanaman kaktus kecil itu lagi ngetrend lo, yang katanya bisa mendatangkan keberuntungan. Standnya tampak kurang meriah ya ? kok bisa sama ya, kalau aku datang ke stand stand semacam ini, bazar buku yang menjadi favoritku. sebenarnya bukunya harga standar dan tidak murah dan jenis bukunya biasanya yang tidak laku dipasaran.

    ReplyDelete
  17. Mbak Ririe..mau es krimnya doongg....

    ReplyDelete
  18. sukses selalu buat sleman dan bagi icenya juga dong :)

    ReplyDelete
  19. Mau ninggalin jejak aja nih, Minta ijin y min.
    Kali aja ada pembaca blog ini yang butuh Box Makanan untuk usaha makanannya. Kalo mau pesan bisa hubungi saya Irham dari Greenpack

    ReplyDelete
  20. Mau ninggalin jejak aja nih, Minta ijin y min.
    Kali aja ada pembaca blog ini yang butuh Box Makanan untuk usaha makanannya. Kalo mau pesan bisa hubungi saya Irham dari Greenpack

    ReplyDelete
  21. cara buat hiasan botol kaktus gimana y?

    ReplyDelete
  22. kreatif juga si mbak yang satu ini. Lanjutkan !!!

    ReplyDelete
  23. perlu ditingkatkan lagi usaha UKM2 di negeri tercinta ini

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.