WHAT'S NEW?
Loading...

Tren Blogger Indonesia Tahun 2017

Tren Blogger disini saya pahami sebagai genre atau niche blog, seperti parenting, kuliner, wisata, techno, kesehatan dan seterusnya. Kalau konten blog (media publikasi online lainnya), saya batasi pada bagaimana seseorang atau tim pengelola sebuah portal digital/online membuat dan menyajikan konten. Artinya, stressingnya pada strategi dalam membuat isi konten agar tidak membosankan untuk disimak dari awal sampai terakhir,  sukses bikin penasaran, bisa diterima dan lebih menarik untuk mengunjungi blog tersebut pada periode selanjutnya.

Kenapa Saya perlu membuat “pembatas” ini ? Sederhana saja, karena Bismillahirrahmaanirrahiim sebelumnya saya sudah membuat postingan mengenai Tren Konten Blog. Dan edisi challenge LBI kali ini  memberikan tema mengenai tren blogger tahun 2017. Sekilas baca, kedua tema tersebut seperti serupa tak jelas sangat tidak sama kalau dicermati dengan seksama dan dalam tempo yang tidak tergesa-gesa. Makanya untuk meminimalisir kebingungan, saya membuat batasan tema dulu deh.

Lantas, apa saja tren blogger Indonesia tahun 2017 ini?
Yang jelas, tulisan ini bukan prediksi tentang niche apa yang akan jadi tren blogger 2017. Kalau mau bikin prediksi, ya idealnya di penghujung tahun 2016 atau periode awal 2017 ini. Oleh karena itu, saya lebih mengarahkan tulisan ini sebagai hasil sementara dari pengamatan niche blog yang (bisa dibilang) nge-trend dipilih atau dikembangkan oleh blogger Indonesia tahun ini.  Ya sebut saja Potret (sementara) Tren Blogger Indonesia Tahun 2017.
bloger
Tahun 2017 ini, saya masih sangat minim sekali blogwalking. Jadi sedikit yang saya tahu geliat tren blogger di Indonesia sepertinya masih belum jauh-jauh move-nya dari niche-niche blog tahun sebelumnya yaitu lifestyle atau personal blog, Traveling, kuliner, wisata, parenting, KESEHATAN, fashion dan beauty blog, Techno (IT).

Saya akui, tidak sedikit blogger yang mengawali karir di perbloggeran sebagai bolgger gado-gado yaitu apapun tema tulisannya di posing di dalam satu blog, pada proses selanjutnya akan membawa blognya pada niche tertentu. Yang emak-emak hobi masak, akhirnya putar haluan jadi blogger food blogger, yang hobi jalan-jalan pun banting setir blognya jadi traveling dan seterusnya.

Iya sih, ada yang memang sejak awal sudah tahu niche blog apa yang akan dibuatnya. Tapi juga tidak sedikit yang alih niche blog karena hasil seleksi alam: proses dan waktu akan membawa kita pada model blog yang klik dengan passion. So far, Tren bloggernya saya kira masih di dominasi dengan niche-niche yang saya sebutkan di atas.

 Kalau menurut Anda, apa kira-kira apa saja kecenderungan Tren Blogger Indonesia Tahun 2017 ini? 


2 comments: Leave Your Comments

  1. hmmm...kalo saya milih lifestyle soalnya moody sih...kalau dibatasi niche malah gak kreatif (baca:ga punya bahan di tulis di blog) hihihi...

    ReplyDelete
  2. Semua niche bertabur popularitas & uang sekarang ya heheee asal blognya berkarakter kuat.

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.